Home » » Sholat Tarawihnya Sudah Sama

Sholat Tarawihnya Sudah Sama

Sholat Tarawih yang sejak awal ramadhan dilaksanakan oleh umat muslim seluruh nusantara sampai sekarang pertengahan ramadhan mengalami kemajuan. Bukan kemajuan akan meningkatkan iman dan taqwa atau lebih khusyu' dalam menjalankan ramadhan, melainkan kemajuan dalam hal shaf. Shaf dalam jamaah sholat tarawih semakin maju bahkan hanya menyisakan 2 shaf saja. Kemajuan dalam hal shaf dan kemunduran dalam hal kesadaran sholat berjamaah khusunya tarawih.

Dalam berbagai kesempatan mendegarkan ceramah dan mendengarkan himbauan dari elemen organisasi keagamaan yang satu melaksanakan sholat tarawih 8 rokaat sedangkan yang satu 20 rokaat. Dasar dari keduanya cukup kuat, saya tidak menyebut dalilnya karena ilmu saya yang masih sedikit. Awal ramadhan keduanya begitu gigih dengan mengajak para jamaah untuk berjamaah di masjid. Dan sempat juga saya yang selalu telat pergi sholat jamaah tidak kebagian tempat untuk sholat karena saking membludaknya jamaah bahkan anak kecil sangat semangat. Telat karena ikut jadwal pulang kerja naik kereta dan sampai rumah sudah adzan isya'. Walaupun telat datang, tapi masih bisa mengikuti jamaah sholat isya' dan dilanjutkan tarawih. Kembali pada perbedaan pelaksanaan jumlah rokaat tadi, saya sangat menghargai perbedaan, dalam beberapa ramadhan yang telah lalu saya mengikuti sholat tarawih dengan 8 rakaat sebulan penuh, saat kecil di kampung saya terbiasa dengan 20 rokaat. Intinya beribadah yang ikhlas dengan menyembah Allah yang maha Besar.

Kini, pertengahan ramadhan telah memporak porandakan perbedaan itu, jamaah sudah kompak untuk tidak pergi ke masjid dan musholla untuk sholat tarawih. Tidak ada perbedaan 8 rokaat dan 20 rokaat karena sama tidak tarawihnya. Dalam ramadhan tahun ini saya sudah bolong 5 kali tidak ikut sholat tarawih karena dalam perjalanan, malas untuk tarawih dan yang saya lihat di jalanan itu banyak keluarga yang pergi ke mall, di warung, di pasar dan di tempat keramaian lain. Inilah yang seharusnya menjadi lahan pahala bagi organisasi keagamaan dengan mengajak yang tidak tarawih menjadi tarawih berjamaah. Kalau bisa berlomba me marketing jumlah rakaat sholat tarawihnya sehingga orang giat sholat jamaah.


112 komentar:

  1. sholat tarawih.. selalu ikut mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah bolong 5 kali mang, eman ya...

      Delete
    2. meski tarawaih bolong, yang penting puasanya nggak bolong
      Juga dompet jangan sampai bolong

      Delete
    3. Saya juga sudah bolong 3 kali, karena harus jemput anak buka bersama, tapi khan bisa dilakukan sendiri di rumah

      Delete
    4. aku doooong...
      selalu pol sebulan penuh
      ga tarawehnya...

      Delete
    5. kang JP : kalau dompet bolong berarti numpang lewat dong kang, hehe
      mas Is : nah itu dia point banget.
      mas Rw : tak kandakno pak anoman lho

      Delete
    6. trawehan dimana disini, adzan aja ga pernah denger
      jam 7 sampe tengah malam seringnya sibuk di kerjaan
      pulang badan cape langsung mandi tidur
      *saure jam 7 isuk haha..

      Delete
    7. perbedaan waktu sahur yang tajam nih mas, jyan pak anoman metu tenan iki engko

      Delete
  2. iya betul shalatnya tarawih semakin maju, sampai - sampai Shaf-nya tinggal satu baris... itu di Jakarta, kalau di kampung mamang mungkin ndak jauh berbeda eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di desa saya rasa tidak lah mang, tidak jauh beda maksudnya. hehe

      Delete
    2. tempat saya juga sdh berkurang..semakin maju terus..heheee

      Delete
    3. biasanya kayak tutup kendang.

      Delete
    4. kayak kerucut juga, ternyata sama ya penyakitnya

      Delete
    5. kalau ditempat sayamah nggak begitu mang,dari pertama sampai sekarang tetap sama tuh ( satu shaf saja ) hehehe

      Delete
    6. konsisten dan istiqomah lho kang dede itu

      Delete
  3. lek bolong-bolong sebetulnya eman-eman ya mas, karena itu saya usahakan semalas apapun tetap berusaha meskipun toh misalnya hanya se rokaat dua rokaat dirumah lagi sholatnya dari pada tidak tarawih sama sekali hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas arif, saya butuh siraman rohani agar semangat beribadah.

      Delete
    2. hehheee....kayaknya perlu ditambah itu

      Delete
    3. tarawih serokaat, khusus untuk warga bukit tidar yo Kang Arif hhhh,
      wah kangen dolan nang daleme sampean eneh Kang

      Delete
    4. wah kang JP sudah kopdar sama mas arief ya mesranya. hehe
      bukit tidar itu daerah unmer sana ya kang ?

      Delete
  4. wkwkwk saya malah udah bolong 7 hari an :D hhhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mainan mercon ya di balaidesa jatikalang

      Delete
    2. asal jangan bolong semua aja mas xixixix

      Delete
    3. tentu tidak mang kan sekarang sudah masuk hari ke 15 bolongnya 7 jadi sisa 8 kan ?

      Delete
    4. mesti lagi M (males) ya...heheee

      Delete
    5. banyak bolong, gampang masuk angin loh

      Delete
    6. bisa juga mudah di masuki coro

      Delete
  5. weh lah sama lho Pak, jaman saya kecil dulu masjid2 lebih sering menyelenggarakan tarawih 20 rokaat, tapi sekarang banyak yang 8 rokaat, termasuk masjid di sini. Tapi hebatnya masjid At Taqwa sini selalu penuh, bahkan saat bukan bulan ramadhan. Shaf juga banyak tiap shalat fardhu. Kalau dilihat dari tempat parkirnya saja, berjejal kendaraan jamaah masjid, mleber mobil-mobil sampai ke halaman warga...sungguh salut saya. Nah pas ramadhan ini kegiatan masjid full sampai jam 11 malam, semaan baca Al Qur'an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena di town site mbak khusna itu tempatnya orang orang pinter dan terpilih baik kualitas kepintaran sekaligus kerohaniaannya. Masak orang koplak bisa masuk april sih mbak tidak kan, hehehe
      salut buat tetangga kompleks mbak khusna deh, sekaligus salut juga buat keluarga mas berkah. hehehe

      Delete
    2. salut deh pokoknya kalo denger cerita kayak gitu.

      Delete
    3. jarang ada masjid yang seperti ini ya

      Delete
    4. asal jangan kalut rasa coklat aja deh

      Delete
  6. 10 hari ke 2 sdh banyak orang yang berjamaah di mall alias berbondong-bondong pada hunting baju baru.
    allhamdulillah saya masih ikut tarawih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya taraweh di rumah...Zaki kurang bisa diajak kerja sama, kalau sudah ketemu teman2nya, lari-larian bahkan bisa sampai luar masjid, bahaya soalnya letak masjid di tepi jalan.

      Delete
    2. mbak tetep semangat saya jadi malu, hehe. saya juga tidak hunting yang baru baru kok mbak,
      nah ini yang jadi pertimbangan kalau ngajak zaki malah kepikiran, akire sholat di rumah dan tetep giat, salut deh

      Delete
    3. Masih tarawih, karena belum punya uang buat ke Mall ya mbak Iis .. wkwkwk

      Delete
    4. aku dulu malah ngungkuli zaki kalo traweh
      orang lagi sujud, di belakang lututnya dikasih thuthuk bedug
      dijamin jadi meriah tuh trawehnya
      *disamplukin sandal sama mbah kyai

      Delete
    5. mas is belum kasih setoran sih, hehe
      mas Rw : sekalian aja pentungan bedug tusukan ke pantatnya mas, keren kan

      Delete
  7. Mas, maksudnya gimana ya, "jamaah sudah kompak untuk tidak pergi ke masjid dan musholla untuk sholat tarawih"? koq agak aneh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang yang semula jamaah sudah tidak pergi ke masjid dan musola lagi mas, dalam artian belum tentu mereka tidak tarawih lagi jamaah di masjid atau musholla tapi sholat sendiri di rumah baik jamaah atau sendiri. Tapi kebanyakan pada lari ke toko baju. itu maksud saya,
      dan sholat tarwih dirumah itu alasannya macem macem, ada yang pengen cepet, pulang kerja malam, males ke masjid dsb dst.

      Delete
    2. mbok dibilangin tho...
      kalo ke toko baju ga usah lari
      naik motor kek ben gak cape

      Delete
    3. naik gl pro dobel stater dong ah

      Delete
  8. saya, meski pas ada keperluan pada malam hari, atau pulang kerja malam, dsb, tetep aja shalat tarawih. tau sebabnya? ya, karena anak saya yang kecil pasti mengontrolnya. tapi Insya Allah, saya bukan lagi karena anak saya untuk beribadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. didikan yang bagus untuk investasi akhirat kelak mas, top banget

      Delete
    2. lik zach dilawan
      emangnya pacul..?

      Delete
    3. apalagi saya pasti kalah telak

      Delete
  9. Jadi ngerasa ??
    skrg malah abis buka puasa langsung nonton tv sampai lupa bobok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati hati mbak jadi nimbun lemak

      Delete
    2. hehehee berkah dong ?? puasa malah tambah gemuk :D

      Delete
  10. hahah bener mas agus, awal2 nya saja rame, masjid penuh tapi kesini-kesini tinggal 1 1/2 shaf aja kalo di kampung saya :D wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho ternyata penyakitnya sampai sana juga tho

      Delete
  11. Kalau ditempat saya 23 rokaat.

    heri ke 5 sudah mulai berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata sama ya, kok saaya mau berkunjung ke blog saz ke blok sama antivirus

      Delete
  12. yang penting ikhlas mas ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sadar kalau kita butuh beribadah

      Delete
  13. Waktu saya di Bogor setiap malam pasti penuh,mungkin masjidnya terlalu kecil kaali yah,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau yang ngisi endut2 kayak Boku kaali yah...

      Delete
    2. bisa juga masjidnya kecil bisa juga jamaahnya banyak lho..hehe
      oh mas boku mirip sama kang dede, endut. hehe

      Delete
  14. Seharusnya dibulan suci ini kita harus lebih mencari kebaikan dan amal selagi masih diberik nafas kehidupan dan bukan malah sebaliknya,pandai-pandailah kita berbuat yang baik agar kelak menuai yang baik pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..terima kasih pencerahannya, mak krenyes..

      Delete
    2. dapat semangat baru nih dari mas infosaja

      Delete
  15. sudah menjadi tradisi, awalnya aja yang penuh, kedepannya semakin maju :D

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Asal jangan maju2 lho, entar kejedot tembok, hehe..

      Delete
  17. biasanya sih kebanyakan begitu.. semakin mendkati lebaran semakin berkurang penghuni tarawihnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi galau persiapan lebaran Mas, heheheh..:)

      Delete
    2. ramadhannya sudah pudar mas, jadi sudah bosan kali

      Delete
  18. Wah ketinggalan beberapa episod Mas, maklum sibuk kulakan mercon Mas, bingung milih jenis2 petasannya, paginya tetap olah raga walaupun puasa, terus masang doble stater motor, jan sibuk tenan ki Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sore ngabuburit ya mas Boku .

      Delete
    2. Iya mas, sambil ngeduk budin..buat kolak..

      Delete
    3. kalau sore sibuk isi urine ke dalam baterai biar malam tanamannya tidak mati kehabisan baterai bahaya kalau ada kecoa mati crane untuk mengambil kecoa juga mati, karena baterai habis.
      mas is suka ngabuburit dimana ?
      campun isi salak mang

      Delete
  19. Di tempat saya juga sama cak Agus, khususnya jamaah laki2, kalau yang perempuan masih cukup banyak. Tapi, jamaahnya sekarang tinggal yang tua2, yang muda2 sudah jarang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang muda2 kemana Mas Is..?padahal Boku lebih suka yang muda2, heheheh..:)

      Delete
    2. yang muda masih merasa sehat bugar sih mas, jadi belum butuh sangu amal ibadah, hehe

      Delete
  20. Saya malah baru dua kali Sholat Tarawih jamaah. Hikshiks.
    Kalau barengan ama jadwal kerja nih bingung mau gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pernah mengalami hal berbenturan dengan jam kerja dan jarang teraweh mas,

      Delete
  21. traweh berapa berapa rokaatnya sama saja, om
    kalo dulu anak anak lebih seneng ke mesjid yang 20 rokaat. soalnya lebih cepet selesainya ketimbang yang 8. kan abis traweh pasti ada acara makan tumpeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ceramahnya sih mas, kalau anak anak seperti saya dulu sih pilih yang cepet mas

      Delete
    2. kalo yang 8 rokaat, suratane panjaaaaaang...
      beda yang 20 bacaane kaya formula 1 wush wush rampung langsung makan makan...

      Delete
    3. makan dimana mas ? di warung tha ?

      Delete
  22. Waah emang berat, apalagi kl ada yg dari niat awalnya tu ramadhan kelar, juz 30 beres... Di mesjid dekat rumah saya itu lebih berat lagi, star tarawihan mulai jam 10-an, kelar sekitar jam 3 atau dekat dekat mau sahur. Bayangin aja, 1 malam 1 juzz, belum rukuk, sujudnya lama dan tumaninah sekali.. Sya udah beberapa kali ikut tahun sebelum, tapi tahun sekarang belum sempat. Lagian ga kuat, karena besok paginya harus kerja lagi yang jarak tempuh yang lumayan. So... Niatin aj tarawihnya di kerjain maksimal seberapa kita sanggup, ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sih saya tidak mampu mas, terawih dengan bacaan satu "ain saja sambat kok, hehe
      di masjid sunan ampel surabaya juga satu jus mas, jamaahnya juga banyak banget

      Delete
  23. Eh iya, dekat rumah saya itu tarawaih 8 rakaat, witir 3..., tapi rata rata selesai sekitar 3 jam-an, dengan bacaan sekitar 1juzz... Subhanallah, hafalan dan bacaan imamnya bikin saya geleng-geleng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyari masjid yg solatnya kecepetan biar berdirinya ga kelamaan hahaha.
      macam di dekat rumahku selesainya sampe setengah 9.

      Delete
    2. kalau saya sih orangnya tidak bisa khusyu sholatnya , pasti kepikiran ini itu, tentu pilih yang tidak lama dan tidak cepet rokaat pilih 20

      Delete
  24. mas jangan bolong" tarawehnya.. nih cuman sebulan dalam setahun,, tahun depan ga tau lagi deh masih sempat apa kagak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh mas, kemarin pas pulang malam langsung ikut terawih sak ketemune masjid dan akhirnya lega

      Delete
  25. Sudah mulai memasuki hari ke-16 yah? ayooo, semakin tingkatkan ibadah kita melalui tarawih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini yang bikin semangat, cocok banget

      Delete
  26. dikampung saya 8 rokaat, dikomplek saya juga 8 rokaat,
    dikampung selalu 1-2 shaf saja, dikomplek bisa 5 shaf lebih padahal masjidnya gede.
    faktor yg membedakan : Niat n Ilmu yang dimiliki. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sama kok mas beribadah sholat sunnah mendekatkan diri kepada sang Khalik.
      semua benar, dan yang paling benar hanya Allah

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive