Lampu H4

Sepeda "motor" jaman sekarang lampu utama nya sudah banyak yang terang. Tiap berpapasan dengan sepeda motor entah itu matic atau bukan pancaran lampu nya terang dan menyilaukan seperti lampu H4 mobil. Lampu H4 mobil memang bisa di terapkan pada lampu motor seperti pada lampu bulat Gl Pro Series saya yang sudah mengadopsi lampu H4. Sedangkan untuk motor honda kalong, saya menggunakan lampu halogen biasa dengan harga 15 ribu merk osram.

Menggunakan dua lampu yang berbeda saya mengerti perbedaan utamanya terutama untuk pancaran lampu motor nya. Untuk lampu "halogen" biasa pancaran lampu yang dihasilkan memang terang tetapi tidak fokus atau masih ambyar dalam kegelapan jalan. Efek jeleknya pancaran lampu motor ini menyilaukan pengendara dari arah berlawanan entah itu pengendara mobil, truck dan sepeda motor. Hal ini sudah saya buktikan setiap hari yang memang saya menggunakan si Ijo dalam track malam dan track pagi buta. Hasilnya banyak pengendara dari arah berlawanan memberi sinyal kode dengan lampu jauh atau hi-lamp. Sepeda motor keluaran baru memamkai lampu model ini bahkan memakai dua lampu sekaligus, memang terang tapi menurut saya masih ambyar dan menyilaukan pengendara lain.

Lampu h4 mobil yang saya adopsi pada gl pro, pancaran sinarnya sangat terang seperti sorotan lampu mobil. Pancaran lampu yang di hasilkan cukup terang dan fokus apalagi lampu jauh nya sangat terang, bagi yang biasa mengendarai mobil pasti tau. Medan dan kontur jalan raya jadi kelihatan apalagi jika digunakan pada jalan yang sangat gelap. Efek dari lampu h4 motor ini sangat menyilaukan khususnya lampu jauh nya tetapi pengendara dapat melihat dengan sempurna keadaan jalan raya.

Lampu H4 motor

Tadi malam tanggal 28 Mei 2013 istri saya dapat undangan istimewa mendadak dari sohib (perempuan) nya yang melangsungkan resepsi pernikahan. Saya sendiri di beri tau istri akan kabar tersebut dan saya menyanggupi untuk hadir. Selepas pulang kerja naik kereta api sampai rumah pukul 19.00 wib langsung berangkat menuju rumah sohib nya. Jarak rumah kami dengan rumah sohib sekitar 20 km dengan medan berbukit dan kontur jalan rusak parah. Rumah beliau ini termasuk terpencil karena memang melewati persawahan dan bukit kecil yang jarang perumahan penduduk. Sudah terpencil jalan rusak sepi lagi, sempat berpikiran gimana kalau di cegat begal preman kampung.

Lampu H4
Lampu H4 motor

Singkatnya saya dan istri berangkat menuju rumah sohib istri saya dengan gl pro series yang memang lampunya sangat mumpuni dalam berbagai track kontur jalan. Apalagi memakai lampu h4 tidak perlu kawatir dengan kegelapan jalan. Sorot lampu jauhnya hampir mencapai 100 meter itu yang membuat tidak kawatir. Sempat kesasar 2 kali karena jalannya berbeda dengan yang pernah saya lalui dahulu kala. Hampir 20 menit kami mencari jalan dalam gelapnya malam dan sempat tanya pada warga yang cangkrukan. Akirnya ketemu juga setelah sedikit ingat dan pencerahan dari warga tadi. Kontur jalan yang offroad banget di libat habis oleh gl pro dengan penerangan lampu H4 yang terang benderang. Akirnya acara menghadiri undangan pernikahan sampai dengan selamat pulang dan pergi.

Lampu H4
Sorot Lampu H4

Walaupun sepeda motor bukan keluaran terbaru asal fungsi dan tugasnya jelas memberi manfaat kepada pengguna itu tidak masalah. Lampu h4 memang cocok di adopsi untuk lampu motor dengan efek samping aki motor cepat tekor. Demikian cerita singkat tentang lampu h4 motor da fungsi nya , semoga bermanfaat.


130 komentar:

  1. yang terpenting bisa jln.lampu terang ngacirr terus kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa dlu dong photografernya ...

      Delete
    2. kayaknya yang ambil fotonya kurang canggih nih masih bias tuh... hihihihi

      Delete
    3. iya tuh.. nggak bakat jadi poto gaper..

      Delete
    4. hahaha .. kan sambil megangin kue

      Delete
    5. mas zigzoor : yang penting alhamdulillah tidak mogok, hehe
      de' nia : adminya sepertinya sudah diakuisisi nih...sulapan sekali.

      mas budi : ya karena biasa pegang ulek-ulek mas, gak biasa pegang hp kamera tercanggih

      Delete
    6. uleg2 yang mana tuh kang hehehe...

      Delete
    7. mesti nek ngomong ulek-ulek langsung nyambung, hehehe
      yah tinggal pilih lah mas, tau sendiri kan
      yang bisa bikin nganu itu lho

      Delete
    8. untung yah, di komunitas ini nggak ada yang kerja di LSF dan KPI

      Delete
    9. rame betul ya disini....:)
      ikut gabung boleh mas?

      Delete
    10. kirain megang apaan, kopi lampung ya mas zach

      Delete
    11. mbak khusna : kalau ada saya langsung ngumpet di gentong lho mbak, hehe

      mas reo adam : rame karena di kunjungi mas reo, silakan mas, diminum dulu kopinya, ada sukun rebus manis mas silakan di nikmati.

      mas zach : lho malah bawa kopi sendiri, hehe

      mas Abg : masak megang ulek-ulek mas, hehe

      Delete
  2. tu lampu h4 maksudnya dengan rumahnya atau cuma bolam nya aja kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya saya ingin ganti lampu sorot yang terang. wah klo malam gak kelihatan apalagi klo berpapasan dengan kendaraan yang lain

      Delete
    2. minta dikirimin lampu aja oleh kang agus mas pay...

      Delete
    3. mas pay : http://agussetya.blogspot.com/2012/06/lampu-h4-pada-gl-pro-series.html
      itu sekalian reflektor pakai Ez Depo atau Autopal atau Hela juga bisa, soket yang tiga kabel terus batok lampu kemudian lampunya pakai philips 100 watt.

      mas budi dan mas ks : mau nyuloh kodok ya

      Delete
    4. nyuluh waluh karo nguyuh... wekekeke

      Delete
    5. wenake nyuluh waluh e tonggone awas lho nek nakal waluhe di ngengek i

      Delete
    6. nyuluh kodok buat pentol

      Delete
    7. mbak khusna : aduh ketiban waluh, abuh. hehe

      mas pay : apalagi kodok ijo enak nyo.

      mas zach : enak nyuluh welut aja

      Delete
  3. Wah mantap tuh kang... GL proku masih pake lampu bawaannya jadi ya begitu deh.. nggak terang2 amat .. tetapi amat-amat redup.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terang terang amat. amat aja nggak terang

      Delete
    2. yang penting terang benderang kan mas, amat lagi bobok jangan di ganggu

      Delete
    3. apalagi dipake siang hari mas, terang benderang sekali hehe...

      Delete
    4. apalagi yang mengendarai gak pake helm kepalanya mulus , malah top

      Delete
    5. kepake sekali aja kemarin kang.. sekarang nongkrong lagi di garasi hihihi...

      Delete
    6. hehehe, ya di panasi aja kalau pagi dan malam walau gak kepake, pasang dobel staretr dong mas, kayak gl saya, tinggal pencet langsung greng...tidak usah nyelah, hehehe
      walaupun tua tapi tetep muda kan,

      Delete
    7. GL yang mana Pak Agus...kok langsung greng

      Delete
    8. gl obat kuat yang bisa bikin greng

      Delete
    9. mbak khusna : Gl pro itu si Hitam pake dobel starter. hehe

      mas pay : saya tidak begitu paham dengan obat kuat , hehe

      mas zach : kuku bima kuntoro werdkudoro

      Delete
  4. memang betul mas Agus lampu halogen sangat menggangu juga kalo di jalan bikin orang gelap mata gitu, soal h4 terang dan bikin tekor jd baiknya pake asli bawaannya aja kali deh .. hehe.. biar ga tekor

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pakai gl nanti di kira nyuloh welut mas, hehe
      enak bawaan tapi lampunya ambyar

      Delete
    2. belum pernah dibonceng GL jadi ya nyimak saja

      Delete
    3. minta di boncengi sama mas agus

      Delete
    4. mbak khusna : ini sepeda motor lawas mbak jadi jarang yang pakai, hehe

      mas pay : enak di bonceng prima nya mas pay aja.

      mas zach : karena saya tukang ojek seumur hidup nya

      Delete
  5. merk osram. nggak takut ya Mas? kan sram..hohoho

    itu yang moto sapa Mas? ko' nggak ada bayanganya sama sekali..
    *ngeri banget osram

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang moto ya penumpang ojek seumur hidup saya mas langgana sampai maati, hehe

      Delete
    2. namnya aja oh seram.. ya menakutkan sekali bli hehehe

      Delete
    3. oh seram nanti di sedot drakula

      Delete
    4. klo drakula suka nyedot suruh nyedot sepiteng aja

      Delete
    5. mbak khusna : bawang putih, brambang, lombok, tomat , uyah di sambel , toppp tenan

      mas pay : saya pengen sewa drakula aja kalau gitu.

      mas zach : selain muka nya yang jorok ternyata genderuow hobi yang jorok jorok juga

      Delete
  6. Lapor mas Agus ... :) aku pendatang baru nih disini ijin follow yah mas ... :D Follow back ditunggu .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu di perapatan ya ... nanti ada preman nyamperin

      Delete
    2. mas nazar : alhamdulillah ada temen baru, silakan masuk mas monggo ada singkong rebus sama jagung rebus, minumnya air putih aja ya soalnya kopinya belum ndeplok.

      de' nia : mau ngerampok ya

      mas muro'i ; ngajak jalan-jalan dong mas, kan sudah sore, waktunya jalan-jalan sama keluarga, hehe

      Delete
    3. suit - suit ada yang janjian nih

      Delete
    4. di radio aku dengar lagu kesayanganmu, ihiii janjian di udara

      Delete
    5. kutunggu di pertigaan lampu merah... aq dah dapat segepok nih abis ngamen..

      Delete
    6. saya malah belum berangkat nanti shif 2 bagian saya lho mas bud, saya pake botol yakul diisi beras

      Delete
    7. kurang gede kalau botol yakult, botol aqua saja

      Delete
    8. pasti dapat iklan dari blog getect tuh

      Delete
    9. ohh ada bintang iklannya to?

      Delete
    10. mbak khusna : kalau botol aqua berasnya siapa ? hehe

      mas pay : blog getect memang top banyak iklannya.

      mas zach : es pe geh gitu lhoooo.

      mas Abg : mlongo boleh jangan jawil-jawil saya dong, geli

      Delete
  7. saya baru tahu istilah lampu H4 mas..kirain tag heading template, ada H1, H2, H3 hehehe...

    nais inpoh mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ini lampu punya mobil atau truck, kalau avansa dan sejenisnya pakai H4 55 watt
      kalau truck gandeng pake yang 100 watt

      Delete
    2. wah kang muroi terlalu SEO banget sampai lampu disamakan ama blog hihihihi

      Delete
    3. jangan-jangan kebawa sampai mimpi nih mas, hehe

      Delete
    4. bukan, karena beliau terbiasa mengendarai truk gandeng...
      :-D

      Delete
    5. truk gandeng pak lek saya pasti nya kan

      Delete
  8. ternyata ada lampu H4 ya ... mamang taunya F1 sampai F12 ... terang sangat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah tahunya F2 klik buy atau sell, hehe

      Delete
    2. nah ini mang Yono juga tahunya keyboard mulu...

      Delete
    3. biasa pemain organ tunggal artis dangdut mas

      Delete
    4. mana..mana...organ tunggalnya. maksudnya jantung, hati...kan tunggal semua tu

      Delete
    5. mbak khusna : itu juga organ ya ternyata , berarti ada juga organ ganda seperti ginjal

      mas zach ; saya seperti biasa , icik-icik

      Delete
  9. kalau saya sukanya pake lampu disco mas biar kelap kelip hehehe
    kalo di tempat saya malah suka banyak yg nekat keluar ga pake lampu motor, tengah malam gelap gulita sekalipun...ckkckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya karepe dewe mas, enak lampu petromaks mas suasana desa

      Delete
    2. wah mas wewengkon, ngeri ntar nabrak loh
      *mlipir biar ga ketabrak

      Delete
    3. kalau mlipir nanti kepleset ati-ati

      Delete
  10. pake lampu sorot yang di penjara ajah tuh kang , kna mantap tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan lampu dari karbit mas , hehe

      Delete
    2. itu lampu badai. mirip lampu neon atau lampu taman ya

      Delete
    3. sekalian bikin terang sekampung...

      Delete
    4. mbak khusna : lampu kapal selam ada gak ya?

      mas zach : lampau badai itu lampu ting, buat kemping oke juga.

      pak yadi : terang satu kampung berapa lampu nih pak ?

      Delete
  11. tu gambarnya serem banget ya gelap remang remang sepi lagi...beneran nekat tu jalan malam2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gelap dan dingin karena daerahnya berbukit,
      sungkan kalau tidak hadir dalam undangan , nanti disangka gak enak mbak,hehe

      Delete
    2. nah, beliau ini contoh teladannya...apapun kondisinya, kalau undangan ya tetep harus wajib hadir

      Delete
    3. siiip. kita teladani pokoknya

      Delete
    4. alhamdulillah , ini lagi kumat warasnya . hehe
      kalau tidak waras jangan di tiru lho ya

      Delete
  12. manggut-manggut dulu
    baru tau kalau namanya lampu h4, setau saya ya lampu yang terang banget trus mblerengi (menyilaukan) gitu aja, wong nek papasan sama motor baru yang lampunya mencorong banget tu malah mengganggu berkendara je. jadi heran, kenapa aturan dari polisi, kalau siang pengendara wajib menyalakan lampu, bukannya malah membahayakan, buktinya malah jadi SILAU gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh Mbak. saya juga mau komen begitu, tapi keduluan

      Delete
    2. hehehe ternyata banyak yang terganggu juga dengan sorot lampu yang bikin mblereng...
      kalau menyalakan lampu di siang hari di jawa timur memang wajib, dan saya sendiri menyadari kalau itu juga berpengaruh pada keselamatan diri. Orang sudah jarang nengok spion , begitu mengengok spion ada cahaya , berarti ada motor di belakang. itu salah satu maksudnya.

      Delete
  13. wah saya kurang paham kalau masalah jenis jenis lampu sob, memang kadang kesel juga kalau pas berpapasan sama lampu yang menyilaukan mata.. kalao motor new mega pro itu jenis lampunya apa ya sob..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. new mega pro itu halogen , tapi mahal mas harganya, 150 ribu , hehee

      lampu lilin buat ngepet

      lampu senter buat ngengek di kali

      Delete
  14. gelap sekali...sereeemmm
    baru denger nich lampu H4

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak is : serem tapi asik ada temen e kok mbak, hehehe
      lampu h4 = lampunya mobil.

      hantunya belum mucnul , lha memang kemarin sempat lewat kuburan desa tengah sawah, hehe

      mas Abg : kutilang kah ?

      mas fian : ada wewegombel juga lho

      Delete
  15. klw ada lampu H4 berarti ada yg ke 5 .
    oh iya di rumah ada 1 motor yg lampunya rada redup, apa harus ganti bohlamnya? atau yg lain mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti businya mbak, itu apinya kurang besar

      Delete
    2. yang ke enam juga ada mbak, hehe
      kalau redup itu bisa bohlam nya bisa juga dari kumparan spulnya sudah lemah, spul itu yang produksi listrik pada motor.

      mas zah : kalau saya sih tak ganti platnya biar keren

      mas Abg : gimana kalau ganti Gusi nya aja

      Delete
  16. "Singkatnya saya dan istri berangkat menuju rumah sohib istri saya dengan gl pro series yang memang lampunya sangat mumpuni dalam berbagai track kontur jalan. Apalagi memakai lampu h4 tidak perlu kawatir dengan kegelapan jalan." Istri di sini yang dimaksud Mbak Nia kan? ora mutu babar blas to pertanyaan saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cewek lain kayaknya mas bukan mbak nia, perlu dipertanyakan nih bener apa nggak * jawaban tak bermutu juga saya ya?

      Delete
    2. hehehehehe.....tooooop sekali.
      saya jawab , jelas dong de' Nia istri saya yang cantik dan jelita. hehehehe
      hehehe

      hehehe

      Delete
  17. lampunya menyilaukan mata ya lampu H4

    ReplyDelete
  18. harga boklamnya berapa mas? ditempat saya harganya 220ribu saya nggak jadi pasang, ada alat tambahannya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga bohlamnya 35 ribu , Philips 100 watt.
      itu lampu pembawaan motor tiger atau mega pro yang baru mas.

      kalau merk wuertz dari jerman punya kijang inova 90 ribu

      Delete
    2. nah kan mulai rancu kalau berdua sudah ngobrol...bener-bener harus dipelototin wajahnya biar nggak kebalik

      Delete
    3. nah ini efek kena sinar lampu kan, hehehe
      jadi mblereng

      Delete
  19. Lampu H4 bisa diganti nggak bang dengan lampu petromaks?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mas, petromaks dari karbit itu kan ?

      Delete
  20. kaf-kaf kata ni gan,kalo sepeda ontel ane di pasangin lampu gituan bisa gak yaaa...heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepeda ontel yang humber atau kapten ? atau Bsa, northon,
      semua bisa lebih unik lagi kasih lampu dari karbit mas, kayak lampu Harley tahun 1900 an

      Delete
  21. boros aki ternyata, saya biasa yang memakai harga 15 ribuan, memang sih lampunya redup sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boros mas, setahun sekali harus ganti aki, kalau standar lampunya tidak boros ya itu tadi kurang terang, menurut saya lho mas, hehe

      Delete
  22. motor boleh tahun rendah, asal lampunya sudah pake tahun tinggi, mantap pal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pak yadi baros, toppp sekali cak.

      Delete
    2. sampek kotob kotob gitu ya mas

      Delete
  23. meskipun lampunya cukup terang tapi jika malam hari tetap kecepatannya harus dibatasi ya mas, apalagi jika kacamata tertinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...betul sekali mas arif, apalagi jalannya licin malah konsentrasi dobel

      Delete
  24. untuk harganya berapa bro lampu h4..
    mendengar ceritanya ane jadi kepengen..
    Tapi sayangnya ko bikin aki tekor ya.. :D

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top