Home » , » Nilai Strategis Stasiun Gubeng

Nilai Strategis Stasiun Gubeng

Nilai strategis stasiun gubeng. Assalamu'alaikum. Stasiun gubeng Surabaya terletak dipusat kota Surabaya sehingga memberikan nilai strategis kepada para pengguna kereta api. Banyak tempat yang bisa dihubungkan oleh stasiun gubeng.

Rumah Sakit dokter Soetomo. Salah satu rumah sakit yang dimiliki pemprov jatim yang menjangkau wilayah Indonesia timur ini paling ramai dijadikan rujukan. Masyarakat Jawa Timur dari berbagai pelosok kabupaten khusunya yang termasuk kategori tidak mampu banyak yang berobat ke RS dr Soetomo. Disamping rumah sakit dokter Soetomo surabaya juga berjajar rumah sakit kelas elit seperti graha amerta. Stasiun gubeng juga memudahkan para pegawai Rumah Sakit dr Soetomo dan PDAM Kota surabaya dari luar Surabaya menjangkau tempat kerjanya. Mereka berasal dari Krian, Tarik, Mojokerto, Jombang dan Kertosono.

Universitas Airlangga Surabaya. Universitas Airlangga kampus B terletak di jalan Airlangga hanya 1 km dari stasiun gubeng begitu juga dengan kampus A yang berada di seberang RS dr Soetomo. Sedangkan untuk kampus C harus naik angkot lyn T2 warna kuning kecoklatan untuk menuju kesana, tapi naiknya dari stasiun gubeng baru.

Nilai strategis stasiun gubeng sangat memudahkan para turis lokal maupun manca negara menuju destinasi wisata dan penginapan. Seratus meter dari stasiun ada Hotel Sahid Surabaya. Melangkah lagi ada monumen kapal selam sekalian kalau mau belanja bisa ke delta plasa atau grand citty mal yang milik hartati murdaya itu. Bisa juga ke pusat Hand Phone di WTC surabaya belakangnya delta plasa. Kalau mau ke taman surya tinggal jalan 100 meter lagi, taman surya ini luas sekali dan termasuk ruang terbuka hijau yang asri selain sebagai kantor walikota. Jika ingin pergi ke Tunjungan plasa jalan basuki rahmad harus jalan agak jauh lagi sekitar 700 meter melewati gedung negara grahadi yang khas bangunan belanda itu.

Jika ingin membeli atau mau kulakan baju atau bahan-bahan kerajinan bisa ke pasar kapasan. Dengan menggunakan jasa lyn F sudah bisa menuju kapasan. Ingat lyn F nya berwarna kuning arah seberang stasiun gubeng lama, jika yang di depan stasiun gubeng lama itu arah ke wonokromo bukan ke kapasan. Lyn F juga menjangkau pusat teknologi komputer di THR hitech mall surabaya. Yang mau beli komputer dan hardware atau laptop bisa hi tech mall. Kalau mau beli barang bekas baik baju atau peralatan bekas / scond hand lainnya bisa di pasar gembong dengan lyn F.

Untuk tujuan pasar turi bisa menggunakan lyb N sejalan dengan tujuan pasar genteng yang menjadi pusat alat-alat elektronik seperti sound system baik untuk mobil atau untuk acara hajatan manten. Lyn N juga menjangkau Tugu pahlawan sampai jembatan merah plasa. Yang mau ke pasar atom bisa naik bis kota jurusan pasar atom, ingat bis nya seberang stasiun gubeng, jika depan stasiun gubeng itu jurusan terminal bungurasih. Demikian informasi nilai strategis stasiun gubeng bagi para penumpang dari luar surabaya yang ingin menjangkau tujuannya. semoga bermanfaat.




131 komentar:

  1. wah maksih mas infonya.. sayangnya aku belum pernah kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat mbak iin. kalau ke stasiun gubeng nanti biar tidak bingung mau ke mana ya tho

      Delete
    2. mau ketemu jenderal mallaby bisa nggak? pengin nembak dia rasanya

      Delete
    3. oo jembatan merah ya mas, bisa mas naik len N, nembak nya pake pistol mas agus bg

      Delete
    4. itu bukan pistul Mas, tapi pipis bekatul Mas

      Delete
    5. ya kirain makek bedil mas agus setya wkwk

      Delete
    6. wkwkw..bedil dan pistulnya disimpan dulu belum ada huru hara

      Delete
    7. mas agus klo mau naik kereta pasundan ke bandung naiknya di stasiun gubeng lama atau stasiun gubeng baru...???

      tks.

      Delete
    8. Mau nanya klo naik kereta api dr st kiaracondong bdg mau ke ps kapasan berhenti di stasion apa ya trus naik kendaraan jurusan apa.mohon infonya mksh

      Delete
  2. di surabaya yah mas ? jauh toh mas gimana mau kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas surabaya gubeng stasiun. kalau dari delta plasa ya nggak jauh mas, hehe

      Delete
    2. kalo dari gresik pasti dekat dong

      Delete
    3. kalau dari lampung pasti jauh mas zach #clingak clinguk...

      Delete
    4. dari gresik harus naik len N ke jembatan merah lalu oper len gresik kira2 1 jam perjalanan, kalau jalan kaki pasti capek

      Delete
    5. kalau dari lampung harus naik kapal selam dulu mas agus

      Delete
    6. Mas Agus BG jalan kaki dari lampung ke Aceh, baru ke surabaya

      Delete
    7. sekarang susah nyari tukang urut mas zach...

      Delete
    8. mas zach : nah itu baru betul,sekalian pelemasan otot
      Mas agus bg : banyak kok mas tukang urutnya tinggal milih mana yang diurut

      Delete
  3. wah baru 3 hari yang lalu saya dari graha amerta (jenguk temen yang baru nglahirin) cuma pas mau balik nyasar di gubeng sana mas sampai 3jaman lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, iya mas graha amerta itu rumah sakit kelas elit nya.
      nyasar di gubeng kok sampai 3 jam, kalau tau jalanya cuman butuh waktu 5 menit untuk keluar dari gubeng

      Delete
    2. saya lupa, apa aja tu Mas stasiun di sana? Gubeng sama Wonokromo ya

      Delete
    3. stasiun wonokromo, gubeng , sama stasiun semut,
      untuk jalur utara ada stasiun pasar turi
      mas agus bg : biasa saba semeru mas jadi tahu rute sepur murah

      Delete
    4. haha..
      iya bener ding, saya lupa ada pasar turi juga

      Delete
    5. lupa apa nggak tau sebenernya ya

      Delete
    6. dulu ndak tau sekarang lupa,xixi

      Delete
  4. ane kan di depok gan... jauh kalo di SURABAYA si.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak papa mas , semoga bermanfaat bagi lainya :)

      Delete
    2. wono cromo apa ya mas agus?

      Delete
    3. wonokromo itu stasiun mas, deket pintu air jagir, wonokromo dan gubeng adalah salah satu saksi perjuangan arek2 suroboyo tahun 45 dulu.

      Delete
  5. strategis banget ya...dari satu tempat bisa kemana-mana///luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali kang hari, karena stasiun gubeng terletak di tengah kota

      Delete
    2. tengah kota ambon lah mas masak kota surabaya.
      ahihihi

      Delete
    3. di tengah kota ambon ada gong perdamaiannya Mas. kalo kesitu perasaan bisa damai.

      Delete
    4. ooow ambon ya, saya buka buku sejarah dululah

      Delete
    5. saya ndak tau kota ambon,kok malah bingung,buka buku juga ah..

      Delete
  6. Iya Mas, dulu aku juga sering kesana Mas,,.
    sekarang jarang lagi, mungkin tempatnya sudah banyak mengalami perubahan ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, sekarang dibagnun dan steril dari pedagang

      Delete
    2. wah berarti tempe goreng juga gak ada

      Delete
    3. mas pay : tempe goreng masih ada karena yang jual kan mas pay
      tahu juga masih ada sama petisnya
      cabe mahal mas agus, eh mas agus bg ini tinggal di lampung atau bali sih, atau pagi di lampung sore di bali ?

      Delete
    4. pagi di lampung (bangun tidur), siang dibali (???), sore dilampung (waktunya tidur)

      Delete
  7. cocok banget nih mas buat para backpaker..
    memang stasiun gubeng ini kan stasiun kebanggaannya surabaya, yang sudah dibangun sejak zaman belanda. (kira" begitu) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok sekali mas bisa untuk kulakan baju di kapasan atau pasar turi

      Delete
    2. kapasan aja mas zach nggak tau, di jakarta... eh itu kapuk ya...

      Delete
    3. kapasan deket kya kya kembang jepun, kampung pecinan, atau kampung arab ampel.
      mas agus tuh jagonya bikin degan

      Delete
  8. wahh dari jambi kurang strategis ya mas Agus hihihii....mantap dah cerita seputar kereta apinya tututtttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kalau jambi deketnya dengan jember mbak,
      hihihi

      Delete
    2. wehhhh jember lebih deket ma EMBER ya hihihi..cuma ketinggalan J kwkkwkw

      Delete
    3. kayaknya jambi lebih dekat dengan jambu.. ejaannya sih..

      Delete
    4. hahaha wah mas pay kerjasama ma mas agussss wahh curanggg kwkwkw

      Delete
    5. idiihhh... kerja sama apa ya kira2...

      Delete
    6. kalau ember itu untuk menampung iler eh air dinng, kalau jambu itu buah kesukaan saya waktu kecil.
      kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan :}

      Delete
    7. hihihi ya itulah maksdnya kerjasama dalam hal pertahanan dan keamanan bersenjata ehh

      Delete
    8. wahhhhhh....ya udah aku kabur aja berarti udah dijaga para satpam haha

      Delete
    9. siapa coba yang jadi satpamnya

      Delete
    10. mas zach ,mas agus bg dan saya adalah satpam bagi keluarga, ya tho

      Delete
  9. Klw gubeng termasuk stasiun besar dan strategis. krn kereta yg dari jatim area akan transit kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia asisten menteri perhubungan bicara

      Delete
    2. saya catat mbak biar ndak lupa.
      mas zach : saya ndak berani ngomong banyak ada ass menteri

      Delete
    3. saran dong buat ass mentri supaya di rancang wadah untuk tempe goreng..

      Delete
    4. menteri tempe goreng ada emang?

      Delete
    5. presiden tempenya mas pay,karena telah menemukan seekor tempe dalam komputer,begitu juga rumus membuat tempe di komputer

      Delete
  10. Anak madura belum pernah naik kereta dan belum tau itu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya pasnya kepenak ya?

      Delete
    2. enak = rasa tapi nyata
      Kepenak = rasa tapi diawang2
      Jadi jawaban yg saya lingkari adalah kepenak

      Delete
  11. semakin dekat dengan sarana publik lainnya menjadikan statiun gubeg lebih strategis ya mas...

    oya mas, blog saya sepertinya normal-normal saja kok, widgetpun saya sengaja pasang seadanya, tidak terlalu ramai...apa masih berat yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas terutama rumah sakit dr sutomonya :)
      saya cek lagi dirumah bisa mas, kalau dikantor kok berat ya apa karena bandwith dibatasi

      Delete
  12. selamat malam sobat n saudara q,apa kabar!?terimakasih info nya.klo dengar nama kereta jadi merinding.tadi lihat berita d Tv ada mahasiswa Yg di sambar bus panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kejadian itu belum lama sesaat saya melewati stasiun itu tadi pagi. padahal mas aradan itu mau berangkat umrah siang harinya.

      Delete
    2. selamat malam sobatku alhamdulillah sehat gmn urusan lancar mas ?ngeri mas mendengar ada kecelakaan.
      insya Allah niat umrohnya sudah dicatat ya mas zach

      Delete
    3. semoga sudah dan meninggal dengan syahid

      Delete
  13. tetep mamang belum pernah naik kereta.... terimakasih info keretanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih buat mang yono sudah mampir dan baca, saya menuntaskan tulian ini dl

      Delete
  14. stasiunnya serba komplit fasilitas, kayaknya strategi pasar nih.. supaya gak kalah dengan stasiun yang lain... cuma yang kurang tempe gorengnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempe goreng yang nguasai mas pay, ubi goreng ada kang clembu, es degan ada mas agusbg.
      aayo jualan bareng

      Delete
    2. entar buat stasiun sendiri.. yang ada fasilitas tempe gorengnya...

      Delete
    3. kereta eksekutif bonus tempe goreng

      Delete
    4. kereta ekonomi bonus es degan

      Delete
    5. ajang promosi tempe goreng dan es degan

      Delete
  15. dulu pernah sih kestasiun gubeng. banyak calo. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sekarang sudah tidak ada mas

      Delete
  16. Mas, yang Lyn F dan Lyn N itu apa ya Mas Agus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedang menunggu admin menjawab,tak jawab dulu "transportasi" kayaknya ya...

      Delete
    2. Lyn atau Len atau bemo adalah sebutan angkot untuk wilayah jatim lebih familiar mas, betul mas agusbg itu transportasi. kalau orang surabaya malah menyebtnya bemo

      Delete
  17. Replies
    1. ada, nanti disumet bareng2 ya

      Delete
    2. jangan mas, berbahaya, dilarang sama pak polisi

      Delete
    3. kalau sedikit dilarang ,kalau banyak malah boleh mas

      Delete
  18. kalo inget stasiun gubeng tuh inget pas zaman dulu malem2 pergi ke pasar maling alias delta plasa hhehe... dijalanannya buanyak yg jual hpe pas malem hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouwh ada ya mas pasar maling didelta plasa, saya malah taunya pasar maling di pasar wonokromo dan pasar turi

      Delete
    2. iya mas fian emang barang yang dijual barang ilegal,hp, sepatu yang bagus2,tas,sandal,

      Delete
  19. Replies
    1. alhamdulillah mas,saya follow juga blog mas boku biar jadi bokunity

      Delete
  20. saya belum tahu tempatnya kang,jadi saya menyimak ceritanya biar tahu dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyimak bukannya yang bisa mengakibatkan demam berdarah?

      Delete
    2. demam berdarah sudah disemprot sama minyak,hihi

      Delete
  21. kapan ya dikota ku ada kereta apii??
    jadi penasaran nih -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah ada mas,biar bisa merasakan juga

      Delete
  22. Replies
    1. happy blogging juga,salam sukse dan sehat untuk mas kurniawan

      Delete
  23. sayang ya stasiun ini sepi, baik manusia maupun trafik KA-nya,melihat nilai strategis di atas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pagi dan sore ramai , orang kerja pada hilir mudik mas derri, kalau jam orang kerja pasti sepi kaeran yang bepergian berkurang.

      Delete
  24. Ane mw k Hitech Mall naek KA dr bagil, setelah baca ni ane baru tw harus turun d staiun mana yg terdekat. Sangat bermanfaat & Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Permisi sy mau tanya, kalo dr kampus B unair ke TP naik lyn apa y?

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive