Home » » Tetap Berolahraga saat Puasa

Tetap Berolahraga saat Puasa

ini bukan muka saya lho
Tetap berolahraga saat puasa sepertinya hal yang tidak mungkin dilakukan karena kondisi badan dan cairan tubuh yang minim. Saat siang saja badan terasa lemas dan tak bertenaga apalagi di tambahi olahraga dalam keadaan puasa.
Belum lagi malas dan pembawaannya pengen tidur terus sama seperti saya.

Sebelum menikah saya tetap berolahraga saat puasa walaupun frekuensinya tidak sering banget. Olahraga yang cocok saat puasa menurut saya adalah jogging. Cukup jogging ringan tidak usah memforsir nanti malah mengeluarkan energi yang banyak dan malah jadi lemes.

Waktu yang cocok berolahraga saat puasa adalah menjelang maghirb atau sekalian menunggu adzan maghrib istilah populernya ngabuburit. Saya jogging ringan tanpa sprint memutari lapangan sepakbola 3 kali putaran dengan intensitas kecepatan sedang tidak cepat dan tidak lambat. Karena menurut saya kalau jogging lambat malah bikin capek dan terasa lama untuk mendapat satu putaran lapangan sepak bola.

Setelah selesai jogging dan kebetulan adzan maghrib sudah berkumandang sebaiknya jangan minum air dingin atau es, baik berbuka dengan es degan , es dawet, es cao, es cendol, es legen dan es lainnya. Usahakan minum air putih saja kemudian mandi dengan air hangat, sholat maghrib dan perhatikan kalau denyut nadi sudah tenang dalam artian tidak ngoyo denyutnya baru makan dalam porsi yang banyak. Pasti porsi makannya lebih besar dari hari biasanya. Semoga tulisan ringan tetap berolahraga saat puasa bermanfaat dan mengundang rekan untuk berolahraga. Olahraga joging selama bulan ramadhan sesuaikan dengan umur dan kondisi badan anda untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.
Yang merasa sudah berumur jangan di paksa olahraga berat.



151 komentar:

  1. olah raga bagus buat kesehatan pak, tapi kalau puasa mah jd gak bagus mslhnya entar badan jadi lemas. kalau hbs olahraga jng terus minum lo...hehheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata pertamax....horeeeeeeeeeee

      Delete
    2. beli bensin sekarang, cuma secipratan tok

      Delete
    3. wkwkwkw yeee bensol juga gpp deh :p

      Delete
    4. yg penting jangan beli remason aja..hehee

      Delete
    5. alhamdulillah ya dapat pertamax, padahal mahal lho...
      kalau puasa gini enaknya olah raga apa ya ?
      saya pilih air putih aja deh, pertamax bensin bensol tidak bisa buat buka puasa sih

      Delete
    6. yang penting jangan air putih dan langsung diminum sambil menyelam minum air eheheh

      Delete
    7. hehehe, lebih baik menyelam sambil minum susu

      Delete
    8. eh kalo urusan menyelam, ikut dong...
      menyelami hatimu ya..?

      Delete
    9. kirain saudara si agus bg dan agus setya.

      Delete
    10. hehehe, banyak maho dirumahku gara gara malas bersih bersih...

      Delete
    11. maho kok karena malas bersih-bersih to Pak? bukannya laba-laba yang banyak kalau malas bebersih?

      eh lah ke mana saja saya ya, kok bisa ketinggalan sejauh ini...

      Delete
    12. lagi mempersiapkan masakan ya mbak, hehe

      Delete
    13. kok jadi maho..?
      kata si bebek maho itu manusia horni...

      Delete
    14. maho nek pethuk lanang terus piye jal

      Delete
  2. asal jangan pagi-pagi. nggak enak banget di tenggorokan. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak kemarau di gurun berkepanjangan

      Delete
    2. lebih bagus setelah tarawih, selesai olahraga langsung makan lagi hehe

      Delete
    3. ngelek idu mas?
      olahraga malam mang ?

      Delete
    4. Olah raga malam Yah mang yono?

      Delete
    5. nah itu paling asik
      malem aja...

      Delete
    6. lebih malam lebih asik gitu ?

      Delete
    7. jadi bisa langsung mandi subuh gitu

      Delete
    8. saya paham nggak ya, wong saya masih imut

      Delete
    9. saya tutup mulut dan hidung

      Delete
  3. wkwkw kalo saya cukup jalan kaki 1 km :p hhehehe

    xixixix gambar nya bikin ngakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti jalan dari trosobo ke menanggal ya mas, hehehe

      Delete
  4. saya aja yang kerjanya cuma didepan komputer berasa lelah banget sob, apalagi olahraga. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya denger adzan maghrib langsung es campur, olahraganya ntar malam aja

      Delete
    2. pull up enak juga mas, santai nunggu loading blog sambil pull up oke juga

      Delete
    3. itu kebiasaan sy, kebetulan modem lagi koneksi lelet

      Delete
    4. berarti mas rizal kekar dong

      Delete
    5. kalo begitu besok pindah ke belakang apa ke kolong komputer ya...

      Delete
    6. sekalian aja di pintu kamar mandi

      Delete
  5. haha ntuh gambar dapat darimana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari forum mas, kan tidak saya tulisi blognya agus setya, hehehe

      Delete
    2. forum e100 radio suara surabaya facebook mas

      Delete
  6. kan mending tidur keeeeek.... olah raganya cukup solat sunnah qobliyah subuh dan solat subuh, 2 jam kmudian duha.. sehat deh :D dah gt beribadah tidur lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau sholat dhuhahnya 12 rokaat satu rokaat baca Al Qur'an satu 'Ain, olahraganya tambah nemen

      Delete
    2. dan di tambah sunah sunah yang lain lebih siip

      Delete
    3. khususnya yang berhubungan dengan olah raga malam

      Delete
    4. Setuju ae karo mang Yono hehe..

      Delete
  7. Yang paling menarik dari tulisan mas Agus yaitu, image seorang kakek yang adzan sendiri ga sabar nunggu adzan magrib.. eh iya.. gambarnya saya sedot ya mas.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kayaknya blogger jadi fokus ke gambarnya ya :D

      Delete
    2. memang sasaran saya yaitu blogger yang sudah berumur, supaya jagan sering olahraga

      Delete
    3. dimana mana kalo adzan kan sendiri
      emang ada adzan berjamaah..?

      Delete
    4. dan adzan itu gak boleh "dowo-dowo" di kamplengi wong sak kampung ntar

      Delete
  8. kyaknya pada ga suka olah raga pas puasa,, hohoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah. saya tetep suka, cuma harus sore. lalu mandi terus nunggu buka. terus makan, terus minum, makan lagi, minum lagi, makan lagi,

      Delete
    2. trus kapan olah raganya? hahah :D

      Delete
    3. bang zach masih gak mau open house ya.. nunggu lebaran kali..

      Delete
    4. aku diajak ya kalau ada yg mau open house

      Delete
    5. nah itu ditulisan kan olahraganya sore, hehe
      saya ikut kalau open turnament siapa tau jadi juara

      Delete
    6. iya, rumah saya lagi saya gembok, biar kalo keluyuran nggak ada yang nyariin, hehe

      Delete
  9. kalo sudah sholat maghrib baru boleh minum es dawet ya, loh beritanya kok seru banget....sampai bisa sang kakek nekat adzan sendiri.....luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. habis maghrib langsung minum langsung sholat isya' dan tarawih kemudian makan sak kenyange, hehe
      iya kang har itu lagi booming beritanya

      Delete
  10. Saya banget tuh mas ... saben sore ya bal-balan / futsalan /... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas bal balan nok halaman sekolahan, hehe kemringet

      Delete
  11. Kesimpulannya olah raga di bulan puasa itu bukan untuk yg tua-tua dan jarang olah raga, takutnya ntar jantung nya ga kuat dan bawaan pengen azan terus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...kesimpulan yang bagus, saya acc besok ujian deh,
      gambarnya boleh diambil

      Delete
  12. mensana and kaforesano welah benar ga tu nulisnya, hehehe

    saya dulu suka olah raga, tapi begitu lepas dari sekolah dan bekerja dikesenian praktis ga pernah melakukan.. jangankan lari satu putaran di lapangan, orang jalan kaki kemasjid aja kadang nafaas ngos ngosan. hehe

    ilustrasi di bawah kakek neka adzan tu gokil, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan kaki ke masjid pahalanya gede ya kang?apalagi sambil ngos ngosan.
      hehehe itu dari surat kabar, hehe

      Delete
  13. postinganx dalem mas.., tp yg lbh dalem itu berita dikoran itu heheh...

    ReplyDelete
  14. Wkakakak
    saya pernah baca koran itu :v

    ReplyDelete
  15. tapi olah raga itu penting mas lebih bagusnya setelah sahur sebelum imsak eheh atau setelah shalat tarawih biar makannya nambah eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mang setelah shalat tarawih malah oke, malam tambah asik

      Delete
    2. larinya sambil bawa gembolan tipi tetangga...pasti lebih seruh

      Delete
    3. kalau ada yang ngejar malah seru ya kang

      Delete
  16. boleh juga sih tips nya..

    hahaha itu koran lucu amet gan :D

    ReplyDelete
  17. klo saya olahraganya ngurus anak yg lagi belajar jalan seorang diri di rumah plus ibu menyusui juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pahalanya gede, sama kayak istri saya mbak, hehehe
      saya juga belajari nuntun anak saya baru 1 tahun sih

      Delete
    2. hah...kang agus nyusuin juga tah?

      Delete
    3. nuntun itu bukan nyusui kang, huhhh...

      Delete
  18. Lari-lari kayak orang latihan mau kawin lari nih....xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa nanti kalau kesel naik gl pro saja ,tinggal pencet langsung ngacir gak usah nyelah

      Delete
  19. bukan muka..?
    oh itu pantat ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas itu tungkak kok..
      uncali mercon

      Delete
    2. pantatnya siapa kang...mana...mana...mana?!

      Delete
    3. pantatnya mas rawin tuh, mau ?

      Delete
    4. waduh itu aki aki kalo denger pantat
      pantat kuda mau..?

      Delete
  20. Nggak puasa saja males olah raga apalagi puasa. Ini contoh yang salah dari saya, jadi jngan ditiru. Cuman enakknya kalo pas pulang shalat subuh sambil keliling jalan di sekitar rumah membuat badan jadi seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah itu sama saja tho kang jangan. habis subuh malah baik ya mas soale udara e bersih tidak biasa sarapan beluk kenalpot

      Delete
    2. pakies jalan subuhnya sambil plarak plirik ngga hayooo?!

      Delete
    3. tentu tidak dong kang, kan sama istrinya, masak berani, hayoo

      Delete
    4. nggak plirak-plirik kesandung tenan

      Delete
    5. terus jatuh dipangkuan abegeh gitu ?

      Delete
  21. badan lagi drop, sehingga belum bisa olah raga. salut deh buat admin !

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan dulu mas, sekarang kan tidak sempat olahraga, hehe
      betul kata kang lembu,salut apanya coba

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. admine ki yo soyo loyo, nek awan we ngangkat kuping ora kuat kog..heheeeeeeee

      Delete
    4. hehehe,enak bubuk ya mbak is

      Delete
  22. Olahraga saat puasa, jangan sampai deh.. Takutnya bukan jadi sehat, malah mampus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya yang sudah berumur dilalarang mbak, kalau yang masih muda ya boleh boleh saja

      Delete
  23. Benar sekali mas olahraga memang tetap harus dilakukan agar tubuh tetap kuat dan sehat.Tapi olahraga yang ringan saja agar tubuh tetap rileks dan bugar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. contonya joging itu sudah ringan kok, dari pada angkat besi kan berat tuh

      Delete
  24. Tiap pagi mas yanti lari pagi terus,, keliling komplek sambil gendong anak kecil lagi,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati2...nanti ada yang triakin culik loh

      Delete
  25. he...he... saya baca korannya saja mas, jadi guyu-guyu dewek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada orang disampingnya mas, jangan ketawa sendiri

      Delete
  26. saya tau maksud kang agus st berolah raga saat puasa, bukan cuman ingin sehat doang, tapi ada sesuatu yang dijaga...supaya ngga cuman kuat 3 menit saja kan?

    dan saya juga tau banget maksud skrinsot yang ke dua itu...itu ditujukan kepada kang zach kan?!
    "Yang merasa sudah berumur jangan di paksa olahraga berat"

    ReplyDelete
    Replies
    1. pitenah tuh...
      aku ngerti om agus kuat berjam jam kok...

      *ngeblognya

      Delete
    2. jadi ngeblog sambil nganu gitu ? berjam jam kuatnya

      Delete
  27. Eh, itu judul yang dikoran benar-benar kejadian yah? waduhhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah, makan aja pas adzan dzuhur :p

      Delete
    2. puasa beduk dong, iya itu dikoran kok mas

      Delete
  28. saya biasa peregangan doang pak, kadang2 gk pernah sama sekali sih hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. peregangan doang juga sudah termasuk olahraga kok

      Delete
  29. ini bener2 menantang. kalo abus subuh sampe sore, sampe sekrang sy gak pernah olahraga, malem2 itu pun sesekali. cuman lima menit doang. (seperti kebanyakan keluhan para suami)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, banyak yang ngaku juga ternyata...
      kalau olahraga mendekati maghirb kok mas, biar tidak haus

      Delete
  30. wah karena puasa jadwal olahraga saya diganti malem sebelum sahur.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi inget pertandingan tinju di Indosiar. larut malam yang lebam judulnya

      Delete
    2. kayak nonton pertandingan sepak bola

      Delete
  31. aku olah raganya didapur aja.. jalan ditempat dan goyang2 pinggul sekali2.. sambil masak, nyiapin bekal buat buka puasa.. hehehe

    ReplyDelete
  32. tujuan olah raga adalah sehat meskipun dibulan puasa, tentu dengan takaran dan waktu yang tepat ya mas, jadi inget dulu waktu sik nak-kanak taiyeh puasa bal-balan dipagi, kemudian slulup dikali menyelam sambil minum air hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah tujuan peribahasa sambil menyelam nginum aing taiye

      Delete
  33. keren massssss.,,,,,,,
    saya jadi pengen ketawa lihat tulisan gabar di atas mas

    ReplyDelete
  34. pas puasa olahraga, aduh, tidur aja deh huehehhe

    ReplyDelete
  35. kasian mas tuh kakek, gk sekalian takbiran aja nanggung biar bsok gk puasa lg, wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau takbiran ya masih lama mas, hehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive