Home » » Sambal Bebek Goreng H Slamet

Sambal Bebek Goreng H Slamet

Sambal bebek goreng H Slamet memang tidak habis dibicarakan karena rasanya yang khas dan sudah melegenda. Harganya pun relatif murah bagi yang punya duit banyak dan termasuk hitungan mahal bagi saya karena perbedaan penghasilan saja. Sebenarnya mengunjungi bebek goreng H Slamet bersama keluarga juga tidak menjadi masalah sekali-kali merasakan sambal bebek nya yang terasa banget bawang putihnya. Itu namanya sambel korek, mungkin H Slamet yang memperkenalkannya jadi sambal korek bebek goreng H Slamet ini menjadi lebih kota sedikit.

Saya pengen merasakan sambal korek khas bebek goreng H Slamet dengan bereksperimen di dapur membuat sambal korek ini. Hasilnya sangat tidak memuaskan dan rasanya jauh dari kata enak, malah bikin perut mules dan mencret. Karena resep sambal bebek goreng H Slamet ini rahasia jadi saya kira-kira saja bumbu sambalnya. Ternyata rasanya sangat hancur lebur bak dilindas panser jerman saat perang dunia ke dua.

Kalau sambal bebek goreng H Slamet asli sangat enak di lidah, asin-asinnya pas tidak seperti kemarin saat saya bereksperimen membuat resep sambal. Begitu juga dengan bebeknya yang empuk dan tidak bau amis karena sudah diolah oleh tenaga yang profesional dan bertahun-tahun itu. Lidah desa memang terbiasa dengan sambal khas desa seperti lidah saya ini. Ibu saya sering membuat sambal ber bahan tomat , bawang , brambang, garam, cabai. Sambal khas tuban berkarakter pedas dan nyengit, nyengit itu kejam. Ibu saya biasa buat sambal dengan cabe 12-15 biji, jadi saya sudah terbiasa pedas sejak kecil.

Pengalaman makan sambel saya yang terparah adalah waktu masakan atau ngeliwet bersama teman kampung baik tua maupun muda didalam sebuah pos kamling gang sebelah rumah. Tiap malam minggu hampir pasti ngeliwet bersama dengan di hadiri oleh 20 peserta tua maupun muda, saya termasuk yang muda. Disediakan 5 liter atau 5 kg beras, 20 ekor tempe laras panjang, dan juga setengah kg cabe rawit dengan bumbu lain sebagai pelengkapnya. Acara dimulai selepas sholat isya' berjamaah di musholla kemudian dimulai dengan ngeliwet juga ada yang nyambel ada yang bagian menggoreng tempe, mencari daun pisang sebagai alas dan sisanya bermain dan ngobrol. Setelah hidangan di sajikan dengan sambel yang baunya enak, acara makan pun dimulai jam 11 malam dengan guyub dan rukun. Sambelnya pedes banget ditambah nasi dan tempenya masih panas menambah rasa nikmat di bibir.  Rasa sambalnya dominan pedes tidak ada variasi asin atau manisnya. Selesai acara makan bersama tersebut pada pukul 1 dinihari, langsung bersih-bersih peralatan masak dan tempat yang dibuat makan tadi. Pulang kerumah langsung tidur, jam 5 terbangun sekalian sholat subuh dan tanpa di tawar lagi perut terasa sakit dan mules. Ternyata mencret langsung menyerang saya. Mulut memang kuat dengan pedas tapi perut tidak bisa di bohongi.

Itulah cerita mengenai sambal bebek goreng H Slamet yang melenceng dan ngelantur sampai cerita acara ngeliwet dengan sambal pedes yang bikin mencret saya. Jangan ditiru karena tidak baik untuk kesehatan, masih enak mengkonsumsi sambal bebek h slamet yang enak dan gurih walapun harus menabung satu bulan terlebih dahulu. Kesimpulannya, sambal bebek goreng H Slamet enak pedesnya pas tidak pedes banget dan tidak pula hambar cocok bagi para penggila makanan pedas.
Resep Sambal Bebek Goreng Haji Slamet :
Bawang Merah (sedikit)
Bawang Putih (sesuai selera)
Cabe ( ukurannya sama dengan bawang putih)
Garam (sesuai selera)
Minyak jelantah

cara membuat : ulek semua bumbu diatas tanpa di goreng kemudian kasih jlantah atau minyak goreng habis di pakai goreng, kemudian sajikan.

173 komentar:

  1. sambal? That's my favourite...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm..saya juga suka sambal yang pedes bukan sambal manis, hehe
      kalau manis itu namanya manisan, kan

      Delete
    2. kalau phit itu namanya pahitan yak

      Delete
    3. betul sekali mas ABG, sering minum paitan nyamuk gak doyan darahnya

      Delete
    4. kalo kecut namanya kecutan, bahasa inggrisnya surprise

      Delete
    5. kalau manis namanya manisan ya hehehe

      Delete
    6. kalau pahit asam kecut asin mblenek apa dong ?

      Delete
  2. Duh mantep banget tuh kang sambelnya...hot n bikin nafsu makan meningkat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedesnya bikin enak dilidah, dan asin-asinya gak kayak kemarin ya mas, hehe

      Delete
    2. nafsu yang lain tampilnya malam malam mas

      Delete
    3. Betul Mas budi, kalo makan yg pedes2 semua nafsu pasti meningkat

      Delete
    4. nah ini nih menjerumus ke nafsu-nafsu an, hehe

      Delete
    5. p4d@ ng0moNk paan c.. (gaya alay)

      Delete
    6. ngomongin mas budi itu lho mbak

      Delete
    7. memang yang hot bikin nikmat dan nafsu makan bertambah...

      Delete
    8. semua pada ngomongin sambel kan ?
      nafsu makan bertambah membuat nafsu tidur juga meningkat, hehe

      Delete
    9. mantap kang, selera bintang lima

      Delete
  3. pantas peredaran cabe di Indonesia langka la wong dibuat nyambel mas Agus CS

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya timbun beberapa ton , hehehe
      mas arif bisa aja

      Delete
    2. wah penimbunan namanya nih

      Delete
    3. kena pasal lek nggak tipes ya ambeyen mas hehe.....

      Delete
    4. masak jambu bol panas mas di lidah ?

      Delete
  4. memang bebek goreng slamet rasanya mak nyuusss....jd pingin makan nich

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dimakan senikmat-nikmatnya mbak

      Delete
    2. dan silakan dinikmati mumpung tidak ada gambarnya , hehe
      mas arif mau makan gak ?

      Delete
    3. seneng bebek mas tapi takut asam-asamnya kumat

      Delete
    4. sama lah mas, saya juga wedi kenek asam urat linu kabeh

      Delete
    5. bahaya kalau kumat, kaki bisa nggak mlaku

      Delete
  5. dari namanya sudah menggugah selera mas, jadi lapar, apalagi ada gambarnya heehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk ada gmbarnya ya kurang seruuu :-P

      Delete
    2. memang nggak ada gambarnya ya? saya kira loading yang lemot gambarnya nggak kebuka, huft...

      Delete
    3. maka dari itu mas gambarnya saya nihilkan, biar tidak ngiler kan,
      de' Nia : gambarnya ada kok di warungnya

      Delete
    4. mas Abg : susah kan buka gambarnya, loading terus, hehe

      Delete
    5. pasti pas ke warungnya lupa ga bawa hape, jd ga bs dipoto deh..

      Delete
    6. oooh kirain lagi mamang aja yang ndak bisa liat gambarnya padahal udah tambah kontrak sejam ke warnet hehehe

      Delete
    7. apa bener kata mbak uswah mas Abt?

      Delete
    8. mbak uswah : hp nya memang tidak berkamerah..hehe
      mang yono : kalau cuman nanmbah kontrak tidak ngefek mang, kalau nambah bandwit pasti malah tidak ada.
      bener lah kata mbak uswah mas Abg

      Delete
  6. iyya gambarnya ga ada deh, kurang seru... tapi menurutku kook biasa aja siiih rasanya, hehe.. mungkin krn selera.. lebih enak masakan ibuku, masakan itu dikatakan enak jika tanpa perasa tambahan atau penyedap masakan sprti msg dan kaldu bubuk lainnya.. :) jd harus pinter2 menakar bumbunya :) dan di rumahku anti masakan pedes.. ga bisa ngębayangin di klrganya mas agus kalo bkin sambel sampe seţengah kilo.. byuuuuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya orang tuban kan begitu mbak suka yang pedes pedes, hehe
      tetep enak sambel e ibuk masing-masing kan.
      kalau mau yang pedes silakan ke tuban mbak, dijamin nanti ketagihan, ada belut ada becek mentok dsb

      Delete
    2. bener tuh, ngga ada gambarnya...jadi air liur yang tadinya mau netes masuk lagi..telen lagi ah...#glek

      Delete
    3. becek mentok apaan mas, bebek di tempat becek?

      Delete
    4. nah kang cilembu tuh pinter air liur nya ditarik kembali enak kan,
      mas abg : becek mentok itu nama masakan kas tuban mas, becek dari mentok

      Delete
    5. enggak ah.. bukan penikmat pedes.. tapi kalo di tuban disuguhi kopi khas tuban boleh donk.. becek mentog boleh juga.. kaya gimana tuh, kapan2 dipoto dong hasil demo masaknya biar kang cilembu jadi ngiler..

      Delete
    6. hehehe jadi ngebayangin gambarnya dah...

      Delete
    7. begitu ya mas, baru tau saya namanya, terima kasih sudah dijelaskan

      Delete
    8. mbak uswah : nanti ilernya di buat bbm truk nya mbak uswah kan ?
      mang yono : hus jangan dibayangin mang nanti bisa kepedesan lho
      mas Abg: saya juga berterima kasih karena cangkem saya sudah muruh untuk idu menjelaskannya mas, hehe

      Delete
  7. Replies
    1. kebetulan tidak ada gambarnya jadi rasa lapernya bisa diminimalisasi ya kan.

      Delete
    2. Pasti gambarnya di pinjam buat Baleho ya bang...

      Delete
    3. seharusnya saya yang ngerampok baliho nya, hehe

      Delete
  8. sayang sekali gk ada gambarnya kang, kalo ada, bisa kenyang di sini :D

    ReplyDelete
  9. koq yang di bahas bebek goreng... coba ayam goreng.. soalnya saya gak pernah makan bebek, soalnya saat makan selalu kebayang becek2 tempat bebek bermain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum pernah mas pay, kok sama sih

      Delete
    2. ayam pun juga sama , coba kalau nelek pasti di eker-eker sendiri
      mas agus sih belum pernah makan bebek goreng, tapi kalau bebek mentah pasti rajin, ya tho

      Delete
    3. loh katanya bahas bebek, tapi adminnya malah belum pernah...gimana inih?
      #mataku lagi siwer

      Delete
    4. ahihihi... kan gurunya sampean

      Delete
    5. kaca matanya kemana kang cilembu

      Delete
    6. ups...ternyata kang agus yang lain toh...makanya kalau komen, harus gantian atuh, supaya ngga bikin siwer mataku...bwehehe

      Delete
    7. iya nih jadi nggak pas susunannya, ngantri dong mang..

      Delete
    8. nah admin kw kan sekarang berubah nama jadi Abg kenapa masih siwer ya, aneh kan

      Delete
    9. makanya mas.. ayam saya suka dagingnya saja... klo cekernya gak mau saya... jangankan ceker kulit ayam aja gak suka, kawatir ada yang masih nempel hehehe... soalnya ayam belum besa cebok sendiri sih...

      Delete
    10. nah itu dia apalagi bebek kan ceper kalau kena kotorannya sendiri kan nanti bisa berasa banget, nganu bangat mas pay, hehe

      Delete
    11. nah lo.. kalo kembaran gini jd burem matanya kang cilembu

      Delete
    12. perlu banyak makan wortel dia wkwkwkw

      Delete
    13. hehehe jadi ngomongin kotorannya, bukan dagingnya eheheheh

      Delete
    14. biar tidak ngantuk kan, kalau gini jadi konsentrasi ya tho..
      mang yono : ngomongin yang jorok dulu baru makan, pasti lezat

      Delete
  10. wah ini mirip bacakan di tempat saya ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapikan bukan copas kang...hehehe

      Delete
    2. saya terinspirasi dari tulisan bancakan di mas muro'i, saya kan komen sambal pedas, hehe masak komen doang gak dibikinkan tulisannya, hehe
      terima kasih sudah menginspirasi mas,
      kang cilembu saya copas dari troy belajar sepeda kok hasilnya sambel ya, aneh kan

      Delete
    3. kita bertiga bukan orang aneh, yang aneh itu kang zach sendiri.

      Delete
    4. awas kang didenger orangnya nti nggak dapat jatah pula

      Delete
    5. Whahahhaha .
      Kasian kang zach blm tau apa" udh dbawa".
      Kasian kan klo dsana dy keselek biji kedongdong .
      Ckck . .
      Orangnya mana tuh tumben blm ngumpul sm soulmate"nya .
      Hihi

      Delete
    6. jatah apaan nih mas Abg : cipok basah kah ?
      kang cilembu bertiga itu akang, mas zach sama mas abg kah ?

      Delete
    7. mbak iin, wah kasian mbak kalau keseleg biji dondong, sakit lho mbak..
      lebih baik keseleg truk gandeng aja mbak

      Delete
    8. bacakan ikan dan sambal bebek goreng... dua - duanya mantap tuh

      Delete
    9. pelukan mesra dari mas abg kan ?
      mang bancakannya mantap karena rame, hehe

      Delete
  11. udah lama juga ndak makan bebek goreng...
    habis skrng udah ga tugas lagi di daerah sabang..

    kalo menurut cerita di atas...pastinya
    bikin orang kwtagihan ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lidahnya sih bikin ketagihan katanya sih, tapi uangnya gak bikin ketagihan, jadi enak masak sendiri dirumah aja, hehe

      Delete
    2. bisa buat beli es degan klepon, tahu sumedang dan lumpia enak kan

      Delete
    3. ubi nggak termasuk ya mas, mahal sih...

      Delete
    4. ubi selain mahal juga bisa membuat kentut jadi badek

      Delete
  12. ngaliwet tanpa sambel, berasa punya istri ngga pernah dandan kale ya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hus..jangan rame-rame nanti kedengeran tetangga sebelah,

      Delete
    2. saya sudah denger mas, gimana coba...

      Delete
    3. udah tanggung...ya udah...hajar sajah lah...hehehe

      Delete
    4. ya udah deh sudah kedengaran, ya kalau ngliwet malam-malam apalagi yang ngeliwet abegeh jadi top kan

      Delete
    5. ada yang langsung dandan nih heheheh

      Delete
    6. dandan nya jangan menor2 nanti malah tidak cantik.
      pake tengktop dan rock minie ..eh...

      Delete
  13. Iya mas emang enak banged bebek goreng H slamet .
    Dsni juga ada . .
    Sambelnya emng maknyuss banged.
    Tp klo ksana enaknya emng bareng" biar gratisan. Ckkc
    oia apalagy klo mau buka puasa,
    booking tmpatnya full trz tau mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho sampai sana juga toh mbak, keren ya pak h slamet.
      apalagi kalau buka puasa tambah full rejeki hari raya sudah cerah tuh

      Delete
    2. Kenapa ya dimana2 kalau makanan buatan H.Slamet itu pasti enak? Di kampung sy juga ada warung H. Slamet enak masakannya

      Delete
    3. karena pinter masaknya ya mas?

      Delete
    4. mas agus bkin saingannya dong.. bebek H. Agus

      Delete
    5. Jgn klo bebek mbak kasihan tu H. Slamet tersaingi, mendingan Sambel Unta bang H.Agus...keren bukan!

      Delete
    6. mau yang mana mas agus? kata mbak uswah apa mas fiant

      Delete
    7. wah mungkin kw 1 dan kw 2 ya kembaran H. Agus hehehe

      Delete
    8. kembaran mang, Abg dan Abt.... ahihihi

      Delete
    9. Langsung Quick Smaash AMiin..ada yang mendoakan naik haji ,amiiin..
      hehe
      saya bikinnya malah masakan cak agus sambel parut korek jresss..hehe
      mang yono yang kw - kw memang lagi musin sih mang, kembaran memang enak ya mas abg

      Delete
  14. wah laper laper gini sobat malah bahas makanan. hmm... jadi laper nih sob.. pasti yang bikin enak bebek gorengnya tu sob, kalau cuma sambal tanpa bebek goreng..pasti biasa saja hahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan bikin sendiri kok mas malah lebih irit dan ekonomis

      Delete
  15. seumur idup saya belum pernah nyobain makan daging bebek (kasian banget ya hehe) dan baru kemarin2 kesampean beli goreng bebek buat ngilangin kepenasaran....
    tapi walhasil, dagingnya ternyata amis ya beda dengan ayam...mungkin cara mengolahnya yang ga bener ya mas...??
    jadi trauma sama daging bebek :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe nah itu dia kalau tidak ciamik ngeraciknya , saya sendiri tidak bisa meracik lho ya, itu katanya rahasia perusahaan. hehe

      Delete
    2. kasih resep tahu sumedang dong..

      Delete
    3. harusnya sebelum dimasak diaduk sama timun kang biar ndak amis

      Delete
    4. kunir juga bisa, resep tahu sumedang ada kok di jalan jaya negara mojokerto

      Delete
  16. Sayang saya tdk suka makan bebek, gmn rasanya tu bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya sih biasa mas, cuman sambalnya agak enak dikit, hehe

      Delete
    2. kalau saya, bebeknya yang tidak suka saya...gimana coba?

      Delete
    3. saya malah tidak suka bebek makannya

      Delete
    4. Soalnya daging kang Cilembu pahit

      Delete
  17. Didalam " Sego Tabokan " ada nggak mas sambel kayak gini ? hehehehe..
    mau bikin " Sambal Darurat " kemasan kaleng ah, yang bisa tahan 5 tahun lebih, atau bikin Sambel yang coweknya bisa dimakan sekalian. Go Green..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu ada yang baru dan unik kalau di pegang mas boku, bahkan gadis pun bisa di kalengin, bener-bener top tenan,
      sego saduk an enak kok mas pakai sambel korek

      Delete
    2. mas boku ky kuda lumping makan cowek..

      Delete
    3. terbalik m'ba...kuda lumping yang kaya kang Boku..halaaaa

      Delete
    4. mas boku biasa makan cowek dari kreweng biar stamina tambah jos.
      kalau kuda lumping itu yang suka makan beling dan juga makan duit

      Delete
  18. wah mantep bebek goreng di campur sambal maknyus sehah kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi dicampur tangan...

      Delete
    2. mantap makannya mas bayarnya yang tidak mantap, hehe
      apalagi di campur sama cowek kreweng

      Delete
  19. wah kyanya boleh d coba tuh sambl bebek gorengnya.
    skalian promosi nh mas agus ya :D

    minta kmentarnya gan d link ini:
    http://arie-apthanta.blogspot.com/2013/05/download-patch-37-pes-2013.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas agus dapet 30% dr jasa promosi

      Delete
    2. setor ke saya 5% aja ya mas agus

      Delete
    3. Silakan Tinggalkan komentar :)
      mohon jangan pakai link hidup ya

      #dikopas dari kolom komentar blog ini...ngga percaya, liat deh kebawah...hehehe

      Delete
    4. bolehlah prongosi tapi saya tidak bertanggung jawab lho ya, tuh di palaki mas ABg.
      hehehe diperjelas lagi sama kang hadi cilembu ubi

      Delete
  20. Bang Agus kalau soal SAMBAL saya memang paling sukaaaaa..sayang saya tidak bisa menikmati SAMBAL made in H SLAMET padahal saya mau juga tuh untuk mencicipinya..hhhdddeecccchhh..haahahahyyyy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sambalnya H. Agus saja... dijamin ketagihan obat mencret :p

      Delete
    2. kalau sambaknya haji slamet memang tidak di prosuksi dalam bentuk kemasan , kalau sambal lainnya ada dalam bentuk kemasan.
      hehehe..quick smash lagi, amiin ada yang doakan jadi haji

      Delete
  21. kira2 rahasianya apa ya mas kok rasa sambelnya lain drpd yg laen? *mengheningkan cipta

    ReplyDelete
  22. kalo sambal terlalu pedas dan tanpa variasi rasa memang terkadang bisa bikin perut mules , apalagi ini setengah kilogram cabe rawit wow pastilah pedas luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bibir bawah sampek dower mas hari

      Delete
    2. kalau tempenya tidak asin atau tawaar sih memang bisa mengimbangi kalau tempenya asin pasti terasa sambal doang, hehe
      bibir atas aja sampek jadi cingur mas abg

      Delete
  23. ntar di pondok alazhar rencananya juga mau buka warung mas, khusus buat santri dan walisantri, ga menutup kemungkinan org lain jg boleh menikmati.. warung lesehan gt pake gubug, warung sehat non msg, kebersihan dan kesucian terjamin, menu andalannya bebek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari atas nemuin banyak komentarnya m'ba Uswah...ko' tumben...ujarku dalam hati...oooo rupanya, beliau mau lounching warungnya....sungguh promo yang cerdik...

      #cling kaburr...takut ada panci melayang

      Delete
    2. saya setuju dengan aksi dari mbak uswah ini, kalau bisa dijadikan sperti koperasi mbak, menyejahterakan anggotanya .
      gratis tapi korah-korah dulu mas ABg
      inilah kecerdikan dari mbak uswah karena disini sebagai media promosi nanti saya di kirim bebek goreng 10 porsi sekalin satu trek mercon

      Delete
  24. jadi pengen nih sambal bebek H. Slamet nyari H. Slamet ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sana itu mang sebelah tikungan belok kiri

      Delete
    2. lalu belok kanan, turun kebawah, naik lagi, turun lagi,

      Delete
    3. orangnya lagi angon bebek mang,
      itu orangnya lagi buang air besar di kali, kelihatan kan ?

      Delete
  25. SAMBAAAALLLL , manyaaaappp maass agus .. rupan2nya mas agus juga suka wisata kliner nih mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang2 suka kadang2 ngak juga

      Delete
    2. wah diwakili nih sama kembarannya...wkwkw

      Delete
    3. nah mas Abg tuh tau aja kelakuan saya, lha wong saya beli sambal aja harus mecah celengan macan kok berwisata kuliner, hehehe
      top kan saling mengisi

      Delete
  26. Replies
    1. jangan ngiler di warung lho ya nanti dimarahi sama tukang warungnya, hehe

      Delete
  27. sambel lombok ijo favoritku .........
    minta resepnya mas.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia ada penggemar sambael lombko,
      resep sambal : cabai (se suka hati banyaknya)
      bawang merah
      bawang putih
      garam
      terasi kalau perlu.

      sudah itu aja.

      Delete
    2. tuh kan selain jago motor, jago resep pula

      Delete
    3. hehehe itu resep dari ibu saya mas, istri saya malah saya ajari, hehe
      tapi ya gitu langsung mules

      Delete
  28. dulu saya juga sering ngliwet sama2 teman juga kalau di pos dan itu sangat seru dan menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru dan enak kan, walau lauk seadanya tapi tetep habis

      Delete
  29. wah gambarnya mana mas??
    hehee

    saya belum pernahmakan bebek mas, keren kan :D

    ReplyDelete
  30. gambarnya loadingnya berat mas, hehe
    disana ada kan bebek? biasanya pendatang dari jawa timur banyak yang jualan bebek goreng mas

    ReplyDelete
  31. segala masakan kalo pake sambel, pasti sedap ya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, sekarang istri saya sudah jago nyambel hehehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive