Home » » Bengkel Motor dan Manajemen Bengkel

Bengkel Motor dan Manajemen Bengkel

Bengkel Motor
manajemen begkel
Bengkel motor merupakan usaha atau bisnis primadona saat ini. Laju pertumbuhan sepeda motor yang terus bertambah tiap tahunnya pasti butuh tukang servis untuk memperbaiki motor selain di bengkel resmi motor. Dimanapun bengkel ini dibuka pasti ada pelanggan setianya bahkan dikampung sekalipun. Jika jeli dalam menangkap peluang insya Allah akan sukses dalam membuka bengkel motor. Tulisan ini bertujuan memberi alternatif bagi peserta ujian nasional yang tidak ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tapi ingin bekerja atau membuka usaha. Bengkel motor salah satu alternatifnya.

Ada dua pilihan dalam usaha bengkel motor. Sebagai pemilik bengkel dengan jualan spare part dan memiliki karyawan/ montir. Sebagai montir sekaligus pemilik bengkel motor dengan menyediakan beberapa spare part tapi tidak lengkap. Pilihan pertama di khusukan untuk para pemodal besar sedangkan pilihan kedua dikhusukan pada skill keterampilan. Baik akan saya bahas satu persatu tentang bengkel motor ini.

Bagi yang punya modal besar untuk membangun bengkel motor, perlu dipertimbangkan Lokasi dan Kemungkinan adanya kompetitor. Lokasi yang dipilih (bukan berdasarkan klenik lho ya) harus strategis misal di pusat keramaian atau di dekat jalan raya , jangan sampai masuk gang karena konsumen tidak mengetahui ada bengkel.

Pertimbangan berikutnya adalah bengkel motor ini konsen pada bengkel apa, khusus balap, bengkel harian atau bengkel resmi. Tentukan pilihan karena tiap segmen ada pasarnya tersendiri. Kalau saran saya enak buka bengkel motor harian umum kendaraan apapun, malamnya mengerjakan motor balap atau untuk turing. Pemilihan mekanik juga harus menjadi pertimbangan, karena mekanik punya tingkatan pengalaman dan keahlian sendiri-sendiri. Lebih baik gunakan satu senior mekanik yang lainnya mekanik naik daun saja. Peralatan bengkel yang lengkap juga menjadi hal yang penting. Jangan sampai saat menangani motor pasien pinjem alat bengkel pada bengkel sebelah, kredibilitas akan turun.

Untuk manajemen bengkelnya mengatur gaji mekanik dan pembukuan uang masuk dan keluar baik dari jasa bengkel atau uang spare part. Ini penting untuk membedakan mana penghasilan dari spare part mana penghasilan dari jasa bengkel motor. 

Pilihan yang kedua adalah membuka bengkel motor sendiri dengan modal keahlian saja dan sedikit ditambahi jualan sparepart. Khusus anak smk otomotif yang agak mahir bisa langsung membuka sendiri yang penting modal niat dan pelayanan yang baik. Jika belum ahli bisa ikut bengkel lain terlebih  dahulu, jangan permasalahkan gaji karena tujuannya untuk mentrasfer ilmu plus di gaji walau alakadarnya. Jika sudah yakin mampu buka bengkel sendiri yakin buka bengkel sendiri saja jangan di tunda tunda. Walaupun bengkel kecil tetapi tetep memerlukan manajemen bengkel. Misal tentang promosi atau maksimal pengerjaan motor agar konsumen puas sehingga datang kembali.

Kebersihan dan penataan ruang bengkel motor juga perlu, walaupun bengkel pasti kotor karena penuh dengan oli tetep memerlukan aspek estetika agar pelanggan betah menunggu giliran servis sepeda motor. Dan yang paling penting tukang servisnya komunikatif kalau perlu mengganti spare part harus ditanyakan dulu kepada pemilik motor jangan asal main ganti saja. Demikian sedikit info bengkel motor dan manajemen bengkel semoga menginspirasi semuanya khususnya yang baru lulus sma dan smk. Semoga bermanfaat.

129 komentar:

  1. oke dech sobat.. mantap penjelasannya..
    oya itu gambarnya karena sobat banyak sensor merek. jadi kelihatan kayak bengkel baru di cat sob hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak diguyur cat air warna biru koq, hehe

      Delete
    2. itu keguyur kok mas nady jadi ya belepotan gitu.
      mas zach : di semprot pake vilox lho

      Delete
    3. vilok buat vermak yang khasar khasar

      Delete
    4. ngecat pake cilok bisa ga mas hehe...

      Delete
    5. mas muro'i : enak tuh cilok pake saos kacang
      mas pay : kalau ciplok biasanay di sambel sama dibuat urap-urap enak mas

      Delete
    6. kalau cipluaan buat obat udun

      Delete
    7. mosok seh cipluan kenek gawe obat udun?
      gak percoyo aku...

      Delete
    8. dijajal sek mas, diremet-remet terus templekno udun engko lak kimpes, nek gak kimpes yo gak berhasil

      Delete
    9. hahahaa ada ada saja nih sobat, salam kenal

      Delete
    10. kenal salam dari saya mas , toppp kan

      Delete
  2. ini dia figur yang peduli masa depan adik-adiknya. salut Mas. saya rasa sangat realistis ini. sekolah perguruan tinggi nggak menjanjikan2 amat koq. lebih baik berkarya, terus nyambi kuliah kalo sempat. bakalan lebih nyaman. daripada kuliah tapi masa depan belum jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini malah diperjelas sama mas zach , lebih baik cari kerja dulu baru kuliah. Yang penting kerjanya sungguh-sungguh teliti, gemi, lan ati-ati nanti lak sukses

      Delete
    2. bener sekali Mas. harus mau begitu. sekarang idealisme tak harus dicapai dengan sekolah

      Delete
    3. sekolah boleh tapi niat nya jangan untuk cari kerja nanti dapat ijasah doang kayak saya ilmunya tidak tau apa-apa.
      idealisme tetep harus ditegakkan walau tidak sekolah di perguruan tinggi ya mas

      Delete
    4. tuh dengerin tuh...kang zach kalau lagi normal, komentarnya bagus dan bisa jadi motivasi buat kita yang muda2...setujukan?!

      Delete
    5. wah para sesepuh sedang memberi menjangan nih...

      Delete
    6. kang cilembu : saya mendengarkan di pojokan aja deh.
      mas pay : karena karang menjangan masih buka lowongan untuk rehabilitasi orang mas

      Delete
    7. siapa Mas yang mau di karantina ke Karang menjangan?

      Delete
    8. hehehe...siapa aja boleh kok mas saya juga boleh karena saya sudah tidak waras, hehehe

      Delete
    9. boleh kita mendekam disana

      Delete
  3. memang untuk membuka usaha harus dipertimbangkan masak2,selain menanggung beban karna modal.kita mmng harus pintar mencari tempat yang strategiz.terima kasiih tipsnya kang.maaf kang saya onlinenya .yoba pki hp.jdi acak acakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah di perjelas kembali mas, mas zigzoor sudah ahli , hehe

      Delete
    2. ahli dalam bidang wirausaha lho ya, bukan ahli waris, hehehe

      Delete
  4. Lebih baik FOKUS kuliah dan tau apa yang mesti di terapin di dunia kerja ataupun masarakat. Di kampus ada banyak beasiswa dan peluang dana tuk wirausaha muda (KULIAH+Bisnis= KAYA MUDA).....

    IZASAH+Wisudaih =Pengagguran (mungkin gak bisa kompetisi buat jadi karyawan) SALUT!

    ReplyDelete
  5. Disamping itu semua perlu adanya seorang kasir yg profesional

    ## Sambil bersolek di depan kaca spion motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak indah sudah pantas kok jadi kasir bengkel motor betul kan mas pay

      Delete
    2. pasti banyak pengunjungnya kalau mbak indah jadi kasirnya ...

      Delete
    3. dan juga banyak yang utang

      Delete
    4. pasti ramai yang dateng. nggak servis motor, tapi cuma liat kasirnya doank....*bisa gulung tikar

      Delete
    5. gelar tikar sambil lihat kasirnya gitu ya mas, boleh juga , tapi lihat bayar kan mas

      Delete
    6. Kalo ngelirik doang..gratis kan..

      Delete
    7. boleh pasti. tapi jangan ngelirik wonder woman lho

      Delete
    8. ngelirik di lempar oli mas, hehe
      kalau wonder women memang mas zach ahlinya

      Delete
    9. kasirnya mba Indah, saya datang ke bengkelnya mas Agus, tuker duit doang,wkk

      Delete
    10. tidak boleh colek-colek kasir lho ya

      Delete
  6. bisnis ini sepertinya tidak akan mati ya mas, soalnya tiap hari pasti ada orang yang beli motor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah motor tiap hari makin banyak ya mas :)
      apalagai motor lama juga belum di hancurkan seperti motor saya kan motor lama semua

      Delete
    2. motor saya mau di hancurkan mang ? jangan deh mang

      Delete
    3. iya, jangan. sebaiknya jangan

      Delete
    4. tuh kan ada yang mbelani, asik

      Delete
  7. peluang usaha yang bagus nih, kebetulan didesa cilembu belum ada bengkel yang representatif nih...buka ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silkan buka bengkel kang cilembu, punya modal mekanik yang handal itu kuncinya.
      buka nya pake bismilllah aja

      Delete
    2. buka puasa pake es cendol enak lho mang

      Delete
    3. gentong kayak perut orang aja mas

      Delete
    4. perut kang cilembu kan maksudnya

      Delete
  8. saya milih pilihan pertama tapi gak pake modal..bisa gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas bukan khayalan juga lho, dengan join sama teman misalnya kalau mas pay pinter manajemen juga pinter jadi mekanik pasti bisa

      Delete
    2. bang pay, sini saya setrap

      Delete
    3. hehehee, masak berani saya nyetrap guru, kalau gak mbah nya para guru yaitu mas zach, hihihi

      Delete
  9. keren mas agus kayanya anak SMK harus banyak belajar dari mas agus neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajarnya di bengkel motor aja mas, saya ndak bisa betulin motor karena saya bukan mekanik, kalau di saya belajar lewat blog ini aja, hehe

      Delete
  10. wah mas agus jagonya masalah motor nih... itu bengkel motor mas agus ya.... mamang kurang paham masalah motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ndak jago masalah motor kok mang, masak ada montir ngeblog kan jarang mang, hehe
      itu bengkel adik saya di rumah tuban. walau kecil-kecilan tapi lumayan lah mang buat nabunb, hehe

      Delete
    2. siip, ikut seneng dengernya

      Delete
    3. siiip juga... kirain kasirnya mas hehehehe

      Delete
    4. alhamdulillah top.
      kasirnya mbak indah mang

      Delete
  11. ngelihat postingan dan ngelihat komentar nya jadi bingung :D . kang agus mau bkin managemen bengkel mas ? ane daftar mas , wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tulisan tentang manajemen bengkel dan pengelolaan bengkel sederhana aja tidak rumit kan

      Delete
  12. Wahh kok pada biru semua sob..kayak bengkel baru gtu. hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ada merk oli dan merk cat maka saya tutup dengan warna biru mas, hehe

      Delete
    2. blog saya biru muda karena enak di pandang.
      kalau tidak di tutup nanti saya dapat bayaran dari iklan mang, hehe

      Delete
  13. bengkel motor memang wajib tampil bersih...selain enak dilihat,,juga bisa menarik minat konsumen untuk datang mengunjungi,,karena konsumen paling suka bengkel motor yang bersih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi montirnya jarang yang bersih lho kang, kalau gak tangan kotor ya bajunya yang hitam-hitam kena oli tap-tap an

      Delete
    2. tap-tap itu nama jalan ya mas

      Delete
    3. tap tap itu ketika sedang klotek an dengan umpulng oli

      Delete
  14. tempat yang strategis .. dan nyaman .. dan pelayanan yg baik .. bengkel rame dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah servis 2 kali dikasih cuci motor gratis gitu enak ya mas

      Delete
    2. apalagi pengunjung sambil nunggu dikasih kopi plus rokok ditambah laptop buat mblog - mblogan heheeheh .... makin mantap

      Delete
    3. gratis selamanya tapi cuci sendiri boleh kok mas,
      nah ide dari mang yono ini cemerlang, melangkapi lho mang , toppp

      Delete
  15. Wah ini wejangan yang baik untuk mrka yang mau memulai usaha.. Bisnis emng selalu buat tua dan muda tertarik,
    oia kalo bisa ad montir cantiknya juga tuh mas .
    Biar tambah rame . Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga usulan mbak iin, anak smk sekarang kan ada yang cewek juga mbak, jadi tidak menutup kemungkinan 5 tahun ke depan akan ada montir cantik

      Delete
    2. asik ada montir cantiknya nih

      Delete
    3. jangan2 mbak iin pengen menawarkan diri jadi montir nih..haha

      Delete
    4. kayak di film tarik jabrik ya, saya seneng film ini karena ada jenis motor saya c70, hehe

      Delete
  16. kalau usaha jangkrik gimana Mas?

    *ko' bahas jangkrik

    harus punya pengalaman dalam bidang otomotif, cari tempat yang startegi, jangan lupa makan-makan ngundang orang sekampung..*eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau usaha jangkrik katanya rugi di setrat nya mas, untung nya tidak sebanding dengan kerjanya.
      ya pasti ada makan-makannya atau tumpengan sebagai sedekah kan,

      Delete
    2. usaha kalajengking aja mas, lebih hott

      Delete
    3. betul dan alhamdulillah,
      kalajengking belum tau apa gunanya mas, kalau kelabang atau lipan sudah ada

      Delete
  17. daripada harus mencari kerja memang lebih baik membuka usaha sendiri ya mas...

    ReplyDelete
  18. .. widichhhh,, ttg bengkel motor. kalo bengkel cinta ada gak?!? he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalau bengkel cinta ampun deh mbak, malah ancur nanti, hehe

      Delete
    2. istri saya sendiri tidak bisa mbengkel cinta untuk yang lain, kalau untuk saya sendiri mahir. hehe
      ketok megic blitar

      Delete
  19. Iya tepat nih mas gambaran yg udah di contohin di atas..
    Selagi punya kemauan dan mumpung msh muda....sikat aja...ga perlu nunggu ntar...ntar...ntar...
    Sama...jikalau.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jikalau aku besar nanti..?

      Delete
    2. mas budi : cocok sekali mas, top banget,
      jikalau nanti punya uang kan ?

      Delete
  20. usaha yang bagus nih mas. bengkel mtor pastinya sangat dibutuhkan. seiring dengan semakin banyaknya manusia yg punya kendaraan pribadi, tentu menjadi peluang yang tepat jika ingin bikin usaha..

    alternatif yg oke untuk mereka2 yg pingin langsung kerja setelah tamat SMA...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas fian nanti juga bisa bikin konsultan bangunan, atau bisa buka toko bahan bangunan dengan konsep modern

      Delete
  21. sukses selalu untuk bengkelnya ya mas, walau nda begitu ngerti otomotif, membuka wirausaha bengkel menginspirasi saya mas, terima kasih untuk tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses juga buat mas buret pokoknya asal dijalani dengan serius dan tidak main-main sukses menghampiri ya mas.
      alhamdulillah sudah menginspirasi

      Delete
  22. Kerjasama Toko di Raya Balongbendo Krian

    Dicari Investor atau Pemilik Modal usaha untuk kerjasama

    Saya ada tempat usaha / toko di jalan raya Balongbendo - Krian, Sidoarjo.
    Saya mencari pemilik modal / usaha untuk bersama2
    bekerja sama di bidang yang agan kuasai / pengalaman..
    Jadi saya sediakan tempat usaha, agan sediakan
    modal dan ide usaha, dan pengelolaannya kita kerjakan sama2.

    Detail lokasi:
    Nol jalan raya Balongbendo, jalan raya propinsi 4 lajur. 2 arah
    5 menit dari bypass krian
    1 jam dari kota Surabaya
    30 menit dari pusat kota Mojokerto
    30 menit dari pusat kota Sidoarjo.
    Jalan sangat ramai dan strategis.
    Cocok untuk usaha bengkel motor / vulkanisir ban / toko, dll

    Luas toko 100m2.
    Persis seberang SMPN 1 Balongbendo.
    Dekat masjid Wonokupang, Balongbendo.

    Hubungi:
    Agoes 081231292499
    03170901149

    ReplyDelete
  23. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive