Home » » Tukar Uang Baru buat Lebaran

Tukar Uang Baru buat Lebaran

Baru beberapa tahun belakangan ini lagi musim tukar uang baru buat lebaran pecahan dua ribu dan lima ribu ngetren. Saya rasa ini merupakan wujud syukur atas rejeki yang diberikan Allah dibagikan kepada sesama.  Menyambut jiwa baru yang bersih dengan segala pernak pernik baru begitu pula uang baru buat di bagikan. Dulu ketika masih di sekolah dasar saya mengincar rumah tetangga yang selalu membagikan uang recehan bukan uang baru. Hanya rumah tetangga tertentu yang membagikannya karena memang kaya dan dermawan.

Kebutuhan akan tukar uang menjelang hari raya idul fitri dimanfaatkan oleh pedagang uang, lho kok pedagang uang, karena uang yang di gendel itu di jual dengan mengambil margin keuntungan. Taraf hidup masyarakat yang semakin meningkat dengan bertambahnya orang setengah kaya baru. Pedagang uang pecahan uang dua ribu baru semakin bertambah di berbagai kota, khususnya Surabaya dan kota satelitnya. Di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto berjajar dipinggir jalan. Ada himbauan dari polisi agar berhati-hati dengan campuran beberapa uang palsu. Biasanya disisipkan sejumlah uang palsu dan hal ini menjadi jalan masuk peredaran uang palsu.

ini bukan uang saya lho ya

Saya sendiri pernah di titipi oleh ibu saya untuk menukarkan uang pecahan baru. Ternyata ibu juga ingin berbagi dengan anak-anak lebih prioritas anak yang tidak mampu dan juga anak yatim. Hal ini menjadikan rumah menjadi salah satu bidikan untuk mendapatkan uang baru walaupun nominalnya hanya untuk beli pentol bakso, mereka sudah senang. Saya menukar uang pecahan baru tersebut titip kurir tempat saya kerja yang memang berhubungan dengan bank, jadi cukup mudah tanpa perlu was was dengan riba atau jual beli uang. Berhati hatilah dengan penukaran uang pastikan tidak ada uang palsunya, dan semoga niat berbagi mulai di hitung pahala mulai dari sekarang.

117 komentar:

  1. kalo saya sih enak, temen saya kan banyak kerja di Bank Indonesia. tiap tahun pasti ada yang nawarin buat tuker duit. cuma saya nggak nafsu mau tuker duit. kecuali dapet duit asli bergambar wonder woman, baru tuh saya semangat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk emangnya ada yah mas uang gambar wonder women :D

      Delete
    2. betul pak, biar duite lain drpd yg lain yo..heheee

      Delete
    3. saya juga tidak atau belum kepengen tukar uang baru mas, akses nya mudah kok mas, sama seperti mas zach gitu deh,, hehe
      kalau ada duit WW itu non limiter mas, bisa buat beli apa saja

      mas siapasih : adalah kan mas zach yang cetak
      mbak is : idola tetep nomer satu,

      Delete
    4. nah, yang gambar WW itu yang bener-bener uang...

      Delete
    5. kalau jatuh di jalan kan bisa dikenali uangnya heheh

      Delete
    6. kalau wewe gombel juga termasuk uang ?
      itu pasti uangnya mas zach kan

      Delete
    7. saya kalo tukar uang cari yang ada gambar iron man atau gambar gatot kaca saja dech :-)

      Delete
    8. besok saya mau coba tukar uang dengan gesek ID KPK, bisa gak ya ?

      Delete
    9. kang hari : saya suka yang gambar semar ajalah, kalau gambar wayang kan uang 100 rupiah logam
      mas isnaeni : bisa mas, kalau geseknya di rumah mas zach

      Delete
    10. lik zach senengnya duit monopoli...

      Delete
    11. kalau pakai uang monopoli jangan salah pilih gambarnya kang.

      Delete
    12. duit e wong chino yo seneng, mas rw
      kang eja : dan juga jangan salah coblos

      Delete
  2. jaman dulu, saya suka liat ibu-ibu menjual duit baru di terminal pulogadung. ya ampuun tu larisnya kayak pedagang rolex di tempat yang sama. tapi ya itu, jumlah lembarannya nggak lagi utuh. ada selisih yang menjadi marjin keuntungan dia. ati-ati kalo urusan begini, bisa jadi ngambil untungnya kelewat besar kalo kita nggak ngitung ulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini juga pak, mslhnya udah di buntel plastik

      Delete
    2. disepur juga ada , margin untungnya 5 ribu sih tapi jumlah uangnya berapa lembar belum tau

      Delete
    3. saya kok ndak tertarik dengan yang seperti itu ya, mending ngumpulkan sedikit-sedikit jauh hari sebelum lebaran uang pecahan yang dikehendaki...pas hari H, tinggal bagi ke teman-teman zaki (kalau pas lebaran di sini)...nanti...zaki juga dapat dari tetangga2, jadi kaya tukar-tukaran amplop saja...hahaha

      Delete
    4. saya juga tidak tertarik, uang lecet juga tidak masalah kan sama nominalnya. hehe

      Delete
    5. kalau daerah Terminal kampung rambutan untungnya 10 ribu, tapi saya belum pernah, nanti juga kan saya dapet dari orang lain dua ribuan hehehe ( biar dikira masih muda )

      Delete
    6. ngajak anak anak mang kekuatan penuh sangunya juga penuh

      Delete
    7. mang yono emang cerdik deh ih...nanti hasilnya diganti amplop,kasih lagi ke orang lain...keren banget kan gaianya.

      Delete
    8. stretagi yang jarang orang mengerti, tapi ampuh

      Delete
    9. aku rajin nuker duit tuh jaman sekolah dulu
      nuker koin buat kirim kirim lagu lewat radio di telpon umum...

      Delete
    10. nelpon pacar juga kan ? duite di taleni benang kalau sudah nyantol tarik lagi, hehehe gratis

      Delete
  3. wah, disini juga banyak calo penukaran uang juga, sampai dpinggir2x jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata sama yaaa, soalnya masih indonesia sih, coba kalau di malaysia lebih parah kayaknya. hehe

      Delete
    2. hehheee...paling cuma beda laba jualnya.

      Delete
    3. juga beda nominal mata uangnya deh

      Delete
  4. saya nunggu angpaonya mas,,,,
    jangan lupa bagi" ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu silakan diambil mbak gambarnya

      Delete
    2. aku ikutan nunggu ya di terminal :-)

      Delete
    3. kang hari kayak preman terminal nih.
      mbak is : kasih satu aja ya di bagi rataaa

      Delete
  5. bertukar uang bukan berarti yang jual beli uang itu kan Pak? kalau cuma bertukar 100ribu ditukar sepuluh ribuan berjumlah sepuluh sih nggak papa, tapi kalau jual-beli uang itu yang musti diwaspadai. niatnya sedekah, tapi malah nggak barokah kan nggak asyik tu Pak...

    tapi kalau saya mau dibagi yang dollar itu juga nggak papa, saya terima dengan sengang hati Pak Agus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, takut masuk dalam riba juga tuh

      Delete
    2. itu yang di perselisihkan ya mas, kalau saya sih tukar sama nominalnya, tapi saya kasi uang saku yang nukarkan itu.
      itu bukan dollar saya kok mbak, hehe
      punya tetangga sebelah saya pinjam buat foto, hehe

      Delete
    3. nuker uang itu kayaknya bukan soal niat sedekah
      tapi biar anak-anak seneng kalo dapat uang yang masih kaku licin gitu. buat yang ngasih juga jadi irit. anak-anak dikasih 10 ribu kadang manyun. tapi dikasih 2 ribuan yang masih baru 3 lembar saja sudah seneng. ga tau anak sekarang..?

      Delete
    4. sekarang sudah tau mas, minta nya tidak banyak banyak selembar 50 ribu juga bahagia dari pada 2 lembar 2 ribuan

      Delete
  6. Saya juga tukar uang juga mas, maklum banyak keponakan hehe.. Sekarang sudah beda ya mas, minimal kita ngasih 5 ribuan hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 ribu juga masih ada mas, kalau seribu yang sudah punah di ganti dengan koin, nominal tergantung kita ikhlasnya berapa , hehe

      Delete
  7. wah ditunggu nih mas agus ampaunya ya :D wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus antri lho ya gak boleh main serobot

      Delete
    2. hus jangan banter banter mas, tetangggga lagi sakit gigi

      Delete
    3. angpaonya pake klepon saja ya ..

      Delete
    4. pake kelepon super jumbo khas hari raya

      Delete
  8. wah saya malah nggak pernah mas.. di tempat saya nggak ada tradisi seperti itu mas.. seru juga kali ya bisa berbagi.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bagus tuh mas, kalau tukar uang gini malah rame jasa penukaran uang pinggir jalan , bikin macet

      Delete
    2. bagusnya lagi uangnya kagak jadi berkurang

      Delete
    3. dan harganya sama dengan nominal, praktis yang dagang uang jadi ngaplo

      Delete
  9. kaya udah jadi tradisi ya mas tiap taun menjelang lebaran, gak di terminal, pasar, stasiun .. semuanya ada? cukup membantu juga mas.. biasanya untuk penukaran 1jt jadi 1.025 .. gak tau sekarang berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu ada spread atau margin keuntungan, saya tidak pernah tukar di luaran mbak, tukar langsung di bank titip teman

      Delete
  10. tapi kayaknya mending tukar langsung ke Bank atau POM bensin kan ndak dipotong heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kayaknya lagi mang itu lebih enak, masalahnya orang tidak mau ribet dan antri

      Delete
    2. Kalau di POM bensin malah bisa pakai uang logam y hehehe...mantep kalo bagi2 THRan ke anak2 ato sodara2 pake uang logam hehehe

      Delete
    3. di lempar bisa bunyi klotak mas

      Delete
  11. Uang baru di hari yang fitri memang lebih spesial untuk diberikan kepada anak-anak dan remaja. Semangat baru menatap masa depan, baju baru, mobil baru, sepeda motor baru, mebelair baru, ponsel baru, sepatu atau sandal baru, jam tangan baru, hidangan makanan dan minuman baru, dan uang baru ditangan. Semuanya ada di Hari Raya Idul Fitri. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh senangnya , kalau sudah lewat masa anak anak pasti minta pacar baru deh

      Delete
    2. hus jangan mas, tidak enak lho

      Delete
  12. hehe.. tak ada yg bisa dituker buat sekarang mas, dompetnya lagi kosong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendekati hari raya juga tidak apa apa mas, sudah ada kan saudara jauh yang datang kerumah ,pasti ada yang kasih uang saku deh

      Delete
  13. Nitip tuker uang barunya dunk....

    Dah pesan ke teman yg kerja di Bank, tapi blm confirm neh bisa dapat apa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lagi repot mbak kan pesenan banyak, saya juga nitip ke teman kok mbak, hehe

      Delete
  14. Ini sudah menjadi tradisinya setiap menjelang lebaran banyak yang menukar uang dengan tujuan untuk berbagi-bagi dengan orang-orang sekitar kita yang membutuhkannya,karena indahnya berbagi dengan saudara lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan yang baru baru kan mas

      Delete
    2. kalo saya meskipun kucel gak masalah asal nominalnya gede ;p

      Delete
    3. Nominal gede itu seperti Rp 250,000; / lembar hahaha

      Delete
  15. itu tradisi apa ya mas?, rasa2x disini (makassar) gk ada gituan... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan tradisi kok mas, cuma kebiasaan orang yang pengen membagi uang, tapi uang nya baru

      Delete
  16. sama sekali tidak tertarik dengan tuker uang di jalan

    ReplyDelete
  17. sebenernya ada kan penukaran di bank,cuma ya gitu dibtasi tukernya dan waktunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti malas kan , panas gak bawa payung hujan juga gak bawa payung

      Delete
  18. lucu juga sih.. di tempatku hari raya buat ajang cari angpao buat anak kecil.. jadi banyak anak kecil rombongan gitu ke rumah, kalo ga dikasih angpao gak pulang2,, heehee..

    ReplyDelete
  19. sebenernya itu juga pengalaman masa kecilku sh mas, kalo lebaran senengnya minta ampun, pake baju baru dan siap2 kerja.. door to door ngumpulin angpao, sekarang uda jadi emak2, dan aku tau apa yang anak kecil rasakan, makanya aku selalu siapin uang kecil buat kasih angpao anak kecil pas lebaran, mengingat aku dulu juga ngarep banget, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mikirnya begitu mbak, gimana ya perasaan mereka apakah masih kurang dan mencari lagi atau sudah cukup

      Delete
  20. Kebetulan kemaren saya main ke Rawamangun ( Terminal) disana sudah banyak yang jualan Uang pecahan ( uang kecil )
    Buat yang suka bagi-bagi uang tertolong juga tuh,walau kena potongan juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang saya maksud jualan uang, hehe

      Delete
  21. memang lebih aman menukarkan uang di Bank Indonesia, kalo keponakanku lebih memilih uang seribuan lima lembar dari pada uang sepuluh ribuan selembar, katanya lembarannya banyak jadi lebih suka seribuan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga anak kecil suka di bohongin kang hari sih, kalau saya satu lembar aja kang yang 100ribu ya

      Delete
  22. Aku bagian yang terima uang aja mas ... hahaha

    ReplyDelete
  23. se[ertinya memang jadi budaya dan lapangan kerja baru ya profesi tukar uang ini.. tapi itu hukumnya gemana ya,

    waktu saya pergi ke jakarta juga sering melihat pedagang uang biasa mangkal diterminal, mereka kebanyakan melayani kondektur bus dan sejenisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tukar nilainya sesuai itu gak papa kang, tapi kalau di kurangi sih naamanya jualan uang

      Delete
  24. Aku juga udah nukerin uang buat nanti bagi-bagi sama sodara-sodara, *padahal gak ada yang nanya*

    Mas Agus kalau mau bagi-bagi, aku juga dibagi yaa.... jangan lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus antri dulu mbak, itu gambarnya silakan di ambil

      Delete
  25. bulan puasa gini, yang repot justru pedagang pasar kayak saya Kang, soalnya duwit pecahan ngumpet semua, mosok susuk limang atus arep dikasih micin ajinomoto kan ya mesakne.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang mangatus berarti njupuk micin nok ngomah sek yo, micin 2 dadi sewu

      Delete
    2. permen lolipope ben 500 di sigar dadi 2 wae

      Delete
    3. hehehe...saget mawon kang JP niki

      Delete
  26. baru kepikiran buat nuker duit, sayangnya sampe sekarang belom ada duit yang mau ditukernya...atau adminnya mau ngasih peluang usaha dadakan jual duit...biar sini tak bantuin ng'jualinnya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal buy sell EURUSD profit langsung di withdraw langsung tukarkan uang pecahan kang, enak tho

      Delete
  27. Pengin tukar uang jane cak Agus, tapi apa daya dompetku kaya bawang, nek dibukak nggarahi mbrebes mili

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaaaa......nganti kotos-kotos yo pak

      Delete
    2. apa daya bendahara keluarga selalu mengintai, hehehehehe

      Delete
    3. oh iya, Pak Aguuuus, saya kirim salam buat Mbak Nia, masih sibuk ta? KKN nya di luar kota to?

      Delete
    4. kkn nya kelar tanggal 29 mbak khusna, betul diluar kota daerah sidoarjo sini mbak, alhamdulillah sehat semua , hayyu juga sehat mbak

      Delete
  28. Periksalah dulu sebelum tukar uang.hehehe

    ReplyDelete
  29. ia mas bagi bagi uang seperti ini memang seperti menjadi ciri khas lebaran , tp lebih bagus lagi kalo budaya sodakoh seperti ini dilakukan ngga cuma di hari raya aja ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas, ini kan latihannya dulu mas bekal untuk menghadapi bulan berikutnya, semoga konsisten

      Delete
  30. waspada nih uang palsu marak beredar menjelang lebaran

    ReplyDelete
  31. nukar duit baru 2 ribuan masa ada yang palsu
    ga rugi om malsuin uang 2 ribuan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duit mainan itu lho mas 1000 dapat 20 lembar, hehe

      Delete
  32. Harus cepat nyari tempat nih untuk penukaran uang yang aman.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending di bank aja mas atau tittp teman yang kerja di bank

      Delete
  33. kalo saya gak nuker apa-apa. ^_^

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive