Home » » KA Rapih Dhoho Telat dan Hikmahnya

KA Rapih Dhoho Telat dan Hikmahnya


Ka Rapih Dhoho telat selalu sejak perubahan jadwal kereta api 1 april 2013. Entah disengaja atau tidak oleh pihak pt kai mengingat penumpang kereta api rapih dhoho dan juga krd paling nekat dan paling vokal. Pernah sekali berangkat sebelum jam 5 sore sebelum kereta api mutiara selatan berangkat. Selebihnya berangkat jam 5 lebih 15 menit atau lebih, padahal jadwal tepatnya jam 16.45 dari stasiun gubeng. Bagi saya telat ataupun tidak, bukan menjadi masalah karena jam kedatangan di stasiun mojokerto tetep jam 6 sore atau meleset 5-10 menit masih maklum. Saya bukan mengeluh dan protes atas keterlambatan kereta rapih dhoho saya enjoy aja karena bisa tidur nyenyak dalam kereta, karena ngantuknya tingkat tinggi kalau sudah sore. Lagian saya juga bisa mandi terlebih dahulu di mess tempat kerja, daripada bau.

Tanggal 16 April 2013 Ka Rapih Dhoho telatnya sudah kebablasan, sampai jam 17.50 menit baru berangkat kaerna kerusakan pada kereta pembangkit atau genset. Saya pun sholat maghrib berjamaah distasiun gubeng. Saat masuk stasiun gubeng mengalami miss informasi dua kali. Pertama diinfokan kereta masuk di jalur satu, 10 menit kemudian diinfokan kerata masuk jalur dua, 5 menit kereta tidak datang kemudian diinfokan lagi kereta masuk jalur satu. Nah sudah ada gelagat tidak beres pada petugas PPKA (pemimpin perjalanan kereta api). Kereta melaju sedang menuju wonokromo sampai stasiun tarik kereta berhenti lama karena ditahan untuk disusul kereta api Bima tujuan jakarta.

Di sini kereta ditahan cukup lama, kurang lebih 1 jam. Masuk di stasiun tarik jam 06.30 disusul Ka Bima jam 06.45. Sebenarnya kereta sudah bisa dijalankan menuju stasiun mojokerto, tapi ka rapih dhoho ditahan lagi untuk bersilang dengan ka argo wilis dan ka pasundan dari bandung. Padahal ka argo wilis baru lepas stasiun jombang yang jaraknya 4 stasiun dengan stasiun mojokerto, sedangkan pasundan baru lepas kertosono yang jaraknya bisa 7 stasiun. Merasa dikerjai oleh petugas kai khusunya kepala stasiun (KS) tarik seorang penumpang yang terpelajar, ya karena dosen ITS melancarkan protes atas tindakan KS Tarik. Protes tersebut ditanggapi serius oleh pak KS tarik debat argumen pun berlangsung lama. Saya juga ikut turun karena didalam kereta panas sekali bikin kemringet.

Setelah tidak ada titik temu perdebatan antara pak dosen dengan Ks tarik pak dosen ini melaksanakan sholat isya'. Saya segera mengambil wudhu untuk sholat isya'. Setelah wudhu ini saya kaget sekali karena teman-teman satu gerbong paling belakang turun semua untuk menyerbu ruangan ks tarik. Apa jadinya satu orang lawan 25 an orang yang betubuh gagah perkasa. Protes ala hukum rimba pun dilaksanakan oleh teman-teman. Tapi pintarnya teman-teman kok ya tidak sampai memukul atau merusak peralatan stasiun tarik. Disinilah kejelian teman-teman benar - benar dipraktikkan. Tidak ada sentuhan fisik sediktipun cuman umpatan dan perkataan yang dimainkan. Sampai-sampai Ks tarik tersudut disudut ruangannya. Bener-bener protes yang mengagumkan untuk memberi pelajaran petugas pt kai. Kejadian ini berlangsung 15 menit kemudian saya sholat isya berjamaah dan akirnya kereta diberangkatkan karena kerata pasundan sudah lewat setelah sebelumnya argo wilis duluan. Kalau tidak begini mana digubris protes dari pengguna kereta , ya tho.

Ka rapih dhoho telat dan hikmahnya adalah :
saya bisa sholat maghrib berjamaah di stasiun gubeng
sholat isya' berjamaah di stasiun tarik
bisa mengobok-obok ruangan Ks tarik
Bekas hujan dimojokerto menandakan jika sampai mojokerto jam 6 sore berarti kehujanan, inilah hikmah dari kereta telat, tidak kehujanan.
saling mengenal dan akrab dengan teman-teman yang biasanya cuma tahu wajahnya kini saling kenal.

itulah hikmah dari kereta rapih dhoho yang kemarin malam telat.


58 komentar:

  1. Alhamdulillah, semoga berkah perjalanannya mas :)

    ReplyDelete
  2. ada hikmah yang dpt kita petik di setiap peroses kehidupan :')

    ReplyDelete
  3. mungkin telat krna d jlur nya ada hambatan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kereta pembangkitnya rusak

      Delete
    2. bukan rusak masinisnya kan..

      Delete
    3. mngkin mas agus bsa ganttin itu masinis mas

      Delete
    4. nanti bisa jalan gk bisa ngerem

      Delete
  4. .. wachhhhh,, berarti semua hal yg buruk ada hikmahnya juga ya?!? he..86x. smoga gak telat^ lagi dech keretanya. sehingga gak ada yg protes rame^. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...
      kalau gak gitu petugas seenaknya sendiri mbak

      Delete
  5. benar maz, setiap kejadian pasti ada hikmahnya so ambil hikmahnya aja ye. hehehe

    ReplyDelete
  6. semua ada hikmahnya kalo kita mau menerima dan menyelaminya ya mas..semoga ada hikmah-hikmah lain dalam hidup ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah dpt pencerahan,kalau ngomel jg gk bakal menolong mas

      Delete
  7. Replies
    1. hobi naik kereta tepatnya/\//\//\/

      Delete
    2. naik kereta tiap hari mas,jd sedikit tau seluk beluknya,hihihi

      Delete
    3. hha pantesan sering update tentang kereta :D

      Delete
    4. hihii, masak saya update tentang seo , nanti artikelnya seo isinya masinis dan rel sepur, hehe

      Delete
  8. smg sampai ditujuan dgn selamat... aamiin..

    ReplyDelete
  9. kok ngobok-ngobok juga ya sob hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas soalnya kalau gak gitu gak berangkat keretanya

      Delete
  10. selalu dicar sisi baknya dr smua pertwa ya mas, termsauk KA Dhoho yg telat itu.

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah jika kita bisa menarik hikmah dari setiap kejadian yang menimpa kita...

    ReplyDelete
  12. ndak heran kalau kereta di indonesia suka telat, kyk karet mulai dulu. ndak ada kemajuan sama sekali.
    terlambat dan terus terlambat ..... harga tiket selalu naik, tp masih suka molor keretanya. mana bisa maju kalau gini terus? masa kalah sama negara yg lain.

    klw masalah hikmah: NO COMMENT alias mantap. udah dijawab sama yg di atas, saya makmum saja :)

    ReplyDelete
  13. Biar telat yang terpenting selamat sampai tujuan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. super banget mas alhamdulillah juga hayyu anakku belum tidur jg mgnkn nunggu bapaknya kali ya

      Delete
  14. keterlambatan kereta menjadi hal yang lazim dimanapun di seluruh pelosok jalan kereta di Indonesia. tak terkecuali di tempat Mas Agus dan di tempat saya. kadang kita bisa sebeeeeel banget ya Mas.

    Tapi pengalaman Mas Agus itu, untuk mengambil hikmah dari fenomena itu, adalah sesuatu yang sangat baik dan keren Mas. nggak semua orang bisa seperti itu Mas. selamat, ANda layak dapat bintang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas zach,tadinya mau ikut ngamuk2 bareng temen2,tak tinggal jamaah aja deh,adem sendiri

      Delete
  15. kereta telat ... untung mamang belum pernah naik kereta.... hohohoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,ini termasuk hikmah juga mang

      Delete
  16. semoga kita selalu berada dalam lindungan nya.
    salam blogger

    ReplyDelete
  17. memang setiap ada kejadian kurang enak kebanyakan jika kita berpikir positif pasti ada hikmahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas agus bg,sebel juga sih mas tp tetep disyukuri

      Delete
  18. Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil, tentang hal2 yang kadang membuat kita merasa kesal dan jengkel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, dari pada ngeluh juga gak ngefek

      Delete
  19. Allah... punya sesuatu buat mas yang terbaik.... :)

    ReplyDelete
  20. semua yang terjadi pasti ada hikmahnya ya mas..
    pasti seru tu habis mengobok-obok ruangan ks tarik..hha
    memang deh indonesia paling ahli kalau soal telat

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru sekali mas, petugasnya sampai keder untuk gak terjadi pemukulan aja cuma di umpat di depan mukanya aja

      Delete
  21. Replies
    1. sama-sama mas..semoga menginspirasi

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive