Home » » Jenis-jenis Petasan

Jenis-jenis Petasan

Ramadhan memang identik dengan petasan, munculnya petasan ya saat bulan ramadhan ini. Petasan yang saya maksud bukan kembang api yang disulut kemudian meluncur ke atas lalu meletus dan mengeluarkan sebaran api yang membentuk kembang, entah mirip kembang apa. Kalaupun ini masuk jenis petasan, maka saya sebut sebagai petasan modern karena hanya orang berduit dan niat membakar duit yang mau menyulutnya, harganya mahal menurut saya.

Petasan yang saya sulut dengan modal yang minim yaitu jenis petasan bumbung, atau mercon bumbung, mercon duduk, mercon kaleng umplung. 
Mercon Bumbung. Petasan model ini sering saya mainkan waktu kecil dengan modal bambu di belakang rumah panjang satu meter dengan tiga ruas kemudian ruas ini di tumbuk agar membentuk lubang seperti meriam. Ujung bawah dari bambu di tatah atau dilubangi kecil untuk menyulut. Bahan bakarnya dari air di beri karbit, Setelah karbit di masukkan tunggu beberapa menit kemudian di sulut dan menghasilkan bunyi ledakan.
Mercon duduk. Prinsipnya sama dengan mercon bumbung. Dengan menggali tanah berbentuk kotak sesuaikan besarnya untuk menghasilkan bunyi ledakan yang proporsional karbit yang dimasukkan harus besar. Pernah heboh di kampung saya mercon duduk dengan lebar 2 meter panjang 4 meter menghasilkan suara ledakan seperti haliiltar dan menggetarkan seperti gempa bumi. Mercon kaleng prinsipnya juga sama yaitu menggunakan karbit dan air.

Berikutnya, mercon yang tidak basah dengan menggunakan bubuk mercon entah bahannya dari apa. Warna bubuknya hitam keabu-abuan. Biasanya saya membuat chasing mercon berbentuk bulat dengan diameter 10 cm lubang untuk mengisi bubuk ditengahnya berdiameer 1 cm. Kemudian diisi bubuk mercon menghasilkan daya ledak yang tinggi, begitu juga tekanan yang tinggi. Pagi membuat mercon sore di sulut di sudut desa dengan persaingan daya ledak buatan teman, istilahnya di adu. Saya merindukan kembali saat-saat berlomba menyulut mercon bersama teman jaman dulu, sekarang sudah pensiun karena sudah tidak mengikuti perkembangan mercon.


140 komentar:

  1. kalau di saya yg populer itu mercon korek api yg selalu menghiasi bulan Ramadhan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mercon Cengisan yah mas ...

      Delete
    2. kenapa identik dengan ramadhan ya?

      Delete
    3. oh yang sama busi itu ya mas?dilempar keatas.
      kalau di luar ramadhan malah tidak usum kenapa cooba,

      Delete
    4. businya dikasih ekor dari tali rafia...aaahhh indahnya masa itu...

      Delete
    5. lho di mbantul sana juga usum ya mbak

      Delete
    6. yang asik mercon bumbung pakai minyak tanah ( waktu masih subsidi) sampa ialis dan bulu mata abis.. pas niup dari lubang bumbung ...

      Delete
    7. hehehe, keluar apinya ya mang? tapi kok baru denger pakai minyak tanah

      Delete
    8. belum lama ini saya juga main petasan korek, ada ponakan mainan petasan jadinya ngikut deh

      Delete
    9. long itu yang mang nama nya?

      Delete
    10. bukan identik dengan puasa melainkan lebaran
      itu hasil nyomot budaya china dimana petasan jadi menu wajib di hari raya

      Delete
    11. selain petasan, kembang api juga berasal dari budaya china

      Delete
    12. budaya kita apa dong? tapi ttp seru dong

      Delete
    13. budaya kita adalah budaya luhur, contoh gotong royong kalau ada makanannya, tepo sliro kalau di lihat pejabat atau atasan.

      Delete
    14. gituh baca judulnya, saya mau nulis apa yang ditulis kang rawins...eh keduluan...ya udah lah...ngikutin sajah

      Delete
    15. biar usia terpaut jauh, ternyata kita sehati ya, mang..?

      Delete
    16. sudah di tembak aja gak pake lama dan jadian sanah

      Delete
  2. masih mending kalo kembang api enak diliatnya, mercon yang suka dimainin anak-anak tuh ga ada bagus-bagusnya menurut saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin jantung copot ya mbak..

      Delete
    2. iya betul saya sekarang jadi kaget an kalau ada letusan

      Delete
    3. kalau saya kaget tiap ada kucing jalan-jalan di atap rumah Pak...ngeri, shock, trauma, masih terbawa suasana gempa jogja tahun 2006---eh malah ndongeng lagi...

      Delete
    4. oh iya ya di joja seluruhnya atau hampir seluruhnya kena gempa ya mbak, cuma bulek saya yang di pengok sana katanya tidak sampai rubuh rumahnya

      Delete
    5. oh, ada saudara di Pengok to Pak? iya, bantul yang hancur cur cur, tapi Jogja kota dan sekitarnya relatif aman

      Delete
    6. nah kalo ke pengok, cobain oseng oseng mercon deh...
      mantap, coy..

      Delete
    7. saya mau ke pengok ke dipo lokomotif YK atau BY pengok deh

      Delete
    8. mungkin efek dari loss main EURUSD deh

      Delete
  3. nah sama kayak mas joker :D skrang yangpopuler mercon korek :D kalo dulu mercon merang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mercon itu salah satu bumbu dapur temennya ketumbar

      Delete
    2. mercon merang itu dari apa ya mas?hehe
      beda istilah.
      mercon apa merica yang keluar dari mulut

      Delete
    3. merica=lada
      tapi di sini lada=cabe...bingung toh...

      Delete
    4. eh, ada ya mercon lombokan...yag suaranya pletek...pletek...nggak niat banget jadi mercon

      Delete
    5. lho kok bolak balik sih, asal jangan kata sandal di sana jadi nasi, bahaya.
      nanti malah makan sandal.
      iya mbak mercon lombok kecil sih tapi juga lumayan aboh kalau kena tangan

      Delete
    6. temen nya terasi berarti mbak uswah

      Delete
    7. dicampur brambangm bawang uyah lombok tomat jadi sambel deh

      Delete
  4. jangan ada deh petasan di indonesia, buat sakit jantung dan bisa terkejut. Sebaiknya kembang api aja, di majukan. aman dan nyaman. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ramadhan dokter spesialis jantung sibuk banyak pasien

      Delete
    2. kembang api sekarang juga bisa meletus mas dimas , hehe
      inilah berkah ramadhan mbak

      Delete
    3. padahal Berkah-nya nggak suka main petasan weeeewwww....

      Delete
    4. pasti dong suka memfoto istrinya yang lagi nyapu

      Delete
    5. berkah buat pengrajin nya ya

      Delete
    6. kenapa istilahnya dibikin campur
      kembang api kembang gula dsb
      bukannya bunga apai apa bunga gula dsb...

      Delete
    7. katanya sih kembang lebih harum dari pada bunga

      Delete
  5. Dari kereta beralih ke petasan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum, blog gado2.. gak cuma kereta, basket juga ada lo, selain cb tentunya.. emang ga jelas nih :p

      Delete
    2. tapi saya jelas lelakinya, kan sudah punya istri dan anak, tau tuh mas nazar

      Delete
    3. besok saya nulis tentang makanan di kira suka makan ? huh

      Delete
    4. nulis tentang kosmetik saja mas... atau tips merawat kuku ... eheheheh

      Delete
  6. Wah...... kalau urusan mercon yang aku kasihan hanya para orang tua disekitar kita saja Kang. Lihatnya indah, namun penderitaan mereka yang deg-degan dampak suara yang ditimbulkan mercon itulah yang harus membuat kita berpikir beberapa kali.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini yang saya rasakan , tetangga nyulut saya yang kaget, hehe

      Delete
    2. nah, bukti Pak Agus sudah tua...

      memang bener, embah-embah di sekitar rumah yang terlihat nelongso, cucu-cucunya malah asyik jejederan...

      Delete
    3. apppaaaah? saya sudah tua. huh..
      pulang ah pulang...

      Delete
    4. tapi bagus juga tuh yang nyulut mercon...suaranya bagi bagi tetangga ehehe... kalau saya ndak tua,,, ndak ya ndak...

      Delete
    5. kayak membagi bau entut aja mang, hehe

      Delete
    6. ada yang lebih bikin orang tua mumet akan anak-anaknya ketimbang mercon bumbung. namanya uler bumbung. marakne mabok.. :D

      Delete
  7. kompor gas 3 kilo gak masuk jenis petasan yak? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu petasan jenis baru mbak

      Delete
    2. yang populer beberapa tahun belakangan ini...

      Delete
    3. di populerkan oleh pemerintah pula

      Delete
    4. itu bukan petasan. tapi bom

      Delete
    5. masuk kalo mbak uswah yang maen

      Delete
    6. program pemerintah yang sukses mengurangi jumlah penduduk.
      mbak usswah maen apa mas ?

      Delete
  8. aku gak suka mercoon.. gangguin adib tidurrrr soalnyaa.. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nguncali seneng ya mbak, huh

      Delete
    2. kalau oseng-oseng mercon suka nggak Mbak?

      Delete
    3. kan adib, kalo suami mbak uswah, dijedorin aja petasan di deketnya

      Delete
    4. apa itu di jedorin maskn apa

      Delete
    5. kupingnya di ikat mercon ya mas ?hehe
      jedorin itu semacam kesenian betawi

      Delete
  9. Owalaaaah...
    Petasan??
    Ampun deh :(

    Aku kaget sampe hampir mati, dan mereka tertawa terbahak bahak bahagia.. Oh my god, saya benci petasan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lawannya benci petasan adalah banci petasan ;D

      Delete
    2. saya juga sering kagetan sekarang, apa karena kuwalat ya

      Delete
    3. biasanya yang macak kayak cirleder itu mbak

      Delete
    4. pancinya ambil di dapur masing masing mas

      Delete
  10. Ditempat saya sudah berkurang untuk permainan petasan ini mas,ada sih ada tapi agak jarang.

    ReplyDelete
  11. di desa saya mercon bumbung masih populer lho Pak, namanya long bumbung...seru aja suasananya dengerin jedar jeder mercon...tapi kadang jadi serem kalau sudah dengar ada korban...pernah satu anak di desa kena mercon tangannya (bukan long bumbung), sampe berdarah-darah gitu...

    sayang e di komplek sama sekali dilarang menyalakan mercon...ketauan main petasan, security lawannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mercon bumbung tidak begitu berbahaya kok mbak, hehe cuma berdarah tidak sampai patah, kalau yang pakai bubuk itu berbahaya, bisa patah tangannya.

      gimana kalau security di sumeti sekalian terus ngumpet

      Delete
    2. main merconnya di dalam rumah saja.. biar scuritinya nya ndak lihat... ups nanti denger juga suara merconnya ya hehehe

      Delete
    3. idea bagus tuh Mang,,,,asal jangan di Musholla aja yah hhehe

      Delete
    4. asal pos satpam jangan di bagi mercon jg, nanti saingan bunyinya

      Delete
    5. asal jangan di depan mertua

      Delete
    6. di tambang ga perlu nunggu lebaran kalo pengen main jebluk jeblukan. tunggu saja waktu ada kerjaan blasting. mau nyobain dinamit..?

      Delete
    7. kalau mertua bandar mercon gimana mas ?hehe
      nah ini bunyi kesukaan saya waktu kecil mas raw, di lokasi tambang batu kapur pake dinamit seru juga

      Delete
    8. kalo seneng, ndaptar jadi teroris wae, om
      gada dr azhari, kan bisa ke asistennya
      malah mantep kan liat bomnya ayu azhari..?

      Delete
    9. yaaaah...saya sudah punya sendiri lebih mungil dan asik

      Delete
  12. di tempat saya masih ramai semua mas.. mercon jenis apa aja ada di tempat saya...? namun anak anak sekarang mulai memainkan mercon karbit mas... biar banter suarane.... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. karbit bahaya tuh mas Nady,suarane membuat kuping jadi bugek hehe

      Delete
    2. karbit bagus buat menyimpan pisang biar cepat mateng

      Delete
  13. heheh kirain yang petasan modern, tabung gas elpiji di sulut eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. huss ndak boleh merehkan program pemerintah ah, karena sekarang sudah bagus kualitasnya, hehehe

      Delete
    2. hehehe...
      koq ketawa kita ya

      Delete
    3. positif thinking sajalah mas, kayaknya kita meremehkan ya mas, program dari pemerintah

      Delete
  14. ditempat sayamah Petasan banting banyak disukai anak-anak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bahasa surabayanya dumpis tuh kang

      Delete
    2. kalo yang tua senengnya bir pletok

      Delete
    3. bir plethok kan bikin anget...nggak memabukkan lagi.

      Delete
    4. bir pletok itu semacam apa ya mbak mas ?

      Delete
    5. cobain saja ngemut mercon, om...

      Delete
  15. tahun ini malah mercon gak ada di daerah ku,, biasanya setia habis shalat subuh pada perang mercon di jalan sekarang udah gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. setia apa setiap
      nggak ada mas agus setiap loh

      Delete
    2. haha salah ketik bang zach

      Delete
    3. himbauan dari polda masing masing mas, jawa timur sudah minim kok

      Delete
  16. kawula sampun tobat Mas, ingkang mekaten sampun paripurno, lan mboten malih-malih.

    DORRR!!! (ini pasti ulah Mamang Hadi njedorin petasan di belakang saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulo nggeh sampun leren mas, lha sakmenika malah kulo ingkang kagetan, mbok menawi kulo kuwalat, ngapunten sedanten nggeh

      Delete
  17. wah mas agus jangan2 sering main petasan juga nih :D sampe tahu semua jenisnya :p hehehe becanda mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak becanda juga nggak papa kok Mas, aslinya Pak Agus kayak gitu memang...suka naik sepur...
      *lho

      Delete
    2. dulu waktu masih SD saya bikin sendiri mas, rekor yang saya buat berdiameter 15 cm lah, dan cukup menggelegar yang bikin saya bangga, tapi saya tidak memikirkan efeknya, sekarang saya jadi kagetan

      Delete
    3. wah hebat banget ya mas agus :o gimana cara bikinya ? :p

      Delete
    4. gampang mas, wes pokoke mudah lah, hehe

      Delete
  18. payah...
    ngaku teroris kok bikin obat mercon saja gabisa
    itu bahane belerang, arang kayu dan asam sendawa
    nek racikane jos, ledakane mantep, om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak sd saya sudah tau mas kalau rumusnya itu, yang paling bagus itu dari kayu lombok. tapi sendawa itu sendiri saya tidak tau bentuknya seperti apa, sampai saat ini saya belum tau. kalau tau dari dulu malah bahaya mas, bisa jadi saya bandarnya, hehehe
      racikan yang bagus itu campuran arang dan belerangnya seimbang, dan kalau mbledos tidak banyak asapnya

      Delete
    2. lebih payah lagi
      sendawa saja ga tau
      itu lho kalo abis makan trus keluar angin dari mulut sambil bunyi ggghhhoooooo...

      Delete
    3. kuwi glegek maaaaaaaas...mosok entut metu teko cangkem

      Delete
  19. apapun namanya...yang penting bisa meletus itu sebaiknya jangan diletuskan pada saat orang sedang berpuasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat orang tidak berpuasa pun itu jangan, nanti kaget semua

      Delete
  20. dulu saya suka sekali main petasan Mas. tapi sekarang sudah nggak..hehe

    apapun jenisnya, tapi tetep petasankan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...minumnya tetep air putih kan mas

      Delete
  21. saya kapok sob main petasan, saya mainnya kembang api doang.
    Lebih terlihat cool wkwkwk ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih kool lagi mainan obor mas

      Delete
    2. lebih kul lagi main kulkas hehe...

      Delete
    3. jadi masuk di kulkas terus mainan air ya mas

      Delete
  22. Sekarang sulit dapetin bubuk mercon. Dapet2 sekilonya 300 ribu. Hadehu. padahal sekitar awal 2000an dulu sekilo seharga 20rb. hemmm, susah deh mainin mercon sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, pernah bikin juga ternyata.
      sekarang sulit mas cari bubuk nya

      Delete
    2. kalau ada kentaal ngapain pilih bubuk

      Delete
  23. Hayo, jangan suka main petasan lho ya, ntar diburu sama densus 88.hehehe

    ReplyDelete
  24. ko' ngga enak banget y...ketinggalan kereta...padahal baru sehari ngga maen kesinih...coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditinggal kereta ya kang, cari kereta lain atau silakan gunakan moda transportasi lain

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive