Home » » Memilih Bimbingan Belajar atau Belajar Mandiri

Memilih Bimbingan Belajar atau Belajar Mandiri

Memilih bimbingan belajar atau belajar mandiri setelah ujian nasional selesai? Pertanyaan ini pasti muncul jika para peserta ujian nasional ingin melanjutkan ke perguruan tinggi melalui snmptn 2013. Untuk mengisi kekosongan aktivitas pasca ujian nasional dan jeda menunggu pengumuman kelulusan ujian nasional sebaiknya gunakan waktu untuk belajar. Baik belajar mengikuti bimbel atau belajar mandiri. Pada tulisan ini saya akan berbagi pengalaman bisa juga di jadikan tips belajar menghadapi snmptn 2013 bagi calon peserta snmptn.

Jika memilih bimbingan belajar sebagai partner belajar, bulatkan niat dulu, jangan sampai ada niat ikut bimbel hanya untuk bisa pergi ke kota agar bisa bersenang-senang melepaskan penat pasca ujian nasional. Pastikan niat ikut bimbingan belajar dan mencari pengetahuan baru sekaligus trik menyelesaikan soal. Dari pada niatnya sudah salah biaya yang dikeluarkan banyak, mendingan biayanya ditabung untuk mendaftar snmptn 2013 sekaligus biaya transportnya.

Banyak bimbingan belajar yang menawarkan solusi menjawab soal dengan cepat pratktis dan presisi. Semua bimbingan belajar bagus, asal sungguh-sungguh dalam belajar. Bimbingan belajar mempunyai jargon masing-masing sesuai risetnya bertahun-tahun. Oleh karena itu, semua senjata itu bagus tinggal bagaimana menguasai senjata tersebut untuk berperang. Kalau belum menguasai tanyakanlah sejelas-jelasnya pada tentor atau pengajar bimbingan belajar, karena kita sudah bayar ya wajib bagi kita untuk bertanya sedetailnya. Ingat orang tua mengeluarkan sudah mengeluarkan biaya tentunya tidak sedikit untuk bayar bimbingan belajar. Kalau "bimbel"nya luar kota pasti ditambah uang kost dan uang makan pasti banyak kan pengeluaran orang tua. Jadi gunakan kesempatan untuk belajar pada bimbingan belajar sebaik-baiknya. Banyak anak SMA yang ingin belajar di bimbel tapi orang tua belum mampu membayarnya.

Memilih belajar mandiri juga tidak ada salahnya. Belajar dirumah dengan tekun dan bersungguh-sungguh dibarengi dengan doa insya Allah ada hasilnya. Tips belajar dirumah, kumpulkan buku-buku soal dari berbagai bimbinban belajar dengan meminjam pada teman atau kakak kelas yang sudah tidak membutuhkan lagi. Pelajari sendiri sampai bisa, sampai hafal betul mana salah dan betulnya. Pelajari tiap habis sholat subuh, waktu dhuha dan sore hari sampai habis maghrib. Tuntaskan apa yang mengganjal dengan mencari bahan di internet atau literatur lainnya.

Jangan lupa berdoa setiap habis sholat , kalau bisa sholat sunnahnya di hidupkan dhuha dan tahajjud kemudian memohon agar diterima snmptn. Demikian tulisan singkat dari saya memilih bimbingan belajar atau belajar mandiri, karena saya memilih belajar mandiri saja, semoga bermanfaat.

74 komentar:

  1. menyimak saja kang,lama nggak kesini,kemari 4 hari saya nggak bisa ngeblog.maklum hujan terus jadi server kebanyakan eroornya.hari ini baru bisa lancar,makasih infonya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat aja buat para pembaca,
      terima kasih mas sudah berkunjung :)

      Delete
    2. numpang petromaxnya dulu ah..

      Delete
    3. boleh mas pay,tp belum ada camilannya

      Delete
  2. hmmm , tapi tetep aja sharing ilmu itu perlu lho mas agus

    ReplyDelete
  3. kalau ane keduanya mas. giat belajar, disamping itu ikut bimbingan belajar diluar, agar lebih luas pengetahuannya :)

    ReplyDelete
  4. yaahh menurutku sh belajar itu yg mana ajah . yg pnting kmbli pada dri masing2 orang nya mas ,

    ReplyDelete
  5. saat ini banyak betebaran pusat bimbel, jadi bingung milihnya ya mas, trims sharingnya mas, bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan jurus andalannya sendiri yang penting orangnya niat belajar ya mas

      Delete
  6. waw.....sambil menyelam minum air. halus banget judulnya :D gkgkgkgk pas banget momennya :D
    Oh iya, mnrt saya sih bimbel sangat penting disamping belajar di rumah dan di sekolah. dari sana akan menemukan bermacam2 persoalan yg tidak ditemukan di sekolah.

    Saya juga ikut Bimbingan Ngeblog juga loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..hus jangan rame2.
      nah itu mbak indah lebih jago soalnya kan bidangnya mbak indah
      saya dibimbing mbak indah aja ngeblognya

      Delete
    2. saya termangu-mangu mendengarkan obrolan ini

      Delete
    3. klw masuk kolom ini max usia 30 thn Mang. jadi maaf banget yah. gkgkgk

      Delete
    4. toss, sodorin tangan...salaman, cipika cipiki, sambil m'bisiki...aku baru 29,7 ko'....

      Delete
    5. hanya para master yg paham target postingan dan isi obrolan ini...

      *bengong.. netes air liur...

      Delete
    6. saya hanyo bengong geleng2 kepala sambil bawa ember nadongi air liur

      Delete
    7. Bimbingan ngeblog yang jadi mentor Kang Hadi, cock nggak?

      Delete
    8. kok ngeblog..?
      kirain mentor perubian
      baru mau ikutan daptar..

      Delete
  7. Bimbel sangat penting untuk menambah cara, tips dan trik belajar dengan cepat dan melengkapi pembelajaran dari sekolah, tetapi yang jauh lebih penting adalah niat belajar itu sendiri dan berusaha terus untuk memperbaiki diri dan mengoreksi setiap kesalahan dan bisa memperbaikinya.. intinya belajar harus mengedepankan niat, keinginan, kemauan yang kuat serta tidak putus asa terhadap kegagalan seperti nilai jelek atau yg lain..Konsistensi dan intensitas menjadi barometer kesuksesan kita untuk terus belajar...Selamat belajar sampai tuwir ya sob hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas bud menyejukkan banget. Belajar sampai tuwir walaupun pemahaman sudah tidak seperti otak anak muda lagi,sipp

      Delete
    2. Sips... klo perlu ngeblog sampai tuwir hehehe

      Delete
  8. saya juga sependapat dengan INI SOBA " Jangan lupa berdoa setiap habis sholat , kalau bisa sholat sunnahnya di hidupkan dhuha dan tahajjud kemudian memohon agar diterima snmptn. Demikian tulisan singkat dari saya memilih bimbingan belajar atau belajar mandiri, karena saya memilih belajar mandiri saja, semoga bermanfaat. "

    SAYA JUGA MEMILIH BELAJAR SENDIRI SAJA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu termasuk usaha dan doa kan mas?

      Delete
  9. .. menurut aq sich,, walo pun bimbel pun kalo anak nya gak memiliki niat untuk belajar pun akan sia^. jd menurut aq sich,, lebih ke seseorangnya aja untuk memiliki dimana enak n nyamannya dy belajar ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari niat dan sregnya ya mbak,tentu dengan motif yang berbeda pula

      Delete
  10. Belajar dengan sungguh2 dibarengi dengan sholat dan doa pasti Allah akan luaskan pola pikir kita, Tips yg bermanfaat bang. Tp selama sy sekolah jarang skli belajar apalagi sholat hanya seminggu sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang belajar karena memang sudah paham ya ndak papa mas,hehe
      Kalau sholat bisa ditambah lagi seminggu 2 kali minggu berikutnya nambah lagi sampai jangkep

      Delete
  11. lagi muda, pengeeeen banget ikut bimbel, supaya bisa keterima di ITB, sayang disayang seribu sayang, cuman bisa belajar mandiri doang...jadinya ya begini ini....tapi saya bangga ko' temenan sama kang agus yang lucu dan imut....suwer kang, saya ngga bo'ong...i like u....komentar macam apa coba ini teh?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak boleh gitu mang, belum tentu orang ITB bisa jadi kades. Apa perlu bukti?

      Delete
    2. Indah P siapkan jadi bukadesnya...;o)

      Delete
    3. yang penting kang cilembu sekarang jadi kades seumur hidup dengan anak yang cantik pula,bapaknya pastinya dong keren

      Delete
    4. komentar Kang Hadi memang top.

      Delete
    5. semua komentar disini telah di babat habis oleh kang cilembu

      Delete
    6. berapa bayar satpam komeng perbulannya, bro..?

      Delete
  12. untuk mendapatkan ilmu memang bisa dilakukan dengan bimbel atau belajar mandiri, yg penting niat dan ketekunan kita dalam belajar
    semoga sukses selalu sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. niat untuk tekun memang menjadi syarat ya pak,terima kasih tambahan point nya

      Delete
    2. Pak penyuluh memang selalu tambah

      Delete
    3. tambah rejekin dong tentunya

      Delete
  13. wah keluar jiwa gurunya nih...
    dengan mengeluarkan tips yang mantab dan bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ada pak guru yang mengeluarkan statement sejuk,top

      Delete
    2. pasti itu mas namanya kan guru

      Delete
    3. eeemm guru teriak guru nih..

      Delete
    4. aku jadi murid waelah
      biar boleh kencing sambil berlari...

      Delete
  14. tips yang bermanfaat mas, melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan impian para siswa-siswi. untuk mendapatkan hasil, dibutuhkan niat sungguh-sungguh, tekun serta berdoa.
    klo saya mah belajar mandiri aja mas, klo ada yang susah tinggal tanya paman google, wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mudah kan mas,tinggal ada kemauan apa tidak untuk belajar

      Delete
    2. ya, internet sebaiknya didayagunakan sih, asal nggak iseng buka yang macem2, malah ngeganggu nanti

      Delete
    3. asal jangan salah ketik cerita gadis salon aja

      Delete
  15. sip dech sobat, tapi si anak harus punya niat dan suka sob, kalau anak g suka, ya agak susah juga sih hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas nady,kalau tidak ada niat dan g suka mending jangan memaksa ikut snmptn,biar uangnya ditabung aja

      Delete
    2. di era sekarang sih yang pentingv realistis dan adu strategi untuk mencapai masa depan.

      Delete
  16. bimbel ato blajar sndri, sbnrnya tinggal bagaimana niat dan kesungguhannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal ada fasilitator yang membantu sih Mbak

      Delete
    2. fasilitator nya buku aja mas cukup

      Delete
  17. saya pernah menjadi pengajar di bimbingan belajar begini Mas.
    memang anak-anak didik yang aktif dan rajin bertanya, cenderung lebih berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mereka niat dan ngerti esensi dari bimbel

      Delete
  18. aku yang bingung harus komen apa..?
    jaman sekolah boro boro ikut bimbingan, sekolah aja bolos terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti seragame ditokno, bukune ditekuk tekek sak mburi, keren

      Delete
  19. yang bagus emang mana ya?? jd bingung,. :|
    sarjana juga lum pst dpet kerja cepet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bagus ikut bimbingan belajar dengan niat sungguh2 dan belajar mandiri dengan tekun. sarjana yang pengen cpet dapat kerja sudah salah niat mas, sarjana ya cari ilmu . kalau pengen krja ya cukup kursus atau belajar langsung ke sumber ilmunya

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive