Kereta Api komuter surabaya porong ini sebenarnya namanya kereta api surabaya sidoarjo (SUSI) atau delta ekspres. Orang-orang sudah populer dengan sebutan kereta komuter. Kereta api komuter ini muncul sebagai solusi kemacetan dalam kota sidoarjo dan juga jalan A Yani Surabaya yang tiap pagi dan sore pasti macet. Jarak tempuh surabaya sidoarjo yang hanya sekitar 20 km bisa sampai 1 jam perjalanan bahkan lebih. Mobilisasi pekerja dari sidoarjo ke surabaya sangat banyak sehingga membutuhkan transportasi bebas macet.

Harga tiket kereta komuter porong 2000 ribu, cukup murah bukan ?bandingkan jika mengendarai sepeda motor atau menggunakan angkutan umum lainnya pasti jaatuhnya lebih mahal. Rute perjalanan kereta api komuter surabaya porong dari stasiun semut, stasiun gubeng, ngagel, wonokromo, margorejo, jemursari, menanggal, waru, sawotratap, gedangan, banjarkemantren, buduran, pagerwojo, sidoarjo, tanggulangin, porong.  Jadwal keberangkatan kereta api komuter dari surabaya gubeng meuju porong maupun dari porong menuju surabaya gubeng terbaru saya lampirkan di bawah :

Jadwal komuter Porong dari stasiun Gubeng :

04.04 WIB
12.57 WIB
17.20 WIB

Jadwal kereta api komuter porong dari stasiun porong :
05.25 WIB
15.15 WIB
19.00 WIB


Memang kereta nya tidak sebagus kereta KRL atau Commuter line di jakarta manajemennya tidak sebagus di jakarta pula yang sekarang sudah lebih maju tiketingnya. Komuter surabaya porong ini masih menggunakan tiket manual dengan harga 2000 rupiah semoga saja tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Demikian informasi jadwal kereta api komuter surabaya porong yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.



166 komentar:

  1. pertamax,,hihihi,
    boleh neh kapan2 nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax di simpen aja, lumayan kalau dijual bisa buat lebaran..hehee

      Delete
    2. kalau gitu buat mudik aja dong, biar tidak usah beli banyak banyak

      Delete
    3. pengen naik kereta
      tapi kapan ya

      hikz

      di lampung ga ada

      Delete
    4. di lampung ada mbak , di kertapati dan tanjung karang, hehehe

      Delete
    5. kalo sudah dicoba..ya kalo rasa enak sekalian dicicipi :-)

      Delete
    6. lampung ada kok stasiun tanjung karang ,gak jauh dri tempat kerja ku, emange mbak anis lampunge dimana>?

      Delete
    7. di tempat saya malah jauh klo ke stasiun dekat nya ke terminal bis hehe..

      Delete
    8. tajnung karang dan kertapati itu lampung lho mas

      Delete
  2. Replies
    1. enaknya kalau ada jalur kereta api...

      Surabaya keren banget ya...kayak di Jepang, ke mana-mana bisa ditempuh dengan berkereta....

      Andai Lintas Sumatra dihubungkan dengan kereta api...yakin, pemerataan pembangunan dan ekonomi akan lebih cepat. Alasannya mungkin tanah gambut...tapi kan ada solusi lain, misal dibikin jembatan atau apa, wong Kelok Sembilan Sumbar saja bisa dibikin jembatan kok...mungkin pemerintahnya saja yang malas ya...?

      Tengok China, yang lintas gurun saja bisa dibikin jalur kereta...padahal gurun lebih labil datarannya kan?

      Delete
    2. Pindah Surabaya saja mbak Khusna, biar setiap hari bisa jalan2 naik kereta .. he he

      Delete
    3. pagi ini entah kenapa saya semgatnya setengah- setengah, hehe .
      lha wong mengaktifkan rel kereta kembali saja sambat masya Allah e mbak pt kai ini, apalagi buat jalur baru pasti deh tidak di acc proposalnya, hehe
      mungkin pindah ke malaisya lebih cocok ya

      Delete
    4. disini juga keren
      biar kata di pelosok, tiap ada pasar malam pasti ada kereta

      Delete
    5. pasti pasangannya odong odong yang ada toilet dalamnya

      Delete
  3. terkadang nggak pagi sama jam pulang kerja aja mas macet nya :o terkadang siang hari juga udah macet nggak karuan >.< apalagi di sekitar jembatan layang daerah waru itu :D ampppunn deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik kereta saja Mas...sapa tau malah bisa ketemu Pak Agus ST

      Delete
    2. apalagi daerah medaeng sampai kletek, males pulang deh kalau ketemu macet, hehe
      tapi jangan nai diatap lho ya
      saran mbak khusna boleh juga tuh mas

      Delete
    3. pindah kalimantan wae bebas macet...
      palingpaling ga bisa lewat jalanan jadi kubangan lumpur..
      haha

      Delete
    4. naik loko mana mas, komuter kan tidak pakai lokomotif, hehe
      kalau hanya untuk tujuan wisata cocok mas, nanti saya tak nyewa trail teman saya, cocok banget nih...

      Delete
  4. selamat Pagi Mas Agus,,,Maaf yaa Mas baru sempat ngesot kesini karena saya lagi sibuk mendesain website ke dua saya yang beralamat di http://www.bisnisonline-terpercaya.com

    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1434 H yaa Mas, Mohon Maaf Lahir dan Batinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun ternyata suster ngesot berjenis kelamin pria

      Delete
    2. Nek malam berubah jadi perempuan

      Delete
    3. semoga lancar mas bisnis dan merakit bom, eh merakit websitenya...
      salam hangat dari perawat ngemper sambil gelar kardus,
      hehehe
      maaf kan ke slengekan saya juga ya

      nek siang jadi apa mas ?

      Delete
  5. naik kereta api tut..tut..tut..., siapa hendak turut...ke Bandung Surabaya.
    saya hanya bisa menyimak dan menambah pwengetahuan saja mas, soalnya saya nggak ke mana-mana .he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus kemana-mana pokoknya!

      Delete
    2. hehehe dipaksa mas zach ke wece tuh mas azie...
      kalau mas zach ini pengguna kereta komuter yang keren karena bayarnya pake kartu apa namanya mas ? yang di bawa pulang tidak di kembalikan itu lho, sampai2 pt kai rugi milyaran katanya

      Delete
    3. Lumayan buat isi2 dompet biar tebel .. he he

      Delete
    4. mayan buat mainan anak di rumah

      Delete
  6. blm pernah naik kometer....routenya mana ajah mas.? cuma muter2 suroboyo tok tah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naik komentar perna nggak?

      Delete
    2. hihi... pertanyaan yang mulai ke Kuta

      Delete
    3. surabaya menuju porong dan sebaliknya, kalau mau wisata ke lumpur lapindo naik ini aja..
      naik komentar itu gimana mas? dan apa hubungannya sama kuta coba?

      Delete
    4. asik nih bisa wisata ke lumpur lapindo

      Delete
    5. Saya belum pernah lihat lumpur lapindo, kuper ya saya

      Delete
    6. lumpur lapindo dibangun jalur kereta ya

      Delete
    7. inget lapindo aku malah jadi kelingan katroknya diriku
      dari gempol mau cari terobosan ke arah jombang malah njedul di trawas
      mana tengah malem lagi...

      Delete
    8. jalur keretanya sudah lama, cuma kena lumpur lapindo
      wah nek trawas idek omah mojokerto mas, jajal sok nek lungo nang kono maneh mampiro mas

      Delete
  7. seperti biasa mas, silaturrahim di pagi hari, semog anaik keretanya nyaman mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman sekali mas, soalnya murah sih..
      amin amin oleh berkat

      Delete
    2. kereta transportasi yang murah meriah, tapi kenyamanan kayanya perlu di perhatikan olh pihak PJKA, terutma kelas ekonomi ya mas...

      Delete
    3. seperti biasa numpang bikin kerusuhan disini, om...

      Delete
    4. dulu pernah ada dialog antara manajemen, mau naik silakan tidak naik juga silakan, gitu e mas,
      mas rawin aku malah seneng mas

      Delete
  8. Belum pernah naik kereta di daerah Jawa Timur yang seperti ini, kapan-kapan saya mau coba.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok untuk berwisata nih mas, kalau bisa mengolah menjadi tujuan wisata

      Delete
  9. Wah sudah lama gak naik kereta, jadi kangen pengin naik kereta

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik kereta ke tempat pak agus asik tuch pak is...

      Delete
    2. tapi jangan naik pak Agus ya...

      Mas Is sama Mbak Iis sama ya namanya..hehe.

      Delete
    3. Yang penting khan orangnya beda mas .. he he

      Delete
    4. point banget ya hari ini, tangkapan ikannya lumayan.
      kalau mudik naik keretaa sekarang tarifnya mahal lho mas

      Delete
  10. nyimak aja pak, jarang sekali naik kereta, pernah sekali itu kira2x 15 tahun yang lalu...hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nyimak aja nggak dapet minum loh mbak..

      Delete
    2. tapi dapet klepon dari sayah

      Delete
    3. asiiik dpt klepon, bisa buat buka puasa nanti sore...

      Delete
    4. lha minumnya pake apa dong, dan jangan lupa kalau makan itu sambil duduk , nih ada spanduk buat alas duduk, dari pada kardus sudah jebol semua kardusnya

      Delete
    5. jangan lupa kolak biji salaknya hehe

      Delete
    6. mamang kesukaannya kentos biji salak, padahal atos lho

      Delete
  11. wah siap siap nih yang mau mudik,jadwal yang bermanfaat bagi yang siap2 hehehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga bermanfaat,
      salam olah raga

      Delete
    2. priit .. priit ... lari pagi

      Delete
    3. penak maneh turu oleh amplop

      Delete
  12. padahal bbm naek yaa.. tapi murah meriah xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Uswah, kenapa blognya kalau saya akses dari kom saya ko' nggak bisa ya? selalu down... *mikir

      Delete
    2. ngga tau om.. kmaren 2 mingguan kan sempet eror.. kalo pake speedy emg gt -___-

      Delete
    3. apa karena belum di infus sama kopi ya

      Delete
    4. gaya terbaru euy, infus nya pake kopi, rumah sakit kalah saing kaya nya

      Delete
    5. cocok untuk jaman sekarang ya mas

      Delete
  13. murah meria ya Mas. enak naik kereta dari pada naik angkutan atau bawa kendaraan sendiri. selain bebas macet, irit lagi..hehehe

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. kalau ada niat, waktu dan kesempatan plus ada uang sakunya mbak

      Delete
    2. kalau ada sumur diladang
      boleh numpang mandi
      kalau ada uang
      boleh naik kereta api ...

      Delete
  15. commuter line ini kalo diurus bener2 bakalan jadi proyek bagus. dari sisi pengguna tentu efisien, dari sisi pendapatan BUMN?Pemerintah pasti menjanjikan dari sisi revenue. tapi di Kabodetabek, belum2 sistem kartu di commuter line malah merugikan, gara2 kartunya banyak yang ilang. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini pelaku sejarah dan saksi hidup komuter line di jakarta sana, beda sama di surabaya. katanya sih ruginya milyaran ya mas, padahal kalau pakai kertas karton tebal juga bisa, kalaupun di bawa pulang juga tidak berarti, paling tidak sudah berani mencoba 100 langkah lebih maju, masalah teknis nya kan masih mencari yang terbaik.
      kalau kartu balsem sih nanti panasen semua mas arif, buat kerokan sih

      Delete
    2. izin nyimak yang tau sejarah kereta api ...

      Delete
    3. saya juga nyimak mang yono mau cerita

      Delete
  16. wah mudik naik kereta ni.....
    sayang ane gak mudik uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sudah tinggal permanen ya mas, dan jadi juragan di negeri orang

      Delete
    2. Saya malah kehabisan tiket Kereta..

      Delete
    3. Gimana kalau ikut mudik ke t-4 saya saja

      Delete
  17. sudah lama ya mas ada komuter ini syukurlah kalau begitu semoga ini bisa menjadi salah satu cara penyelesaian kemacetan di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas arif, dulu malang surabaya mau di kasih komuter, eh ndilalah keretanya ndak kuat naik tanjakan lawang malang sana.

      Delete
    2. coba persenelengnya diganti dengan motor CB, pasti kuat tanjakan di Lawang..

      Delete
    3. diganti as kruk nya tosa gerobak yang roda tiga itu ya mas, hehhe

      Delete
  18. harga tiketnya murah
    cuma 2000 rupiah
    tapi saya belum pernah
    jadi ga tahu dikereta sejuk atau gerah

    ah

    kapan ya saya singgah
    kesurabaya yang muach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikereta itu sejuk lho Mbak Anisa..
      Dan Surabaya memang muuach..

      Delete
    2. mmmuaaach juga untuk kota lampung
      kereta juga masuk kampung
      bukan terbuat dari lempung

      Delete
    3. lampung memang muaaach... di lampung ndak ada kereta kan?

      Delete
    4. ada mang ada dipo induknya juga kok, malah lokomotif yang kuat-kuat ditukar sama loko nya dipo induk KPT dan TNK

      Delete
  19. murah banget yah tarifnya... kebetulan komuter surabaya-porong tuh ngelewati rumahku.. di daerah RS. Mitra keluarga waru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo, rumahnya di Waru ya Mbak, Sidoarjo yang tekenal petis udangnya kan..?

      Delete
    2. oh rumahnya waru ya mbak lina, pasti bunyinya kenceng ya mbak bising..hehe
      terkenal dengan bisonnya ya mas boku

      Delete
    3. oooh di waru... waru dimana ya hehe

      Delete
    4. waru doyong pinggir kali dong, joget dulu mang

      Delete
  20. Enak ya mas, coba harga segitu dari Semarang ke Banyuwangi Mas, pasti saya beli duluan, atau bahkan tak borong semua tiketnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya juga mau ke semarang mas ,hehehe

      Delete
  21. ternyata murah meriah sekali harga tiket keretanya :)
    baru tau saya, soalnya jarang naik kereta

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas barang kali mau naik kereta

      Delete
  22. Kayaknya semuanya pada mau siap-siap mudik ya Mas :)

    ReplyDelete
  23. kapan-kapan aku mau naik kereta api komuter ini untuk ke sidoarjo,
    tut tut tut siapa hendak turut ...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir lapindo kang, atau ke ceker ayam lapindo yang pedes banget

      Delete
  24. taripnya murah meriah euy.. tapi belum pernah naik kereta api, mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok naik kereta mini dulu .. he he

      Delete
    2. latihan dulu naik kereta mini mang, jangan mini mini yang lain lho ya

      Delete
  25. wah mas agus ini sepertinya sudah apal-ngetipal nih masalah "njobo njerone" kera hehehe info tarifnya sangat berguna nih mas buat para penumpang kereta surabaya porong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap hari ketemu kereta ini masak tidak tau tujuan dan tarifnya mas , hehehehe

      Delete
  26. Wah kang blom pernah naik nih... kadang pingin juga nih... kapan2 naik bareng yuk kang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, bisa untuk rekreasi keluarga kok

      Delete
  27. Belum pernah naik nih kang... kapan-kapan kita naik bareng yuk kang.. kayaknya nikmat tuh hehehe

    ReplyDelete
  28. Naik kereta api tut tut tut ....

    ReplyDelete
  29. wah jauh gan. saya dikarawang jawa barat :D wkwkw

    jangan lupa mampir ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. karawang bisa naik komuter krl kan mas

      Delete
  30. Klo naik kereta enak nya ga kena macet mas

    ReplyDelete
  31. wah keren informasi-nya, tentang jadwal kereta api, jarang ada nih saya bw sebulanan ini, makasi sobat infonya

    ReplyDelete
  32. hadir gan untuk silaturahmi serta mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa

    moga ibadah kita di terima Allah SWT

    amiennn.,

    ReplyDelete
  33. maaf saya kehabisan tiket, jadi baru mampir kesini.....ternyata cepet penuh ya gerbongnya?!
    #komentar ke 122

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet penuh karena murah meriah masak kalah sama kereta odong odong

      Delete
  34. saya datang lagi, mau ikutan naik kereta...eh udah habis ya tiketnya...ya udah saya pulang lagi aja...
    *halah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa belanja masak jangan kunci buat ayahe zaki

      Delete
  35. jika dari sby biaya 2rb paling jauh dari stasiun mana ke stasiun mana ya ? pingin kreta2an ni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari porong ke semut dan sebaliknya

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top