Home » » Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Gembira

Menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Gembira

Bulan Ramadhan atau Romadhon adalah bulan yang penuh berkah, bulan penuh hikmah, bulan kasih sayang, bulan pengampunan dan bulan pembebasan dari api neraka. Umat islam sedunia akan berpuasa pada bulan ramadhan karena di wajibkan dalam Islam. Di Indonesia sendiri penentuan datangnya bulan suci ramadhan di lalui dengan berbagai polemik awal dan akhirnya masuk bulan ramadhan. Semoga saja polemik ini tetap meningkatkan kerukunan sesama pemeluk agama islam dan saling berlomba dalam meningkatkan ibadah.

Menyambut bulan suci ramadhan dengan gembira itu sendiri sudah merupakan ibadah karena yang dirindukan adalah amalan yang di lipat gandakan bukan pesta mercon dan kembang api tentunya. Bulan ramadhan adalah sarana untuk belajar mengekang hawa nafsu karena dalam keadaan lapar orang akan mudah marah dan cepat tersinggung. Bagaimana mengolah rasa dan batin agar hawa nafsu bisa di kendalikan dapat di pelajari semua di bulan suci ramadhan dengan banyak beribadah (pada umumnya) mendekatkan diri kepada sang Khalik Allah Subhanahu wata'ala.

Selain mendekatkan diri kepada Allah subahanahu wata'ala puasa dalam bulan suci ramadhan juga berarti melatih kepekaan terhadap lingkungan sosial. Puasa dan kesalehan sosial tentunya juga dilatih, bagaimana bisa merasakan lapar bersama baik yang kaya maupun yang miskin sama-sama tidak makan dari imsak sampai maghrib tidak ada pengecualian sama sekali. Tidak ada ceritanya orang kaya dan pejabat berpangkat puasanya di diskon menjadi 5 jam. Bagi yang bisa mawas diri atau ingat dengan sesama, pasti bisa merasakan bagaimana laparnya orang yang makan sekali atau dua kali dalam sehari karena memang kesulitan mencari makan. Jika hati nya tergerak pasti timbul empati untuk membantu meringankan saudara kita yang miskin dalam konteks mencari keridho an Allah. Bukan semata-mata mencari citra baik dan dermawan di mata manusia yang lainnya seperti pada pejabat kebanyakan akhir-akhir ini.

Bulan suci ramadhan didalamnya terdapat keistimewaan, seperti di lipat gandakannya amalan kita baik amalan baik dan juga amalan buruk. Lalu kita pilih yang mana jika kita bersedekah di gandakan menjadi seribu kali dan mencuri sandal di masjid yang dosanya juga di gandakan seribu kali. Ummatnya Nabi Muhammad itu umurnya pendek-pendek paling mentok ya umur 80 an itu pun sudah tidak berdaya sama sekali. Sedangkan umurnya umat sebelum Nabi Muhammad panjang-panjang, misalnya 1000 tahun tapi kualitas ibadah lebih bagus ummat Muhammad karena ada bulan suci Ramadhan ini. Lebih khusus lagi adanya malam lailatul Qodar yang pahalanya di hitung 1000 bulan beribadah. Untuk itu tunggu apalagi di bulan ramadhan tahun ini untuk tancap gas dalam beramal baik. Semua bisa beramal baik sesuai dengan bidangnya masing-masing asal sesuai dengan syariat islam. Kerja pun kalau di niati ibadah akan di catat berlipat - lipat pahalanya. Untuk itu mari persiapkan diri kita dalam meng kantongi amalan yang sholeh dalam menyambut bulan suci ramadhan.

229 komentar:

  1. mampir dulu Mas nanti malam balik lagi. mau sarapan dulu nih...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Bli, sarapannya pasti pakai kuah Bali ya..

      Delete
    2. ikut sarapan, mesti sambil jual pertamax

      Delete
    3. sarapan pakai nasi bancakannya mbak iis , hehe
      sarapan sambil ngeblog ya mbak

      Delete
    4. saya pokoknya pilih GUDANGAN...titik

      Delete
    5. nasinya di bungkus takir mbak biar enak, heheehe
      pilih uduk atau nasi putih biasa

      Delete
    6. yuk nasinya di jadikan satu. trus kita jual..hehehe

      Delete
    7. sarapan yang enak tempe bongkrek, kwkwkwkwk

      Delete
  2. nah.. ilang beneran komen saya..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemana coba, ilangnya? dibawah bantal kali...

      Delete
    2. " Mohon Maaf atas ketidaknyamanan layanan ini " silakan anda hubungi call centre 2X24 Jam, dan bebas pulsa..

      Delete
    3. mangkane nek komen moco
      ben ga ilang digondol genderuwo

      hehe

      Delete
    4. hehehe..tadi saya sembunyikan sebentar habis kucing saya naksir sih, dan saya sebagai cal center bukan genderuwo lho ya telah mengembalikan komen mas ks, layaanan ini tidak di pungut biaaya sama sekali

      Delete
    5. walaupun free tapi tetep bayar, hehe

      Delete
    6. itu namanya free but no free

      Delete
    7. freepat.. freepat.. sewu limo.

      ketat juga ya call centernya (lurus).

      Delete
  3. Sebagai orang Islam tentunya pasti merasa gembira apabila bulan ramdhan tiba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ngacung insya Allah dapat pahala
      lha baru menyambut saja sudah bahagia apalagi melaksanakan insya Allah banyak beribadah

      Delete
    2. walau agak telat, saya ikut tunjuk jari

      Delete
    3. sudah saya tunjuk Bang. tapi ko' nggak kluar ya jarinya?

      Delete
    4. saya mas,sekali-sekali telat, wkwkwkwkwk

      Delete
    5. kalau mamang ndak pernah telat, selalu siap kiranti

      Delete
  4. Maaf pamit dulu, tapi sebelum cabut koment lagi akh, sampai jumpa lagi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati Kang Ratno, jangan lupa bekalnya Kang..

      Delete
    2. enaknya punya sahabat blogger ya kang, mau pamit melaksanakan aktivitas banyak yang mendoakan, semoga lancar kang

      Delete
    3. Jangan lupa pulangnya bawa oleh2 ya kang Ratno

      Delete
    4. kita kita juga di andumi lho ya, jangan di bawa pulang semua

      Delete
    5. mbak khusnya di sisakan duren aja , kan senengane duren

      Delete
    6. sapa yang mau kedondong? serebu sekilo.

      Delete
  5. waktu yang tepat untuk mendulang pahala,, mari siapkan diri , tapi ketika ramadhan berlalu harus tetap konsisten dengan kegiatan ibadah yang dijalankan pada saat ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat, sangat, dan sangat setuju sekali dengan Mas Sabda Awal

      Delete
    2. Saya juga tidak ketinggalan sama mas Boku dalam hal setuju

      Delete
    3. apalagi saya, sangat setuju sekali , yuk kita sambut dengan amalan baik, pasca ramadhan juga harus lebih baik

      Delete
    4. insha ALLOH dimudahkan niat baik kita semua...

      Delete
    5. allahumma amiin, top sekali

      Delete
  6. Itulah keistimewaan Islam .....belum puasa ajah kita menyambut dgn suka cinta sudah tercatat sebagai amal ibadah. Apa lg menjalankan puasa dgn rasa sukur dan sabar....... Insya Allah makin di lipat gandakan semua amal ibadah kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Indah, bahkan tidur saja dibulan Ramadhan dihitung pahala ya Mbak..

      Delete
    2. ini memang ahlinya mbak indah yang seorang wanita sholihah..
      tidur di bulan ramadhan itu berpahala karena dari pada tidak tidur menjadikan dosa, hehe

      Delete
    3. tapi kalau tidur melulu, ya sayang...ada banyak ladang amal yang terlewatkan.

      Delete
    4. betul sekali mbak, masak waktunya sholat dhuhur malah tidur

      Delete
    5. bangu rumah atau pagar nih Bang?

      Delete
    6. kalau mau bangun gedung atau rumah, serahkan ke saya saja mas

      Delete
  7. Alhamdulillah Marhaban Yaa Ramadhan, semoga Boku masih diperkenankan berjuma pada bulan penuh Rahmat ditahun ini Amiin.. Ya Robbal Alamin..

    ReplyDelete
  8. Bagaimana ya rasanya hidup sampai 1000 tahun, untuk zaman skarang sepertinya akan nyusahin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waallahua'lam,,,,
      1abad aja msih langka mas

      Delete
    2. kalau satu abad tapi tidak kuat ya pada bae pak yadi, yang penting kualitas ibadahnya kan,
      betul mbak maya langka

      Delete
    3. hahahaha, 1000 tahun diperkirakan sisa tulang nya aja, wkwkwkwkwk

      Delete
  9. bulan suci
    akan datang beberapa hari lagi
    yuk sambut dg gembira hati
    dalam niat suci
    beribadah karena Illahi

    selamat menyambut Ramadhan tahun ini !

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok ini ucapannya mbak anis bisa di gunakan untuk sms, hehehe

      Delete
    2. bayar royalty gak tuh .. he he

      Delete
    3. bayar royaltinya cukup dengan terima kasih atau komen di blog mbak anis, betul gak mbak, hehe

      Delete
    4. kuwi wis di daftarke nyang hak paten kog

      Delete
    5. hak dan kewajiban paten. halahh

      Delete
    6. di paku biar paten. kalau cuma di lem aja nggak paten tuh.. *Upss..

      Delete
    7. kutunggu trimakasih
      tulisan nempel cap bersih
      tanda boleh tanpa pamrih
      ke komenku beralih

      hehe

      Delete
  10. moga lancar dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhann

    ReplyDelete
  11. kalo orang2 yang beriman & Bertaqwa pasti menyambutnya dengan gembira :D eheheh

    ReplyDelete
  12. Ramadan memang kesempatan kita untuk mendapatkan pahala berlipat ganda dan juga ampunan. Kalau ngeblog di bulan Ramadhan ada pahalanya gak ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas gak boleh makan dan minum, eh tambah satu merokok...hehheee

      Delete
    2. hehehe betul tuh kata mbak iis, gak boleh pura pura lupa nyemil lho
      kalau ngeblognya saling mengingatkan dalam kebiakan ya tidak apa - apa toh mas, kalau ngeblognya ngrasani ya gak boleh

      Delete
    3. ngeblogke dadi infotaiment yo pak..

      Delete
    4. yah malah jadi infotainmen , mendingan saya tidur deh mbak , hehe

      Delete
    5. ngeblognya jangan sambil ngegosip ya...

      Delete
    6. nah ini yang dilarang, gimana kalau ngaji

      Delete
    7. berarti sesuk gawe postingane do sing alim lo..hehee

      Delete
    8. ngak boleh pasang gambar yang panas - panas ya?

      Delete
  13. yuk kita sambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita, karena pahala alloh berlimpah buat kita semua....semanggat

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini ajakan dari mbak iis , semoga ajakan ini berpahala ya mbak, yuk semangat

      Delete
    2. amiin tambah akih tambah uapiik

      Delete
    3. bismillah...yuk kita punguti pahala ramadhan

      Delete
    4. mari kita berlomba dalam hal kebaikan

      Delete
    5. makin kebawah makin rusak nih komen..:D

      Delete
    6. kerupuk apa mas zachflazz, kerupuk basah, kerupuk kering, kerupuk goreng, wkwkwkwkwkwk

      Delete
  14. baru baca judulnya...bungkus dulu ya mas...nanti bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya titip satu bungkus yah kang WS tapi jangan terlalu pedes..hehe

      Delete
    2. boleh mas ws , buat bekal makan siang ini juga boleh , hehe
      nah pesen nya mas dins jangan terlalu pedes, kalau saya jangan manis manis ya,
      krupuknya satu

      Delete
    3. habis dibungkus, dikantongi, biar gampang disangkutkan di sepeda motor...

      Delete
    4. jangan lupa di taleni dulu biar tidak mborjol

      Delete
    5. bahaya lagi mas memborgol, wkwkkwkwkwk

      Delete
  15. .. tinggal beberapa hari ya?!? wachhhhh,, seneng banget aq. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya rasanya mbak , bisa merconan bersama, hehe

      Delete
  16. tidak terasa bulan ramadan tinggal hitungan hari. memang betul tu, dengan puasa melatih jiwa kesosialan dan kepekaan hati terhadap sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat diet juga mas... wkwkwkwkwk

      Delete
    2. semoga kita dipertemukan lagi ya mas raja, itu namanya kesalehan sosial ya mas

      Delete
    3. apanya yang irit mbak is, lha buka pausa porsinya dobel, nanti habis isya makan lagi, sahur makan lagi, weleh weleh

      Delete
    4. Paling tidak, kalau rokok agak irit .. he he he

      Delete
    5. alhamdulillah saya tidak merokok e mas, hehe

      Delete
    6. saya juga aman dari bahaya itu. aamiin

      Delete
    7. pak is itu ahli hisab( merokok) mestinya...

      Delete
    8. irit bahan bakar, males kmana-mana kan capek, wkwkwkwkwk

      Delete
  17. Alhamdulilah ya mas kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga kita bisa beramal banyak ya mas

      Delete
    2. alhamdulillah, doanya sejuk mas rizal

      Delete
  18. Berkah di bulan ramadhan memang sangat dinantikan ganjaran yang sangat berlipat ganda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sudah di lipatkan nanti kalau berbuat dosa juga di lipatkan lho ya, yuk beramal sholeh

      Delete
    2. Yuk.... kalo mas agus mah org soleh, wkwkwkwkwkwk

      Delete
    3. apalagi mas komar malah sholeh nemen tho, saya kan abangan mas

      Delete
    4. Apa tuh abangan mas, wkowkowko

      Delete
  19. ayo ayo jgn dulu pikir ramadhan sudah dekat deh,,,
    pikir dulu kesehatan biar bisa menikmati ramadhan nanti hohohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru logis ya mas, yang penting jaga kondisi biar sehat dulu

      Delete
    2. habis itu langsung tidur mas, hehe

      Delete
  20. mas agus.. aku minta maaf ya kalo ada salah2 kata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mohon maaf ya mbak risah...

      Delete
  21. mohon maaf lahir batin sob.. kalau selama ini saya ada salah perkataan. saya mohon maaf ya sob.. sama mbak nia juga. saya mohon maaf yg sebesar2 nya..

    semoga di bulan suci kali ini kita semua bisa lebih baik dari bulan sebelumnya amin....

    ntr lebaran di blognya di sediain kue ya mas.. biar pada betah ke sini.. ntr saya juga dech mampir di sini hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mas Nady...saya juga mohon maaf, banyak kata, banyak khilaf, dan kadang selengehan... semoga tak ada tersinggung di antara kawan-kawan semua

      Delete
    2. saya juga minta maaf ke mas nady...
      nanti ada gambar kuwe buatan istri saya lho mas, hehehe

      Delete
    3. ini baru top sekali, mengawali puasa dengan bermaaf maafan, jangan sambil nangis lho

      Delete
    4. bahaya yang sambil nangis, bisa-bisa pas ramadhan minum air tangisan, wkwkwkwkwk

      Delete
  22. Berkah Romadhon...

    Bismillah, semoga kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa Romadhon tahun ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...7 Ramadhan 1404, sekian puluh tahun yang lalu...

      Delete
    2. itu kelahirannya siapa mbak?

      Delete
    3. wah itu berapa keturunan, wkwkwkwkwkwk

      Delete
  23. Itulah indahnya, nikmatnya dalam bulan ramadhan.. hadirnya bulan ini sangat ditunggu2 oleh setiap umat muslim di dunia.
    Mohon maaf lahir dan batin ya mas Agus.. mudah2an puasa kita nanti lebih mendapatkan berkah dari Allah SWT... amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saaya juga mohom maaf lho mas bayu, kata kata dan kadang saya jarang berkunjung ke blog mas bayu, hehe

      Delete
    2. maafin aku juga ya
      karena aku telah salah mungkin dalam kata

      Delete
  24. mohon mav ya buat mas Agus dan semuanya..kalo ada salah dan khilaf kata... :)

    ReplyDelete
  25. belum ada penetapan ya mas
    saur pertama kapan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapet jadwal puasa di tetapkan tanggal 10 Juli.
      saya ngikut aja deh..

      Delete
  26. emang bener makin tuwa perasaan menjelang puasa kali ini makin ngga sabar untuk segera masuk puasa...sampe2 udah kebawa ngimpi saking rindunya sama bulan puasa.

    mohon maaf lahir bathin ya...saya suka becanda mana tau becandaan saya teh nyinggung akang agus dan om juga tante yang suka maen kesinih....maafin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah taauuuw kalo udah tuwaa

      Delete
    2. yang bilang masih muda tuh siapa.

      Delete
  27. hepi ramadhan ya Mas,
    maaf lahir dan batin. kita bayangkan inilah puasa kita yang terakhir. membuat motivasi yang baik dan bermanfaat. semoga kita semua sukses puasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlomba-lomba dlam kebaikan..maaf lahir batin pak zach

      Delete
    2. walau tangan tak salaman
      tapi aku ungkapkan
      lewat aksara ketulusan

      mohon maaf atas segala kesalahan

      selamat ramadhan !

      Delete
  28. Marhaban ya ramadhan....
    semoga ramadhan tahun ini dlimpahkan rahmadNYA

    ReplyDelete
  29. saya balik lagi di malam hari Mas..hehe

    tidak terasa ya Mas, sebentar lagi puasa. puasa di tempat saya godaannya banyak banget. soalnya mayoritas Non Muslim.

    ReplyDelete
  30. saya sudah menunggu bulan ramadhannya kang, solanya saya kangen dengan menunggu maghrib detik-detik berbuka.

    ReplyDelete
  31. Ramadhan itu kan tamu agung mas, jadi harus disambut dengan gembira, semoga ramadhan kali ini lebih baik..amiin

    ReplyDelete
  32. Tidak terasa juga baru tahun kemarin puasa sekarang puasa lagi benar-benar tidak terasa waktu ini.

    ReplyDelete
  33. Bulan yang ditunggu-tunggu nih, salam kenal! :D

    ReplyDelete
  34. Horeee bentar lagi puasa .. :D

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive