Waspadai Peredaran Uang Palsu

Mengikuti berita di suarasurabaya.net situs radio yang mengabarkan kondisi terkini lalu lintas di surabaya dan di jawa timur. Info yang disajikan secara live dan diupdate tiap detik jika ada perubahan, selian info lalulintas, juga ada sharing info tentang kondisi kota, keluhan pelanggan terhadap pelayanan instansi dan perusahaan tertentu. Kemarin malah ada info waspadai peredaran uang palsu yang melibatkan sebuah bank. Di Atm atau anjungan tunai mandiri ada seorang yang mengambil uang melalui atm dan terdapat selembar uang palsu pecahan seratus ribu rupiah. Kejadian ini dilaporkan sebanyak tiga kali dengan bank yang berbeda dan orang yang berbeda. Sedangkan pihak bank sendiri menolah ganti rugi karena pihak bank melalui pihak ke tiga untuk urusan pengisian uang di atm. Nasabah sendiri merasa yang berhubungan dengan bank bukan pihak ketiga ada yang tidak terima dengan perlakuan lepas tanggung jawab seperti ini, akhirnya pihak radio mengudarakan permasalahan dan mengkonfrontasi langsung pada pihak bank akhirnya ada solusinya, entah apa solusinya.

Dari sebuah forum di facebook E100 radio suara surabaya, ada seorang pengikut di fanspage tersebut yang bercerita tentang peredaran uang palsu. Beliau bekerja sebagai seorang sales keliling, entah sales apa yang jelas banyak memegang uang. Sudah tiga kali mendapat uang palsu pecahan seratus ribu rupiah dan masih di simpan di dalam dompet beliau. Dan beliau tidak berniat untuk membelanjakannya, karena mengandung resiko yang sangat tinggi. Suatu hari beliau pernah mengobrol dengan seorang nenek yang sudah tua dengan penglihatan yang sudah kabur dan menarik pelajaran dari pembicaraan itu. Nenek ini berjualan dengan rombong kecil dan sering kali mendapat uang palsu, beliau tahu dengan rabaan dan terasa berbeda tentunya. Tapi nenek ini malah menyimpannya tidak bermaksud di gunakan untuk alat tukar untuk membeli, beliau berrinsip bahwa itulah cara Allah subhanahu wata'ala mensucikan rejekinya. Sungguh muliah hati nenek ini walau dengan keterbatasannya.

Musim menjelang pemilu sangat perlu mewaspadai peredaran uang palsu, hanya berpositif thinking saja, bisa jadi uang tersebut memang di setting untuk kebutuhan parpol tertentu dengan restu dari pihak keamanan. Jika sudah waspada tapi masih saja dapat uang palsu atau katutan uang palsu, anggap saja itu cara Allah Subhananhu Wata'ata mensucikan penghasilan anda. Semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »

103 komentar

Write komentar
July 31, 2013 at 8:37 AM delete

Subbahanallah ...... Kita wajib meneladani sang nenek

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:44 AM delete

andai saya mengenal nenek itu

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:46 AM delete

sebel memang saat menyaksikan situasi di sini. pseudo circumstances, itu katanya. segalanya palsu. mulai makanan yang dicampur boraks, produk yang diimitasi, sampai kelamin yang dimanipulasi. ini juga uang yang dibikin palsu. ampuuun.
dan selalu, hukuman buat para pemalsu itu: ringan.
terus kita mau apa? akhirnya hanya diam dan nggak mengikuti mereka, itu cara paling aman.

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:49 AM delete

ingetin tu mamang yono Mas, kalo udah selesai, tolong bulu mata palsunya dikembalikan ke saya.

Reply
avatar
Mas Nazar
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:52 AM delete

tetap possitive thinkink ...

Reply
avatar
Mas Nazar
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:54 AM delete

Pasti mau di tolongin yaa? Apalagi puasa-puasa gini menjelang buka pasti tiap mau maghrib di jujugi takjil ...

wah .. baik banget nih pak zach ...

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:11 AM delete

kasih nomer hapenya tuh lik zach mau kenalan
ada program csr di kantor dia untuk ukm

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:12 AM delete

yang palsu memang lagi digemarin kok
artis saja banyak barang palsunya tapi pada suka...

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:14 AM delete

aku jarang transaksi tunai kalo jumlahnya besar jadi jarang banget nemu uang palsu. pernah sih dapet padahal baru ambil dari atm. begitu dikomplen ke bank nya mereka ga mau tau, tapi uangnya disita
dodol...

Reply
avatar
July 31, 2013 at 9:17 AM delete

selamat Pagi Sob,,waah sepertinya kita harus lebih hati hati dan selektif mengingat banyaknya beredar uang palsu ya Sob...

Reply
avatar
HP Yitno
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:29 AM delete

kasus seperti ini sudah lama beredar di masayarakat. Jumlahnya sih tidak banyak kayak peredaran uang palsu. Modusnya menyelipkannya di antara uang asli.

Ane dulu pernah mendengar cerita dari pedagang cina. Ia dapat dari bank malahan. Karena ia nggak mau rugi, ia tetap membelanjakannya untuk kembalian.

Reply
avatar
anisayu
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:35 AM delete

saat aku buka warung ada yang belanja dg uang palsu tapi ga tahu siapanya tapi aku ga marah dan ikhlas saja ku robek uang kertas itu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:37 AM delete

cocok banget nih, lha tapi masak nenek tadi punya hape ya,

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:39 AM delete

bener mas zach di stop lingkarannya pada diri sendiri saja, masak jeruk di antem jeruk.
maz nazaar seneng ya nonton ovj, kalau saya sudah prei kenceng mas.
saya tidak mengikuti perartisan mas, jadi tidak tau lah

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:39 AM delete

oh iya ini kan sudah siang, jam nya ganti ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:40 AM delete

nah itu dia mas, bank gak mau tanggung itu kan pihak ke tiga yang isi duitnya,
melok mumet ah....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:40 AM delete

kalau apes anggap saja sodakoh mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:42 AM delete

ini kasusnya memang dari bank mas, ambilnya di atm.
kalau prinsipnya tidak mau rugi sama saja merugikan orang lain akhirnya barantai sampai ada yang memutus rantai itu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:43 AM delete

salut buat mbak anis, semoga diganti dengan tiba tiba tidak disangka 10 kali lipat, dan dicatat amal baik

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
July 31, 2013 at 10:59 AM delete

nenek yang sangat mulai, semoga beliu selalu dijaga hatinya tetap tawadhu hingga husnulkhotimah.. amiin

btw - lho pihak bank tidak boleh lepas tanggung jawab kaya gitu,, nasabah tahunya kan urusan dengan bank bersangkutan.. apa bila ada pihak ketiga yang dideligasikan dan ternyata pihak ketiga tersebut menyalahgunakan wewenang tersebut, pihak bank patut dicurigai ada persekongkolan membobol uang nasabah melalui uang palsu dengan pihak ketiga tersebut,, ini harus diurus . ini masalah serius, nasabah yang mendapat uang palsu melalui atm tersebut harus melaporkan pada pihak berwajib

Reply
avatar
Mbak Iis
AUTHOR
July 31, 2013 at 11:34 AM delete

lipsticknya juga suruh baliin mau dipakai kang zach...kwkkwwwwwww

Reply
avatar
Mbak Iis
AUTHOR
July 31, 2013 at 11:37 AM delete

belum pernah dapat uang palsu...semoga aja gak pernah, tp perlu hati2x juga tuch.

Reply
avatar
Penghuni 60
AUTHOR
July 31, 2013 at 11:38 AM delete

eh, tp terkadang uang palsu juga bis nembus ke dlm bank loh... teman kerjaku padahal dia baru ambil uang itu dari bank, eh ternyata ada yg palsunya jg.. makanya kita hrs jeli

Reply
avatar
infosaja.com
AUTHOR
July 31, 2013 at 12:46 PM delete

Mudahan saja tidak banyak beredar tentunya berharap semua baik di lebaran nanti.

Reply
avatar
MaYa KayLa
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:00 PM delete

semua pasti ada balasanNYA,,,

Reply
avatar
Ahmad Zaelani
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:27 PM delete

dulu ditempat sya juga sempat beredar uang palsu...... bisa dibayangkan jika saya yang jadi korban peredaran uang palsu sedangkan sya tidak tahu itu uang palsu atau bukan ? bisa - bisa saya jadi tersangka atau disangka pengedar... dulu pemerintah pernah mengiklankan bagaimana cara membedakan antara uang asli dan palsu dan itu sangat membantu tapi kalau kita tidak hati - hati dan terburu- buru maka kitapun bisa jadi korban........
oh yah saya pernah liat di sinetron ada alat, enatah apa itu, yang guannya untuk membedakan anatara uang asli dan palsu..........

Reply
avatar
Ahmad Zaelani
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:29 PM delete

menurutku, emang si nenek hatinya mulia.. tapi kalau emang si nenek itu tahu bahwa yang diterimanya uang palsu ? kenapa dia gak lapor saja.... itu bukan masalah mulia atau tidaknya.. tapikan kejahatan seharusnya dilaporkan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:41 PM delete

itu lho rafia yang di pakai cirleader juga

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:42 PM delete

tidak boleh lemas saat puasa

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:44 PM delete

sama sama, hati hati di jalan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:47 PM delete

intinya dari pernyataan kang wisata dan mas ahamd zaelani, bosen mas harus lapor lha wong tidak ada tanggapan yang jelas. Makanya radio tersebut jadi ajang untuk mengekspos pengalaman yang kurang mengenakan dengan instansi. Untuk masalah nasabah dengan bank memang benar bank tidak bertanggung jawab, kalaupun mau lapor polisi ya males kang, ujung ujungnya itu lho duit lagi. mending yang kena musibah yang ngalahi aja lah

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:48 PM delete

semoga saja tidak pernah mbak

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:50 PM delete

lha iya ini kan sumbernya dari atm bank

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:50 PM delete

amiin...Allahumma amiin

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:51 PM delete

pasti itu mbak, entah sekarang atau nanti

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 1:52 PM delete

pake sinar violet itu ya mas? atau infra red,aha itu kan jaman lama sekarang ada blutut atau wifi, eh.......

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
July 31, 2013 at 2:43 PM delete

sangat merugikan konsumen sekali jika demikian, banyak sekali kasus uang palsu padahal dari atm, pihak ketiga itu siapa ya mas

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
July 31, 2013 at 2:49 PM delete

sodaqoh seperti ini banyak nggak ikhlasnya mas hehe..

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
July 31, 2013 at 2:51 PM delete

kalau baru ambil dari bank sudah palsu berarti banknya keterlaluan ya mas, tidak mau setoran uang palsu tapi tak peduli mengeluarkan yang palsu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 4:10 PM delete

pihak ketiga itu jasa pengisian uang, seperti Ke**r, G*S dll

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 4:11 PM delete

kalau nominalnya 100 ribu ada nggrundelnya ya mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
July 31, 2013 at 4:11 PM delete

itulah hebatnya bank, hhehe selalu untung

Reply
avatar
Mas Nady
AUTHOR
July 31, 2013 at 4:59 PM delete

di tempat saya dulu pernah ada mas.. namun sekarang sudah nggak ada lagi, karena ketatnya operasi yang di lakukan oleh pihak kepolisian mas... heheheheh

Reply
avatar
Kopiah Putih
AUTHOR
July 31, 2013 at 6:20 PM delete

Subhanallah..
Begitu bersahaja sikapmu itu..
Semoga cucumu ini bisa menirunya, amin.. :)

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
July 31, 2013 at 6:42 PM delete

wah mas agus, kalau kasusnya begitu ya seperti masuk dalam kubangan yang sama dari waktu kewaktu ya kita ini. sangat memprihatinkan

sobat ahmad zaelani: benar yang sobat bilang, tapi yang saya maksud dari kaca mata hati bukan hukum, karena nenenk ini menganggap bahwa penipuan itu sebagai dari pencucian harta yang di titipkan pada beliu tapi belum sempat didarmakan.,, maksutnya secara BILLAH nenek itu sudah benar. terimakasih respon dan sharingnya

Reply
avatar
Cuute Yanti
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:01 PM delete

aduh mas.. perlu di waspadai nih... ?? kalo uang palsu di daerah saya sih belum atau mungkin aku nya yag gak tau, cuman kalo emas palsu iya dulu.. jual beli emas keliling.. emas imitasi

Reply
avatar
July 31, 2013 at 8:04 PM delete

luar biasanya nenek dalam menjalani kehidupan yang disandarkan dalam rangka mencari ridho Alloh Ta'ala dan tidak mau mendholimi orang lain.

Reply
avatar
Wahyu Dwi
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:35 PM delete

wah luar biasa hati nenek itu ya mas :) semoga orang2 yang suka menipu dibukkan pintu hatinya :)

Reply
avatar
Ahmad Zaelani
AUTHOR
July 31, 2013 at 8:54 PM delete

semua orang kalah sama pulus.... hah , jadi bingung kalau udah ngomongin pulus.........

Reply
avatar
vina devina
AUTHOR
July 31, 2013 at 9:29 PM delete

cumungut menyambut idul fitri

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
July 31, 2013 at 10:53 PM delete

kalau nggak punya hp ya lewat telegram aja mas

Reply
avatar
yanuar catur
AUTHOR
July 31, 2013 at 11:51 PM delete

Dilihat diraba ditrawangggggg..
itulah pesen saya.hehehehe

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:10 AM delete

titip salam buat nenek ya

Reply
avatar
mangyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:14 AM delete

ya betul mas harus waspada... apalagi mau lebaran begini.. di tempat saya juga sedang ramai membicarakan uang palsu... maklum mau pemilihan bupati.. jadi banyak beredar uang ... saya salut dengan neneknya mas agus... ups bukan ya... salam deh buat nenek karir...

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:16 AM delete

salut... salut... salut... rezekinya mudah2an bertambah berlipat - lipat

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:18 AM delete

dapet uang palsu tidak mengenakan memang...

yang mengenakan dodolnya itu lhoo

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:23 AM delete

dapet uang palsu menyakitkan...
dapet alamat palsu menyakitkan juga..
dapet cinta palsu menyakitkan hati

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:27 AM delete

ooooh iya, saatnya ganti shipp ya... nik bulu matanya, lipsticknya,wignya... sepatu selopnya juga saya kembalikan

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:28 AM delete

positip dan negatip ndak boleh nempel, nanti malah konsleting dan kebakaran

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
August 1, 2013 at 12:30 AM delete

waspadalah... waspadalah...

Reply
avatar
sehatalami99
AUTHOR
August 1, 2013 at 3:00 AM delete

kalau nggak sengaja dapet uang palsu gimana donk mas, mau dipake salah nggak dipake rugi, salut deh sama si nenek tadi :)

Reply
avatar
Anthonie Eka
AUTHOR
August 1, 2013 at 3:02 AM delete

kalau buru-buru repot juga mas apalagi uangnya segepok hehe...

Reply
avatar
HeQris
AUTHOR
August 1, 2013 at 3:21 AM delete

memang harus waspada, mendapatkan uang palsu seperti mendapatkan buah simalakama, dilaporkan bisa dikira pengedar uang palsu, disimpan atau dipergunakan untuk transaksi juga sama saja :)

Reply
avatar
August 1, 2013 at 4:02 AM delete

DI LIHAT, DI RABA, DI TERAWANG :D

Reply
avatar
August 1, 2013 at 6:20 AM delete

nenek itu super sekali. kebaikan hatinya pasti karena sering dapet salam super dari mario teguh

Reply
avatar
August 1, 2013 at 6:21 AM delete

gak hanya pas menjelang pilkada, mendekati lebaran aja, dan setiap saat mesti waspada ama peredaran uang palsu

Reply
avatar
August 1, 2013 at 6:22 AM delete

kalo pengen dapet duit cespleng mending blogging, monetize blog, ikut kontes2 blog. selain berkah, bikin bahagia

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
August 1, 2013 at 7:46 AM delete

tapi kenapa si amang suka liat nenen palsu..?

*sambit sandal

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
August 1, 2013 at 7:49 AM delete

tak pasangin bom wae gimana om..?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 8:24 AM delete

mas Abg : kalau telegram harus ke wartel dulu dong.
mang yono : saya tidak tahu tempat tinggalnya mang.
mas rusydi : seringnya sih makan yang super super, super mie contohnya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 8:52 AM delete

yiaaah....palsu apa enak tooo?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 8:53 AM delete

jadi mang yono sekarang bisa kerja online nanti sampai maghirb

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 8:53 AM delete

kalau positif yang di pegang nanti kesetrum

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 8:54 AM delete

bom entut maksudnyah?dodol apaaan mang ?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:08 AM delete

alhamdulillah kalau aparat polisi serius membasmi mas, itu baru kerja yang oke

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:09 AM delete

cucu dari kakek yang mana mas ? saya juga belajar lho mas antri dulu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:14 AM delete

banyak mbak kalau emas mitasian...harganya per gram 15 ribu itu dari kuningan, hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:15 AM delete

saya belajar banyak dari nenek itu dan kang JP juga dong

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:16 AM delete

semoga saja mas, tapi katanya itu wani piro je mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:18 AM delete

harus di pilih satu satu sih mas, hehe
tapi kalau di atm ya tidak bisa to, mau komplen ke bank, bank nya tidak terima

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:19 AM delete

nenek saya juga hebat kok mang, heheehe
hati hati saja lah mang, jangan sampai nginjak sandal palsu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:20 AM delete

saya juga belajar dari nenek tersebut buat kehidupan saya mas, ikhlas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:21 AM delete

mau lapor aparatnya juga gitu, jadi biarkan sajalah

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:21 AM delete

jangan di robek lho ya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:24 AM delete

nah itu dia masalahnya mas, ini tanggung jawab pihak keamanan, lolos atau memang sudah ada setoran?huh

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 9:25 AM delete

kalau tidak bisa ngeblog , ya dagang ya mas..hehe

Reply
avatar
August 1, 2013 at 9:45 AM delete

takut juga ya.. tapi harus positif tinking ya mas :)

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 3:11 PM delete

nah itu dia bagus banget mas, sip itu

Reply
avatar
August 1, 2013 at 3:14 PM delete

Di bank saja bisa kecolongan uang palsu, gimana tempat umum. parah nih.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 1, 2013 at 3:32 PM delete

ya gitu lah mas, wong atm nya yang ngisi dari pihak ke tiga

Reply
avatar
kolongtulis
AUTHOR
August 6, 2013 at 10:49 AM delete

astagaa uang palsu sudah beredar dimana-mana nih.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 7, 2013 at 7:33 AM delete

waspadai peredarannya mas

Reply
avatar
jocker-id
AUTHOR
August 14, 2013 at 10:32 PM delete

sungguh mengherankan, ko bisa uang palsu masuk atm?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
August 15, 2013 at 8:35 AM delete

itulah yang menjadi pertanyaan besar mas joker, aneh kan

Reply
avatar

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh EmoticonEmoticon