Merubah Mesin GL Pro Jadi Tiger

Merubah mesin gl pro jadi tiger. Assalaamu'alaikum warohmatullah. Kali ini saya ingin menulis gl pro atau gl max dirubah serasa mesin tiger, baik kompresi atau kecepatannya dimirip-miripkan tiger. Tau sendiri kan gl pro atau gl max spek mesinnya hampir sama dengan mesin tiger. Baik tiger 1996 sampai sekarang jamannya tiger revo spek mesinnya sama, kalau cb 100 atau gl 100 agak berbeda sedikit tapi intinya juga sama. Resep apa saja yang diperlukan untuk merubah gl pro / gl max biar jadi tiger.


Jika ketemu racikannya Bisa jadi raja jalanan
Pertama Kruk As memakai kruk as tiger. Tapi ya itu harganya mahal, kalau punya uang untuk membelinya saya rasa keputusan yang baik untuk membeli as kruk tiger. Kalau tigak punya uang untuk membeli as kruk tiger cukup pake Kruk As tiger thailand lebih murah dan ekonomis, tapi kualitasnya tidak sebaik kalau pake aslinya as kruk tiger.  Bisa juga pake kruk as gl pro neotech yang di stroke, mau distroke berapa milipun bisa tergantung yang meracik mesin. Selain kruk as gl pro bisa juga pakai Kruk as cb/cg yang sudah naik stroke pula. Katanya para mekanik cb 100 pakai as kruk kawasaki binter merzy lebih mantap karena lebih berat.
as kruk tiger revo
Part berikutnya adalah Blok kop tiger baik original atau non original. Konsekuensinya kalau original butuh dana yang besar tapi bagus untuk keawetan motor, kalau pakai non original murah tapi tidak nyaman di hati saat di pakai turing jauh. Alternatif lain bisa  pakai blok honda phantom original dengan harga terjangkau atau pakai blok tiger imitasi merk mpm.
Blok Tiger


Ttransmisi dan pengapian tetep pakai punya gl pro atau gl max dengan pengapian DC. Lebih baik cdi nya di ganti memakai cdi shogun 2001 atau pakai cdi shogun 1997 yang besar itu. Draft gear / gigi primer sekunder ganti minimal gl pro/mega pro, kalau punya gl max draft gear nya kecil, nanti efeknya starterannya berat. Karbu tetep pakai gl pro atau kalau ganti bisa pakai karbu pe 28 agar tarikan jadi lebih enteng dan powerfull. Knalpot kalau bisa pakai knalpot tiger revo atau pakai knalpot gl yang sudah di sesuaikan lubangnya agar menyesuaikan exhaust tiger. Walhasil motor memang keluaran lama tapi tenaga jangan ditanya.
Demikian resep untuk merubah mesin gl pro jadi tiger, silakan berkreasi menurut budget masing-masing, karena terjun dalam dunia permodifan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Previous
Next Post »

116 komentar

Write komentar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 4:37 PM delete

maaf ya sobat ku sabtu minggu ini saya tidak bisa intens di depan komputer :)
Selamat berkomentar

Reply
avatar
zigzoor Thea
AUTHOR
April 12, 2013 at 5:06 PM delete

wah ternyata disini tukangnya toh,kalau gl 125 ayahku kayaknya nggak bisa yah,ya jelas jadfi rajanya jalanan dong,mantep eung.

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
April 12, 2013 at 5:06 PM delete

wihhh mantap mas infonya, wah libur kerja ya mas, sabtu minggu?

Reply
avatar
Amri Evianti
AUTHOR
April 12, 2013 at 6:05 PM delete

wahhh aku udah ketinggalan dari mas Agus..mas agus udah tambah beberapa artikel ku blum tambah lagi,,*gawat pertamaxnya diambil sendiri.....* mang yono *hihihii* mana bajigurnya.....heheheh Mas Agus pesen artikel berikutnya *Merubah Motor jadi Pesawat Terbang* kerennya motor mabur hahaha

Reply
avatar
Agus kompac
AUTHOR
April 12, 2013 at 6:34 PM delete

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.Untuk urusan seo dan modif2an cuma bisa nyimak mas.Duduk nya di pojok dulu ah!

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:06 PM delete

iyaaaa mang,jadi kangen sama wedang ronde nya mang yono nih.
Ini pinjam hp istri,hehe

Reply
avatar
eksak
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:06 PM delete

Wah! Mas agus ternyata ahli otomotif juga! Ckckck, hebat! Kenapa gak sekalian disulap ke mega pro? Speknya beda sih, tapi kalo spare-nya beli kan tinggal tempel aja, mas... *sok tau... Hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:07 PM delete

ayoooo update artikelnya biar seruuu...
Tenang aja lombanya insya Allah mbak amri yang menang karena pemenang aklamasi,xixixi...
Boleh juga tuh idenya jadikan pesawat.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:09 PM delete

waduh mas agus kompac merendah,jd malu sama pakar seo, saya bukan pinter seo dan pinter modif mas,cuma nulis aja apa yang saya lihat dan dengar dibengkel

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:11 PM delete

waaah..saya hanya nulis aja yang saya ketahui,kalau praktik nol besar mas,kalau mega pro terlalu besar bodinya mas,gl lebih ramping enak buat turing melibas aspal, iya mas partnya tinggal pasang aja betul mas.

Reply
avatar
Indah P
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:19 PM delete

Blas ora mudeng. tp keren juga tuh GL nya, bisa berapa cc tuh speed nya?

Reply
avatar
April 12, 2013 at 8:22 PM delete

mantaaaappp , seberapa ngebut itu motor kang ? :D

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:34 PM delete

ya wis tak ceritani,cc nya kalau as kruk tiger standart 196/200cc kalau naik stroke 10mm dpt kira2 240cc.
Kalau top speednya belum tau,hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:37 PM delete

gak berani ngebut mas. Kalau punya temen katanya pernah sampai 140kpj belum mencapai top speed

Reply
avatar
Agus kompac
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:52 PM delete

Klo yg jago ngopi itu pakarman.hehe.Dengan baca artikel ini orang2 pada tau cara2 modif.karena mas agus yg share.jg ga perlu datang ke bengkel

Reply
avatar
Agus kompac
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:53 PM delete

Sepeda saya bisa lebih ngebut lho mas(speda nya numpak kereta)xixi...

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
April 12, 2013 at 8:54 PM delete

jika tidak ada masalah dalam pemasangan tenaganya jadi yahut ya mas? sekarang ini banyak juga yang CB diganti mesin tiger, mungkin untuk kenyamanan dan sperpart... terima kasih infonya...

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
April 12, 2013 at 9:36 PM delete

saya mah ngga ngerti soal mesin, bisanya cuman numpakinnya doang, urusan mesin mah serahkan pada ahlinya.
salut, bersih dan kinclong banget mesinnya y?

Reply
avatar
April 12, 2013 at 9:44 PM delete

Saya belum pernah memodif kendaraaan karena tidak punya uang. apalagi katanya biayanya tidak sedikit kalau ingin memodif.

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 12, 2013 at 11:05 PM delete

mang yono memang yuhui

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 12, 2013 at 11:07 PM delete

bener Mas, soal beginian saya nyerah. jatuhnya mahal ya, hehe
tapi kalo udah hobi, ya harus jalan terus dong, hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 11:58 PM delete


mas zach : mang yono memang top dah..

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 12, 2013 at 11:59 PM delete

kalau jago software itu mas agus kompac,hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:00 AM delete

sepeda saya malah nguebut pas mogok di seret sama sedan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:01 AM delete

iya mas, kadang ada juga yang sudah mengaplikasi seperti diatas eh gak keluar tenanganaya. cb sekarang ganas2 mas ya betul mesinnya langsung pakai tiger atau scorpio

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:03 AM delete

bener kang serahkan saja pada ahlinya dari pada terima bongkar tidak terima pasangnya.
mas zach saya malah belum tau,bisikin dong

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:03 AM delete

bener mas jangan memodif motor enteknya banyak , hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:04 AM delete

iya mas jatuhnya mahal banget, enak dibelikan klepon aja bisa moncrot2an sampai klomoh

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:34 AM delete

hahahaha/... iya banget kalo itu

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:37 AM delete

udah tau Kang Cilembu jago bongkar, itu intinya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:52 AM delete

mang yono jadi sang juara

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:53 AM delete

bongkar muat juga jago kayaknya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 12:54 AM delete

haha bisa mendem kelpon

Reply
avatar
eksak
AUTHOR
April 13, 2013 at 2:58 AM delete

Tapi dalam hal teknisi, mas udah canggi bnget, kok! Hehehe, gak cocok kalo gl jadi mega pro ea? ;-)

Reply
avatar
Kamar Sebelah
AUTHOR
April 13, 2013 at 4:53 AM delete

ane kagak ngerti begituan om, ane bisanya cuman make ajja =) kwkwkwk

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 5:00 AM delete

bukan gak cocok kok mas ,masalah selera aja,hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 5:01 AM delete

betul enak memakai aja tinggal gaaas

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
April 13, 2013 at 5:55 AM delete

racikannya mantep, klo diaplikasiin pasti gl pronya skli betot langsung ngacir, motor jadul bsa jadi raja jalanan bner..skrg lgi trennya ya mas, motor jadul tpi tnaganya gahar, top..

Reply
avatar
Amri Evianti
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:33 AM delete

hahah tukan salahan lagi huh hah huh hahaha.....weh itu ada peserta lainnya lho mas Agus..nggak aku doang hahaha. mungkin hari ini pulang sekolah akan update lagii

Reply
avatar
Fian Syauqi
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:33 AM delete

wah jeniuss bisa tuker mesin gini :D
Saya paling ga paham mas masalah begini, mas agus kayaknya ahli mesin nih :D

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:14 AM delete

pagi mas... sering sih melihat CB turing, larinya itu kenceng-kenceng banget... setelah tau mesinnya sudah bukan ori lagi..

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:15 AM delete

bongkar muat (nguli donk) wkwkwkwk....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:46 AM delete

iya mbak amri tak tunggu artikelnya.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:48 AM delete

pagi juga mas agus,betul mas,cb sekarang jarang yg ori mesinnya,minimal standartnya tiger atau bisa juga pake pio atau sat fu,

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:49 AM delete

kang cilembu kan juragan ubi mas agus,jadi biasa bongkar muat

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:50 AM delete

iya mas,kalau dimalang ada malang cb club atau mcbc

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 7:51 AM delete

wah saya ndak ahli mas, cuman lihat dan denger aja lalu saya tulis sekalian belajar jd wartawan otomotif,hehe

Reply
avatar
April 13, 2013 at 8:37 AM delete

say cuma manggut-manggut mas, yang penting keren banget nih...

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:01 AM delete

terima kasih untuk manggutannya,
Kayak pemanasan olahraga,manggut2 dulu
Terima kasih mas :)

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:52 AM delete

kalo mas agus kembarannya jago motor

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:52 AM delete

Mbak Indah setidaknya pernah main gim motor

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:53 AM delete

gimana Mas? ceritain dong

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:54 AM delete

doi lagi ngapain ya sekarang

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:55 AM delete

olahraga manggut murah juga ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 10:53 AM delete

juara catur identik ahli strategi dan pemikir

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 10:54 AM delete

halo juga mas zach jagi citak mencitak,
Citak klepon

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 10:56 AM delete

pas mogok ditarik pakai kayu atau bambu jadi ketularan ngebut sama sedan,tp gk bisa nyalip sedan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 10:57 AM delete

satria fu,motor nya anak2 sma itu lho mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 10:59 AM delete

sepertinya habis rekap dagangan ubinya,
Trus sekarang lagi nyiapin pidato kalah dan pidato kemenangan pemilu kades desa cilembu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:00 AM delete

kalau reog mendem beling

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:01 AM delete

termasuk juga selain jalan kaki

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:25 AM delete

bener Mas, tapi ati2 jangan dimakan beneran

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:26 AM delete

nggak papa Mas. nyantai aja. wong ngeblog kan sampingan to?

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:26 AM delete

sambil minum kopi yuk

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:27 AM delete

buwahahahaha
(gimana ketawa saya, keren nggak? ini tips edan dari Kang Cilembu)

Reply
avatar
SAZLINA COMP
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:34 AM delete

keren sob GL jadi Tiger
pasti larinya Whusss

Reply
avatar
Mas Tejo
AUTHOR
April 13, 2013 at 11:43 AM delete

wah untuk urusan kaya gini sulit bagi saya untuk memahaminya, bisanya cuma nge gas dan nge rem doang...

Reply
avatar
Uswah
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:26 PM delete

dicari para penggemar mas

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:35 PM delete

wah, mamang sudah beli tiket nih

Reply
avatar
Uswah
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:36 PM delete

abseeeeeeeeeeeennnnnn.... bagi singkong gorengnya dong..

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:37 PM delete

hahhaha jadi serasa terbang nih disanjung hohohohoh....

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:40 PM delete

mas agus jam tayangnya banyak tapi hari sabtu minggu libur.... tapi tetep rajin koment ke blog lain.... ke blog mamang belum koment mas hohohoho

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
April 13, 2013 at 1:45 PM delete

heheheh mbak uswah ... ini mah bukan singkong goreng tapi sulap motor hehehe

Reply
avatar
April 13, 2013 at 2:59 PM delete

sip iki, biasannya disini cb yg dijadiin tameng terus diganti mesin setara tiger.. motor keluaran baru g ada apa2nya hehee

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 3:17 PM delete

alhamdulillah dapet pinjeman hp dr istri,hehe
Buat nyambung komeng aja

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 3:18 PM delete

nah ini mang yono sudah datang,silakan duduk mang.ini papan caturnya

Reply
avatar
JAV
AUTHOR
April 13, 2013 at 4:18 PM delete

aku.suka.FFA.0pen.up250cc.br0

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:00 PM delete

oh iya sampek kelewatan ke rumah mang yono,hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:03 PM delete

itu efek echo nya. Buwaha ha ha ha ha
Oke juga tuhh tipsnya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:05 PM delete

echo nya dikecil in mas, terlalu besar echonya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:06 PM delete

gak pake echo jadi gak berisik,hihihi

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:07 PM delete

kalau saya gak berani banter2 mas,pelan2 aja

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:08 PM delete

enak gitu mas tinggal gaaaas..

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:09 PM delete

singkong goreng sudah kemarin mbak,sekarang jagung gadak,hehe
Mang yono mau jagung rebus juga ?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:10 PM delete

hehehe,iya mas tuh si gl 100 pernah main2 ke jatirogo

Reply
avatar
Mas Nady
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:11 PM delete

wah wah..keren nih sob modifikasinya.. hmm.. pasti makin ngebut nih rasanya..hehehe kreatif bgt dech..

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:12 PM delete

wah kalau drag saya gak tau mas,ini spek turing jaraknya panjang. Kalau ffa sekali pakai di 200 ata 400 meter biasanya langsung turun mesin lagi.
Dananya gak kuat mas.hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 6:14 PM delete

wah saya gak berani ngebut mas,
takut jatuh.hehe
Makasih mas kunjungannya

Reply
avatar
April 13, 2013 at 8:21 PM delete

oalaah kok jdi adu ngebut mas , jangan2 ngebut2 mas , motor belum lunas :v

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 8:44 PM delete

haha..motor nya masih setan kredit ya mas

Reply
avatar
April 13, 2013 at 9:27 PM delete

kalo ubah sampe ke mesin2 jadi tiger bukannya mending beli tigernya lgsung aja mas? kan sama2 mahalnya gitu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 13, 2013 at 9:36 PM delete

aslinya enak gitu mas, cuman harga tiger kan mahal, kalau gl kan masih 5 jt an paling mentok habis 5 juta jadi 10 juta plus pajaknya kan murah mas gak kayak tiger.

Reply
avatar
Fian Syauqi
AUTHOR
April 14, 2013 at 2:51 AM delete

hhe..berarti memang hobi dong ya??

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 14, 2013 at 7:42 AM delete

betul mas memang hobi tp tau batas kewajarannya

Reply
avatar
anhar aziz
AUTHOR
July 27, 2013 at 2:16 AM delete

harga cdi shogun 2001 atau cdi shogun 1997 yang besar itu, Draft gear/gigi primer sekunder gl pro/mega pro, karbu pe 28 berapa harganya?

Reply
avatar
Andrie Kyu
AUTHOR
December 1, 2013 at 10:06 PM delete

allsm.mas mau nanyak....kalau pakek blok honda phantom....sekernx pakek seker apa ya...udah saya coba pnx...tiger kurang panjang mas.....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
December 2, 2013 at 7:24 AM delete

CDI shogun sekitar 250 an mas itu bekas lho....kalau draft gear harga 550 ribu, sedangkan karbu PE tergantung merk mulai termurah 150 ribu sampai standart thailand 750 Ribu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
December 2, 2013 at 7:25 AM delete

wa'alaikumsalaam warohmatullah, kalau pake blog phantom , as kruknya harus ganti tiger atau as kruk GL di stroke, jelas sekernya tidak sampai karena selisih 4.5 mm.
sekernya tetep punya tiger cuma as kruknya harus ganti atau di naikkan strokenya 4.5 mm

Reply
avatar
Wahyu Dian
AUTHOR
February 24, 2014 at 10:06 AM delete

kalo mau pasang karbu tiger gl di glneotech gimana yah kang.?
mentok sana sini euy,
atau kira2 enakan pake karbu PE atau tiger yah?

Reply
avatar
Ogel Ajja
AUTHOR
March 31, 2014 at 10:03 PM delete

MAu nanya nih,kalau glmax pake primer sekunder tiger apa yg d robah.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 1, 2014 at 9:17 AM delete

kalau pasang karbu tiger di gl neotech harus pakai manifold tiger juga, dan nanti mentok di tangkinya. solusinya harus di lubangi tangki gl neotechnya di tukang las. Kalau PE tarikan enteng lari kenceng tapi boros kalau tiger stabil tapi irit.
itu sih yang saya rasakan. Coba search di blog ini tentang pemasangan karbu PE Di gl

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
April 1, 2014 at 9:18 AM delete

kalau gl max neotech langsung plug n play kalau gl max series harus mengganti calter tengah mesinnya.

Reply
avatar

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh EmoticonEmoticon