Merubah mesin gl pro jadi tiger. Assalaamu'alaikum warohmatullah. Kali ini saya ingin menulis gl pro atau gl max dirubah serasa mesin tiger, baik kompresi atau kecepatannya dimirip-miripkan tiger. Tau sendiri kan gl pro atau gl max spek mesinnya hampir sama dengan mesin tiger. Baik tiger 1996 sampai sekarang jamannya tiger revo spek mesinnya sama, kalau cb 100 atau gl 100 agak berbeda sedikit tapi intinya juga sama. Resep apa saja yang diperlukan untuk merubah gl pro / gl max biar jadi tiger.


Jika ketemu racikannya Bisa jadi raja jalanan
Pertama Kruk As memakai kruk as tiger. Tapi ya itu harganya mahal, kalau punya uang untuk membelinya saya rasa keputusan yang baik untuk membeli as kruk tiger. Kalau tigak punya uang untuk membeli as kruk tiger cukup pake Kruk As tiger thailand lebih murah dan ekonomis, tapi kualitasnya tidak sebaik kalau pake aslinya as kruk tiger.  Bisa juga pake kruk as gl pro neotech yang di stroke, mau distroke berapa milipun bisa tergantung yang meracik mesin. Selain kruk as gl pro bisa juga pakai Kruk as cb/cg yang sudah naik stroke pula. Katanya para mekanik cb 100 pakai as kruk kawasaki binter merzy lebih mantap karena lebih berat.
as kruk tiger revo
Part berikutnya adalah Blok kop tiger baik original atau non original. Konsekuensinya kalau original butuh dana yang besar tapi bagus untuk keawetan motor, kalau pakai non original murah tapi tidak nyaman di hati saat di pakai turing jauh. Alternatif lain bisa  pakai blok honda phantom original dengan harga terjangkau atau pakai blok tiger imitasi merk mpm.
Blok Tiger


Ttransmisi dan pengapian tetep pakai punya gl pro atau gl max dengan pengapian DC. Lebih baik cdi nya di ganti memakai cdi shogun 2001 atau pakai cdi shogun 1997 yang besar itu. Draft gear / gigi primer sekunder ganti minimal gl pro/mega pro, kalau punya gl max draft gear nya kecil, nanti efeknya starterannya berat. Karbu tetep pakai gl pro atau kalau ganti bisa pakai karbu pe 28 agar tarikan jadi lebih enteng dan powerfull. Knalpot kalau bisa pakai knalpot tiger revo atau pakai knalpot gl yang sudah di sesuaikan lubangnya agar menyesuaikan exhaust tiger. Walhasil motor memang keluaran lama tapi tenaga jangan ditanya.
Demikian resep untuk merubah mesin gl pro jadi tiger, silakan berkreasi menurut budget masing-masing, karena terjun dalam dunia permodifan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.




115 komentar:

  1. maaf ya sobat ku sabtu minggu ini saya tidak bisa intens di depan komputer :)
    Selamat berkomentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak papa Mas. nyantai aja. wong ngeblog kan sampingan to?

      Delete
    2. dicari para penggemar mas

      Delete
    3. wah, mamang sudah beli tiket nih

      Delete
    4. alhamdulillah dapet pinjeman hp dr istri,hehe
      Buat nyambung komeng aja

      Delete
  2. wah ternyata disini tukangnya toh,kalau gl 125 ayahku kayaknya nggak bisa yah,ya jelas jadfi rajanya jalanan dong,mantep eung.

    ReplyDelete
  3. wihhh mantap mas infonya, wah libur kerja ya mas, sabtu minggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mang,jadi kangen sama wedang ronde nya mang yono nih.
      Ini pinjam hp istri,hehe

      Delete

    2. mas zach : mang yono memang top dah..

      Delete
    3. juara catur identik ahli strategi dan pemikir

      Delete
    4. bener Mas, tapi ati2 jangan dimakan beneran

      Delete
    5. hahhaha jadi serasa terbang nih disanjung hohohohoh....

      Delete
    6. nah ini mang yono sudah datang,silakan duduk mang.ini papan caturnya

      Delete
  4. wahhh aku udah ketinggalan dari mas Agus..mas agus udah tambah beberapa artikel ku blum tambah lagi,,*gawat pertamaxnya diambil sendiri.....* mang yono *hihihii* mana bajigurnya.....heheheh Mas Agus pesen artikel berikutnya *Merubah Motor jadi Pesawat Terbang* kerennya motor mabur hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo update artikelnya biar seruuu...
      Tenang aja lombanya insya Allah mbak amri yang menang karena pemenang aklamasi,xixixi...
      Boleh juga tuh idenya jadikan pesawat.

      Delete
    2. hahah tukan salahan lagi huh hah huh hahaha.....weh itu ada peserta lainnya lho mas Agus..nggak aku doang hahaha. mungkin hari ini pulang sekolah akan update lagii

      Delete
    3. iya mbak amri tak tunggu artikelnya.

      Delete
    4. mas agus jam tayangnya banyak tapi hari sabtu minggu libur.... tapi tetep rajin koment ke blog lain.... ke blog mamang belum koment mas hohohoho

      Delete
    5. oh iya sampek kelewatan ke rumah mang yono,hehe

      Delete
  5. وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.Untuk urusan seo dan modif2an cuma bisa nyimak mas.Duduk nya di pojok dulu ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mas agus kompac merendah,jd malu sama pakar seo, saya bukan pinter seo dan pinter modif mas,cuma nulis aja apa yang saya lihat dan dengar dibengkel

      Delete
    2. Klo yg jago ngopi itu pakarman.hehe.Dengan baca artikel ini orang2 pada tau cara2 modif.karena mas agus yg share.jg ga perlu datang ke bengkel

      Delete
    3. kalau jago software itu mas agus kompac,hehehe

      Delete
    4. kalo mas agus kembarannya jago motor

      Delete
    5. halo juga mas zach jagi citak mencitak,
      Citak klepon

      Delete
    6. buwahahahaha
      (gimana ketawa saya, keren nggak? ini tips edan dari Kang Cilembu)

      Delete
    7. itu efek echo nya. Buwaha ha ha ha ha
      Oke juga tuhh tipsnya

      Delete
  6. Wah! Mas agus ternyata ahli otomotif juga! Ckckck, hebat! Kenapa gak sekalian disulap ke mega pro? Speknya beda sih, tapi kalo spare-nya beli kan tinggal tempel aja, mas... *sok tau... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah..saya hanya nulis aja yang saya ketahui,kalau praktik nol besar mas,kalau mega pro terlalu besar bodinya mas,gl lebih ramping enak buat turing melibas aspal, iya mas partnya tinggal pasang aja betul mas.

      Delete
    2. Tapi dalam hal teknisi, mas udah canggi bnget, kok! Hehehe, gak cocok kalo gl jadi mega pro ea? ;-)

      Delete
    3. bukan gak cocok kok mas ,masalah selera aja,hehe

      Delete
  7. Blas ora mudeng. tp keren juga tuh GL nya, bisa berapa cc tuh speed nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya wis tak ceritani,cc nya kalau as kruk tiger standart 196/200cc kalau naik stroke 10mm dpt kira2 240cc.
      Kalau top speednya belum tau,hehe

      Delete
    2. Mbak Indah setidaknya pernah main gim motor

      Delete
  8. mantaaaappp , seberapa ngebut itu motor kang ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak berani ngebut mas. Kalau punya temen katanya pernah sampai 140kpj belum mencapai top speed

      Delete
    2. Sepeda saya bisa lebih ngebut lho mas(speda nya numpak kereta)xixi...

      Delete
    3. sepeda saya malah nguebut pas mogok di seret sama sedan

      Delete
    4. pas mogok ditarik pakai kayu atau bambu jadi ketularan ngebut sama sedan,tp gk bisa nyalip sedan

      Delete
    5. echo nya dikecil in mas, terlalu besar echonya

      Delete
    6. oalaah kok jdi adu ngebut mas , jangan2 ngebut2 mas , motor belum lunas :v

      Delete
    7. haha..motor nya masih setan kredit ya mas

      Delete
  9. jika tidak ada masalah dalam pemasangan tenaganya jadi yahut ya mas? sekarang ini banyak juga yang CB diganti mesin tiger, mungkin untuk kenyamanan dan sperpart... terima kasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kadang ada juga yang sudah mengaplikasi seperti diatas eh gak keluar tenanganaya. cb sekarang ganas2 mas ya betul mesinnya langsung pakai tiger atau scorpio

      Delete
    2. pagi mas... sering sih melihat CB turing, larinya itu kenceng-kenceng banget... setelah tau mesinnya sudah bukan ori lagi..

      Delete
    3. pagi juga mas agus,betul mas,cb sekarang jarang yg ori mesinnya,minimal standartnya tiger atau bisa juga pake pio atau sat fu,

      Delete
    4. satria fu,motor nya anak2 sma itu lho mas

      Delete
    5. gak pake echo jadi gak berisik,hihihi

      Delete
  10. saya mah ngga ngerti soal mesin, bisanya cuman numpakinnya doang, urusan mesin mah serahkan pada ahlinya.
    salut, bersih dan kinclong banget mesinnya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang serahkan saja pada ahlinya dari pada terima bongkar tidak terima pasangnya.
      mas zach saya malah belum tau,bisikin dong

      Delete
    2. udah tau Kang Cilembu jago bongkar, itu intinya

      Delete
    3. bongkar muat juga jago kayaknya

      Delete
    4. bongkar muat (nguli donk) wkwkwkwk....

      Delete
    5. kang cilembu kan juragan ubi mas agus,jadi biasa bongkar muat

      Delete
    6. doi lagi ngapain ya sekarang

      Delete
    7. sepertinya habis rekap dagangan ubinya,
      Trus sekarang lagi nyiapin pidato kalah dan pidato kemenangan pemilu kades desa cilembu

      Delete
  11. Saya belum pernah memodif kendaraaan karena tidak punya uang. apalagi katanya biayanya tidak sedikit kalau ingin memodif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas jangan memodif motor enteknya banyak , hehe

      Delete
  12. bener Mas, soal beginian saya nyerah. jatuhnya mahal ya, hehe
    tapi kalo udah hobi, ya harus jalan terus dong, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas jatuhnya mahal banget, enak dibelikan klepon aja bisa moncrot2an sampai klomoh

      Delete
    2. hahahaha/... iya banget kalo itu

      Delete
  13. ane kagak ngerti begituan om, ane bisanya cuman make ajja =) kwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul enak memakai aja tinggal gaaas

      Delete
  14. racikannya mantep, klo diaplikasiin pasti gl pronya skli betot langsung ngacir, motor jadul bsa jadi raja jalanan bner..skrg lgi trennya ya mas, motor jadul tpi tnaganya gahar, top..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,kalau dimalang ada malang cb club atau mcbc

      Delete
  15. wah jeniuss bisa tuker mesin gini :D
    Saya paling ga paham mas masalah begini, mas agus kayaknya ahli mesin nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya ndak ahli mas, cuman lihat dan denger aja lalu saya tulis sekalian belajar jd wartawan otomotif,hehe

      Delete
    2. hhe..berarti memang hobi dong ya??

      Delete
    3. betul mas memang hobi tp tau batas kewajarannya

      Delete
  16. say cuma manggut-manggut mas, yang penting keren banget nih...

    ReplyDelete
  17. terima kasih untuk manggutannya,
    Kayak pemanasan olahraga,manggut2 dulu
    Terima kasih mas :)

    ReplyDelete
  18. keren sob GL jadi Tiger
    pasti larinya Whusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya gak berani banter2 mas,pelan2 aja

      Delete
  19. wah untuk urusan kaya gini sulit bagi saya untuk memahaminya, bisanya cuma nge gas dan nge rem doang...

    ReplyDelete
  20. abseeeeeeeeeeeennnnnn.... bagi singkong gorengnya dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh mbak uswah ... ini mah bukan singkong goreng tapi sulap motor hehehe

      Delete
    2. singkong goreng sudah kemarin mbak,sekarang jagung gadak,hehe
      Mang yono mau jagung rebus juga ?

      Delete
  21. sip iki, biasannya disini cb yg dijadiin tameng terus diganti mesin setara tiger.. motor keluaran baru g ada apa2nya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,iya mas tuh si gl 100 pernah main2 ke jatirogo

      Delete
    2. kalo ubah sampe ke mesin2 jadi tiger bukannya mending beli tigernya lgsung aja mas? kan sama2 mahalnya gitu

      Delete
    3. aslinya enak gitu mas, cuman harga tiger kan mahal, kalau gl kan masih 5 jt an paling mentok habis 5 juta jadi 10 juta plus pajaknya kan murah mas gak kayak tiger.

      Delete
  22. aku.suka.FFA.0pen.up250cc.br0

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau drag saya gak tau mas,ini spek turing jaraknya panjang. Kalau ffa sekali pakai di 200 ata 400 meter biasanya langsung turun mesin lagi.
      Dananya gak kuat mas.hehe

      Delete
  23. wah wah..keren nih sob modifikasinya.. hmm.. pasti makin ngebut nih rasanya..hehehe kreatif bgt dech..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gak berani ngebut mas,
      takut jatuh.hehe
      Makasih mas kunjungannya

      Delete
  24. harga cdi shogun 2001 atau cdi shogun 1997 yang besar itu, Draft gear/gigi primer sekunder gl pro/mega pro, karbu pe 28 berapa harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDI shogun sekitar 250 an mas itu bekas lho....kalau draft gear harga 550 ribu, sedangkan karbu PE tergantung merk mulai termurah 150 ribu sampai standart thailand 750 Ribu

      Delete
  25. allsm.mas mau nanyak....kalau pakek blok honda phantom....sekernx pakek seker apa ya...udah saya coba pnx...tiger kurang panjang mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalaam warohmatullah, kalau pake blog phantom , as kruknya harus ganti tiger atau as kruk GL di stroke, jelas sekernya tidak sampai karena selisih 4.5 mm.
      sekernya tetep punya tiger cuma as kruknya harus ganti atau di naikkan strokenya 4.5 mm

      Delete
  26. kalo mau pasang karbu tiger gl di glneotech gimana yah kang.?
    mentok sana sini euy,
    atau kira2 enakan pake karbu PE atau tiger yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasang karbu tiger di gl neotech harus pakai manifold tiger juga, dan nanti mentok di tangkinya. solusinya harus di lubangi tangki gl neotechnya di tukang las. Kalau PE tarikan enteng lari kenceng tapi boros kalau tiger stabil tapi irit.
      itu sih yang saya rasakan. Coba search di blog ini tentang pemasangan karbu PE Di gl

      Delete
  27. MAu nanya nih,kalau glmax pake primer sekunder tiger apa yg d robah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gl max neotech langsung plug n play kalau gl max series harus mengganti calter tengah mesinnya.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top