Home » » Pasang Dobel Stater Gl Pro

Pasang Dobel Stater Gl Pro

Pasang dobel stater gl pro lagi musim 3 tahun terakhir ini. Gl pro atau Gl Max yang semula hanya manual stater yaitu dengan menyelah tuas stater khas motor sport atau motor laki-laki. Dobel stater itu sama saja dengan elektrik stater cuman beda istilah saja. Pada dasarnya pemasangan dobel stater pada keluarga gl pro atau gl max sebenarnya sudah dirancang oleh pabrikan. Tatakan dinamo stater pada calter tengah sudah ada begitu juga as kruk pada gl pro dan gl max itu sudah panjang yang memang di desain untuk bisa ditambahi perangkat dobel stater set. Di jalanan khususnya tahun 2013 banyak keluarga Gl yang sudah mengadopsi dobel stater ini, katanya sih Gl 2013 kok masih nyelah gak takut kena asam urat kalau nyelah, tinggal pencet langsung bunyi kan asik.


Cara memasang dobel stater gl pro dan gl max terbilang cukup mudah dan plug ang play alias tinggal ngeplek. Alat dan piranti yang dibutuhkan berupa dobel stater set milik mega pro atau tiger itu sudah lengkap magnet, spul, gigi penghantar dan dinamo stater. Selain itu juga di butuhkan tombol start atau holder kanan dan kiri, beda lho antara holder Gl dengan holder mega pro dan tiger. Kalau bisa belikan holder mega pro atau tiger kanan kiri original sekalian biar awet. Aki juga berperan penting untuk menghidupkan dinamo stater, aki cukup pakai aki kering milik supra 125 atau aki basah 12 volt atau bisa juga aki tiger dan aki binter mercy semuanya bisa tinggal membuatkan dudukan aki pada gl pro dan gl max anda. Pengapian tergantung selera, lebih nyaman memakai pengapian aslinya Gl neotech yaitu sistem DC karena kena putaran dikit saja dari dinamo satater,  mesin langsung hidup beda dengan sistem AC yang agak ngoyo mencet tombol staternya.

pasang dobel starter gl
dobel starter gl pro
Biaya pasang dobel stater gl pro berkisar antara 1.5 juta rupiah tergantung dari kualitas holder mega pro atau tiger original atau imitasi. Biaya pembelian dobel stater set seharga 1 juta, aki 125 ribu, holder kanan kiri 250 ribu (tiger original plus stir bekas ), Bendik stater 25 ribu, lain-lain 100 ribu termasuk ongkos pasang. Cukup murah bukan dengan di pasangnya dobel stater di gl pro atau gl max jika dalam kemacetan si gl pro mati tidak usah panik, langsung aja tekan tombol dan greng.

Beberapa gambar gl pro dan gl max dobel stater yang saya ambil dari dokumentasi pribadi saya :

ini gl pro teman

gl pro adik saya

gl pro si hitam saya

gl max temen

gl pro adik saya

Demikian artikel tentang cara pasang dobel stater gl pro dan gl max beserta biaya pemasangan dobel stater gl pro dan gl max yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

136 komentar:

  1. Rupane ahli dibidang permotoran and permesinan nih cak Gus,saya tidak mengerti mesin,taunya cuma penggorengan saja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana nih yang mau di goreng gan??

      wakakakakka :D

      Delete
    2. ilmu teknik otomotif pasti bisa dipadukan dg ilmu masak memasak.

      Delete
    3. saya bukan ahli kang dede, cuma melihat saja, yang ahli ya montirnya tho, adik saya, hehe
      mas yogi : yang digoreng ya olienya mas,
      mas rusydi : setelah belepotan oli kemudian masak pasti enak ya mas

      Delete
    4. Mas klo saya pake black engine
      kan krengkes sebelah kanan'a tidak ada dudukan baut buat dinamo stater'a
      #solusi'a bgmn tuh ??
      truss klo saya mau pake head tiger apakah harus ganti krukAs"a juga ??
      tks b4

      Delete
    5. Itu crankase sebelah kanan memakai punya neotech atau mega pro atau tiger sekalian mas, banyak kok yang jual sepaket dengan gigi transmisi tinggal pilih saja mas. Ganti head tiger jika tidak ingin ganti as kruk harus di Stroke dulu as kruk gl pro seriesnya, di naikin 6.5 mm terus stangnya juga ganti punya neotech atau tidak usah ganti juga gak apa-apa. Namun ganti as kruk tiger itu lebih mudah dan nyaman tidak menimbulkan getaran pada mesin.

      Delete
  2. motor saya suka macet starternya Pak...maklum motor tua. Sekalian olah raga, ya nyelah deh solusinya. Biasanya ga cuma sekali selah langsung greng, tapi bisa sampai 5-7 kali...betis sampe gempor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya betis perlu serep Mbak. sejenis pentungan kasti juga bisa dipakai

      Delete
    2. betisku nganggur ki...
      ga punya motor
      *nasiib...

      Delete
    3. KK; tenang...saya siap jadi tukang pijetnya.....tapi mijetnya pake pentungan y

      Delete
    4. ciye ciyee,.

      wakakakakakaka :D

      Delete
    5. nah itu dia sama dengan si gl pro tahunnya tua juga sih mbak 91, hihihi...kalau angel staterane bisa akinya bisa bagian pada dinamo staternya.
      mas zach : itu buat gepuk maling mas
      mas raw : betise sampean gawe mentung jaran ae mas
      mang lembu : pentungan kastinya mas zach ?
      mas yogi : biasa mas puber kedua jangan kaget

      Delete
  3. solusi kreatif. saya terpesona.
    kalo saya pas nyelah motor nggak jadi-jadi, maka saya hanya berdoa. lalu tinggalkan beberapa saat. kalo masih begitu juga, tinggal dibawa ke bengkel deh. kalo pas nggak punya duit buat bayar, ya ngutang. simpel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. om agus itu ga pernag repot kok
      kalo ada masalah tinggal bawa ke dipo induk sdt
      gausah pake ngutang dah beres...

      Delete
    2. bukannya dibawa ke Pegadaian, menyelesaikan masalah tanpa masalah?

      Delete
    3. bukan, bawa ke Pagaden saja...biar dibereskan Mang Yono.

      Delete
    4. mas zach : kalau belum punya duit juga ya santai aja macak tak berdosa ya mas, hehe
      mas raw : nanti di gerinda di las di bubut, malah jadi gerobak motor saya, tau kan motor roda tiga.
      mang lembu : saaya malah dapat uang dong. padahal belum butuh uang sih.
      mbak khusna : nanti di cucikan mang yono

      Delete
    5. sisan ganti ban sepur biar ga pake bocor

      Delete
    6. abot kabeh mas tur suarane bisiing, mbribeni tanggane

      Delete
  4. Pertama kali baca, gak ngerti aku. Pas makin ke bawah ada gambar motor, baru ngeh deh kalo itu peralatan motor hehehe :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak, tadi kirain apa gitu, kok ndobel...kaya takjilan saja...hehehe

      Delete
    2. yang ndobel itu biasanya bulutangkis, ada singgel, ada juga campuran...nah kalau yang dicapur biasanya es campur

      Delete
    3. nah itu dia poin banget mang lembu.
      kalau es campur saya mau yang dobel dobel

      Delete
  5. bisa diakalin ngedobel starter si otong gak..?
    biar gampang ngidupinnya kalo starternya mogok...
    masa diselah pake kaki..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok kita adain lomba nyelah pake bibir, gimana?

      Delete
    2. rajanya cipok basah sih........
      kalau dobel staternya otong apa mas ?

      Delete
    3. yasudahlah yang muda ngalah
      kasian beliau beliau sudah uzur...

      Delete
    4. bibirnya juga sudah tebal, berpengalaman sih

      Delete
  6. Mas Agus...syarat pengalaman ya.. :)
    Mav mas baru bisa hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe maksudnya aku juga minta maaf baru bisa hadir gitu

      Delete
    2. saya gak berpengalaman mas, ijasah lulusan smp.
      kang ratno lagi repot benerin hp, mau lebaran orderan numpuk, amiin

      Delete
  7. mau komen apa yah....
    hmmm .....bingung klw soal ginian. Oh iya .....komen standart ajah. "Nice Posting"
    udah..gitu ajah yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa polbek saya dan kkunjungi balik

      Delete
  8. dulu pernah terbayang untuk membeli gl pro, sampai sekarang gk kesampean :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebayang aja kok mang, hehehe
      sekarang ada tiger revo ya pilih itu dong, hehe

      Delete
  9. Memang GL pro dan Max jika lagi macet minta ampun di selah gak mau2 hidup, bikin gempor juga dan kadang salah2 kalau nyelah gak bener eh kaki kita yg kena tendang Kick starter hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampek sandal saya mencelat kang, apalagi kalau pagi-pagi malah uangel

      Delete
    2. setopin akas wae
      tariiik...

      Delete
    3. nganggo tampar koyoo numpak laken,
      laken = andong

      Delete
  10. Wah.. mau buat balapan apa mas ?? hahaha

    ReplyDelete
  11. Waduh.. ini mah motor impian saya wwaktu sma dulu mas agus, tapi ga kesampaian karena ortu ngotot ga mau beliin motor hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....enak jalan kaki mas kayak saya,

      Delete
  12. Ternyata mas agus ahli kereta api dan permotoran .. Jempol dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang yono mau nyobain kereta kuda..

      Delete
    2. mang yono ahli permodelan juga sih

      Delete
  13. wah keren , mas agus itu modivikasi mas agus yah, kalau yah jempol deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pengen modif seperti ini itu yang merealisasikan ya tetep bengkel mas, hehehe
      saya tidak bisa kok mas, itu kerjaan adik saya

      Delete
  14. mencermati potonya, keliatan kalau keluarga Pak Agus kolektor GL Pro ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kolektor kembang juga, anggrek lho ya...
      hehe adik dan saya yang punya gl mbak, mas memilih motor bebek,

      Delete
  15. saya demen sama GL Pro temennya, step kaki penumpangnya bikin gagah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo akang yang menunggangi tampak kurang gagah

      Delete
    2. itu punya mega pro kang, hehe soalnya di pasang knalpot tiger revo.
      soalnya mang lembu biasa naik honda win plat merah sih

      Delete
    3. kalo kurang gagah, minta digagahin om agus dulu, lik...

      Delete
    4. hah? emang saya cowok apaan mas ?huuuuu

      Delete
  16. WAh, ternyata bakat mbengkel juga ya mas.. hehehehe.. sip dahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya bakat tapi tidak bisa bengkel mas, itu kerjaan adik saya yang montir

      Delete
  17. saya ngga ngerti mas agus tentang masalah motor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha saya ga punya pacar maupun istri gan :D saya masih single :p

      Delete
    2. siapa tahu nanti di blogger ketemu jodohnya mas

      Delete
    3. nah itu... coba deh nyari" blogger cewek yg cakep"

      Delete
    4. nah itu cocok banget saran dari mas rizal

      Delete
  18. dengan double stater, asam urat terhindarkan :)

    ReplyDelete
  19. Saya nggak ngerti kalau masalah mesin motor tp kalau masalah makan gn ditanya

    ReplyDelete
  20. jadi pengapian aslinya dari Gl neotech lebih ringan dan praktis ga pakai ngotot ya sob. bisa sekali jreeeeng...

    artikel yang sangat menarik, buat tambah tambah pengalaman ngoprek motor gl.thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas asli neotech sudah pakai DC kena putaran dikit mesin sudah nyala.

      Delete
  21. ga ngertiiiiiii... hohohoo... blogku sdh sembuh mas,, hehee..jam berapa ini? persiapan bukaaaa

    ReplyDelete
  22. kenapa cobak di mojokerto selama puasa banyak bgt yg jualan pentol bakar, kenapa? kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya di benteng pancasila, karena deket rel sepur pentolnya jadi hitam kena asap sepur, sekalian aja di bakar

      Delete
  23. mahal juga harga masangnya ya Kang.
    GL pro memang motor keren di tahun 90 an awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, lumayan kang dari pada nyelah. hehe
      motor sport nomer dua setelah tiger ya kang

      Delete
  24. wah saya sama sekali ndak mudeng mas kalau masalah mesin motor.. kalau mas ngomong bagian ini bagian itu saya cuma ndomblong saja hehehehehe

    ReplyDelete
  25. mampir dulu ah mas, kunjungan malam, jangan lupa comment back :P

    ReplyDelete
  26. bingung mau komen gimana , aku gak ngerti di bidang otomotif mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bidang penjualan ngerti kan, hehe

      Delete
  27. kalau ndak pasang siap2 kalau ngengkol nggak pas bisa jepat ngantem kaki mas bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sandal mencelat mas, sudah pernah, hehehe

      Delete
  28. saya ga ngerti mesin motor sama sekali

    eh ternyata mas Agus ternyata ahli

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan ahli, karena yang ahli adik saya hehehe

      Delete
  29. .. haduch,, ampun bangggg,, sumpah,, aq gak paham banget ttg motor. huhh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...tidak apa apa mbak vpie, terima kasih kunjungannya

      Delete
  30. dua tahun belakangan sy bersukur banget udah bisa ganti motor win ke vario. karena per hari sampe 60 km jauh perjalanan yg saya tempuh, pake motor laki, membuat kaki sy lelah. tapi setelah ke klinik tong fang, dan disarankan pakai vario, kaki sy berasa hilang. wus wus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sebelum ke tong feng saya selalu menonton film HD blue ray, tapi semenjak saya di klinik tong feng saya sering nonton 3gp.
      hehhe

      Delete
  31. Replies
    1. terima kasih juga mas rusydi atas kehadirannya, kami tunggu kembali

      Delete
  32. saya ikut manggut2 liat dobel starter gl pro :)

    ReplyDelete
  33. yokok pas banget artikel ini mas, sepeda saya akhir-akhir ini doble statenya rewel, padahal indikator menunjukkan aki bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. brostel juga bisa mas ? brostel itu ada di dalam dinamo stater, hehe

      Delete
  34. mas... saya mau pasang juga duble starternya.
    nyari double starternya plus magnetnya plus lengkapnya nyari dimana ya?
    kasih sarannya dunk mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas domisili mana ?di acara CB banyak yang jual kok mas, lengkap dobel stater set tinggal pasang aja. Coba aja hunting di toko bagus atau di forum cb atau gl mas, banyak yang jual.

      Delete
  35. mas...kalo GL Pro CDI tahun pembuatan 1990 bisa dipasang double starter jg gak? kan secara konstruksi mesin beda sama GL Pro NeoTech or GL Max?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas Anto, mau minta posisi di depan atau seperti neotech?
      Gl Pro saya kan tahun 1991 saya pasang dobel starter caranya dengan membentuk baut yang sama seperti punya neotech. Pengerjaannya di tukang las diral.

      Delete
  36. gan, GL MAX neotech ane baru pasang double starter knapa saat stasioner lampu padam digas baru nyala?!
    mohon pencerahanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampunya pakai biasa apa H4 mas ? dan lampunya ikut aki apa ikut arus putaran mesin ? kalau pakai lampu H4 ikut putaran mesin akan seperti itu, tapi kalau ikut aki, kemungkinan bisa wattnya lampu kebesaran atau akinya yang tidak kuat mengangkat watt lampu.
      itu sepengetahuan saya mas boim.

      Delete
    2. mohon untuk rekomendasi akinya gan (ampere?, tipe?)? biar aman awet nyaman lg..
      thanks...

      Delete
    3. akinya pakai aki basah aja mas, pakai akinya tiger atau binter mercy, kemudian spul lampunya ganti punya gl max neotech aja, kalau pakai spul mega pro rada repot ngatur jalur lampunya.

      Delete
  37. Klo pasang doble stater apa harus ganti kabel bodi gan....thxs

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak usah ganti mas mahesa, langsung di buatkan jalur untuk tombol startnya.
      aman terkendali pokoknya.
      hehe

      Delete
  38. Mas brrri kalo mesinnya sudah Gl pro neotech tinggal pasang aja yaa ga perlu ke tukang bubut lagi...?kbtulan sy jg pgn nii

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pro neotech maupun gl max neotech langsung saja tinggal pasang, as kruk yang ke magnet jg sdh panjang, pokoknya tinggal beli dobel stater set dan langsung pasang deh

      Delete
  39. Ok mas..saya sudah dapet nih dobel starter set megapro primius..sekalian kiprok tiger revo...
    Ini untuk kabel bodi brtii mesti ngikut di rubah lagi mas ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel bodi cuma bikin alur dobel staternya tidak usah di rombak ekstrim

      Delete
  40. Mas kl saya kan sblm memakai doble stater gl pro neotech saya pake lampu H4 100/90 watt ngikut putaran mesin,,nahh skrg kan make doble set milik megapro bagaimana caranya biar bisa ikut k putaran mesin nyala lampu H4 nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya sampai lupa mas, membuatkan jalur pada kiprok mas, saya pakai kiprok smash original harganya 80 ribu. Trus buatkan jalur untuk lampu dah, langsung di geber sampai rpm berapapun tahan banting lampu h4 nya

      Delete
  41. Kalau sy audah terlanjut beli kiprok tiger revo ori mas,,bs itu langsung dbuatkan jalur untuk lampu h4nya ga?
    Makasi mas sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mas , tinggal bawa aja ke bengkel spesialis oprek gl atau cb, oh iya nih mas ada saran lagi dari saya untuk spul neotech nya jangan di jual mas, nanti saya akan mengaplikasikan lampu dengan spul neotech bukan spul megapro. tunggu ujicobanya mas

      Delete
  42. ganti kop Neotech atau tetep bawaan mas kopnya? kan Pro series setelan kampratnya di kalter?
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blok kop askruk transmisi saya ganti semua mas, cuma untuk kamrat saya masih pakai kamrat series bukan kamrat neotech, dengan mengganti roller di askruk punya series. heheh.
      fungsinya cuma menghemat pengeluaran kamrat aja kok mas

      Delete
  43. ini posisi dmn gan? bisa pasang di jogja gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi di sekitaran jombang dan mojokerto mas. Dijogja banyak juga yang spesial ngelas dan pasang dobel stater untuk gl pro kok mas.

      Delete
    2. gan...mau tanya....klo mw pasang double stater bwt gl series "black engine" katanya sulit y???
      kira2 biaya pasangny brp y??? ane diarea sby gan.....

      Delete
    3. Bisa saja dengan di las diral bak nomer mesin, di samakan dengan punya gl pro neotech, biaya las diralnya mulai dari 650 ribu tergantung tukang lasnya, dan hasil pengerjaan yang presisi dan bagus

      Delete
  44. numpang tanya mas ,...kalau calter kanan gl pro sama gak sama minerva 150 R ??

    ReplyDelete

Blog Archive