Home » » Kereta Api Inspeksi Semeru dan Kereta Api Ukur Jalan Rel

Kereta Api Inspeksi Semeru dan Kereta Api Ukur Jalan Rel

Kereta api non penumpang atau kereta apa sebutannya saya sendiri kurang tau. Soalnya keretanya cuma satu gerbong dengan mesin terintegrasi didalamnya. Tidak mengangkut penumpang tapi mempunyai fungsi tersendiri khusus untuk mensupport kegiatan operasional pt kai.

Kereta Inspeksi Semeru - Kereta ini asli buatan pt inka madiun. Saya baru tahu kereta inspeksi ini ketika berhenti di stasiun gubeng dan ada tulisannya. Kereta inspeksi ini diujicobakan dari madiun menuju surabaya. Setelah dari stasiun gubeng kereta menuju madiun kembali pada malam harinya. Saat sampai distasiun krian kereta ini berhenti beberapa lama, ternyata kereta nya mogok bareng kereta api krd. Fungsi dari kereta ini untuk cek sarana dan prasarana perkeretaapian jika ada kerusakan dan kekurangan agar segera diperbaiki.

Kereta Inspeksi Semeru

Kereta Ukur Jalan Rel - Lagi-lagi saya baru tau kereta ukur jalan rel satu ini. Namanya saja orang ndeso tidak pernah ngerti kereta macam-macam. Tulisan dilambung kereta sih kereta ukur jalan rel fungsinya bukan untuk mengukur panjang rel melainkan untuk mengukur kelayakan rel. Sekilas fungsinya mirip lokomotif plasser and theurer yang bertugas meninggikan rel.

Kereta Ukur jalan rel


Kereta ukur jalan rel ini diawaki empat orang yang terdiri atas sopir eh masinis, pengolah data, teknisi dan pemimpin perjalanan. Prinsip kerja kereta ukur jalan rel adalah mengukur geometri rel dalam parameter pertinggian (nah ini nanti tugasnya plasser and theurer), angkatan, kelurusan dan lebar rel. Dari data parameter tersebut akan diketahui rel mana yang kondisinya layak dan dititik mana yang memerlukan perbaikan.

49 komentar:

  1. saya baru tahu juga ada kereta ukur kang,saya kirain kereta biasa saja he...he...,maklum wong ndeso...katrooo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga baru tahu kok, saya juga ndeso..hehe

      Delete
    2. saya tengah-tengah, antara ndeso dan kampung.

      Delete
    3. tengah2nya berarti ndusun,hehe

      Delete
  2. wow...tumben tuh keretanya bagus meski bkn kereta penumpang

    ReplyDelete
  3. wah ternyata ada juga kereta untuk ngukur ya mas.saya kirain hanya kereta biasa saja.oh ya saya follow blognya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsinya kira2 seperti itu mas

      Delete
    2. di rodanya ada garisannya nanti ketok di spido meter

      Delete
  4. dapat.ilmu.baru.s0b.disini

    ReplyDelete
  5. wah kirain kereta penumpang,,kalau iya mau nyewa nih heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh buat di terapungkan di laut kayak kapal pesiar, hehe

      Delete
    2. Via, di jambi adanya kereta kuda y?

      Delete
  6. Biasanya kalau mau melihat kereka api ukur ini di stasiun2 besar ya pak... soalnya saya belum pernah lihat di stasiun citayam, kalau di manggarai kayaknya ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo tinggalnya seputar stasiun citayem rumahnya...pantesan akrab sama orang yang langganan dengan stasiun cilebut...hahay

      Delete
    2. iya berhentinya itu di gubeng kalau di stasiun kecil tidak berhenti kalau ndak pas silang atau disusul kereta lain. namanya juga klb kereta luar biasa

      Delete
    3. haha... saya kena
      tapi bangga dong dibilang akrab sama Mbak Gen. Gen Fredly

      Delete
    4. haha, jangan2 teman satu sma lagi

      Delete
  7. kalau kereta untuk inspeksi masih bisa ngerti lah, tapi kalau kereta untuk ngukur rel, kenapa ngga pake meteran ya ngukurnya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pikir saya juga gitu kang, sekalian di kukur pake kuku aja kang kan gatel ya rel nya

      Delete
    2. nah ini maksud saya. meteran.

      Delete
    3. pakai jengkal tangan juga boleh.

      Delete
    4. boleh nanti mas fian yang ngelamar bekerja di pt kai mengukur jalan rel pakai jengkal tangan, hehe

      Delete
  8. ternyata ada juga kereta inspeksinya..tapi kenapa masih ada rel yang jeblok dan kecelakaan kereta sering kali terjadi ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang hari itu termasuk KLB kereta luar biasa.
      untuk rel sekarang sudah bagus semua pake bantalan beton cor2an bukan kayu lagi. kalau kecelakaan mungkin masinisnya melebihi batas maksimum keceptan kereta yang hanya 100kpj atau bisa juga wesel belum berpindah jadi miss track

      Delete
    2. kereta api ekonomi dengan lokomotif cc201 maksimal kecepatan 100 kliometer perjam sedangkan eksekutif pake cc 204 maks 110 kilometer perjam. Tapi jarang sampai segitu paling 90 kliometer perjam sudah diturunkan lg kecepatannya

      Delete
  9. ini saya pernah tau pas dimuat di Majalah KA langganan si Agree anak saya. modelnya bagus ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. modelnya bagus mas zach, baru keluar dari garasi juga,kelihatan masih bagus.
      suka kereta api ya mas?

      Delete
  10. gaul juga ya mas namanya, kereta ngukur rel..wkwkw
    eh tapi kerenloh,berarti kereta2 itu bertugas untuk memantau. jadi mengurangi risiko kecelakaan juga.

    semoga tidak ada kucing yang tidur di rel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah salah satu fungsi kereta ini juga memastikan tidak ada kucing yang tidur diatas rel, hehehe

      Delete
  11. ini kereta api sangat keren juga mas agus...
    infonya sangat menarik juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pak, semoga bermanfaat

      Delete
  12. Iya saya baru lihat juga di youtubi😊

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive