Home » » Kopi Hitam Asli Biji Kopi

Kopi Hitam Asli Biji Kopi

Kopi memang minuman favorit bagi sebagian orang, sumeti mercon mbak uswah ah, bahkan ada yang kecanduan kopi. Perokok berat biasanya diimbangi dengan minum kopi hitam asli bukan yang sachet atau kopi instan. Entah apa alasannya karena saya sendiri bukan perokok. Minum kopi itu sendiri bisa berwujud gaya hidup atau lifestyle bagi orang-orang kelas atas, lagi-lagi sumeti mercon mbak uswah. Berbagai macam kopi pasti sudah pernah di coba, mulai dari kopi hitam luwak, kopi lampung, kopi bondowoso dan kopi-kopi lainnya yang terbuat dari biji kopi pilihan karena saya tidak hafal jenis kopi.



Saya sendiri akrab dengan kopi saat saya umur 7 tahun ketika ibu saya membikinkan kopi untuk bapak saya dan sisanya saya minum diam-diam karena memang tidak boleh sama ibu. Saat mencuri-curi minum kopi hitam bapak itu sensasi rasanya menjadi dobel, pertama takut ketahuan yang kedua memang rasa kopi hitam asli itu enak. Ibu bikin kopi hitam harus beli biji kopi di pasar terlebih dahulu kemudian di jemur, di goreng pada wajan yang terbuat dari tanah liat di campuri karak atau nasi yang sudah kering. Setelah di goreng baru di tumbuk dengan alu dan lumpang biar berbentuk bubuk kopi. Porsesnya memakan waktu lama karena dulu belum ada selep kopi dan masih belum booming kopi instan. Kalau ingin bubuk kopi dari biji kopi yang halus harus diayak terlebih dahulu. Rasa dan sensasi minum kopi hitam asli biji kopi ini lebih merasuk rasa kopinya walaupun kopi beli di pasar desa bukan kopi kualitas eksport. Mungkin cara bikin kopi nya masih alami terutama prosesnya dari tangan manusia bukan mesin.

Sampai umur 15 tahun saya baru boleh full mengkonsumsi kopi hitam bikinan ibu saya entah apa alasannya saya juga kurang tau. Racikan kesukaan saya dalam satu cangkir kopi standart bubuk kopinya 2 sendok makan sedangkan gulanya satu sendok makan. Rasanya banyak pahitnya manisnya cuma terasa sedikit dan itulah cara saya menikmati kopi hitam asli biji kopi. Saat minum kopi hitam asli ini ada sensasi tersendiri yaitu adanya biji kopi kasar yang belum halus nyangkut di bibir dan kalau digigit jadi terasa biji kopi banget. Beda dengan kopi bubuk yang di selep karena memang hasilnya halus. Tahun 2004 sampai 2010 adalah periode masa tanpa minum kopi karena terpisah jarak yang cukup jauh dengan ibu, saya tidak berani minum kopi yang bukan bikinan ibu rasanya sudah lain. Kalau sudah kepingin minum kopi, terpaksa harus beli kopi hitam di warung untuk mengobati rasa kangen dengan ibu saya bukan rasa kopinya lho ya.

Akirnya saya jarang minum kopi hitam karena sudah terpisah jarak dan saya sudah mempunyai keluarga sendiri. Kalaupun saya pengen minum kopi saya bikin kopi hitam yang terbuat dari biji kopi di tempat saya kerja. Luamayan kan gratis dari pada nganggur. Demikianlah cerita ngawur tentang saya dan kopi hitam asli biji kopi. Yang mau ngopi lanjut ngopinya awas keselek.


127 komentar:

  1. kopi kopi apa yang ganteng ???

    wah mantap ni mas, WS dari dulu nyari yg model gni, yg asli dari biji kopi dapet nyangrai...tapi disini susah dapatnya, jang jual kopi mentahannya pun susah g ada yg jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto kopi mungkin sebuah solusi. halahh.

      Delete
    2. mang bisa diminum ya kang foto copy ato cuman diliat aja hihihi

      Delete
    3. mas WS : Kopiyahan mau sholat jum'at ganteng kan?
      tukang fotokopinya ganteng mas ,
      kalau fotocopy dan rontgen itu bisa dibawa pulang dan menghasilkan uang jika di jual

      Delete
    4. di tempat saya banyak yang jual kopi hitam produksi rumahan, prosesnya alami pake tangan , rasanya juga mantep,,,,

      Delete
    5. diinjek-injek juga nggak Mas?

      Delete
    6. lumayan bisa minum kopi gratis :)

      Delete
    7. mas cecep : itu baru top
      mas zach : di gilas pakai botol
      mas djangkaru : silakan di nikmati ini ada pisang rebus sekalian

      Delete
  2. Kalau untuk saya kopi hitam-hitam nggak minum sekarangngmah kang,kalau dulu sebelum terserang penyakit sering,tapi kalau selain kopi hitam sekarang saya sering tapi nggak terlalu banyak paling sehari 1 atau 2 saja sudah banyak.mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Kang, ati2 selalu, itu yang penting, sesuaikan dengan kondisi badan, biar tetep sehat selalu.

      Delete
    2. iya kang jgn suka minum kopi hitam klo kulit kita dah hitam ... hehehe pa hubungannya ya... wkwkwkwk

      Delete
    3. saya sering ketemu kambing hitam

      Delete
    4. mas Zigzoor : 1-2 kali sehari terhitung sering ,dari pada saya 1 tahun sekali, hehe
      mas zach : saya takut nya ketagihan dan nanti gula darah saya tinggi. hehe
      mas budi : oh jadi kopi bida larut dalam kulit ya mas, saya jadi takut wong kulit saya sudah hitam.
      kambing hitam itu jangan-jangan banyak minum kopi ?

      Delete
    5. saya suka kopi putih.., biar agak putih gitu..

      Delete
    6. saya tidak suka kopi baik putih atau hitam

      Delete
    7. kaya acara dedi cobuset

      Delete
    8. kalo saya suka kopi, asal jangan kopi yang jitam dan putih,, hahaha

      Delete
    9. jitam itu nama jalan ya Mas>?

      Delete
    10. maksudnya hitam kali mas, hehe

      Delete
  3. jaman saya kecil, saya sering liat ibu saya di depan pawon menyangrai kopi, kalo gak salah dicampur beras gitu. kata ibu saya, itu ramuan kopi terenak di dunia, hehe. tapi seiring berjalannya waktu, ibu saya bahkan tidak mau mencicipi kopi secuilpun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo buat saya, asyik aja kopi apapun, mau hitam, putih, coklat, biru, oranye sekalipun, nggak ada pantangan, libas! cuma kalo boleh milih, saya lebih suka minuman coklat kakao itu Mas.

      Delete
    2. kakao itu bukannya aplikasi hp bang zach ..

      Delete
    3. itu namanya kokoronotomo, begitulah bunyinya, Mbak

      Delete
    4. saya sudah berhenti minum kopi kok mas karena menghindari gula aja karena bapak saya penggemar berat kopi badannya kurus plus rokok, kena diabetes. hehe saya ndak pengen mengulanginya.
      kalau coklat sih masih boleh lah cuma di desa kan jarang coklat apalagi kakao adanya di jember sana.
      kakao itu minyak de' nia minyak oles kakao buat masuk angin.

      Delete
    5. saya yang gak bisa lepas es teh.. kawatir sih kena diabetes... sampe lupa rasa air putih

      Delete
    6. lho lho kalau es sudah saya hindari sejak sma mas, kopi saat sekolah lanjutan

      Delete
    7. saya cuman mau bilang kalau saya suka susu murni

      Delete
    8. susu murni tu susu gantung ya mas cilembu...

      Delete
    9. susu gantung tinggal perah kah ?

      Delete
    10. tinggal gunting di warung kan ?

      Delete
  4. Wah ini mo ada rencana mau buka resto khusus menu kopi nih... mumpung diajak join ma bule kesasar hehehe... bisa masuk referensi nih... sips kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dukung dan saya doakan semoga jadi resto atau mini beverage lah mas.

      Delete
    2. asal jangan join kopi sama bule, satu gelas berdua lho...

      Delete
    3. bener Mas. sayangnya blackout nggak ada lagu yang speednya. semua slow, jadi ngantuk

      Delete
    4. ngantuk karena gak dapat joinan kopi, hehe
      masih kalah sama elpamas ya mas

      Delete
    5. thanks do'anya kang agus...join kopi jadi judul lagu.. kok baru tahu ya kang...

      Delete
    6. ya lagunya mengudara tahun 2006 atau 2007 gitu mas

      Delete
  5. kopi panas + pisang goreng ya pas buanget tuh apa lagi kopinya full pasti langsung bikin segerrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau lebih seger ya ngopi sambil njebur kolam mas hehe...

      Delete
    2. pake ketela rebus jgua maknyus,
      lebih seger lagi njeburnya gak pake baju lebih terasa segernya

      Delete
    3. hehehe.....ngetawain kang El.

      Delete
    4. kopi panas kan bikin lidah sakit,,,, menurut ane enakan kopi anget plus pisang goreng anget juga,,,,.

      Delete
    5. saya nggak ketawa. karena ngebayangin mas El betapa susahnya melakukan kegiatan tersebut

      Delete
    6. kopi panas di taruh piring dulu biar adem,
      mas zach : kolamnya kan lagi di kuras mas

      Delete
  6. kopi minuman yang setiap pagi saya nikmatin sobat.. ada cerita saya dengan kopi..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman saya kulah hmpir tiap malam bikin kopi, yg serbuk kopinya bawa dr rumah aseli tumbukan by hand of my mom

      #sorry numpang comment disni yaa

      Delete
    2. wajaar, penganten baru kan

      Delete
    3. saya juga ada cerita minum kopi tunggu besok tak munculkan.
      boleh kok numpang komen, dan manten baru memang suka numpang hehehe

      Delete
    4. cerita saya dengan kopi, ketagihan...

      Delete
    5. manten memang selalu begitu

      Delete
    6. loh...ko' larinya kebelah duren y?

      Delete
    7. karena ngopi dengan duren juga dianjurkan

      Delete
  7. kalo kopi hitam saya jarang konsumsi mas, tapi biasanya efek buat saya tidak terlalu terasa di banding kopi kemasan...maksudnya efek mualnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya yang penting efek murahnya

      Delete
    2. hehehehe mual dan muntah kembung pernah bikin kopi hitam airnya belum mendidih jadi kembung gak enak.
      pengen murah dan dapat rejeki banyak ? silaturohim disuguhi kopi nanti rejekinya banyak dan panjang umur

      Delete
    3. kopi hitam mantep banget buat ngilangin kantuk,,

      Delete
    4. ngilangin kantuk dan ngilangi pusing

      Delete
  8. Kalau sy sih lebih suka minum teh atau susu mas. kalau pun harus minum kopi, harus milih2 dulu kopinya soalnya udah sering sakit perut karena minum kopi sachet itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi yang tak berduri tentunya ya Mas

      Delete
    2. kalau kopi campur oli rasanya gimana ya mas ?

      Delete
    3. ane juga suka teh, tapi tehnya yang pahit,,,,

      Delete
    4. teh pahit memang menyehatkan.
      kopi yagn sachet atau asli biji kopi

      Delete
  9. Bongkar kebiasaan lama...hehe

    wah klao mongin kopi...sy suka coffemix yang di kocok bukan di aduk mas...
    ga tau...sensasi rasanya beda aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya cukup mendengar cerita mas budi aja, gak kebayang rasanya

      Delete
    2. kayak james bond ya bahasanya

      Delete
    3. penuh dengan liku-liku rahasia

      Delete
  10. hmmm

    harumnya sang kopi
    mengepul dari cangkir hati
    dan kuminum sembari menikmati
    ditiap awal pagi memanggil hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. wauw dibikin puisi juga , langsung mengguyur muka saya dengan kopi,hehe

      Delete
    2. cangkirnya punya anemah jantung....

      Delete
  11. mo komen apa klo sudah urusan kopi... semua topik sudah di jadikan bahan komen...

    ReplyDelete
  12. aseekk mengulas kopii , yuk mari ngopi mass :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yosep aja yang ngopi saya air putih aja , hehe

      Delete
  13. Mudah2an mbak uswah jingkrak2 dengan postingan ini :D
    kopi mbakkk..........

    ReplyDelete
  14. saatnya kang agus st untuk pulang kampung, artikel ini mencerminkan bahwa ibunya dikampung lagi mengangeni anak lelakinya yang ngga cakep2 amat untuk pulang, dan ibunya sedang kangen membuatkan kopi kesukaan anak lelakinya yang ngga cakep2 amat itu...pasti deh gituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu dan adik saya lagi ke Bandun kang hari ini sampai minggu, menghadiri manten sepupu di Garut.

      Delete
    2. pasti ada kesenian lengsernya ya hehe

      Delete
    3. bukan kebandung kalau gituh...tapi ke Garut...hehehe
      suruh mamir ke cilembu kang, nanti tak oleh2i ubii cilembu deh

      Delete
    4. Rumah sepupu di bandung nikahnya di garut dapat orang garut, kalau pernah denger Golden Changer beliau pengelola dan pemiliknya kang, heehe.
      mang yono : ini acaranya di gedung mang, biasanya ada ya mang

      Delete
  15. paling enak blogwalking sama nyrutup kopi :D

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. silakan nyeduh air mas, siapkan kopinya.

      Delete
  17. dulu di kampung saya para orang tua sering mengolah kopi secara tradisional dengan menumbuknya di dalam lumpang sehabis kopi tersebut di goreng, tapi sekarang sudah ta ada lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah ada selep serba guna ya mas, sama kalau gitu

      Delete
  18. mantap tuh kopi asli ... kalau soal ngopi mamang juga ndak bisa meninggalkanya sehari 4 -5 kali mas plus Rokok heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya cerita tentang ngopi mang, hehe

      Delete
    2. cerita saya kakak saya dulu waktu hamil anak pertama suka ngemil kopi bubuk wal hasil anaknya lahir hitam deh kulitnya hi3..." dah Qodarulloh kali....^^

      Delete
    3. subhanllah kok bisa cocok ya sama warna kopi yang di idamkan dulu, hehe

      Delete
  19. kalo denger cerita tentang kopi saya jadi kepengen ngopi lagi..hhe

    ReplyDelete
  20. secangkir kopi selalu menemani saya ngeblog, kopi hitam ataupun sachet, sama-sama nikmat. seperti di sebuah lagu "kopi hitam semangatku", happy blogging mas, terima kash

    ReplyDelete
    Replies
    1. top sekali mas , bisa jadi temen dan penyemangat ngeblog..

      Delete
  21. Racikan sendiri pastinya lebih memuaskan walau hasilnya tidak selembut olahan pabrik. Jangan lupa kirim kopinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..betul sekali mas itu di sruput dulu gambarnya, hehe

      Delete
  22. Urusan kopi memang mangasyikkan. Saya pernah meliat di etalase 1 saset kopi Luwak di Erlangga,Kuta, Bali dengan takaran beberapa gram mungkin sebesar satu sendok makan aja harganya bisa mencapai 50 ribu rupiah. Kopi hitam mungkin sama seperti kopi tubruk lainnya. Ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang buat mahal tu gara2 susah nyari campuran kotoran luwaknya mas

      Delete
    2. kalau kopi tubruk di tuban pake arak kang asep, apakah maksud kang asep begitu juga ?
      iya mas pay milah milah kotoran luwaknya yang lama

      Delete
  23. perasaan aku tadi udah comment deh,,
    kabur kemana komentar aku . huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecemplung di air kopi tuh...saking banyaknya komen tentang kopi jadi komennya mbak Iin klelep..

      Delete
  24. hwaaa ketinggalan keretaa.. hiks hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiket tidak bisa di kembalikan, hehehe

      Delete
  25. memang mas, kopi hitam itu luar biasa.. ada fakta menarik bahwa kopi adalah minuman para wali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallah berarti kopi memang sudah di kenal sejak jaman wali ya mbak, atau sebelum penjajahan belanda sudah mengenal kopi

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive