Home » » Kereta Ketel BBM Itu Panjang Lho

Kereta Ketel BBM Itu Panjang Lho

Kereta ketel BBM merupakan kereta non penumpang yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kereta ini terdiri dari banyak rangkaian yang panjang melebihi kapasitas rangkaian kereta penumpang. Jika kereta penumpang maksimal membawa 7 gerbong, maka kereta barang bisa mencapai 23 rangkaian. Seperti pada kereta ketel atau kereta angkut bbm sering membawa minimal 18 rangkaian.

Kereta ketel pengangkut bbm berangkat sore dari dipo tanjung perak menuju malang dan ada yang menuju madiun. Jika melintas di stasiun gubeng terasa agak berat karena ada isinya penuh dengan BBM. Kapasitas per tangki mencapai 36 ribu liter. Selain kereta ketel ada lagi kereta yang panjangnya melebihi kereta penumpang, yaitu kereta gerbong datar untuk mengangkut kontainer. Kapasitas rangkaiannya 23 gerbong datar. Sayang sekali stasiun gubeng tidak menjadi jalur kereta ini. Kereta ini melewati jalur utara dengan stasiun pasar turi sebagai awal dan akhir keberangkatannya. Untuk memudahkan perpindahan barang dari surabaya ke jakarta di buatlah jalur double track di jalur utara antara surabaya sampai jakarta.



85 komentar:

  1. wah sampai 23 gerbong, panjang bener yah, cape nungguin kalo lewat hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas, capek kalau pas di palang pintu panjang banget

      Delete
    2. iya bener Mas, di Cilacap, saya sering menyaksikan kereta panjaaang begini, bawa minyak, atau semen.

      Delete
    3. maksudnya kereta uap mungkin om???

      Delete
    4. nggak koq, wong jaman sekarang. keretanya diesel, cuma gerbongnya yang hasil industri gitu

      Delete
    5. kalau uap masuk kereta wisata tuh di ambarawa apa cepu ya,
      kalau ada tulisannya pertamina ya BBm mas zach
      kalau semen biasanya tangki hijau , betul kereta sekarang sudah diesel semua

      Delete
  2. aku pernah dicegat kereta beginian di malang..... suwi, kedawan rangkaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kereta bbm memang bikin macet di palang pintu kereta

      Delete
    2. bisa ditinggal mandi koq itu

      Delete
  3. wah,, panjang ya..
    tembok cina bisa kalah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangankan tembok cina, tembok jepang, korea, india jadi satu pun kalah

      Delete
  4. ohh....ternyata kereta api seperti itu yah? sepertinya bahannya dari besi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah...tuh kan mas agus ngambek, masa udah gede suka ngambek, udah jgn di sana. masa ngambek di pojok deket kompor. hahahah

      Delete
    2. hahaha, aku ngosel2 nok lemah iki mbak, umbasno gudir mbak hiks hiks hiks

      Delete
    3. pasti kalian lagi bercanda yaaa..

      Delete
    4. mas agus terlihat mesra dgn mbk indah :D

      Delete
    5. lho lho jangan saya mas , nanti saya di lempar ubi sama kang cilembu sama ubi satu truck

      Delete
    6. wah dbanyak fans ternyata mbk indah :D

      Delete
    7. mbak indah memang lagi naik daun mas banyak penggemar khususnya yang sudah kakek2

      Delete
  5. wah panjang sangat.... tetep mamang belum pernah naik kereta berjalan, kalau kereta yang lagi berenti dulu sering waktu bolos sekolah di Statsiun Pagaden Baru eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh ketahuna mang yono sering bolos, ada sesi pemotretan ya mang ?jadi coper boy

      Delete
    2. pegaden baru kan subang ya Mang?

      Delete
    3. mas agus> itu dulu waktu mamang SMP ( mamang sekolah ndak ya) hahhaha ketemu pacar hohohoho ..

      mas zachflazz> iya betul mas, pagaden baru kota kelahiran mamang hehehheeh

      Delete
    4. waaah so suweeeeeeet mamang banyak fans

      Delete
  6. wuuiiiih puanjaaaaaaaaaaaaaang bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa mbaaaaaaaaaaaak...bisa buat belajar berhitung

      Delete
    2. saya kurang suka yang panjang panjang, susah makannya

      Delete
    3. cerita kancang panjang apa pohon kelapa nihh

      Delete
    4. kalau kacang panjang kecil tapi panjang, kalau pohon kelapa panjang tapi besar, sekian analisis dari saya

      Delete
  7. balik lagi ada yang ketinggalan.... linknya sudah mamang pasang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mang terima kasih, saya pasang juga link nya mamang yono

      Delete
  8. wah panjang banget,mungkin locomotipnya juga dobel yah kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya panjang mas, lokomotifnya satu mas, biasanya ditarik pakai loco 201xxx kadang juga 204xxx

      Delete
    2. mas agus apal banget soal kereta ya

      Delete
    3. tiap hari senin-jum'at naik kereta berangkat petang pulang petang kayak maling, hehe
      sedikit tahu aja mas zach

      Delete
  9. baca postnya, sya juga langsung ngebayangin nungguin 23 gerbong lagi ngantri buat nyebrang. kasian bener yg lgi buru2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, lamaaa banget rasanya apalagi jalannya pelan2 karena berat

      Delete
  10. aduh itu takut kalau jatuh bia tumah tuh BBM :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya takut kalau terguling dan tumpah, kalau gak terbakar ya jadi rebutan orang sekitar

      Delete
  11. hai mas Agus..lama tak jumpa nihh...cerita tentang kereta api nih mas..mengapa ya kereta api banyak di pulau jawa..sumatra jarang di sini malah nggak ada kkwkw.kalau adakan asyik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mbak amri ning amri juga boleh karena sebutan ning itu identik dengan ningrat alias ningratan, hihihihi
      iya ngeblog bagi saya adalah gl pro, cb dan kereta api, hehee
      ada kok di sumatra, itu di tanjungkarang dan kertapati di medan juga ada.
      Di kertapati ada dipo induk nya lho, namanya dipo induk KPT alias dipo induk kertapati dan TNK tanjungkarang.

      Delete
    2. mungkin kereta apinya ndak bisa nyebrang ke selat sunda heheheh

      Delete
    3. belum ada jembatannya mang, kalau ada ya mungkin bisa ya
      itu mainan anak2 kang ubi cilembu

      Delete
  12. kalau segitu banyaknya yang ditarik, sepertinya lokomotifnya depan belakang kali y?
    curi satu gerbong kang, lumayan buat bagi bagi warga, pasti akang akan dianggap Zorro deh...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu bisa berfantasi nih si Akang

      Delete
    2. cuman depan aja lokonya kalau depan belakang nanti tarik-tarik an
      kang ubi memang jago fantasi mas zach

      Delete
  13. dimana2 kereta api itu panjang mas tp kayakx kereta diatas lbh panjang... *smile

    ReplyDelete
  14. Ahahaha, kalau seperti ini saya sering melihat d madiun mas, yaitu kota saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu dari dipo pertamina perak

      Delete
  15. Mas, suka baca majalah KA nggak? Mas Agus layak banget jadi kontributor beritanya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mendukung dibelakang mas zach...

      Delete
    2. baca trubus azh kang, n'tar jadi kontributor ubi cilembu

      Delete
    3. saya mendukung di belakang mamang Cilembu

      Delete
    4. nggak pernah baca mas, majalahnya kayak apa nggak pernah tau
      saya jadi kontributor komentar aja deh. biar bisa berkunjung kemana-mana

      Delete
  16. Sama kayak kereta babaranjang ya yang buat ngangkut batu bara panjang juga tuh mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas agus bg, itu lokomotifnya di tukar dengan dipo sidotopo,
      lokomotif dari dipo tanjung karang dan kertapai di oper di sidotopo surabaya. lokomotifnya warna merah kan, hehe

      Delete
  17. pake rumus panjangxlebar

    *komen apa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. panjang lebar nanti melar lho

      Delete
    2. yg panjang punya cowo yg lebar punya cewe *hayoo...

      Delete
  18. seumur2 belum pernah naik yang namanya kereta.. wkwkwkw kasian bgt ya saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas nady..tapi saya pernah naik bajai ..:D

      Delete
    2. Wah mas nandy qt senasib .
      Hahhaha

      Delete
  19. ea mas... pernah juga ....kereta sanking byk jd panjang gerbongnya...berhenti di stasiun senen...nutupin jalan perlintasan.....
    jd bikin sempet mascet jln agak lama..hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini yang bikin masalah kasian pengguna jalan ya mas

      Delete
  20. Hehehehe... panjangnya seberapa sob ??? Salam kenal n sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas budi siswanto, kalau panjangnya kira2 aja nih ya.
      satu gerbong panjangnya 10 meter kali 23 berarti 230 meter plus lokonya jadi 250 meter lah

      Delete
  21. wahh,,,emang gk keberatan saat nanjak ya?..tenaga kereta kuat juga ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nanjak sudah jadi kebiasaannya mas, di malang kan nanjak juga , hehe
      kuat dan berhasil laarinya kenceng juga saat nanjaak

      Delete
  22. sadis mas panjang juga tuh sampai 23 pintu gerbong..
    sekali lagi, semoga saja tidak ada yang ketiduran di rel kereta..ntar digilas..wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tugas kereta inspeksi mas , memastikan mas fian mimpi di rel kereta apa tidak atau kucingnya mas fian lagi berjemur direl kereta apa tidak , hehe

      Delete
  23. Wah panjang jg ya keretany mas, yah it klo lagi ngeliatin cwo ganteng d sebrang relnya bikin kesel tuh.
    Yg ada cwony keburu pergi. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, keburu kabur cowoknya ya mbak

      Delete
  24. fans club lokomotifer.. kalau saya mampir di blog kang agus pasti sering di suguhkan kereta api... kayaknya punya cita2 jadi masinis ya kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, cita2 saya yang belum kesampaian ya memberi manfaat kepada orang lain mas, kalau seumuran saya cita2 itu nomer belakang yang penting bisa hidup laya dengan keluarga aja.

      Delete
  25. untuk urusan GL dan perkereta apian mas agus jagonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma mengetahui lho mas bukan pinter beneran, istilahnya omong doang, hehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive