Home » » Festival Musik Surockboyo

Festival Musik Surockboyo

Festival Musik Surockboyo

Festival musik rock beberapa tahun belakangan ini cenderung lesu dan sepi peminat serta promotor. Maklum pasar musik sekarang memang lagi gencar-gencarnya musik pop, boy band dan gril band. Pokoknya alirannya musik pop lagi berjaya dalam sepuluh tahun terakhir ini, generasi yang terbentuk pun generasi pop yang ditandai dengan budaya romantisme dalam cinta sepasang kekasih. Bukan bermaksud mencaci atau menjustifikasi aliran pop itu jelek, bukan demikian yang saya maksud, tapi keadaanlah yang berkata demikian. Sedangkan pangsa pasar musik rock sudah lesu sejak tahun 2002 sampai 2003 akhir yang ditandai dengan kolapsnya grup band jamrud dan boomerang begitu juga power metal.

Saya tidak pernah melihat festival musik rock era tahun 1980 an sampai 1990an yang dipromotori oleh log zelebour karena jaman segitu saya belum mengenal musik karena masih balita, nah kan saya masih muda. Festival rock yang menghasilkan musisi kelas atas macam andhromeda, kaisar, grass rock, red spider, magnum gank, big brothers, bad boy, kaisar, kamikaze dan power metal yang pada waktu itu heavy metal dan speed metal ala hallowen, spultura dan metalica. Saya hanya bisa menikmati keindahan festival musik rock dalam cerita sebuah tulisan dari masa ke masa. Festival musik rock yang saya ikuti ya tahun 2007 silam dengan gudang garam sebagai sponsornya bertajuk GGRC - gudang garam rock competition dengan Workstation sebagai jawaranya. Sebenarnya musiknya tidak ngerock amat mungkin aliran seperti linkin park dan saint loco booming saat itu dan memiliki nilai jual sehingga juri memilih workstation dari salatiga sebagai juaranya. Kualitasnya workstation juga bagus banget secara tim dan cara bernyanyinya. Saya menjagokan peacepot dari gorontalo dengan lagu liar nya lebih ngerock dan cenderung cadas begitu juga C4 dari malang serta parcel dengan i want to be rock star yang mempunyai vokalis genit ala ska. Tahun berikutnya giliran kobe dengan positif thinking nya yang booming dan sukses menembus pasaran musik dalam negeri.

Kerinduan akan panggung musik live yang terjangkau bagi saya terobati lewat acara festival musik rock surocboyo dalam rangka ulang tahun kota surabaya yang bertempat di balai pemuda. Tanpa ada yang mengajak saya datang sendirian ke tempat tersebut. Hari pertama diisi oleh band-band lokal surabaya yang mengisi lagu rock dalam dan luar negeri yang musik rocknya memang jadul, seperti eagle fly free, smoke on the wather, nothing else matter, entersandman lagu dari jamrud dan boomerang. Acaranya meriah sekali venue nya full dengan orang-orang attribut rock, saya sendiri tidak pernah memakai atribut rock. Saya melihat acara festival musik surocboyo ini dengan celana berbahan kain begitu juga jaketnya. Mulai dari remaja seperti saya sampai yang sudah berkeluarga dengan membawa anak istri ikut menonton acara ini. Acara puncak pada hari pertama menampilkan god bless dan arthur kaunang. Acara sukses dan meriah, saya puas dengan ngerocknya dan acara ditutup pada jam 1 pagi. Puas dengan lagunya god bles menjilat matahari, panggung sandiwara, syair kehidupan, dll.



Pada hari kedua festival musik rock surocboyo ini semakin ngerock habis. Sore hari sekitar jam 8 masih diisi oleh band-band pembuka dengan membawakan lagu rock mulai boomerang, jamrud, power metal dan lagu manca negara. Saya terkesan dengan band yang personilnya mayoritas prempuan dua vokalis perempuan, gitar, drummer, kaybord hanya gitar 2 nya yang laki-laki. Lagu yang dibawakan power metal habis dengan suara yang tinggi saling bersautan kedua perempuan ini nyaris menyaingi suara arul sang vokalis power metal. Mulai timur tragedi , angkara, satu jiwa, sampai power metal semua enak didengar. Berikutnya Giliran band festival dengan masa yang cukup banyak, MACAN dengan lagu mungkin tak mungkin dan paling bajingan. Saya baru kenal band ini dan musiknya ngeblues habis mayan buat istirahat sejenak dari hingar bingar ngerock. Berikutnya Red Spider, band festival rock dengan suara vokalis yang tinggi dan kuat, membawakan lagu anak liar. Giliran Andromedha tampil dengan vokalis heru barongan, gitar 2 anaknya heru barongan pengganti dari pungki deas. Lagunya yang sarat emosi yaitu, prestasi, lamunan, doa yang terlupa. Tampil Lucky setya Wicaksono menjadi lead gitar untuk mengenang masa-masa bersama andromeda dalam festival musik rock tahun 1980an. Ada big brothers featuring pungky deas dengan lagu entersandman dan when i see you smile, keren.

Surockboyo 1
Lucky Setya Wicaksono ngejam bareng andromeda

Meninjak acara puncak, power metal tampil tanpa arul efansyah sang vokalis. Kali ini power metal tampil rasa lama dengan vokalis pungki deas dan mugix adam serasa reuni dengan teman-teman di power metal. Langsung membawakan lagu satu jiwa dan beberapa lagu lain diakhiri dengan lagu cita yang tersita. Kalau lagu cita yang tersita memang serasa pungki deas banget. Hari kedua lebih puas dari hari pertama karena para pelaku sejarah rock tanah air turun panggung di balai pemuda surabaya. Tahun 2012 saya tidak mengikuti karena masih masuk dalam pengantin baru, jadi tidak saya tinggal kemana-mana. Tahun 2013 ini belum ada kabar akan digelar lagi panggung musik rock di surabaya. Demikianlah hingar bingar festival musik rock surockboyo dua tahun lalu yang masih terkenang. Luamayan untuk mengobati rasa kangen akan pagelaran musik rock secara live. Musik Rock adalah aliran bukan mendewakan dan bukan juga saya belan-belani sehingga harus berkelahi dan saling ejek terhadap aliran musik rock lain. Cukup saya nikmati musiknya saja atribut dan tingkah polah negatifnya saya buang jauh.




155 komentar:

  1. aku menanti rock indonesia bangkit kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak pohon yang diceritain mas Fian di bawah ini?

      Delete
    2. berarti lagi tidur ya mas,bangkit

      Delete
    3. bangkit dari kubur ya.. wah hobynya serem nih...

      Delete
    4. mas joker ID : saya juga menanti ada hiburan musik rock live aja deh mas
      Mas zach : pohon itu grup band ya
      mas muro'i : berarti lagi laper karena bangkit dari tidur cari makanan
      mas fian : malah jadi ngantuk nih, hehehe
      mas pay : itu kan film yang menyeramkan, hiiii...

      Delete
    5. ahihihi... saya hadir kembali disini mas....

      Delete
    6. eh ada admin kw 2,apa kabar mas agus, selamat datang kembali ,cipok dl ah

      Delete
    7. hehehehe..laama tak bertemu kan mas

      Delete
    8. Waduh dua agus main cipok'an nih... awas ilere ndleder hihihi

      Delete
    9. iler sudah saya tadongi mas budi, hehe

      Delete
  2. musikmu keren men, om..?
    tapi apapun musiknya pasti keren asal tau isinya
    penggemar pop yakudu tahu isinya pop, dangduter harus tau isinya dangdut
    begitu juga rok, blus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalo klenengan saja yuk

      Delete
    2. Uyon-uyon wae kang cek ndang turu lek udan2 ngene iki hehe

      Delete
    3. mas raw : yang saya lakoni insya Allah saya pahami juga kok mas, sipp sekali nasehatnya.
      mas zach : kalau klonengan saya tak nyuling aja deh.
      mas budi : lek udan ngene iki yo enak keyon karo bojo e dewe2, hhehe
      mas fian : itu kesukaan saya mas, hobi malahan. hehe

      Delete
    4. joget goyangankan kaki ke kiri dan ke kanan tarik yuk mag

      Delete
    5. wah nggak klop lek musik rock digawe joget... cocoke digawe ngorock...

      Delete
    6. cocok juga buat mepe rock mini

      Delete
  3. Mudah2an music Rock di Indonesia kembali bangkit seperti bangkitnya pohon di Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kalo pohon itu mah mengerikan

      Delete
    2. wah pohon apaan tuh kang..??

      Delete
    3. iya nih mas , pohon apaan sih? pohon grup band atau apa ? penangsaran

      Delete
    4. itu angket mas, takut ah ada genderuwonya

      Delete
  4. wahh seru banget ngebayangin Andromeda dengan vokalis Heru Barongan. saya pernah denger nama Heru, dia dulu kayaknya pernah jadi motornya grup apa gitu ya Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo nama grupnya sih tahu tapi klo nama personelnya blank banget kang...

      Delete
    2. kalau heru saya malah baru tahu lho mas, hehehe.
      tuh ada om luky main dengan andromeda ngejam bareng. hehe
      ms budi : lagunya enak ya mas, prestasi, lamunan, doa yang terlupa

      Delete
    3. group dan personalnya saya malah tidak tau dua2nya...

      Delete
    4. enakan tidur kan sama istri

      Delete
    5. kalo lucky gitarannya alus, beda sama ipung

      Delete
    6. alus mas, kalem tapi ganas, hehe

      Delete
  5. Punky jadi vokalisnya Power Metal lagi? haha, jadi inget festival ke 5 tahun 1987 (ya Mas?) yang juaranya Power metal saat vokalisnya masih Punky

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat tahun 1902 top2 nya music rock

      Delete
    2. mas zach : iya mas itu settingan power metal reunion, arul tidak muncul, masih klop nyanyi cita yang tersita, kayaknya pas festival itu lagunya cita yang tersita ya mas, soale pungky banget lagu itu

      Delete
    3. mas fian : kalau 1902 itu harley david son pertama kali dibuat ya mas ? hehehe

      Delete
    4. Bung Hatta juga baru lahir

      Delete
    5. lahirlah seorang prokalamator

      Delete
    6. Waduh apa peristiwanya pas barengan sama sapi ya yang nglahirin ya .. kok ane nggak tahu hihihi

      Delete
    7. kalau sapi itu pas malem jum'atnya kalau itu jumat malemnya, hehehe

      Delete
  6. Eh kang harusnya dikasih link download juga untuk lagu rocknya kang biar bisa nostalgila ma lagu rocknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, saya tidak nemu2 e mas bud, lagian bukan lagu saya nanti kan pembajakan namanya, hehehe

      Delete
    2. heheeh share aja atuh kang... nggak bakalan ditilang kok hehehe

      Delete
    3. huss..jangan rame2 ya mas, saya belum punya sim ngganteng lho, nanti kalau ada operasi orang jelek saya bisa kegaruk mas, hehehhe

      Delete
  7. baca postingan ini jadi kangen masa2 jadi gitaris hehe...
    karena di masa itu, di tempat saya antara tahun 2000 - 2008an justru sedang booming musik2 cadas indie label, kbanyakan mengusung hard core, melodic core, grind core dan musik2 underground lainnya...
    dan saya pun latah membuat sebuah grup band beraliran demikian....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut buat ms WS, tuh kalau gitar temennya mas zach,
      iya mas kalau jawa barat memang tempatnya banda cadas seperti pass band

      Delete
    2. mas zachnya lagi pengin niup ketipung

      Delete
    3. saya malah pengen nabuh drum pake tangan

      Delete
  8. Dimana itu om??
    Saya di surabaya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah tahun 2011 di balai pemuda surabaya, saya lagi menunggu pagelaran serupa, semoga masih lanjut

      Delete
    2. kalau diajuin nanti takut memakan badan jalan mas, macet

      Delete
  9. kayanya seru banget acaranya mas, membangkitkan rock yang lagi lesu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tujuan utama ketua panitia bapak nirwana yudha adalah membangkitkan music rock tanah air

      Delete
  10. Musik Rock ....? yeahhh
    Suka dengerin musik rock, tp nama2 personilnya saya ndak ada yg tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bolehlah wedok ngerock, personil tidak perlu tau yang penting ngrungok kan

      Delete
    2. lah waktu itu Mbak Indah pernah posting tentang Helloween

      Delete
    3. itu hellowen versi dangdut mas

      Delete
  11. wah keren nih sob.. pasti seru banget nih...

    iya nih sob, kini musik rock kalah sama boyband dan girl band yang lebay lebay itu...

    sampai sampai saya nyari musik hasil cover metal.
    jadi musik2 atau lagu2 boyband atau girlband di cover menjadi metal.. hahahaha mantap sob nggak lebay lagi.. hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mas nady kreatif banget. top tenan

      Delete
    2. lebay dengan alay itu sama nggak ya?

      Delete
    3. saya sendiri bingung mas, istilah apaan lagi ini

      Delete
  12. musik rok enaknya didengerin sambil kerokan, biar makin ngerok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. "buka celanamu" kayak judul postingan kang cilembu

      Delete
    2. di ketek aja deh..
      buka celanamu santi di sunati kang cilembu

      Delete
  13. kalo aku suka pake rock drpd celana..

    taun segitu masih kemanten baru mas? apalagi aku, masih perawan ting2.. hahaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perawan tong tong mbak :D

      Delete
    2. yeeeaaah...pengantin baru masak ditinggal nonton musik gk seru kan

      Delete
  14. wah keren mas nontonnya juga seru bikin jiwa ky umur belasan taun ya

    ReplyDelete
  15. Mas Agus...ternyata penggemar musik rock juga ya...hehe..waw

    Let's get the Rock...man
    salam 3jari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam tiga jari metal, hehe..
      penggemar biasa kok mas, cuma kalau ada niat aja nontonya

      Delete
  16. metaaaalll meen surockboyo :D namanya keren , musik nya psti asik :D

    ReplyDelete
  17. kalau rok memang adem hehehe.... ternyata mas agus penggemar rock ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. adem sekali mang apalagi saat nanjak biikin semriwing,
      st 12 kan sudah bubar

      Delete
    2. st 12 diganti jadi st15 heheheh

      Delete
    3. keren mang jadi personelnya ada 15 ya

      Delete
    4. Penggemar musik rock atau rock mini nih kang hehehe

      Delete
  18. saya sebenarnya ngefans sama power metal, tapi sepertinya kelompok musik rock ini gak lagi eksis ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih eksis sampai sekarang, konser masih jalan kok mbak, cuman tidak gandengan sama log lagi sepertinya

      Delete
    2. mas itu mas agus s.... wah paham betul sepertinya admin dengan musik...

      Delete
    3. saya ndak begitu paham,cuma baca aja mas,hehehe

      Delete
    4. saya dong belum bobo jam segini

      Delete
  19. wah saya pro india song mas.. jadi rock gak masuk heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pay nyanyi saya yang joget

      Delete
    2. masa gendangnya ta plung-plung... yang bener ta cemplung.. dang ta cempulng...

      Delete
    3. itu ketipung mas zach, ditambahi sama mas pay. joget ah

      Delete
    4. asyik ane yang nonton aje ..

      Delete
  20. ªķku̶̲̥̅̊ suka Boomerang Mas, waktu itu ϑĭ Menanggal, dan konser ϑĭ UNTAG, wah dadi pengen nang Suroboyo Rek..!!

    ReplyDelete
  21. Emang ya perkembangan musik di Indonesia kadang ga jelas, mudah memudar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamannya memang sudah kelewati kok mas, sekarang musimnya BB dan GB

      Delete
    2. apaan itu mas blekbery dan gigabite ya?

      Delete
    3. boyy bend dan gerl bend..
      gigabite itu merk senter ya mas?

      Delete
    4. Lho .
      Jadi mas agus bg n mas agus setya it 2 orang yg berbeda yah?
      Yaaaaaa ampyuuuuunn iin .
      Kemana aja baru sadar .
      Wkwkwk .
      Mirip banged iih .
      Kembar ya ? Hihi

      Delete
    5. Haha iya abisny mirip banged mas,
      dari nama sampe ekspresi foto profilenya .
      Mungkin kembar ketemu gede x yah . Iih lucu keliatannya tuh soulmate bngt . Hihi

      Delete
    6. mungkin harus pakai borak dan bahan pengawet biar ndak gampang memudar wkwwk

      Delete
    7. ada satu lagi Mbak Iin. namanya Mas Gus Kompac asal Ciamis. tunggu aja, nanti lama2 juga muncul.

      Delete
    8. nah gimana kalau 3 agus bersatu dalam berkomentar, pasti top kan,
      biar tidak memudar dikasih putih telor kan mang?

      Delete
  22. Waah sayangnya aku ga tinggal d surabaya .
    Jd gbsa ikutan jingkrak" deh .
    #eeh .

    ReplyDelete
  23. sekarang udah dikuasai lagu2 sedih dan korea. ndak seneng blas....mending ngeblog wae lah. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nggak sedih sih, tapi jadinya senyum-senyum sendiri

      Delete
    2. saya malah ngesot2 sambil garuk2 tanah

      Delete
  24. Setuju dengan Mba Indah P. Musik Indonesia sekarang lebih banyak condong ke Korea dan penyanyi instan produk ajang pencarian bakat di Televisi, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..itu juga bagus kok mas, cuman masa pendukungnya tidak seperti ajang musik festival

      Delete
  25. waduh ketinggalan info nih kang,maaf baru bisa datang.kayaknya rame juga acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang mas zigzooor , acaranya rame banget mas, khusus yang suka rock gak pake mini

      Delete
  26. semoga saja musik rock bisa bangkit lagi seperti dulu ya mas, menantikan rockability hidup kembali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. top tenan mas....
      menantikan power metal kembali merilis album

      Delete
  27. keren.... nama2 personil yg tampil apal banget... aku punya lagunya andromedha yg anganku bukan milikmu...

    skrg jarang yg suka lagu2 dari rocker2 seperti mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mas azim ngerock juga, heheh
      apal karena suka mas, baca2 kemudian hafal sendiri

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive