Kereta ketel BBM merupakan kereta non penumpang yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kereta ini terdiri dari banyak rangkaian yang panjang melebihi kapasitas rangkaian kereta penumpang. Jika kereta penumpang maksimal membawa 7 gerbong, maka kereta barang bisa mencapai 23 rangkaian. Seperti pada kereta ketel atau kereta angkut bbm sering membawa minimal 18 rangkaian.
Kereta ketel pengangkut bbm berangkat sore dari dipo tanjung perak menuju malang dan ada yang menuju madiun. Jika melintas di stasiun gubeng terasa agak berat karena ada isinya penuh dengan BBM. Kapasitas per tangki mencapai 36 ribu liter. Selain kereta ketel ada lagi kereta yang panjangnya melebihi kereta penumpang, yaitu kereta gerbong datar untuk mengangkut kontainer. Kapasitas rangkaiannya 23 gerbong datar. Sayang sekali stasiun gubeng tidak menjadi jalur kereta ini. Kereta ini melewati jalur utara dengan stasiun pasar turi sebagai awal dan akhir keberangkatannya. Untuk memudahkan perpindahan barang dari surabaya ke jakarta di buatlah jalur double track di jalur utara antara surabaya sampai jakarta.
wah sampai 23 gerbong, panjang bener yah, cape nungguin kalo lewat hihi...
ReplyDeletehehe iya mas, capek kalau pas di palang pintu panjang banget
Deleteiya bener Mas, di Cilacap, saya sering menyaksikan kereta panjaaang begini, bawa minyak, atau semen.
Deletemaksudnya kereta uap mungkin om???
Deletenggak koq, wong jaman sekarang. keretanya diesel, cuma gerbongnya yang hasil industri gitu
Deletekalau uap masuk kereta wisata tuh di ambarawa apa cepu ya,
Deletekalau ada tulisannya pertamina ya BBm mas zach
kalau semen biasanya tangki hijau , betul kereta sekarang sudah diesel semua
aku pernah dicegat kereta beginian di malang..... suwi, kedawan rangkaian :)
ReplyDeletehehehe kereta bbm memang bikin macet di palang pintu kereta
Deletebisa ditinggal mandi koq itu
Deletepipis sekalian juga boleh
Deleteohh....ternyata kereta api seperti itu yah? sepertinya bahannya dari besi.
ReplyDeletebahannya dari lempung mbak
Deletehahahah...tuh kan mas agus ngambek, masa udah gede suka ngambek, udah jgn di sana. masa ngambek di pojok deket kompor. hahahah
Deletehahaha, aku ngosel2 nok lemah iki mbak, umbasno gudir mbak hiks hiks hiks
Deletepasti kalian lagi bercanda yaaa..
Deletelagi qosidahan
Deletemas agus terlihat mesra dgn mbk indah :D
Deletelho lho jangan saya mas , nanti saya di lempar ubi sama kang cilembu sama ubi satu truck
Deletewah dbanyak fans ternyata mbk indah :D
Deletembak indah memang lagi naik daun mas banyak penggemar khususnya yang sudah kakek2
Deletewah panjang sangat.... tetep mamang belum pernah naik kereta berjalan, kalau kereta yang lagi berenti dulu sering waktu bolos sekolah di Statsiun Pagaden Baru eheheh
ReplyDeletetuh ketahuna mang yono sering bolos, ada sesi pemotretan ya mang ?jadi coper boy
Deletepegaden baru kan subang ya Mang?
Deletemas agus> itu dulu waktu mamang SMP ( mamang sekolah ndak ya) hahhaha ketemu pacar hohohoho ..
Deletemas zachflazz> iya betul mas, pagaden baru kota kelahiran mamang hehehheeh
waaah so suweeeeeeet mamang banyak fans
Deletewuuiiiih puanjaaaaaaaaaaaaaang bgt..
ReplyDeleteiyaaaa mbaaaaaaaaaaaak...bisa buat belajar berhitung
Deletesaya kurang suka yang panjang panjang, susah makannya
Deletecerita kancang panjang apa pohon kelapa nihh
Deletekalau kacang panjang kecil tapi panjang, kalau pohon kelapa panjang tapi besar, sekian analisis dari saya
Deletebalik lagi ada yang ketinggalan.... linknya sudah mamang pasang
ReplyDeleteiya mang terima kasih, saya pasang juga link nya mamang yono
Deletehehehe, saking panjangnya
ReplyDeletewah panjang banget,mungkin locomotipnya juga dobel yah kang.
ReplyDeleteiya panjang mas, lokomotifnya satu mas, biasanya ditarik pakai loco 201xxx kadang juga 204xxx
Deletemas agus apal banget soal kereta ya
Deletetiap hari senin-jum'at naik kereta berangkat petang pulang petang kayak maling, hehe
Deletesedikit tahu aja mas zach
baca postnya, sya juga langsung ngebayangin nungguin 23 gerbong lagi ngantri buat nyebrang. kasian bener yg lgi buru2.
ReplyDeletehehehe, lamaaa banget rasanya apalagi jalannya pelan2 karena berat
Deleteaduh itu takut kalau jatuh bia tumah tuh BBM :(
ReplyDeleteiya takut kalau terguling dan tumpah, kalau gak terbakar ya jadi rebutan orang sekitar
Deletehai mas Agus..lama tak jumpa nihh...cerita tentang kereta api nih mas..mengapa ya kereta api banyak di pulau jawa..sumatra jarang di sini malah nggak ada kkwkw.kalau adakan asyik hehe
ReplyDeletehalo juga mbak amri ning amri juga boleh karena sebutan ning itu identik dengan ningrat alias ningratan, hihihihi
Deleteiya ngeblog bagi saya adalah gl pro, cb dan kereta api, hehee
ada kok di sumatra, itu di tanjungkarang dan kertapati di medan juga ada.
Di kertapati ada dipo induk nya lho, namanya dipo induk KPT alias dipo induk kertapati dan TNK tanjungkarang.
via, beli sendiri azh dipasar
Deletemungkin kereta apinya ndak bisa nyebrang ke selat sunda heheheh
Deletebelum ada jembatannya mang, kalau ada ya mungkin bisa ya
Deleteitu mainan anak2 kang ubi cilembu
kalau segitu banyaknya yang ditarik, sepertinya lokomotifnya depan belakang kali y?
ReplyDeletecuri satu gerbong kang, lumayan buat bagi bagi warga, pasti akang akan dianggap Zorro deh...;o)
selalu bisa berfantasi nih si Akang
Deletecuman depan aja lokonya kalau depan belakang nanti tarik-tarik an
Deletekang ubi memang jago fantasi mas zach
dimana2 kereta api itu panjang mas tp kayakx kereta diatas lbh panjang... *smile
ReplyDeletehehehe, senyum juga
DeleteAhahaha, kalau seperti ini saya sering melihat d madiun mas, yaitu kota saya hehehe
ReplyDeleteiya mas itu dari dipo pertamina perak
Deletejangankan tembok cina, tembok jepang, korea, india jadi satu pun kalah
ReplyDeleteMas, suka baca majalah KA nggak? Mas Agus layak banget jadi kontributor beritanya deh.
ReplyDeletesaya mendukung dibelakang mas zach...
Deletebaca trubus azh kang, n'tar jadi kontributor ubi cilembu
Deletesaya mendukung di belakang mamang Cilembu
Deletenggak pernah baca mas, majalahnya kayak apa nggak pernah tau
Deletesaya jadi kontributor komentar aja deh. biar bisa berkunjung kemana-mana
Sama kayak kereta babaranjang ya yang buat ngangkut batu bara panjang juga tuh mas...
ReplyDeleteiya betul mas agus bg, itu lokomotifnya di tukar dengan dipo sidotopo,
Deletelokomotif dari dipo tanjung karang dan kertapai di oper di sidotopo surabaya. lokomotifnya warna merah kan, hehe
pake rumus panjangxlebar
ReplyDelete*komen apa ini
panjang lebar nanti melar lho
Deleteyg panjang punya cowo yg lebar punya cewe *hayoo...
Deleteseumur2 belum pernah naik yang namanya kereta.. wkwkwkw kasian bgt ya saya..
ReplyDeletesama mas nady..tapi saya pernah naik bajai ..:D
Deletesaya pernah naik ojek
DeleteWah mas nandy qt senasib .
DeleteHahhaha
ea mas... pernah juga ....kereta sanking byk jd panjang gerbongnya...berhenti di stasiun senen...nutupin jalan perlintasan.....
ReplyDeletejd bikin sempet mascet jln agak lama..hehe :)
nah ini yang bikin masalah kasian pengguna jalan ya mas
DeleteHehehehe... panjangnya seberapa sob ??? Salam kenal n sukses selalu...
ReplyDeletesepanjang jalan kenangan
Deletesalam kenal juga mas budi siswanto, kalau panjangnya kira2 aja nih ya.
Deletesatu gerbong panjangnya 10 meter kali 23 berarti 230 meter plus lokonya jadi 250 meter lah
wahh,,,emang gk keberatan saat nanjak ya?..tenaga kereta kuat juga ternyata
ReplyDeletekalau nanjak sudah jadi kebiasaannya mas, di malang kan nanjak juga , hehe
Deletekuat dan berhasil laarinya kenceng juga saat nanjaak
sadis mas panjang juga tuh sampai 23 pintu gerbong..
ReplyDeletesekali lagi, semoga saja tidak ada yang ketiduran di rel kereta..ntar digilas..wkwkw
itu tugas kereta inspeksi mas , memastikan mas fian mimpi di rel kereta apa tidak atau kucingnya mas fian lagi berjemur direl kereta apa tidak , hehe
Deletemalaisya gimana ?
ReplyDeleteWah panjang jg ya keretany mas, yah it klo lagi ngeliatin cwo ganteng d sebrang relnya bikin kesel tuh.
ReplyDeleteYg ada cwony keburu pergi. Hihihi
hehehe, keburu kabur cowoknya ya mbak
Deletefans club lokomotifer.. kalau saya mampir di blog kang agus pasti sering di suguhkan kereta api... kayaknya punya cita2 jadi masinis ya kang hehehe
ReplyDeletehehehe, cita2 saya yang belum kesampaian ya memberi manfaat kepada orang lain mas, kalau seumuran saya cita2 itu nomer belakang yang penting bisa hidup laya dengan keluarga aja.
Deleteuntuk urusan GL dan perkereta apian mas agus jagonya
ReplyDeletesaya cuma mengetahui lho mas bukan pinter beneran, istilahnya omong doang, hehe
Delete