Home » » Membaca Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Membaca Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Membaca plat nomor kendaraan bermotor yang lalu lalang dijalan raya terkesan kurang kerjaan aja. Akan tetapi tidak kebayang bagaimana saat kita acuh terhadap nomor kendaraan bermotor kemudian terjadi tabrak lari, pencopetan dan tindak kekerasan lainnya. Sedangkan kita tidak bisa membaca kode plat kendaraan tersebut. Minimal kita mengetahui kode depan plat nomor atau nomor polisi kendaraan tersebut dari daerah mana untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Dikota besar banyak kendaraan "pendatang" yang sekedar lewat atau orang pendatang bawa kendaraan dari daerah asalnya. Jadi plat nomor kendaraan identik dengan asal pemilik kendaraan.

Terdapat kode huruf kendaraan single dan dobel untuk tiap daerah asal kendaraan baik didepan atau dibelakang plat nomor. Contohnya kode B untuk daerah Jakarta, D daerah Bandung, E daerah ciretbon, T untuk daerah karawang, G untuk daerah pekalongan, H untuk daerah semarang, K daerah Pati, AA kedu magelang, AB daerah jogjakarta, L untuk Surabaya, DK untuk Bali dan AG untuk kediri. Saya sedikit ingat tentang kode plat ini karena dulu pernah membaca dan mengahafalkan pelajaran IPS di SD. Bukunya tebal bernama RPUL (rangkuman pengetahuan umum luas). Sekarang mari saya urai kode untuk tiap daerah. Misal plat nomor kendaraan gl pro saya S6xx8GD, yang perlu diperhatikan adalah huruf pertaman dan huruf kedua, abaikan huruf ketiga dan keempat jika ada. S berarti kode wilayah atau karesidenan Bojonegoro yang meliputi Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Jombang dan Mojokerto. Untuk kode G menunjukkan wilayah Kabupaten Tuban dan kode D adalah kode acak. Untuk plat nomor kendaraan saya honda c70 kalong S64xxBN artinya S wilayah karesidenan bojonegoro B wilayah kode kabupten bojonegoro.

Contoh lain membaca plat nomor kendaraan bermotor; S xxxx A sampai SxxxxD adalah wilayah Kabupaten Bojonegoro. SxxxxE sampai SxxxxH adalah wilayah kabupaten Tuban. SxxxxJ sampai SxxxxL wilayah Kabupaten Lamongan. SxxxxN sampai SxxxxU wilayah kota dan kabupaten mojokerto. SxxxxW sampai SxxxxZ untuk wilayah kabupaten Jombang. Nah sekarang mari kita sedikit kurang kerjaan mengenal kode daerah plat nomor kendaraan masing-masing. Semoga bermanfaat.

51 komentar:

  1. coba nanti saya teliti dulu kode plat motor saya sob, trimakasih buat ilmunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas muro, semoga bisa membaca dan menemukan kode rahasianya ya, semoga bermanfaat

      Delete
    2. kalo Z 4 CH, bagus nggak Mas?

      Delete
    3. bagus tuh mas zach, Z kan daerah tasikmalaya 4 itu platnya sekda mas,
      berarti mas zach ini nanti sekda tasikmalaya, aamiin

      Delete
    4. hahahaha.... asiiik. tapi nggak bisa kayak aceng ya?

      Delete
    5. Nambahin mas ,plat z itu Pangandaran banjar ciamis tasik garut,jadi ada kemungkinan Kang Zach jadi Gubernur Jabar pengganti Ahmad Heryawan

      Delete
    6. mas zach : angan kayak aceng mas nanti dikrimi celana dalam sama ibu2, hehe
      mas agus kompac : terima kasih ditambahi lagi, dan tak amiini semoga jadi pengganti gubernur jabar entah periode kapan, :)

      Delete
  2. kalo di Cilacap kan R, belakangnya B. kalo belakangnya A berarti Banyumas, belakangnya C berarti Purbalingga, kalo D Banjarnegara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cilacap masuk R juga ya mas?tambahan info nih,
      kalau R belakang nya L itu mana mas , dulu saya punya temen platnya itu aslinya banjarnegara

      Delete
    2. sekarang di belakang banyak modif Mas, saya nggak update juga sih

      Delete
    3. iya sih mas, contoh : R 4444 I gak pake mu lho ya hehehe

      Delete
  3. Tidak begitu memperhatikan semacam ini sobat...karena tahunya hanya awalan saja ada beberapa yang hafal. Belakangnya kode wolayah daerah yang tak hafal

    ReplyDelete
    Replies
    1. huruf awal plat nomor kendaraan adalah karesidenan atau ikut polwil mana mas, karena ini hanya iseng-iseng nulis aja . terima kasih kunjungannya. salam kenal

      Delete
  4. S 500 TE, S 500 TI

    kalo ktemu 2 plat itu tlg disuruh berhenti mas, trus ngopi bareng... hahaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak mau menghentikan mobil lewaat mbak, plat 3 digit biasanya mobil, jarang motor yang 3 digit,
      nanti dikira malakin buat nraktir kopi, hehehe

      Delete
  5. Madura = m gan. Tapi huruf yang terakhir itu masih belum saya teliti gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul madura platnya M, tapi untuk perdaerahnya aku tidak hafal,

      Delete
  6. plat plat .. kalo yang awalnya pahamm tp akhiranya bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huruf awal itu menandakan kode karesidenan, satu karesidenan beberapa kabupaten, nah untuk membedakan wilayah kabupaten mana, perlu dipisah dengan kode huruf kedua tersebut

      Delete
  7. ahahaha salah ketik.. maaph ye.

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. terima kasih sobat ku, atas kunjungannya

      Delete
  9. di daerah Malang tapi kendaraannya L (Surabaya), kalau lagi ramai bola Arema vs Persibaya ketar-ketir memakai kendaraannya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia termasuk cara identifikasi nomor plat sepeda motor, masalahnya yang di tol truk elektronik yang dibakar itu plat N mana ya, jangan2 plat N lumajang, atau plat N pasuruan. Padahal Plat N malang kan huruf kedua nya A-P ya kalau gak salah.
      kalau tidak jeli melihat plat nomer ya asal grasak plat N dari malang ya itu hasilnya asal garuk plat N

      Delete
  10. hahaa... ga papa mas, sekali2 malak kopi xixixi... oia mas agus ini kenal sm blogger namanya mbak nia dewiasih? dia ini dr mojokerto jg lhoo.. sapa tau kita bs kopdar antar blogger mojokerto.. ciat ciat ciat XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo... iya kenal, tapi jangan rame2 ya, lha itu anak yang di gendong kan sama dengan gambar tulisanku yang kehadiran anak pertama.
      xixixi
      gak nanggung ah malak kopinya yang starbuk sekalian , hehe

      Delete
    2. Agus mana nih?!Nama Saya juga agus..

      Delete
    3. ayo seru2an bareng kita-kita, bersama duo agus, hehehe

      Delete
  11. wah kirain kode yang kedua tidak ada kaitannya dengan daerah...... terimakasih info plat nomornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga bermanfaat buat mamang..

      Delete
  12. Bisa langusung di praktekin nie.. :)

    Thanks mas Agus..

    ReplyDelete
  13. Plat Jambi BH mas...duhhh nggak kenal ya dengan plat itu kok nggak di sebut*jangan beranggapan yang bukan-bukan jika tidak percaya dengan pernyataan saya silahkan cari di google kode plat untuk daerah jambi hihihi* hahahha kok jadi garang gini ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nulis tapi gak enak mbak, sebenarnya saya sudah tau ya dari buku SD RPUL dulu itu.
      mas agus pakai plat BH juga ya ?

      Delete
    2. Mas Agus K : neng nongg..ya itukan PLAt JAMBI hihi
      MAS Agus S: hahahha tau paling dulu...aneh dan gampang ingetnya??? hihihi nggak enak karena mikirnya juga nggk enak kwkkwkw

      Delete
    3. hehe..nah itu dia pertimbangannya mbak, masak harus nulis yang gituan, nanti dikira jualan malahan..

      Delete
    4. hihihi ya udah dehhh dari pada menimbulkan sesuatu yang nggak enak ganti plat jambi jadi AMRI bisa nggak ya???hehhe

      Delete
    5. ya itu namanya main serobot, xixixi gak boleh tuh mbak

      Delete
  14. hadeeeeh... jadi nyunyu itu putrinya mas agus sm mbak nia ya.. awalnya uda feeling sih jangan2 ini istrinya mas agus, eeeh ga taunya beneran, tapi sungkan kalo nembak langsung "mbak nia istrinya mas agus ya?" hahaaa... gokil bgt.... horeeee bs kenal spasang blogger suami istri dr moker.. *cuitcuit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan istri saya mbak,suer...xixi

      Delete
    2. mbak uswah : hehehe cucu wiwiet cucu wiwiet..
      mas agus : awas lho ya kalau ngaku-ngaku..:D

      Delete
  15. Maaf baru bisa mampir mas.hari ini lumayan sibuk.tar balik lagi ke sini,mau solat dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sholat dulu mas agus, dari pada nanti lupa sholat.
      jempol buat mas agus kompac

      Delete
  16. Informasi kalau ketumo plat nomer AG jelas itu dari kota ku Nganjuk
    Dan AE dari kota ku juga Madiun..tolong di apsen ya mas barang kali ketemu ma plat nomer tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nganjuk itu kalau gak salah yang berakiran V, W, X, Y , Z ya mas
      kalau madiun kota AE xxxx A saampek F
      nah karena tulisannya berhubungan dengan kurang kerjaan, saya tak jadi dep kolektor dipinggir jalan sambil absen plat AG dan plat AE,
      salam kenal

      Delete
  17. memang kalau kita bisa hapal banyak bisa tau kendaraan darimana saat kita melihat platnya ya, kalau saya sih tidak hapal banyak, paling taunya B, BE, A, BG....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, itu kan plat daerah sumatera mas,
      asalnya mas agus ya ?
      hayo ngaku :D

      Delete
  18. lah... baru tau aku kalo cara bacanya gini... soalnya sering cuma yg penting naik motor sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, singgahan ya masih ikut SxxxxE sampai SxxxxH

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive