Home » » Apa yang kita punya

Apa yang kita punya

Assalaamu'alaikum warohmatullah. Pagi yang segar ini saya mengingat-ingat apa yang kita punya dari ujung rambut kepala sampai ujung kuku kaki. Tidak ada sama sekali yang mutlak menjadi milik kita kecuali semua dalam genggaman sang Khalik Allah SWT. Sekarang mari saya sebutkan satu persatu mulai dari rambut kepala. Rambut yang melekat di kepala itu pemberian dan belum tentu kita yang punya, suatu saat kapanpun bisa diambil oleh-Nya. Rambut bagus, lurus dan bisa dibanggakan di depan umum sebenarnya tidak ada apa-apanya. Coba saya hitung mulai lahir sampai maksimal umur 40 tahun insya Allah sudah mulai beruban belum lagi jika ada masalah pada rambut rontok.

Wajah yang kita banggakan berupa kecantikan dan ketampanan rupawan jika sudah diambil kita tidak bisa mengelak lagi. Contohnya siti nur jazila alias lisa yang semula cantik disiram oleh suaminya dengan air keras, wajah nya rusak dan harus di operasi total. Begitu juga yang melekat pada wajah kita , mata, hidung, bibir semua ada masa kontraknya. Apa yang dibanggakan jika kontrak sudah habis, apa yang kita punya ?

Tangan, kaki, otak dan semua organ dalam tubuh kita semua bukan milik kita, kita hanya menjalankan dan menerima apa yang sudah ada. Begitu juga aksesori yang melekat pada organ tubuh kita, jangan sampai dipamer-pamerkan sehingga merasa jumawa karena sudah bisa membeli dengan kekayaan sendiri. Merasa sundul langit tidak peduli dengan sesamanya. Kepintaran yang dimiliki itu pemberian, jangan pernah menantang seolah-olah kepintaran itu miliknya.

Jika sudah menyadari bahwa kita tidak punya apa-apa, mari kita gunakan apa yang melekat pada tubuh kita dengan sebaik mungkin. Sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga untuk orang lain. Ingat kontrak kita atau masa edar kita di bumi ini maksimal 100 tahun itupun fungsi anggota tubuh sudah tidak maksimal lagi.

85 komentar:

  1. Replies
    1. klepon gulo jowo yen dicokot moncrot

      Delete
    2. Bakso aja kang, numpang bingung

      Delete
    3. hehehe, maaf mas pay itu klepon kalau digigit keluar gula jawanya
      bakso boleh juga yang pentol sak bola tenis ya

      Delete
    4. mau - mau kelepon yang didalamnya gula merah

      Delete
    5. capcay juga boleh ?yang jual siapa sih

      Delete
  2. Super sekali mas agus..
    makanya kita tidak boleh sombong, dan patut mensyukuri nikmat Allah.
    nikmatNya gak akan bisa kita hitung..

    dan untuk uban kayaknya ga perlu sampai 40 tahun mas. saya pas SMA aja udah ada uban, tapi dikit bgt. ga sampai 5 helai.. dan sekarang ndak sampai 10 helai...wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pak teguh ya, super sekali
      kalau uban jangan di potong mas biarkan aja

      Delete
    2. wkwkw..teguh KW 5.. :D

      kalau saya tidak dipotong mas ubannya. tapi dicabut..hahhaa

      miztia : ada darah bule. bule afrika..wkwkw

      Delete
    3. lho jangan dicabut mas fian itu bisa menghapus dosa lho

      Delete
    4. abisnya mengganggu penglihatan mas :D

      Delete
    5. pake topi aja kayak kang ubi cilembu, keren

      Delete
  3. semua yang kita miliki sekarang hanya sebuah titipan Allah semata, jika yang menitipkan mengambilnya, ya ihlas, inna lillai wa inna ilaihi rojiun..

    nice posting mas, trims sudah mengingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saling mengingatkan ya mas.
      tulisan mas juga bagus :) sudah saya baca

      Delete
  4. Kita tidak punya apa2 ya kang.. semunaya milik NYA..

    ReplyDelete
  5. Jadi bahan renungan mas.bisa di baca lagi ntar malam.Jadi kepikiran mati D,3 perkara yang akan kita bawa ke "alam sana"
    1. ilmu yang bermanfaat,
    2. shodaqoh jariah,
    3. doa anak (apabila anak kita shaleh)
    ------------------------------------
    4. Komputer kesayangan+modem + LED 29"
    Mohon koreksi nya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas agus kompac , terima kasih sobatku saudara jauh ku karena aku disini engkau disana,
      gak sekalian bantal guling mas dibawa juga kasih nomer 5 dan 6 sekalian, hehehe

      Delete
    2. haha...terimakasih untuk no 5 dan 6
      sekalian mau lapor nh !untuk besok-hari yang masih belum bisa d tentukan ,saya ada kerjaan d dunia nyata.Mungkin jarang Online
      Harap maklum!Tolong sampaikan sama teman2 yang lain.terimakasih saudara ku!
      Peluk dan cium untuk mu!
      ciuman pas bangun tidur wxwxwx...

      Delete
    3. oke sobatku, semoga aktivitas lancar , rejeki mengalir dengan deras sehat selalu.
      wueeeksss mas agus belum sikatan.
      hihihi

      Delete
  6. kita syukuri apa yang ada, dan selalu ingat ALLAH :)
    semunya bakal balik ke asalnya juga toh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mbak miz tia, jangan lupa sangu nya di openi iki wes dhuhur ojo ngeblog ae

      Delete
  7. iya bener mas,,
    sebagai manusia yang tidak memiliki apa" seharusnya kita menjaga semua yang Allah titipkan untuk kita.
    moga bisa jadi renungan untuk kita semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah adem banget mbak, gak ada yang perlu disombongkan ya mbak

      Delete
  8. hampir mirip dengan yang mau saya posting, tapi temanya wajah cantik yang mampu bertahan 60 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah berarti wajah tersebut dijaga oleh Allah biasanya orangnya suka wudhu

      Delete
  9. mampir kang mau nganterin kopi susu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah dapat kiriman, ini saya suguhi sukun rebus mas

      Delete
  10. memang harus selalu bersyukur...bersyukur....bersyukur... dan bersyukur atas semua rahmat dan karunia Allah SWT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sejuk banget komen mbak eka.

      Delete
  11. rajin2 lah bersyukur, karena semua yg ada pada diri kita hanya milik Allah, dan Dia berhak utk mengambilnya kapan saja.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita bersiap2 dan menunggu giliran, tentunya dengan berlomba2 pada kebaikan

      Delete
  12. Benar sekali sobat, kita gak punya apa apa, semua kepunyaan dia,
    kalaupin kita punya juga gak la 100 tahun waktu yg lama itupun memang kita sudah gak jamannya lagi, karena sudah keriput..hehe dan hilang kecantikannya maupun kegagahannya

    postingan yg sangat bagus sekali sobat.
    oh ya sobat, sorry nih lagi banyak gangguan listrik dan sinyal jadi lambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kita masih diberi kesehatan dan kelancaran ya pak, semoga lancar aktivitasnya walau ada gangguan mati listrik. :)

      Delete
  13. makasih banyak yah sudah mengingatkan saya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, saya juga mengingatkan untuk diri sendiri mas.
      terima kasih kembali

      Delete
  14. iya betul mas... contohnya , muka mamang sudah peot nih heheheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah..mamang masih gagah perkasa gitu lho

      Delete
  15. 100 tahun itu udah renta banget ya mas..
    Gak bisa optimal lagi ibadahnya..

    Makasih ya mas sudah mengingatkan.. :)

    @Fian syauqi : buahahaha.. Pantas kemaren tu aku liat ada rambut putih.. Rupanya uban.. Uban karna pusing tu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara2 masuk sipil dan smanplus..haha

      Delete
    2. sama2 mbak, terima kasih kembali :)
      lho temen satu kampung sama mas fian ya, klop deh

      Delete
  16. 100 tahun itu udah renta banget ya mas..
    Gak bisa optimal lagi ibadahnya..

    Makasih ya mas sudah mengingatkan.. :)

    @Fian syauqi : buahahaha.. Pantas kemaren tu aku liat ada rambut putih.. Rupanya uban.. Uban karna pusing tu..

    ReplyDelete
  17. insya Allah, sentiasa bersyukur atas pemberianNya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga kita selalu termasuk hamba yang bersyukur

      Delete
  18. subhanallah betul juga ya kang,kadang kala manusia khususnya saya jarng menyadari akan hal seperti itu,alhamdulillah kang diingatkan,terima kasih kang sudah saling mengingatkan.

    ReplyDelete
  19. seger/ abis di siram rohani sama sang empu blog agussetya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah seperti diguyur hujan ya mas ?

      Delete
    2. bagaikan embun sejuk di pagi hari Mas

      Delete
    3. betul mas belum ada asap kenalpotnya

      Delete
  20. Apa yang telah ALLAH S.W.T berikan kepada kita memang Wajib kita syukuri yaa Sob,,,semoga setelah membaca Artikel di atas saya bisa lebih menjadi manusia yang selalu bersyukur.

    ReplyDelete
  21. Emang ada banyak yg perlu kita syukuri setiap hari sebelom semuanya kembali ke yang punya tanpa sempat kita syukuri! Tapi kadang kita gak sadar dan mendustakan setiap nikmat dan titipan yang Allah berikan... :-)

    #say Alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah :)
      mohon bimbingan mas eksak, saya juga diingatkan kalau ada yang melenceng

      Delete
  22. ahhh aku kebagian komen yang terakhir....huhuuh nangis hahaha..sepakata mas Agus..so apa yang bisa kita perbuat hari ini maka harus dilakukan...siapa tau hari depan kesempatan itu sdah tertutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat dan satu kata Lawan, kaya demo aja mbak, hehee
      mari berlomba-lomba memberi manfaat pada orang lain walaupun hanya dalam satu postingan

      Delete
    2. belum terakhir Mbak, sayalah yang terakhir

      Delete
  23. bener Mas, kita dikaruniai indera yang lengkap. sempurna. tapi lemah di hadapan-NYA. dibikin flu sedikit aja udah remuk. dicoba sdikit aja udah KO. maka apa nilai kita di depan Allah kalo kita masih sombong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa yang disombongkan ya mas, saya ndlosor aja deh

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive