Home » » Pring Pethuk dan Sebuah Amanah

Pring Pethuk dan Sebuah Amanah

Pring pethuk atau pring gathuk adalah bambu ketemu ruas atau ros nya, maksudnya ruas bambu saling berhadapan atas bawah saling berhaadapan. Pring pethuk dipercaya ber khasiat sebagai penglaris dan kekuatan gaib lainnya. Entah benar atau tidak yang jelas menurut saya lebih baik memohon dan berdoa kepada Allah ya rohman ya rohiim. Pernah saya menulis tentang khasiat pring pethuk nyata atau tidak bagi para penggemar pring pethuk ini.

Pring pethuk itu sangat langka dan banyak pemburu yang menggemari pring pethuk itu sendiri entah untuk koleksi barang antik atau untuk hal yang lain. Oleh karena langka dan peminatnya banyak, harga pring pethuk sangat mahal dalam dunia perklenikan. Tidak bisa di nalar dengan akal sehat untuk sebuah pring pethuk yang kecil tapi harganya mahal. Banyak juga yang memanfaatkan kondisi ini dengan menipu karena memang dunia klenik itu banyak tipuannya baik dari jin dan juga manusia itu sendiri.


Pring pethuk dan sebuah amanah saya jadikan judul tulisan ini karena bapak saya pernah di titipi oleh saudara jauh untuk menjualkan 3 buah pring pethuk. Saya sendiri tidak mengenal saudara jauh tersebut bahkan melihat orangnya saja tidak pernah. Karena bapak saya kenalannya banyak maka bapak di percaya untuk menjualkan pring pethuk tersebut. Saudara jauh tersebut terbentur keadaan perekonomian keluarga atau mengalami kebangkrutan usaha. Beliau punya tiga buah pring pethuk entah dulunya digunakan sebagai apa bisa juga hanya sebagai koleksi karena masuk barang langka. Setelah sekitar satu tahunan barang ini tidak laku dan bapak saya meninggal dunia yang tidak sempat mengembalikan tiga buah pring pethuk tersebut kepada pemiliknya. Sampai di sini saya, adik dan ibu saya tidak mengetahui adanya barang titipan tersebut. Hanya saya ibu dan adik saya pernah mendengar kalau ada saudara yang titip pring pethuk untuk di jual, entah laku atau belum kami tidak mengatahuinya.


Setelah satu tahun bapak meninggal, saudara jauh ini menanyakan barang yang pernah di titipkan tersebut kepada adik saya. Beliau saya rasa sudah cukup sopan dan ber etika dengan tidak langsung mengambil barangnya pada saat kami masih berduka, saya menaruh hormat pada sikap beliau. Adik saya yang sedikit mengetahui info langsung mencari tiga buah pring pethuk tersebut dan ternyata ada di laci dan di bungkus kertas biasa. Tidak ada perlakuan istimewa pada pring pethuk tersebut atau tidak di keramatkan. Akhirnya saya berinisiatif menanyai jumlah pring pethuk nya ternyata cocok apa yang di sebutkan mirip dengan ciri-ciri tiga buah pring pethuk tersebut. Dengan saya persilakan masuk rumah saya dan adik saya memberikan pring pethuk yang menjadi hak nya saudara jauh tersebut. Dengan tidak ada rasa nggrundel dan minta imbalan apapun saya berikan dengan ikhlas karena memang itu hak nya beliau. Pokoknya kami hanya memberikan itu tanpa embel-embel apapun. Semua barang yang bukan menjadi hak milik kita sudah selayaknya kita tidak perlu untuk ngotot ingin memiliki. Lebih khusus lagi semua harta yang kita punya sebenarnya bukan milik kita, itu hanya bergantian kepemilikan saja. Kalau kita sudah meninggal pasti harta tersebut berganti kepemilikan ke anak atau orang lain. Begitu juga harta yang kita miliki itu gantian dengan pemilik terdahulu.

114 komentar:

  1. wah saya justru baru tahu mas tentang Pring Pethuk ini...
    kalau di tempat WS ini apa ya namanya...emmm, rasanya memang tidak ada. Wah salut mas, g semua orang bisa gitu kan...apalagi katanya Pring Pethuk ini berkhasiat, kalau orang yg niat jahat kan bisa saja tinggal bilang hilang dll demi memilikinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti sama mas..gak tahu yang namanya pring pethuk

      Delete
    2. sy juga baru tahu ini. tradisi berpikir dan khazanah budaya tiap daerah emang beda2

      Delete
    3. aku sering dengar tentang preng pethok
      tapi ga tahu bentuknya

      Delete
    4. saya jg baru tau bentuknya setelah ada orang yang tanya keberadaan pring pethuk ini.
      kalau pethuk pring saya sering, lha wong belakang rumah banyak pohon bambu atau barongan jee

      Delete
  2. wah potonya ganteng mas, heheheheheheh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak ganteng gak bakal diposting. sy juga gitu, he

      Delete
    2. wah wah ada yang bilang ganteng, emang saya cowok apaaan..huuuu.....
      itu sudah seleksi diantara yang terbaik, ya ketemunya tetep helek hanget...

      Delete
  3. wah walau orang jawa saya malah baru tau mas :o pring pethuk itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke simbah2x mesti tau

      Delete
    2. wah coba saya tanyakan akh :o

      Delete
    3. insya Allah tau, atau tanya aja toko yang paling laris sak sepanjang mas, nanti lak tau

      Delete
  4. Hihihi ....klw saya sih percaya, jika barang tersebut emang sangat langka.
    Tapi klw bisa gini gitu saya sih 100% ndak percaya, masa bambu bisa begini begitu.
    Klw bambu utk memukul orang dan terasa sakit sih percaya...hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg jelas punya manfaat melancarkan peredaran darah loh mbak indah. mau tau caranya? baca komentar sy paling bawah

      Delete
    2. betul mbak kalau buat mukul orang pasti oarngnya balik mukul mbak indah, hehe
      untuk peredaran darah juga bisa lha wong saya sering di pijet i dengan pring pethuk ini jee, gantinya tangan untuk mengurut biar kuat ngurutnya

      Delete
  5. Replies
    1. silakan mas, itu ada sukun rebus juga, mas isnaeni sudah bawa kardus tuh

      Delete
  6. Saya tidak akan bicara pring petuk karena gak ngerti, tapi saya apresiasi dengan mas Agus dan keluarga yang dapat menjaga amanah dari orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya juga berterima kasih kepada mas isnaeni karena sudah di apresiasi

      Delete
  7. pring petuk itu katanya ketemunya ros dlm pring tersebut, konon byk memburu pring tersebut krn harga jualnya yg sangat mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih penasaran, harganya berapa ya kalau dijual?

      Delete
    2. wah dulu sepengetahuan saya harganya samapai ratusan juta lo mbak...

      Delete
    3. wah...kerja berapa tahun tuh...gaji setahun saja nggak ada segitu...

      Delete
    4. hehehe..itu bagi penggila barang klenik mbak, kalau menurut saya ya masih mahal sego pecel lah mbak, hehehe

      Delete
  8. Spt mbak lis bilang, sy juga pernah dgr ttg legenda pring pethuk ini, dan sampai sekarang blm prnh lht lgs penampakan pring pethuk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. di malioboro banyak yang jual, 5000 harganya, tapi cuma lem2an

      Delete
    2. ada to Mas, buat gantungan kunci atau gantungan kalung ya?

      Delete
    3. tuh kan ada pengrajin pring pethuk, banyak juga yang menipu kok mbak kalau jualan, makanya barang ini banyak setannya, baik berupa jin maupun manusia itu sendiri yang pengen ambil untung banyak

      Delete
    4. Gak dipakai hiasan, cuma pringpetuk. Nek orang percaya efek magisnya, tertarik beli. Padahal cuma akal-akalan

      Delete
    5. yuk ngakali orang, saya kan diajari mas isnaeni sukanya minteri orang, hehe

      Delete
  9. Ini menambah pengetahuan apa yang kta blm tahu bsa mnjadi tau, mngkn barang yag aneh tersebut mempunyai keistimewaan trsndiri jdi ga heran apa yang orang miliki itu bisa di gunakn untuk pngobatan scara tradisionan, ok sip deh di tunggu kunjungan blknya ya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan dan waktunya untuk berkomen , pasti butuh waktu luang untuk berkunjung dan komen di sini, untuk itu saya juga mengapresiasi dengan pulbek dan kunjungan baliknya. top kan

      Delete
  10. Pring pethuk barang yang 'aneh' dan cukup langka ini banyak dikoleksi sebagian kalangan di masyarakat. Tentu semuanya itu dikembalikan kepada pencipta dan pemilik alam semesta ini. Info yang menarik. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas herdoni dan mas isnaeni, semoga kita terhindar dari syirik

      Delete
  11. kalo di makassar..banyak peminatnya tuch ,yang penting pring pethuknya asli dan bukan rekayasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini juga banyak yang merekayasa kang hari, banyak lah tipu tipu seperti ini,
      kalau raksasa itu lagunya god bless ya mas

      Delete
  12. mmm saya sama sekali belum pernah nemu pring pethuk, dan baru tahu sekarang kalau ada pring yang dipercaya mempunyai daya klenik.
    Saya percaya kalau pring bisa dibikin berbagai macam kerajinan, dan apabila kerajinan itu bernilai unik misal dibuat ukiran atau lukisan, bila dijual harganya juga pasti tinggi...ngandel iku.

    saya salut dengan Pak Agus dan keluarga yang pandai menjaga amanah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa jadi katanya bisa bikin kaya..heheeeee

      Delete
    2. Bisa bikin ganteng gak Mbak Iis ?

      Delete
    3. alhamdulillah mbak khusna, pangestune, hehe
      mbak iis : yuk kita ngingu tuyul modern biar kaya, hehe
      mas isnaeni : kalau ganteng sih harus ke salon dulu mas, bukan dari pring pethuk

      Delete
  13. oooh yang gitu namanya pring pethuk ya mas, kalau di sunda namanya apa aaa gituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari sendiri namanya...hehee

      Delete
    2. disunda namina "awibitung" mereunan kang...;o)

      Delete
    3. nah sudah di jawab sama kang cilembu ubi,
      mbak iis boleh lah di cari di kolong lemari

      Delete
  14. Replies
    1. pethuk wonder woman tuhh baru asyiik

      Delete
    2. nek piringe kosongan ya pada bae lah...
      enak piring sing ono gedang gorenge
      nok pinggire piring ono teh anget e

      Delete
  15. selain itu pasti bisa melancarkan peredaran darah. caranya, dg menekan2 pring pethuk di telapak kaki. bila tepat pada pusat refleksi, dg izin Allah, maka dapat menyembuhkan bagian tubuh yg tidak sehat

    ReplyDelete
  16. nah, mas Agus mulai menampakkan diri...
    kita kasih standing applause...

    ReplyDelete
  17. ada apa dengan pring petung,,kok kayaknya ada mistisnya ya,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih begitu mas, saya sendiri kurang tau jee...

      Delete
    2. ya udh kalau gitu positif thinking aja,,hehe

      @Boku penggemar uka-uka ya gan,,hehe

      Delete
  18. jadi inget dg mbahku yang serinp masuk hutan bambu mau cari pring pethok
    tapi soko isuk nganti bedok
    yo ora pethok-pethok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe pring isan no mbak? Hehehehhe..

      Delete
    2. nama tetanggaku orang jogya, pringgodani dewikirani...ayu dan ehmmm..ehmm...banget loh

      Delete
    3. mbahnya mbak Anisayu mesti mbah-mbah

      Delete
    4. wah nyari pring pethuk sampek bedog urung pethuk, tapi lak uwes pethuk pring to mbak,
      mbak anisayu ini ahli puisi kok kang cilembu ubi,
      mas boku senengane pringisan, kayak saya, hehe

      mas isnaeni : masih kinyis kinyis kok mbah mbah piye tho

      Delete
  19. Baru tau nih mas Pring Pethuk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di mini market juga ada mas..

      Delete
    2. hehheee...dipasar klitikan juga ada

      Delete
    3. bengkel bubut banyak kok mas, dan nanti di dempul di tukang cat terus di jual di pasar klitikan, hehehe

      Delete
  20. Jadi ingat masa lalu kala itu aku diminta nganterin seseorang, orang ini biasanya djuluki "orang pinter". tepatnya pada suatu malam saya diminta mengantarkan beliau ke sebuah desa terpencil di kaki pegunungan di daerah jawa barat, untuk mengambil barang spt itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nemu kang..? Apa malah nemu anakan pring (rebung..:)

      Delete
    2. Pinter apa kang Suratno, pinter matematika, biologi, apa pinter ngapusi ? .. he he

      Delete
    3. hehe mbuh pinter ngapa kuwe,... mas Moh isnaeni. kayanetah minteri wong liya

      Delete
    4. wah orang saktine pasti sudah sepuh ya kang, hehe
      jangan malam malam kang nanti di gigit nyamuk lho..
      mas boku : pasti suka yang ngrebung ngrebung ya, hahaha
      mas isnaeni dan kang ratno : mas isnaeni pinter mitneri uwong kuwi ketok teko pawakane koyo makelar jeee kang, hahaha

      Delete
  21. Banyak yang nglakoni cari pring pethuk dialas purwo banyuwangi Mas, termasuk saya, ee..malah nemunya kalkulator dari bambu..(Kurang tirakat..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya bertapa dulu, biar dapat pring petuk...hehhee

      Delete
    2. untuk gak ketemu tanaman yang ada baterainya, atau ganggang yang bisa di kulup,
      mending kalau di alas purwo ada bison atau keretanya, hehe

      mbak iis : bertapa tapi ngentekno makanan ya mbak, hehe

      Delete
  22. kemaren udah kesini cuman gambarnya ngga kebuka, jadinya ngga jadi komentar...nah kalau yang ke'gituh, kemarenpas pilkades kita ada yang kasih pring model gituh...malah lebih gede' tapi baru tau sekarang kalau ternyata benda itu ada tuah nya....tuh masih teronggok dikantong plastik...tadinya sih disuruh dipendem didepan rumah, tapi karena sibuk banget...malah ngga sempet dilaksanain perintah itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan di pendem kang ubi cilembu, mending di gantung di bagian rumah aja lah, atau di selipkan aja di laci rumah, kalau di pendem nanti takutnya banyak yang nyari harta karunnya

      Delete
  23. Fungsi pring pethuk secara seninya apa Mas? saya baru dengar dan lihat bendanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kelnik mas, bukan seni, hehehe

      Delete
  24. saya memang kurang mengerti soal ini, tapi kalau dilihat dari gambarnya sepertinya memang antik sekali sobat, pring ini sangat unik...
    terima kasih infonya sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama pak PP , nanti bisa juga buat tatak an tambaknya pak PP

      Delete
  25. jujur , baru tahu. bentuknya pun seperti gambar, saya baru liat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak bisa pegang sendiri ya , hehe

      Delete
  26. pring pethuk? pring ketemu istilahnya yah..heheheehhe. Saya baru tau mas kalo mitosnya begitu..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bambu pethuk, nah kalau gini jadi ngerti ya mas

      Delete
  27. sy malah tau nama sama bentuknya dari mas Agus..
    ternyata byk di cari dan mahal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih mahal mas, tapi saya kurang tau kok kalau harganya mahal, mitosnya juga saya kurang tau

      Delete
  28. saya baru tau nih mas bentuknya.. walapun nggak begitu jelas detailnya. karena saya pake hp... yang saya belum paham itu.. pring petuk itu detailnya gimana sih.. "kepetuknya itu di mana" gt.. apa di ros rosannya.. apa gimana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ros ros nya saling ketemu mas, madep atas dan bawah gitu aja sih simpelnya,
      tapi bentuknya macam macam ada yang njlimet ada yang jelas

      Delete
  29. Baru tahu yg bginian bang, maaf ya bang jujur sy nggak percya yg bgtuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya percaya kalau pring itu kalau di pukulkan sakit kok mas, kalau khasiat sih gak percaya mas

      Delete
  30. saya juga baru dengar pring phetuk ...harganya kisaran berpa gan kalo boleh tau??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau harga sih repot kasih harganya mas, ini tergantung dari minat sang pembeli, karena barang klenik itu susah di hargai, ya antara 10-100 juta lah mas

      Delete
  31. saya malah gak tau itu apaan,.

    wkwkwkwwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di lempar bisa bunyi klotak itu aja gampangnya mas

      Delete
  32. Kunjungan pagi menjelang siang, mau lihat fotonya mas Agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti saya polbek ya mas, mau tak tutupi dulu ah dengan tulisan lain, biar tidak di deloki mas isnaeni, hehehe

      Delete
  33. dari kemarin saya peneng koment kesini dengan hape susah amat, jaringan yang lumayan lemot. Saya juga sering dititipin hal semacam itu. khasiat pring petuk hanya mitos belaka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mitos dari daerah mana tuh mas,

      Delete
    2. betul mas , itu hanyalah omongan orang -orang belaka dan di manfaatkan jin

      Delete
  34. Saya ada pring pethuk anti panas, Merah Delima (bisa memerahkan lebih dari 100 gelas dan anti cukur), Rantai Babi mata 19 (anti cukur, tembus kaca, di cermin tidak ada pantulan bayangannya) dan kantung macan (daya angkut 8 orang, bisa pindah tempat antar pulau/benua). Semua barang bisa di test keaslian dan keampuhannya.
    CP 085250282798

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive