Home » » Rakyat Merakyat

Rakyat Merakyat

Rakyat adalah penduduk yang mendiami suatu negara dalam konteks Indonesia, ini menurut kamus besar bahasa Indonesia. Rakyat juga bisa dikonotasikan kekuatan masa dalam jumlah besar dalam negara yang rela diatur oleh penguasa. Kalau menurut Gaetano Mosca dan Vilfredo Pareto tentang rulling class bahwa sebagian besar masa adalah rakyat yang dipimpin oleh penguasa atau rulled class sedangkan penguasa merupakan sebagian kecil dari rakyat yang disebut rulling class. Itulah sekelumit pengetahuan saya tentang rakyat dan pembagian kelas dalam konteks kekuasaan. Merakyat adalah suatu tindakan egaliter atau membaur dengan sesama sama posisi dan memposisikan diri yang sama dengan rakyat.

Lalu bagaimana dengan rakyat yang sudah menjadi penguasa atau menjadi wakil dari rakyat yang duduk dalam lingkaran penguasa. Apakah ada gambaran rakyat merakyat?. Di Indonesia sendiri wakil rakyat sudah bertindak sebagaimana mestinya wakil rakyat. Saya sangat kagum dengan kinerja beliau ini. Sudahkah wakil rakyat merakyat?. Tugas wakil rakyat adalah mewakili suara dan aspirasi rakyat yang telah memilihnya. Bagaimanapun tugas beliau ini sangat mulia karena menyangkut kelangsungan hidup rakyat atau umat. Bayangkan jika suara rakyat tidak diperjuangkan didalam konstelasi politik pasti kepentingan rakyat banyak yang terabaikan. Yang saya maksud wakil rakyat sudah menjalankan amanahnya yaitu mereka para wakil rakyat sudah kaya raya bersama golongannya sementara rakyat yang memilihnya kelaparan. Saya membenarkan hal ini karena tugas wakil rakyat adalah me wakili dalam hal kekayaan. Wakilnya saja sudah kaya apalagi rakyatnya pasti kaya kan? Yang kaya cukup wakilnya saja nanti kekayaan dan pernik kekayaan cukup di dongengkan saja kepada rakyat , kan tugas wakil rakyat mendongengi rakyat nya bukan? Ternyata jadi orang kaya itu tidak enak banyak dicari KPK, ternyata orang kaya itu banyak yang nguber terutama dept kolektor dan diserang lawan politik begitulah kira-kria ceritanya. Mendongengkan apapun entah isinya bualan tidak menjadi masalah karena memang tugas wakil rakyat membuai rakyat yang memilih dengan gambaran kesejahteraan.

Kalau wakil rakyat punya cewek abegeh yang cantik itu juga tugas dari wakil rakyat, karena sudah mewakili untuk bersenang-senang dengan wanita, rakyat cukup di dongengi saja. Karena jadi wakil rakyat itu harus pinter ngemong untuk mendongeng di depan rakyatnya.

Demikianlah dagelan saya yang tidak lucu tentang rakyat yang merakyat. Tidak usah dianggap serius karena saya tidak berniat untuk serius, lebih baik ciptakan suasana guyub-rukun saja. Ada yang ketinggalan, saya mau mengumumkan kalau saya dapat penghargaan dari mas Budi Guyon Smart, Guyonane Wong Ndablek bahwasanya saya adalah blogger yang merakyat. Benarkah demikian dan apakah saya berhak menerima penghargaan ini, sungguh berat sekali menyandangnya. Tapi saya terima dengan gagah perkasa dan dengan tangan diatas. Dan doanya sungguh keren semoga makin berkarya, harapan saya semoga silaturohim tetep terjaga.

Guyon Smart
Award Dari mas Budi Goyunane wong Ndablek



157 komentar:

  1. ngeblog juga harus merakyat ya mas...hehehe...selamat juga bagi yang menerima award merakyatnya...hehe...sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat siang kang farhan , top supportnya

      Delete
    2. komennya juga harus merakyat, sperti: tdk menggunakan bahasa intelek, obrolan khas warung kopi, dsb..

      Delete
    3. ngeblognya jg pake acara lesehan, gelar tikar gtu lho ...

      Delete
    4. saya bagian nyiapin kopi mbak..

      Delete
    5. saya yang ikutan duduk dan ngobrol saja...

      Delete
    6. mbak uswah : bahasa nya ndeso kayak saya kok mbak, saya kopi pahit satu gak atek gulo gak atek gelas, hehe.
      De' Nia : kan ada dingklik, enak kan pake dingklik buat ndodok lama-lama.
      mbak khusna : kalau ngobrol jangan sama mbak uswah bau kopi, hehe

      Delete
    7. wa mas agus koq bilangnya bau kopi bukan harum kopi.. jadi gak enak tuh sama mba uswah

      Delete
    8. kalo harum sama bau...jelas ia....

      Delete
    9. wah harumnya kopi nyampek sini nih... mana nih kopinya kok blom keluiar hehehe

      Delete
    10. kopinya lagi ndeplok mas, tunggu ya

      Delete
    11. Urusan merakyat sepertinya sudah melanda blogger heiiehe. Sambil mengeposting sekalian rame rame alias merakyat juga. Hihihihihi.

      Delete
    12. Mas pay : kalau harum berarti kopi nya wangi kalau bau berarti kopinya penguk alias apek.
      mas ks dan mas budi : bau harum juga boleh lho

      mas budi : lho malah nyampek pasuruan, ini mas budi s kopinya monggo di sruput ada telo godok nya juga.
      mas zach :kopi pahit apa kopi ketan , enak kopi ketan aja mas.

      kang asep : Semua level kehidupan sudah di susupi kata merakyat, hehe termasuk nge blog

      Delete
    13. wah mantap tenan kopinya....

      Delete
    14. rasa kucing apa rasa ayam mas ?

      Delete
  2. kalau sudah ada yang memberi, tentu saja itu pantas buat sobat.. selamat ya sob, semoga dengan penghargaan ini, sobat jadi makin merakyat.. bagi bagi angpao donk hahaahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ini rakyat biasa lho mas, kalau mau angpao sana di pemilihan kepala desa cilembu, banyak yang bagi-bagi angpao lhooo

      Delete
    2. saya minta bakpao aja deh

      Delete
    3. angpaonya Pak Ci berat, isinya ubi sih...

      Delete
    4. mak uswah : bakpao telo enak juga kan?
      mbak khusna : masak isi amplopnya ubi, gak jadi milih deh kalau gitu, hehe

      Delete
    5. kalau ubinya satu kontener gimana??

      Delete
    6. ngelirik ke kang cilembu.....
      berrrrrrrrrrrrrrrr....

      Delete
    7. waduh klo bakpao telo sangat mantap tuh apalagi dikasih gratis dan yang ngasih kasih pelukan dan kecupan basah bakalan tambah nikmat tuh hehehe

      Delete
    8. jadi tambah basah ya mas budi

      Delete
    9. mas KS : kalau satu kontener mau tak buat makelaran aja deh.
      mas budi os : kang cilembu jangan di lirik mas nanti ge er.

      mas budi s dan mas zach : ada kok mas di lawang malang sana, hehe
      peluk basah ini habis kehujanan ya, klomoh semua dada nya

      Delete
  3. Selamat ya Awardnya...berati semakin lengkap donk jabatannya yaitu "Master Guru yang merakyat" smoga makin sukses ...jangan lupa nanti kalau jadi wakil rakyat harus merakyat lho ya...he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berat sekali beban yang saya sandang, saya kan rakyat biasa mbak ummu.
      blogger ndeso lagi, hehe

      Delete
    2. apa lagi saya, blogger kampung..

      Delete
    3. blogger kampung kayak tukul rejekinya kota, hehe
      top banget kan.

      Delete
    4. kenapa ya orang yang tinggal di kota tapi masih ngaku orang ndeso/kampung??

      Delete
    5. kayaknya kang agus mau nyaleg nih... pilih partainya harus pintar lho kang hehehe

      Delete
    6. mas ks : karena saya hanya numpang di kota tinggalnya tetep di desa ,kalau mas ks kan tinggal di Mbali.
      mas budi : nyaleg di pilek, saya pilih partai hidup mati aja atau partai final.

      mas zach : mau bakulan tas ya

      Delete
  4. ngomong soal wakil rakyat kayanya mas agus cocok juga tuh stelan udah punya serius mas ah..., tuh kan udah dapet award lagi terus berkarya yoo mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kan lulusan SMP mas masak boleh jadi wakil rakyat , ya kan..lagian ijasah smp mah tidak laku biat nyaleg

      Delete
    2. justru pekerjaan buat orang bodoh ya wakil rakyat.. liat aja tuh gmn ulah2 org bodoh disana.. jangan mau jd wakil rakyat mas.. jadi wakil Tuhan saja.. #jeru

      Delete
    3. setelannya sudah pas...maksudnya jas nya ya?

      Delete
    4. nah itu dia siapa yang mau jadi ya, saya kan sudah tidak qualified karena ijasah lulusan smp. hehe
      mbak khusna : pas jas nya mbak buat akad nikah kan ?

      Delete
    5. klo nyaleg ma ijasah SD bisa kang asal punya duit hehehe

      Delete
  5. merakyat artinya harus sering-sering menggauli masyarakat, begitu kan mas hehe.......
    sulamat ya awardnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau ini ketemu istri saya , pasti nanti pulang kerja di sambut lemapran panci, hehe

      Delete
    2. wajan, sutil, cowek, kompor juga dilempar..

      Delete
    3. kasih lalapan juga mbak..

      Delete
    4. lo kan benar to, harus banyak bergaul dalam masyarakat maksudnya, mas Agus asosiasinya kesana sih hehe......

      Delete
    5. hehehe tuh dirumah saya sudah di siapin tempe penyet sama lalapan enak kan?

      Delete
    6. ini gaya reportase jurnalis on duty : pemirsa kali ini saya melaporkan ada panci , kompor, wajan , sutil , sendok , garpu, entong, kursi , tudung saji melayang diatas kepala saya. sambil ambek an...
      ternyata saya lagi di lempar sama istri saya pemirsa, hehe

      Delete
    7. ya klo dilemparin bulan depan gajinya disunat jadi 50% aja kang ngasihnya hihhihiih... lari...

      Delete
    8. tudung sajinya siapa hayyo .. kita kn gk punya

      Delete
    9. apalagi di potong 50 % malah dilempar air comberan.
      tudung saji sambel kecil hitu.
      saya dong tidak punya

      Delete
  6. asyik dapat award..... selamat mas :)

    ReplyDelete
  7. asikkk sepertinya memang mas agus penerus jokowi nih :D

    Congrats ya mas awardnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama congrats aja deh biar di bagi bareng-bareng.
      kalau pak jokowi itu ewuh pekewuh , mau merubah tapi di kepung orang pragmatis, eh..keceplosan

      Delete
    2. emang pak jokowi mau berubah jadi apa?

      Delete
    3. berubah jadi Pak Agus...ya nggak bisa, ntar istrinya marah...

      Delete
    4. pak jokowi tidak berubah kok mbak cuma nyamar aja.
      iya betul mbak khusna nanti kalau berubah bisa kena tutuk panci

      Delete
    5. wah cocok tu komennya mbak IIn... Kang Agus = Kang Jokowi ..cuman beda nasib aja hehehe

      Delete
    6. mas zach : lagi-lagi amiiin, smash.
      beda uang saku juga kan

      Delete
  8. award saya koq gak di tampilkan.. master guru .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia , judulnya lulus ujian :
      http://agussetya.blogspot.com/2013/05/lulus-ujian.html

      Delete
    2. awas loh jangan ngerjain lo...

      Delete
    3. wah masak saya berani ngerjain guru saya, salim dulu sama guru payzo ah...

      Delete
    4. tu kan isinya mengada-ada... tapi koq saya bisa ketinggal artikel tu ya..(maaf ya mas) tapi jangan gitu dong... pokoknya mas agus lah maternya...

      Delete
    5. tidak apa-apa mas payzo lagian itu hanya dagelan kan, asal ada tulisannya dan tulisannya tidak standart tentang pemberian penghargaan.
      de' nia : lha pus e gak di kasih maem tadi ya maem komennya mas pay dong.

      Delete
    6. jangan ngerjain guru ntar kualat.. eh, kok kayak pus ya bisa ngualatin..

      Delete
    7. kalau ngerjain guru, ntar kena setrap..

      Delete
    8. kalau pus nya sih sudah di kasih maem jadi gak nakal lagi.
      nanti setrapnya dobel kan ?

      Delete
    9. wah koq jadi mbahas guru sih...ckckck

      Delete
    10. guru kencing berlari murid kencing duduk aja dah... wong muridnya cewek hehehe

      Delete
    11. kalau guru kencing berdiri murid kencing di atas genting aja

      Delete
    12. ayo..ayo cebok.. sudah kencing ga pake cebok

      Delete
    13. oh iya sudah diingatkan untuk cebok, hehe

      Delete
  9. wah keren mas agus , dapet awards lagi yaakk ? mantaabb lah mas Agus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah meski panen padi gagal... panen awards jalan terus ya kang hehehe

      Delete
    2. iya, kan nandur pari di ladang emas

      Delete
    3. mas budi : jangan sampe gagal panen dong mas, semoga panen melimpah award juga melimpah , enak tho


      mas zach : ladang emas dari generasi emas

      Delete
  10. Kalau sekarang wakil rakyat yang merakyat sudah menjadi sesuatu yg langka mas, karena mereka sering pada tidur dan bolos kerja waktu sidang soal rakyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti cik awi ga baca postingannya :p

      Delete
    2. bacanya sambil tiduran kali hehe....

      Delete
    3. ya karena mereka lagi melakukan komunikasi dengan rakyatnya jadi kan gak bisa hadir di gedung dpr.
      ah baca gitu lho mbak, kan masih nyambung tho. hehe
      asal jangan ketiduran di wese

      Delete
    4. bacanya sambil minum kopi luwak tuh..

      Delete
    5. kopi ayam aja deh , merk baru

      Delete
  11. muqoddimahnya puanjaaaaang, pdhl intinya dapet award :p semoga bsk dpt award merayap

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini belum seberapa lho mbak, mas.
      lha yang efek minum kopi kemarin malah ngelantur, hehe

      Delete
    2. dapet award terus euy mas agus.... siip deh... Top

      Delete
    3. top sekali ya mang padahal alhamdulillah sudah empat, hehe

      Delete
    4. iya perlu forpaly yang lama utk sampai ke endingnya hehehe

      Delete
  12. Award ke berapa sob,Blog award untuk rakyat.hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. award ke empat, keren kan baru empat, paling mas bukablog lebih dari sak jinah kan ?

      Delete
  13. selamat ya mas atas awardnya... cocok buat wakil Rakyat nih mas agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, tidak cocok mang tampang saya kurang menjual

      Delete
    2. dicoba dulu nyaleg dari partai ES aja kang..

      Delete
    3. partai semifinal aja deh enak

      Delete
  14. kaya lagunya bang Iwan Fals, Pak...wakil rakyat seharusnya merakyat...
    btw, selamat atas award-nya deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iwan fals wakilnya rakyat berarti

      Delete
    2. sempat kena cekal saat hot-hotnya era orba.
      terima kasih dan alhamdulilah

      Delete
  15. Ternyata ada blogger yang merakyat yaa. hihihi
    wah selmat ya dapat award

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya memang tidak ada kok mbak, cuma ini tau mas budi kok bisa ngasih kayak gini

      Delete
  16. Selamat Mas Agus Awardnya, Tetap merakyat, terus berkarya, dan sukses selalu Amiinn !

    ReplyDelete
  17. wah ini mungkin award tanda cinta mas budi ke mas agus, wkwkw
    btw selamat mas, sepertinya award2 mengalir deras di blog ini..kalau perlu awardnya di print dan dibingkai, pajang didalam kamar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak main trading forex demo akun aja mas , kalau wd di print , hehehe.
      saya kan normal mas , tau kalau mas fian masuk kategori maho apa nggak, hehehehehehehehe

      Delete
    2. maho lagi maho lagi.. *modus banget

      Delete
    3. mas KS : hehehee saya langsung ngakak baca maho lagi maho lagi
      mas budi : maho itu mahasiswa hombreng, berhubung saya bukan mahasiswa jadi tersangkanya mas fian, hehe

      Delete
  18. wahh gantengnya abangku hoho..selamat ya mas agus atas awardnya cakep eyyy awardnya *orangnya nggak usah* hohoho emang merakyat mas agus..mau nyalon gubernur apa RT??hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mbak amri, top banget.
      saya mau men calonkan diri menjadi kapten.

      Delete
  19. saya nggak komen panjang-panjang mas. tar nggak enak sama yang lainya. lagian yang ngasih hadiah belum nongol.

    saya cuma mau bilang, Selamat, Selamut, Selamit Selametan. *jangan lupa Mas, kopine gulone seng akeh..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy ojo di aduk ya mas.....
      di kocok ae....

      kopine.... :)

      Delete
    2. siap, kopine sak sendok gulone sak trek, tapi sing di gawe wedang rong sendok ae , sisane kirim ngono yo mas ?
      mas budi os : hah di kocok ?
      mas budi s : silakan sps , susu perah sendiri dirumah masing-masing

      Delete
  20. wah congrat ya mas agus...

    awardnya keren sekeren kerennya....
    saya belum pernah dapet award kaya gitu soale....
    #bancakan.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ada kopi , sambel, sego liwet, top kan

      Delete
  21. Selamat kang mas, makin hari blognya makin merakyat sekali,mantep pokoknyamah.

    ReplyDelete
  22. selamat mas Agus untuk award blogger merakyat, pas banget memang awardnya ini.
    wakil rakyat sekarang mendongengi rakyat, betul mas, wakil rakyat memang ahlinya mendongeng, wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mendongeng dengan janji boleh kan mas ?
      terima kasih mas buret

      Delete
    2. bolehh, nggak dilarang koq, kecuali ntar nggak diperbolehkan

      Delete
    3. gak papa terus kok mas, paling paling nanti ditanyai di alam barzakh

      Delete
  23. kalo soal merakyat, kayaknya memang Mas Budi udah survey lama deh. artinya Mas Agus yang bener2 memenuhi kualifikasi itu. padahal saya ngincer award ini loh sekarang. awas tahun depan saya rebut awardnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh jadi ada piala bergilirnya untuk tahun depan saya harus menyerahkan kepada siapa, tentunya mas budi sebagai pemilik piala ini yang menilai kembali, fair kan mas, hehehe
      top dan terima kasih

      Delete
    2. boleh-boleh entar ada kategori yang lebih klop kok... pasti sobat berdua mendapatkannya dengan lebih ... hehhehee

      Delete
    3. lebih berat untuk mendapatkannya karena harus berprestasi terlebih dahulu

      Delete
    4. hehehe... yuk kita bikin piala bergilir yang gede banget

      Delete
    5. sekalian di kasih meling meling an biar kelihatan wah dan mewah

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive