Home » » Cara Memesan Tiket Kereta Api

Cara Memesan Tiket Kereta Api

Cara Memesan Tiket Kereta Api. Pemberlakuan pembelian "tiket" kereta api pada stasiun online mempermudah calon penumpang kereta api dalam memesan tiket kereta api. Dahulu sebelum ada pemberlakuan ini tiket sobekan tanpa di print masih berlaku. Sekarang para penumpang harus memesan tiket kereta api yang di cetak pada mesin printer. Beberapa orang tua yang tadinya gagap dengan pemberlakuan ini akirnya bisa mengikuti arus juga dengan dibantu oleh petugas di loket stasiun.

Cara memesan tiket kereta api sekarang sangat mudah dan dapat di jangkau di luar stasiun. Jika tidak bisa hadir di stasiun bisa memesan di minimarket alfa dan indo, PPOB BRI atau e ticketing lainnya. Untuk pemesanan tiket diluar stasiun harus tetep datang ke stasiun untuk menukar struk bukti pembayaran dan pemesanan ditukar dengan "tiket kereta api".

Cara Memesan Tiket Kereta Api
Cara Memesan Tiket Kereta Api


Berikut ini langkah-langkah cara memesan tiket kereta api di stasiun :

1. Mintalah blangko pemesanan tiket kereta api pada petugas atau yang telah di sediakan yang berwarna biru.

2. Isi blangko memesan tiket kereta api yang berwarna biru dengan nama, alamat dan nomor telpon.
Terdapat pilihan penumpang 1, 2, 3, 4 blangko pemesanan "tiket" tersebut bisa di gunakan untuk empat orang.

3. Isikan sesuai dengan jumlah orang yang memesan. Jika hanya satu tulis satu saja nama anda. Jika dua sampai empat tuliskan nama mereka. Jangan lupa untuk menuliskan nomer ID KTP atau SIM. Kalau orang yang bersangkutan tidak hadir bisa minta nomer id melalui sms karena tidak pakai KTP saat beli tidak menjadi masalah.

4. Isikan pergi dengan "kereta" apa tujuan mana tanggal dan jam keberangkatan kereta api.

5. Jika ingin beli sekalian pulangnya catat juga nama kereta tujuan tanggal dan jam keberangkatan kereta api.

6. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan di pojok kiri bawah.

7. Nama yang tercantum dalam tiket harus sesuai dengan Nama Ktp atau SIM dan tanda pengenal lainnya. Bisa memakai fotocopi KTP atau SIM agar ktp dan sim yang asli aman dan menghindari hilangnya ktp dan sim.

Bersiaplah antre dan lengkapi data anda, jika tidak lengkap datanya maka permintaan pemesanan tiket kereta api akan disuruh melengkapi dahulu. Dari pada terburu-buru di depan loket stasiun lebih baik di lengkapi dan di cek terlebih dahulu. Tiket kereta api ekonomi jarak jauh dapat di pesan 90 hari sebelumnya sedangkan tiket kereta lokal dapat di pesan 7 hari sebelumnya.

Demikian langkah cara memesan tiket kereta api di stasiun yang sudah online. Kurang lebihnya bisa ditanyakan melalui komentar, Semoga bermanfaat.


120 komentar:

  1. wah makin mudah saja ya sob cara pemesanannya, lama lama pasti nanti pemesanan secara online nih hehehe

    makasih infonya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi pengen pesen banyak ya Mas? hehe

      Delete
    2. yang penting jangan buat bedol desa aja mas hehe..

      Delete
    3. mas nady : online sudah kok mas, melali e tiket atau di indo dan alfa.
      mas zach : nanti di jual lagi yok dengan margin laba 10 % boleh kan,
      mas muro'i : kalau bedol desa nanti sewa gerbong aja, biar yang sediakan makanan di desa beli beras sak truck

      Delete
    4. ayu, dibagi ya labanya haha

      Delete
    5. kalau calo makelar gini enaknya di kasihka rekening kpk aja, hehe

      Delete
  2. sekarang dengan adanya teknologi, nggak perlu pakai acara repot dan riweh lagi ya Pak... bahkan calon penumpang dari luar jawa pun bisa pesan tiket KA jauh-jauh sebelumnya, misalnya perjalannannya connected dengan pesawat.

    ingat dulu waktu kecil, tiap mau liburan ke tempat oma di madiun naik kereta, ngantri di stasiun lamaaaa banget dengan membawa banyak barang bawaan...kadang sampai tertidur di gendongan bapak, karena nunggu saking lamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sekarang suka ketiduran di gendongan papanya zaky, hehe

      Delete
    2. mbak khusna ini malah dari kecil naik kereta api, hehe . oh punya darah jatim / madiun jg ya, hehe
      mas zach : itu pasti dan enak

      Delete
    3. enak dan lezat mas, hehehe

      Delete
    4. nagihi kalau hujan-hujan gini

      Delete
  3. Saya pesan 1 tiket untuk 5 orang ada nggak bang? makin canggih aja ya bang praktis pula nggak repot-repot calon penumpang ke stasiun beli tiket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pesan buat mas Agus deh. dua sama Mbak Nia. tiga sama Hayyu, hehe

      Delete
    2. bang zach @ kok cm 3 ? ya kuranglah... psen yg banyak deh... nnti saya jual ke mas agus lagi :-P

      Delete
    3. kalau ke stasiun sih tetep untuk tukar tiketnya, stidaknya sudah di pesan dulu biar kumanan mas.
      mas zach : bertiga bayar dua lho mas, hehe
      mas KS : pasti uange buat pesan klepon
      De' Nia : istri saya belajar jadi calo

      Delete
    4. nggak bener nihh
      nggak bener

      Delete
    5. hehehe, tuh katanya mau dijual lagi ke saya, dan guyanan istri saya seperti itu, pasti dijual ke saya lagi, hehehe

      Delete
    6. Jual yang banyak ya? Satu bundel kirim ke saya. Nanti saya jual lagi. Komisi sip lah. DIjamin.

      Delete
    7. bolehlah untuk belajar jadi makelar

      Delete
  4. kalau WS seringnya di mini market pesan tiket iyu mas...
    mudah n praktizzzz :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha maksudnya "itu" bukan iyuuu hehe...yuk ah cap cus ciiiin

      Delete
    2. iyu yu yuyu. akibat salah ketik yang fatal

      Delete
    3. saya dong yang tau pertama kalii

      Delete
    4. Untung bukan mata Kodok. Nanti bisa mahir jurus Kodok Mati Menahan Nafsu

      Delete
  5. jaman sudah maju, sekarang gampang sekali memesan tiket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. segampang main golf ya Mbak?

      Delete
    2. lebih gampang main kelereng

      Delete
    3. hadeh...maenan sya waktu kecil, susah juga maen kelereng...

      Delete
    4. segampang komen di blog pake hp kan

      Delete
    5. sesusah ujian matematika dahh

      Delete
    6. fisika apalagi turunannya dah

      Delete
  6. sudah lama saya nggak merantau kang,hampir 10 tahunan,saya nganggur dirumah.jadi infonya sangat bermanfaat apabila kalau saya mau bepergian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahh? 10 tahunan usia Kang Zig? muda sekali. hehe

      Delete
    2. semoga bermanfaat ya mas ,
      itu fotonya masih umur 2 tahun

      Delete
  7. iya Mas, segala kemudahan memang ditawarkan dari berbagai maskapai darat, laut, udara. cuma kalo di sini, kemudahan di sini banyak yang belum diimbangi dengan ketrampilan sang pengawal (pegawai PT KAI). ya kasus satu dua saja sih. lagi ngapain malam minggu Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lg mikirin bang zach...hehehe

      Delete
    2. emang malam minggu ya??
      kira'in malam sabtu...

      Delete
    3. iya betul itu mas zach ya karena masih terbawa doktrin lama, yang butuh siapa bukan jiwa service oriented, tapi y satu dua aja.
      lagi di rumah saja mas hujan ngeloni hayyu sama ibuk e

      Delete
  8. tu tiket tuk pelanggan tetap ya mas... klo seperti saya yg sekali2 k jawa gmn..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pelanggan tetep kok mas, itu pesen untuk satu minggu kemudian, tetep bisa pesen siapa pun

      Delete
  9. Semakin memudahkan masyarakat, ndak perlu repot2 Lɑ̤̥̈̊ƍΐ Ya Mas Agus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih antri dan masih repot, hehe. karena kekawatiran orang tidak kumanan tiket

      Delete
    2. kumanan itu nama orang pasti

      Delete
    3. kumanan itu kayak nama daerah pinggir masjid agung

      Delete
  10. Hikss.. aku belum pernah naik Kereta Api... :(

    Eh omong-omong... yang ada di foto itu, jari tangannya siapa? hehe... gak penting yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap lg kalo bukan mbak nia iyakan...iyakan...iyakan

      Delete
    2. hikss :( ?? nangis ya mbak? cup cup cup ...wkwkw
      :D

      Delete
    3. @De Widiani : naik sj ke kompor Neng, biar nggak naik kereta yg penting naik apinya

      Delete
    4. mbak widi : kapan2 dcoba mbak kalau di jakarta ada KRL coba aja asal jangan jam pulang dan berangkat kerja. hehe itu tangan saya.
      mas fian : tangan de' nia masih ngulek sambel didapur.
      mas fian so sweet.
      kompornya meleduk jadi atraksi nanti

      Delete
    5. itu mleduk kan repot ya nanti

      Delete
    6. nanti muka e hitam kaya film tom and jeri

      Delete
  11. satu lagi produksi berbahan kertas, makin gundul saja deh hutanku kalau hal sepele saja harus pake kertas, kenapa ngga pake yang lebih canggih y?...apa coba misalnya...hayoo pake apa hayoo...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai panci.. yeyeye.. lalala..yeyeye.. lalala..

      Delete
    2. pakai itu tuh...hape yang bisa di pancal keluar hurufnya

      Delete
    3. ohh, itu mesin ketik berteknologi tinggi

      Delete
  12. saya sekali Mas. saya nggak bisa ngikutin tips mas di atas.
    karena di tempat saya nggak ada kereta api.

    gimana cara pesanya..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lah mas, pesen dulu di loket kemudian tunggu kereta datang, naiklah kereta kelinci

      Delete
  13. saya ingin banget sih naik kereta api, tapi mau kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya buat mbak indah , beli tiket eksekutif , bima misalnya, terus masuk ke stasiun tunggu kreta datang naiklah kemudian turun lagi keluar stasiun pulang, dah. dari pada bingung mau kemana kan

      Delete
    2. Mbak Indah naik kereta barang ke hatinya mas Fian kuadrat

      Delete
    3. hah naik kereta barang? porter gitu ?

      Delete
  14. semoga pelayan-pelayanan PT. KAI dapat memuaskan para pengguna jasa kereta api ya mas, terlebih menjelang bulan Ramadhan & lebaran. ulasan mas Agus sangat bermanfaat bagi para pengguna jasa kereta api, terima kasih
    saya biasanya reservasi secara online untuk menghindari serbuan calo tiket mas, wkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas semoga aja persiapannya lancar, mengingat tahun kemarin banyak kereta telat karena berjubel jadwalnya. calonya nihil mas

      Delete
    2. wah bagus deh mas klo calonya sudah berkurang, tahun kemaren sempat kecele karena ulah calo kursi ekonomi mas.

      Delete
    3. hehehe,,,kalau gak kena damprat yang punya kursi ya mas, tp gimana cara masuknya kan pakai ktp mas

      Delete
    4. nanti chips nya jangan di senteri karena bisa merusak chips

      Delete
  15. enak kali yak ngerasain mudik naek kereta , blum pernah nih ane mas , hehehe ..

    ReplyDelete
  16. di pekanbaru nggak ada kereta api -___-

    itu 90 hari maksudnya booking gitu mas? paling cepat kalo mau boking 90 hari gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak h-90 sudah bisa di pesan, keren kan untuk menghindari calo

      Delete
    2. keren banget. sekeren masinisnya

      Delete
    3. sekeren kondektur kernetnya tidak ada lho

      Delete
  17. thanks deh mas tips nya,,
    sapa tau ntar saya jalan2 ke tempat mas agus, bisa deh merasakan naik kereta api..dan kita janjian y mas, ketemu diatas atap kereta..wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunta kopi yang di panggang di atap kereta kan, top banget

      Delete
    2. yang biasa bongkar pasang itu ya

      Delete
  18. saya sudah lama sekali ngga naik kereta mas, mungkin ini info sangat berguna, ternyata sedikit berbeda dengan yang dulu ya mas caranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sangat berbeda lho mas, pakai ktp kalau masuk stasiun kalau orangnya laki-laki tetapi memakai ktp perempuan nanti di curigai biasa mangkal dimana mas

      Delete
  19. Segala sesuatu memang harus di persiapkan termasuk tiket kereta api buat mudik ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. top sekali mas super, persiapan memang gak bikin gugup

      Delete
    2. mas cik, bukan mas supar Mas.

      Delete
    3. supar itu tetangga saya anaknya temen saya

      Delete
  20. terimakasih mas .. buat belajar saya ini soalnya nanti lebaran mau naik kereta ke rumah sodara .. baru pertama kali lagi -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya mbak dhani. kalau ke rumah saudara jangan pergi sendirian nnti diculik lho

      Delete
    2. buat anak dan keluarga yang masih di bawah 10 tahun

      Delete
  21. intinya mau nyapa mas agus..lama nggak jumpa mas agusss..bahas kereta api aku mau pesen tiket kereta api untuk ke mekkah bisa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mbak amri lagi sibuk mengoreksi jawaban ulangan ya, heehe
      bisa kok mbak caranya naik kereta nya dari gubeng berangkat dari jambi naik sepawat, kemduian turun jakarta naik pesawat ke mekah, nyampek kan

      Delete
  22. Kalo tiket kereta api ekonomi setahu saya masih belum bisa direservasi via indo atau alfa mas. biasanya mereka hanya melayani tarif eksekutif sama bisnis aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya mas babol, berarti kemarin yang saya lihat di loket ekonomi itu memang tukar tiket bisnis atau eksekutif , terima kasih koreksinya mas

      Delete
  23. ternyata begitu ya pesan tiket kereta api, siip mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tiket pesawat saya belum tau mang

      Delete
  24. mantapp..beli tiket kereta api semudah beli tiket pesawat tinggal pesan, cetak, tukar, langsgung berangkat deh., semoga kedepannya nanti perkertaapian bisa menjadi lebih baik lagi aamiin:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...saya sebagai pengguna kereta api sangat di fasilitasi kok mas dengan adanya pemesanan tiket ini, karena minim sekali praktik percaloan

      Delete
  25. Kalau mesan nya pakai no ID KTP tapi pas pengambilan tiket aslinya hanya foto copi ktp dan SIM bisa ngak yah..? (Karna KTP asli hilang)

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive