Home » , , » Angkutan Mudik Lebaran

Angkutan Mudik Lebaran

Angkutan Mudik Lebaran. Mudik atau niat bersilaturohim ke rumah orang tua dan saudara yang dianggap tua memang menjadi rutinitas menjelang dan saat hari raya idul fitri. SIlaturohim dengan kontak langsung dirasa lebih utama dari pada harus kontak melalui telefon atau video konference. Niat mudik yang bersamaan membuat jalan menjadi sesak, bisa bisa waktu di habiskan dalam perjalanan. Angkutan umum seperti bus juga penuh sesak karena peningkatan jumlah penumpang sementara armada yang di turunkan terbatas.

Mudik lebaran tahun ini rencanya saya pulang ke Tuban menggunakan kereta api. Setelah mempertimbangkan angkutan mudik lebaran dengan sepeda motor, bus umum, kereta api, akirnya saya putuskan menggunakan angkutan kereta api. Berhubung keluarga kecil saya belum ada kendaraan roda empat, roda lima, roda enam dst, apalagi menyewa yang melambungkan budget keluarga. Naik kereta solusinya,selain sudah tertib juga ada program mudik gratis dengan kereta api dari pemprov jatim serta pertimbangan memabawa anak saya hayyu. Rencananya dari mojokerto saya naik kereta api rapih dhoho menuju surabaya kota, kemudian oper dengan angkutan kota menuju pasar turi untuk melanjutkan perjalanan dengan kereta api dari stasiun pasar turi menuju stasiun babat. Dari stasiun babat masih lanjut naik bis jurusan jombang tuban turun di pertigaan pakah, naik angkot lagi menuju rumah nenek saya atau buyutnya hayyu.

Mencoba membandingkan dengan naik bis dari mojokerto pasti penuh karena mojokerto bukan awal pemberangkatan bus baik jurusan surabaya jogja atau surabaya trenggalek. Apalagi Surabaya mojokerto termasuk rute jarak dekat, penumpang masih penuh-penuhnya. Bus dari yogyakarta menuju surabaya juga demikian, banyak orang dari Madiun, Kertosono, Jombang menuju surabaya. Lagi-lagi penumpanga mojokerto sudah kebagian bis yang penuh sesak. Naik sepeda motorpun saya rasa akan membuat capek penumpang saya, yaitu istri tercinta. Belum lagi jika Hayyu rewel dan tidak bisa diajak kompromi saat dalam perjalanan. Kereta api menjadi solusi terbaik bagi kami mengantarkan mudik hari raya pertama kami menuju Tuban. Semoga perjalanan lancar dan tidak ada halangan yang berarti.

117 komentar:

  1. Replies
    1. lumayan bisa buat beli baju baru

      Delete
    2. horeee, saya pernah naik bus yang dipoto ituuuuu....

      Delete
    3. kalau ini nyopirnya kalem, kalau si biru baru mabuk, hehe

      Delete
  2. ah..mudik tuban suroboyo mending numpak sepeda mas. enak...iso nyantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakno istri saya mbak sudah kesel dobelnya kan gendong hayyu

      Delete
    2. yo sampeyan yg gndong to pak

      Delete
    3. saya mudik-mudik saja di sini...

      Delete
    4. gak mudik to mbak, entar kalau mudik main ke kasihan ya ?

      Delete
    5. saya bagian angkat koper mbak, hehe
      ya kalau mudik disarankan saling silaturohim

      Delete
    6. eh lah, Mbak Iis daleme di Kasihan juga to?...eh, jangan-jangan Mbak iis ini istrinya....[sebutin nggak ya? takut salah dan dimarah...]

      Delete
    7. @ khusna : lha sampeyan ki gak tahu po ? tanya pak agus kuwi lo....hehhee

      Delete
    8. nggak salah kok mbak khusna, nanti setelah beliau mudik ke klaten dan cilacap silakan sowan ke daleme mas is dan mbak is di kasihan

      Delete
    9. ditanggung gak kalau lebaran..hehee

      Delete
    10. ditanggung suami mbak is dong, hehehe kan lagi mencari yang lebih lebih. hehehe

      Delete
  3. aamiin, aamiin.
    moga-moga mudiknya lancar ya Mas.
    kalo di kereta kan biasanya anak-anak seneng menikmati perjalanan to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, terima kasih doanya, semoga mas zach dan keluarga juga lancar

      Delete
    2. semoga Arien sukses di olimpiade...dan untuk Hayyu, semoga di perjalanan nanti nggak rewel...jadi anak baik ya nduuuukk....

      Delete
    3. amiiin....doa yang sama jg untuk keberkahan keluarga mas berkah dan mbak khusna, semoga tetep istiqomah menjalankan ibadah

      Delete
  4. hati hati acara mudiknya kang, kalau bisa sebelumberangkat mampir dulu ke blognya kang zach, disana ada angpao yang bisa dibawa untuk bekal perjalanan..
    nanti kalau saya lewat ke Jombang - Tuban, pas pertigaan pakah, mau berhenti sejenak ah...sambil bilang2 ke istri, kalau disekitar sini ada sahabat blogger kang agus setya dan keluarga disituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya titip salam ya Kang, sama ambilin lagi sambel Kanwa yang mantep dan joss!

      Delete
    2. tidak lupa tukar uang baru dulu buat sangu biar tidak repot susuk nya

      Delete
    3. saya pring gathuk eh...keceplosan

      Delete
    4. owh disitu ya..?
      tar kalo mudik aku tanya pilotnya lewat pertigaan pakah engga aku mau mampir. nanya pramugarinya juga, mau gak diajakin loncat...

      Delete
    5. kalau pramugarinya mau...saya ikut ah
      #suruh ajak temennya 1 kang, yang manclis yah!!

      Delete
    6. mau diapain yang manclis Pak Ci?

      Delete
    7. mas boku mau mendem ya ?
      mbak khusna ini malah minta pring bukan minta marning kan lebih enak
      susuke ambilen buat pramugari ya mas ?
      mau di ajak terbang kayaknya mbak yang manclis tadi

      Delete
  5. Amiin..
    semoga selamat diperjalanan ya yg lagi mudik :)

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. oleh2xnya jangan lupa ya..

      Delete
    2. apa2x mau yg penting dikasih..hehee

      Delete
    3. sandal juga boleh, sek tak cari di masjid dulu buat oleh oleh

      Delete
    4. kalau ambil dimasjid yg bagus sekalian pak tanggung kalau cuma japit

      Delete
    5. nanti malah di curigai dikira maling sandal mbak, hehehe

      Delete
  7. Sebenarnya memang lebih nyaman dengan kereta. Bus tidak leluasa dan jika dengan motor rawan kecelakaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik andong wae lebih nyaman...kan cuma deket to ?

      Delete
    2. Kudanya belum dibeliin sepatu buat lebaran, kadang kudanya rewel kalau naik andong..

      Delete
    3. sepatunya yang merk puma ya biar larinya kenceng----eh keceplosan lagi

      Delete
    4. hehhee...kudanya gagah berani kog, jd gak perlu sepatu, dibeliin kacamata aja biar gak silau..hehhee

      Delete
    5. laken nya yang narik saya yang nyetir kudanya aja lah

      Delete
  8. wah acara mudiknya kog agak ruwet gitu pak, oper sana oper sini apa gak ribet ? cari alternatif yg nyaman aja misal travel.

    angponya jangan ketinggalan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya oper 3 kali mbak, sambil bawa klopo, gedang, pitik..

      Delete
    2. kalau diantar Mbak Iis ya nggak perlu oper...tapi dioper tu identik dengan bola ya?

      Delete
    3. hehheee...sampeyan balik maring ngendi pak, ojo kelalen ya koper kalmbine...

      Delete
    4. tenang aja, om...
      aku juga oper sana sini. untungnya ga repot cuma bawa kolor doang...

      Delete
    5. yang tidak oper sana oper sini dan paling murah itu naik motor, kalau naik bis tetep oper sana oper sini, kalau lagi beruntung dapat operan terobosan dan goooooooool.
      pitik, mentok, ulo, luwak, semuanya saya bawa

      Delete
    6. emang pake matic yo ga pake oper oper..?

      Delete
    7. pakai sepeda ontel juga bisa kok mas

      Delete
  9. Dah persiapan Mudik nih Mas, tetep Pantura Semarang - Surabaya Jaya Utama full AC, musik dangdut koplo cak sodik cs, Surabaya - Jember, Patas Akas Asri, Jember - Banyuwangi patas denpasar Dhalia, musik kendang kempulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas boku tahu persis jenis musik dalam bisnya hehe..

      Delete
    2. saya lebih suka naik sinar mandiri mulia lebih joss dan banter, kalau sby - bwi saya seneng akas asri, dahlia bisnya sudah jarang sih mas

      Delete
  10. Semoga mudiknya lancar ya Pak Agus, yakin bakalan banyak yang dipersiapkan karena ada baby. Biasanya untuk mensiasati biar nggak ada barang yang ketinggal, saya bikin cek list...baik itu waktu mau pergi, maupun mau kembali lagi. Terutama perlengkapan si kecil....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa juga gagang paculnya ga boleh ketinggalan...

      Delete
    2. gagang pacul e wis ana sing nduwe Pak...

      Delete
    3. terima kasih saran dan doanya mbak, biar ibuke saja yang persiapkan itu semua, hehe
      gagang pacul kan punya juragan tho

      Delete
  11. lebaran semakin dekat mudah-mudahan para pemudik dalam menjalankan mudiknya selamat sampai tujuan yah kang, aaamiiin.banyak pencari informasi tentang mudik ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas zigzoor, doa dan supportnya

      Delete
  12. jangan lupa minum antimo pak.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. antimo itu anti mabuk ya, saya tak minum legen biar sak sepur mambu legen dan mabuk semua

      Delete
  13. Insya Allah tahun ini saya juga mudik mas ke Jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar dan dapat pahala silutarohim

      Delete
  14. ati2 mas kalo mudik :D keluarga dirumah menunggu anda :D hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. persis tulisan di plang pinggir jalan

      Delete
  15. siap siap mudik gan.,

    hahhah :D

    ane mudik nya naek motor aja.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau single fighter saya naik gl pro saya mas,

      Delete
  16. Ya wes lah, tak doain selamat sampai tujuan dan begitu sebaliknya selamat juga ketika meningalkan kampung halaman. dan semoga Hari Rayanya penuh berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin , alhamdulillah terima kasih mbak indah

      Delete
  17. jadi merasa gimana gitu melihat orang yg mudik.. saya tinggal dikampung sih mas :(

    makasih deh buat artikelnya :) jangan lupa mampir balik :)

    ReplyDelete
  18. mudik tetap diam di tempat... kalu musing mudik... cuma nongkrong sambil liat bohay... hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak tidak mudik mas, artinya keluarga ya tetep di situ aja

      Delete
    2. enak gitu dong, kayak pacar lima langkah tidak perlu biaya

      Delete
  19. saya sendiri blom prnah ngerasain mudik itu kayak apa?, klo mudik jg gk tau mau kemana heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekreasi bersama keluarga juga boleh

      Delete
    2. makasar sama bau bau kan satu jalur silakan berlebaran bersama

      Delete
    3. sy tunggu mas rohis aja yg ke baubau

      Delete
    4. kalau bisa di sepakaati tengah tengahnya aja

      Delete
    5. ya di pinggirnya , dipantai mas di pantai...jangan bunuh diri lho

      Delete
  20. Replies
    1. boleh juga yang sudah punya penghasilan lebih

      Delete
    2. alhamdulilah sudah mas, tapi bukan untuk naik pesawat dong

      Delete
    3. naik odong" asyik lho pake musik yg mengingatkan masa kecil

      Delete
    4. kecil saya dulu belum ada odong odong portable mas

      Delete
    5. nah skrng kan ada odong", dicoba aja

      Delete
  21. kalau saya mudiknya mau naik pesawat saja mas.. naik di bandara soekarno turun pakai tambang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan pakai parasur buat terjun mang

      Delete
  22. amiien semoga lancar dan selamat sampai tujuan.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive