Home » » Kereta Api Arjuna Ekspres Jalan Lagi

Kereta Api Arjuna Ekspres Jalan Lagi

Kereta api arjuna ekspres awalnya di uji coba bertepatan pada musim mudik lebaran tahun 2012 silam. Pemprov jatim yang memfasilitasi mudik gratis dengan kereta api arjuna ekspres yang berjenis KRDE produksi inka madiun. Kereta api arjuna ekspres melayani relasi surabaya-madiun PP. Saya berkesampatan mencoba pertama saat acara mudik gratis, lumayan tidak usah beli tiket untuk perjalanan pulang. Jadwal keberangkatan dari stasiun gubeng pukul 16.45 wib setelah keberangkatan ka mutiara selatan. Pada praktiknya kereta ini berangkat setelah ka turangga pada pukul 18.45 karena ada masalah pada radio komunikasi. Saking kepengennya naik kereta diesel ber Ac ini saya meninggalkan "kereta" "hidup mati ku" yaitu ka krd yang sudah berangkat terlebih dahulu. Kereta ini mempunyai kapasitas tempat duduk 308 kursi dengan 2 seat salaing berhadapan. Kereta ini berhenti di stasiun gubeng, wonokromo, krian, mojokerto, sumobito, jombang , kertosono, nganjuk terakhir madiun.

Kereta Api Arjuna Ekspres
Setelah musim mudik lebaran usai, kereta api arjuna ekspres ini memulai perjalanan regulernya pada jam 16.45 wib dengan relasi yang sama. Harga tiket ka arjuna ekspres surabaya madiun sebesar 55 ribu, sedangkan untuk surabaya mojokerto sampai jombang sebesar 20 ribu. Okupansi kereta api arjuna tidak sesuai harapan pt kai karena tidak ada yang berminat menggunakan jasa layanan kereta ini. Penyebabnya adalah pertimbangan harga yang terlalu mahal. Perbandingan dengan naik bus umum yang ber ac sampai mojokerto sebesar 4 ribu sampai kertosono 10 ribu sampai madiun 17 ribu. Kereta ini beroperasi hanya beberapa bulan saja, karena berangkat pulang membawa penumpang tidak lebih dari 15 orang dengan kapasitas 308 orang.

Bulan februari 2013 kereta ini jalan lagi dengan jadwal dan tarif yang berbeda. Kereta ini konon menggunakan bekas kereta madiun jaya non ac. Jadwal Kereta Api Arjuna Ekspres, Berangkat dari madiun 04.35 wib sampai mojokerto 05.55 perkiraan sampai surabaya gubeng pukul 06.51 wib. Sedangkan berangkat dari gubeng pada pukul 18.30 wib sampai mojokerto pukul 13.28 wib terakhir madiun pukul 16.05 wib. Tarifnya mengalami perubahan, harga tiket ka arjuan ekspres dari surabaga gubeng sampai stasiun mojokerto seharga 10 ribu, sedangkan harga tiket lepas mojokerto sampai kertosono seharga 20 ribu, jika sampai madiun 30 ribu. Masih terhitung mahal juga jika dibandingkan dengan menggunakan bus umum. Silakan tentukan pilihan menggunakan kereta api arjuna ekspres, kereta api rapih dhoho atau bus umum ac tarif biasa.

Berikut jadwal kereta api Arjuna Ekspress :

Dari Madiun : 04.35 WIB

Dari Surabaya : 18.30 WIB

Pada kenyataanya kereta api arjuna ekspres selalu penuh pada hari senin karena kereta ini menjadi solusi pemecah kepadatan penumpang pada kereta api krd. Inilah win win solution yang terbaik karena kereta api krd tidak begitu penuh tiap hari senin begitu juga kereta api arjuna ekspres.


47 komentar:

  1. Replies
    1. iya mas tuban dan sekitarnya rel nya sudah mati, untuk jalur tuban babat ada info mau di aktifkan kembali untuk angkutan semen indonesia

      Delete
    2. mesakne ...ora duwe stasiun. hahah

      Delete
    3. stasiun ada mbak cuman jadi rumah dan ruko, itu ada stasiun plumpang, stasiun tuban di doromukti.xixxixi

      Delete
  2. lama ndak naik kereta api, banyak kenangan :(

    ReplyDelete
  3. info bagus untuk para perantau kang,kebetulan saya orang kampung jadi nggak naik kereta,naik ojeg saja deh.terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga orang kuampung pakai an juga, hehe
      kebetulan kereta jadi kebutuhan tiap hari mas, pergi pulang kerja. kebetulan juga ada jalur rel sepurnya jadi tinggal manfaatin aja.

      Delete
    2. tidak pernah mas. kalau kereta sby arah jombang insya Allah steril dr copet mas,karena kita sdh saling kenal kalau ada yg kecopetan tinggal teriak pasti copetnya ketemu. Pernah ada copet dihajar dan dilempar keluar

      Delete
  4. Replies
    1. kalau yang ini jalannya gremet alias kayak siput

      Delete
  5. Lapor pak!Hari ini sudah 3x mati lampu kegiatan ngblog sama blogwalking terhambat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas mati lampu bisa melakukan kegiatan lain, sudah berapa ronde hari ini mas agus

      Delete
    2. Baru aja naik.si ncep nangis minta netek xixi...batal dh!

      Delete
    3. bisa minta resep lg ama mas zigzoor tuh mas,resep biar si ncep tidak bangun dikala sedang on

      Delete
  6. jadi pengen naik kereta,sekedar untuk bernostalgia...D:)Sudah lama pisan ga numpak mobil panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. assek ketemu istrinya dikereta ya mas

      Delete
    2. Bukan mas.Uang hasil kerja selama 2 bulan di embat sama copet sialan!Mudah2an beliau masuk surga!

      Delete
    3. turut prihatin mas,semoga yang dicopet rejekinya bnyak dan masuk surga mendahului yg nyopet

      Delete
  7. wah, mamang belum pernah naik kereta naik pesawat terus * gaya* hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah blm pernah naik pesawat mang,gmn rasanya ya mang?

      Delete
  8. saya sendiri belum pernah naik kereta apai, ke ngawi aja selalu naik bus, kalau dikereta api bisa tudur nggak ya mas kan goyang-goyang... masalah arjuna ekspres tapi walau mahal dikit pastinya jalannya lancar, jika naik bus umumkan bisa telat belum lagi kepotong brenti-brenti juga kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. xx harus nyoba mas.banyak cw cantix lho..

      Delete
    2. iya sih mas,kalau naik kereta arjuna bebas asongan dan space nya lebar.
      Nah ini mas agus dua kembar tiga berarti.
      Ada pramugarinya lho

      Delete
  9. mau naik kereta yg gak ada penumpangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kereta angkutan kricak atau angkut semen,hihihi

      Delete
  10. Sayang sekali, 4 tahun di Surabaya cuman sekali naek kereta, skrg dah balik k Denpasar... apa yg mau dinaiki ya? Btw, semoga kereta api arjuna express ini sukses melayani masyarakat yah....

    www bangancis web id

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ke denpasar bisa estafet dengan kereta mutiara timur

      Delete
  11. wah saya dari dulu hingga sekarang belum pernah naik kereta api..kecuali kereta api anak2 itu..wkwkw

    ReplyDelete
  12. Kereta Arjuna ganteng berarti ya Mas Agus hehehhe........kirim dong keretanya ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. masinisnya kayaknya ganteng,soalnya gagah perkasa pakai topi masinis,hehe
      Minta dilemparkan?

      Delete
    2. hahahaha masak dilempar adanya kecelakaan kwkwkw

      Delete
    3. kecelakaan kayak pesawat itu ya,hehe

      Delete
  13. naek kereta kelinci jalan2 ke benteng pancasila... hujan deress banjir semalem lampu mati tetep rame heheheh, dlanggu gt jg ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalnggu hujan intensitas sedang dengan cuaca 29 derajat celcius tidak ada potensi badai,dan lampu tidak mati.hehe
      Itulah kejadian cuaca malam minggu kemarin

      Delete
  14. Asyik nih mas info soal kereta ya....ta share ke email anak sy ya mas...buatnya seneng bgt pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas,lumayan ada beberapa artikel kereta mas,silakan dishare pada putranya

      Delete
  15. Replies
    1. salam kenal juga mas,
      terima kasih kunjungannya

      Delete
  16. Replies
    1. bisa dicoba mas,
      Terima kasih kunjungannya

      Delete
  17. ini sepur gimana okupansinya? laku gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mojokerto laku keras dengan harga 10 ribu ke surabaya, jadi langganan para pelaju alternatif kerata KRD yang penuh sesak dan ganti dari arek surokerto

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive