Home » » Mencari Ikan di Sungai Bengawan Solo

Mencari Ikan di Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo yang mengalir di Kecamatan Rengel mempunyai nilai manfaat yang banyak, salah satunya adalah irigasi sawah yang ada di sekitar bengawan solo. Dahulu jaman pra sejarah, manusia hidup di lembah sungai sebagai sumber kehidupan karena dekat sumber air. Seperti pada lembah sungai brantas, lembah sungai trinil ngawi, lembah sungai nil. Sumber kehidupan dekat sungai memang menjanjikan, baik untuk bercocok tanam ataupun sumber makanan karena juga sebagai sumber ikan yang melimpah.

Sungai bengawan solo mejanjikan mata pencaharian tersendiri bagi warga sekitar bengawan dengan mencari ikan di sungai. Nelayan sungai bengawan solo ini menganut aliran tradisional, dengan berbekal jaring tradisional berharap mendapat ikan yang banyak untuk dijual dan menghidupi keluarga. Hasil tangkapan ikan biasanya di jual di pasar Rengel dan lewat depan rumah ibu, kadang juga ibu membeli ikan dengan di tusuk atau di congoki. Ada juga para pencari ikan di sungai ini dengan menggunakan setrum ikan, berbekal dua aki besar atau aki mobil dengan perahu kecil mengitari sungai. Ikan yang di setrum ini akan mati atau pingsan sementara sedangkan ikan kecil akan mati. Cara seperti ini kurang bagus karena bisa merusak ekosistem ikan itu sendiri.

Mencari ikan di sungai bengawan solo

 Musim tertentu biasanya peralihan musim kemarau ke musim penghujan air sungai bengawan solo meluap dan ikan di sungai bengawan solo mabuk atau istilahnya "munggut". Kalau sudah munggut pasti banyak orang yang mencari ikan secara tradisional, seperti dengan jaring dan slurup dengan tangan kosong. Ikan yang mabuk seperti tidak berdaya dan mudah untuk ditangkap. Kalau munggut pasti harga ikan akan murah di pasar. Dahulu waktu saya masih sekolah smp dan ada kabar bahwa sungai bengawan munggut, rasanya ingin pulang dan mencari ikan di sungai bengawan solo. Saya seneng mencari ikan bukan maksud untuk di jual atau untuk urusan komersil, tapi hobi atau suka mencari ikan tapi bingung ikannya mau di apakan.

Mencari ikan di sungai

Mata pencaharian nelayan air tawar memang tidak menjanjikan seperti pada nelayan air laut yang memang kaya akan ikan. Walaupun begitu beliau-beliau tidak pernah mengeluh dengan kerasnya kehidupan dan bisa memanfaatkan celah kecil untuk mendapatkan penghasilan halal bagi keluarga.

187 komentar:

  1. Replies
    1. dah tinggal ngacir aja..heheee

      Delete
    2. Aku gak pernah dapat pertamax nih...

      Delete
    3. pertamax mahal kang mending naik ojek aja, hihihi

      Delete
    4. abisnya sukanya bahan bakar air sih

      Delete
    5. itu untuk olahragawan juga sih mas, kalau ngelak pasti bahan bakarnya air

      Delete
    6. pertamax mahal mendingan seruput kopi aja

      Delete
    7. mending avtur aja mas :D lebih mahal ..hehehe

      Delete
    8. enakan dorong motor aja sambil olahraga terus minumnya es degan

      Delete
  2. Klo orang kalimantan, hidupnya tergantung dengan kekayaan alam sekitar..

    klo di perhatiin penduduk kalimantan yang asli pasti hidup di pinggir sungai... mereka gak suka kerja kaya pendatang...

    tapi setelah regenerasi... sudah mulai cari kerja..soalnya hasil alam sudah mulai habis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya gak nyambung ya...
      tapi nyari ikan di sungai nya mirip dengan di kalimantan...

      Delete
    2. lho ya nyambung tho mas, intinya jangan bermanja manja lah , kalau di kalimantan masih ada arwananya gak mas ? yang red banjar gitu saya suka dan penggemar arwana, kalau tukul sih gak gemar sama sekali, hehehe

      Delete
    3. paus yang tutul atau yang biru mas? kalau tutul itu trahnya dari macan tutul

      Delete
    4. nah itu pemandu sorak di acara misteri tukul

      Delete
  3. Replies
    1. gpp, biar tambah banyak komentnya...heheee

      Delete
    2. lha dalah baru di tinggal nyari ikan sudah ada tamu, mangga silakan di makan sukun rebusnya kopinya yang pahit apa yang manis kayak saya?
      he heh ehehe

      Delete
    3. saya dong agak manis
      tapi banyak pahitnya

      Delete
    4. pahitnya itu gara gara banyak minum brutowali mas, sak darah darah e juga pahit nyamuk gak doyan

      Delete
    5. nyamuke lagi puasa mungkin mas

      Delete
    6. mungkin jg mas, kan mau mendekati bulan suci ramadhan

      Delete
    7. pahit jamu menyehatkan... manisnya pacaran bikin dower bibir

      Delete
    8. bikin kantong jadi bolong tidak ada remnya

      Delete
    9. @Mang Yono : pengalaman pribadi ya mang .. he he
      @Mas Agus Setya : Gas pol rem blong

      Delete
  4. mencari ikan di kali bengawan solo penuh dng rintangan, apalagi waktu hujan bisa banjir dan berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbahaya itu kalau tidak dapat ikan terus pulang di marahi istri dong, hehehe
      betul kang cilembu ubi ?yang sudah berpengalaman, hehehe

      Delete
    2. karena pengalaman jualan ubi dan juga jualan celana jemuran tetangga

      Delete
    3. hahhaaaa.....mesti semua demi istri, jual celana

      Delete
    4. hehehe....demi istri dan anak yang lagi di rumah pasti dibelani deh

      Delete
  5. Masih banyak ikannya di sungai bengawan solo?
    Kan udah tercemar limbah ..... mungkin hanya ikan2 kecil (iwak wader) yg ada. tp mayanlah...utk lauk pauk + sambal + lalapan. enak banget rasane ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. maemnya dipinggir sawah berdua saja dengan indah P....disapu oleh sepoynya angin laut.
      .....loh?!disawah emang ada laut ya..

      Delete
    2. kalau orang Cilacap bilang, kl kita pulang dari sawah itu sebutannya "lautan" kang bener

      Delete
    3. masih banyak mbak, mau wader, jendel, nggaringan, kutuk , lele, mujaer, dan juga bader ada semua, kalau di sambel pasti enak apalagi di jadikan menu buka puasa

      kang cilembu : pasti orang udik nih mereka berdua, huuuu...

      kang ratno : lautan itu sama kayak laut dari kerjaan, atau sudah waktunya pulang kerja, hehe

      Delete
    4. laut lauuut...
      segane wis teka kiye koh
      rika-rika pada maring ngeneh dhisit

      Delete
    5. nah menurut saya , makan yang paling nikmat ya makan saat laut kerja di sawah, nikmat banget pokok e

      Delete
    6. mancing di akuarium saya mau banget mas

      Delete
    7. mancing di piring lebih asik

      Delete
    8. itu kan tinggal hap , nyaem nyaem...enak lagi pas lapar ada sambel sama ikan wader

      Delete
  6. wah wah wah...jan, Pak Agus ini membuat saya bernostalgia dari kemarin, temanya bengawan Solo terus...saya dulu sering ikut Oom saya nyari ikan di Bengawan kalau pas libur, pakai jaring, kadang pakai pancing sambil angkruk-angkruk di tangkis-nya (tau kan tangkis?)...seneng main air, waktu masih jernih dan bersih.

    sepertinya sosiali kerusakan ekosistem akibat penggunaan setrum bahkan bahan peledak penting bagi masyarakat ya...dampaknya memang tidak instan, justru di masa yang akan datang anak cucu kita yang akan menuai...

    save our water...save our world...save our future

    ReplyDelete
    Replies
    1. nehnik banget komentarnya KK kali ini....hari apa ini ya?..ko' tumben setumben2nya sih

      Delete
    2. tangkis ya tau tho mbak, embong kalau orang rengel bilang, kalau saya sih suka slurup gogo iwak sama nyetrum , hehe kalau jaring tidak punya jaaring jee...bengawan ini pernah tak seberangi dengan berenang lho mbak,
      kalau mancing sih sebenarnya suka kalau selalu dapat ikan, kalau dapatnya lama ya mending pulang aja lah, hehe

      kang cilembu ini ngomong apa sih kok saya tidak paham,

      Delete
    3. teknik kimia banget
      campur teknik mencari perhatian
      ihihihi

      Delete
    4. juga campur teknik mencari makan gratis hehe

      Delete
    5. itu mang yono, ahlinya teknik baja dan timah panas

      Delete
  7. ada yang mancing karena menjadi matapencaharian ada juga yang digunakan sekedar rekreasi, tapi semuanya sama butuh kesabaran ya mas kecuali memancing di air yang keruh hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka mancing hujan mas, hehehe..biar adem ayem semua kampungnya.
      kalau menjelang buka puasa gini bengawan ini rame orang menunggu waktu buka puasa

      Delete
  8. saya kurang suka mancing ikan, mencari ikan, nangkep ikan, nyetrum ikan...soalnya saya ngga tegaan....apalagi kalau liat ikan mangap2 kena pancing, suka mrebes mili liatnya, tapi...kalau mancing mancing saya paling hobi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah kurang suka mancing ikan kang , enak nyetrum aja pasti dapat ikan, kalau mancing lama sih dapatnya.
      itupun dapat ikan kuecciiiil,
      ngenes kan nunggu lama tapi dapat kecil

      Delete
    2. Sukanya mancing keributan ya mas Agus .. he he

      Delete
    3. mancing wanita enak gak mas ?

      Delete
    4. bawa duit yang banyak dengan membawa mobil sewaan , cukup apa tidak ?

      Delete
    5. mancing mancing apa Pak Ci...yang jelas bukan mancing perkara kan?

      Delete
    6. lebih suka mancing ikan pake anting

      Delete
    7. mancing perkara itu gampang masalahnya nanti kalau sudah dapat perkara digoreng di wajan siapa ya , hehehe
      mang yono mau goreng perkaranya ?

      Delete
  9. tak komen dulu mas, nanti balik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa...komentar ngga ada kerjaan banget de wahyu ini...hahahahaaaa

      Delete
    2. biarin ngga balik lagi juga ah...emang gw pikiriiin....buwahahahaaa
      #aneh...aku ko' ketawa sendiri baca komentarnya WD,kayanya urat ketawaku lagi eror nih.

      Delete
    3. pasti lagi nyeberang rolak gunung sari kan. hehehe
      kang cilembu ini harus nebus obat dulu di dukun beranak deh

      Delete
    4. hehehe maaf mas :D maklum orang sibuk :D

      Delete
    5. okelah mas, di selesaikan dulu urusannya nanti malah di lembar kerjanya di tulis blognya agus setya kan malah repot mas, hehe

      Delete
    6. hehehe waduh bisa thr an nya nggak turun kalo salah tulis :D

      Delete
    7. tenang aja nanti thr an nya dari mas agus s

      Delete
    8. thr an nya turun di rekening saya mas, hehe
      nah nanti di bagi-bagi sama mang yono

      Delete
  10. wah ternyata di bengawan solo masih banyak ikan ya mas.. tak kirain sudah pada nggak betah ikannya tinggal di bengawan solo hehehehe.

    di tempat saya masih banyak ikan. kalau mas agus mau nyari ikan, ketempat saya saja. di jamin pulang bawa ikan "betik, wader, keting, baung, lembat, dll".. masih lengkap dech ikannya hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh kang agus...tuh nyari ikannya di tempatnya Mas nady azh....tapi kalau mau kesana, jangan harap ada kereta api yak...

      Delete
    2. yaaah kalau tidak ada kereta saya harus naik getek gitu kang?
      mas nady : kok masih lestari ya alamnya , kalau ikan lele ada gak mas? ikan betik itu suka brambang kalau di pegang, hehehe

      Delete
    3. pecel lele ada mang di pinggir pinggir jalan tiap malam enak lho mang apalagi ada yang bayarin

      Delete
    4. tenang aja mas Agus, soal bayarin, mang Yono juarane, baru gajian .. he he

      Delete
    5. bisa traktir kita kita lak an mas

      Delete
  11. Wah untuk urusan memancing ikan saya juga hobi. HIheiheiheie. Ikan yang pernah saya pancing kebanyakan di sungai. Jarang memancing di laut. Coba tebak apa ada yang kenal ikan Merah? Ikan Krisi? Ikan Krapu? Itulah jenis jenis ikan yang pernah saya dapatkan dari memancing di Karumunting, daerah Kalimantan Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ikan krapu sih kenal kang asep, kalau ikan merah saya tidak kenal, paling juga arwana merah red banjar yang di pancing. hehehe
      saya tidak suka mancing karena lama dapat ikannya, huh ..mending tak setrum aja ikannya biar dapat banyak, hehehe

      Delete
    2. mancing ikan di pasar lebih praktis

      Delete
    3. umpannya pasti dengan duit kan

      Delete
  12. Mencari ikan dengan alat tradisional itu bagus, supaya ikan sendiri ada regenerasi. Tapi kl pake bahan peledak dn semacamnya weh gawat bisa-bisa species ikan di sungai tersebut punah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bahan peledak biasanya di laut kang jarang di bengawan pakai peledak, paling juga potas atau sangkali atau tiodan obat pertanian itu lho..
      kalau saya sih favoritnya nyetrum iwak aja kang, mayan dapat lele dumbo, hehehe

      Delete
    2. bisa mas buat mercon depan rumah mas isnaeni, hehehe

      Delete
    3. tuh kan laku gas 3 kg, wah bisa naik nih harganya

      Delete
    4. kan mang yono yang melopor mercon dengan gas lpg, hhehehe

      Delete
  13. wah ini hobi saya, saya sangat suka menangkap ikan baik disungai ataupun laut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga hobi nyari ikan dan pelihara ikan mas, hehehe
      yuk kita cari ikan betik di sawah

      Delete
    2. nah itu yang lebih enak mas, jangan di sisakan durinya lho mas, nanti di kira saya ini kucing

      Delete
    3. durinya cemplungin ke air lagi, nanti berubah jadi ikan lagi... hebat kan

      Delete
    4. itu ikan tak berduri mang , kayak ikan jadi jadian , hehe

      Delete
  14. iya Mas, saya nggak sependapat kalo make setrum. terlalu berisiko dan bukan cara mencari ikan yang bersahabat. malah bisa2 kesetrum sendiri, kan berabe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah banyak mas contonya, cari belut dengan nyetrum eh malah ke srimpet kangkung jatuh terus kena setrum sendiri dan meninggal

      Delete
  15. enaknya sih mancing disitu, berangkat abis Ashar sambil ngabuburit nunggu buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi jangan lupa kerjaan rumah di bereskan dulu kan mas, hehe

      Delete
    2. Ayuh ngesuk nang Kali Yasa baen lah kang Zach

      Delete
    3. kali logawa itu lho mas banyak ikan lele nya

      Delete
    4. sana pada mancing, saya yang masak saja...saya hobi masak ikan...

      Delete
    5. saya hobi makan dong, sini kalau sudah mateng gelar kardus buat makan bersama

      Delete
    6. yuk kita makan bareng, syarate bayar dewe lho ya

      Delete
  16. sambil nyanyi bengawan Solo-nya Pak Gesang, kayaknya masuk banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya dengan gelar kardus di bawah pohon keres pasti nyaman banget dan masyuk banget

      Delete
  17. dah lama tak cari ikan di sungai, maklum hidup di kotak yang penuh sesak trus hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup di kota itu kayak hidup di dalam pagupon seperti kata cak durasim dalam perang kemerdekaan " Pagupon omahe doro, melok nippon tambah soro"

      Delete
    2. jaman peralihan dari kompeni ke nippon, cak durasim yang seniman asli surabaya mas,

      Delete
  18. Saya biasanya pake jaring kaya raket dibentang di kali, trus ikan digiring ke jaring pake galah, Biasanya dapet banyak mas, daripada nyetrum

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg punya kok mas jaring dari raket, namanya seser. hehe
      lebih enak pakai bambu lebih lebar kayak di gambar itu

      Delete
    2. hehe, sama, saya juga punya

      Delete
    3. jadi raketnya di rusak buat jaring gitu mas,
      yuk kt main tepok ompreng aja

      Delete
  19. Sungai begawan Solo sama kayak sungai musi ya mas? bisa dijadiin sumber mata pencarian penduduk setempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih seperti itu lah mas, kalau bengawan solo ini lebih banyak banjirnya yang arusnya deras banget sampai rumah saya juga kebanjiran

      Delete
    2. kalau dikali sini sumber kaki pencaharian

      Delete
    3. kebanjiran seperti yang pernah tak posting mas, itu dari bengawan solo

      Delete
  20. Asyik nih....kalo kopdaran sambil mancing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. opo meneh ro makan2x...mesti tambah rame sing mangan..hehhee

      Delete
    2. nah yang mancing juga boleh tapi yang bagian masak juga ada lho, saya tinggal makan pokoknya

      Delete
    3. aku juga makannya aja...hehee

      Delete
  21. Sampai sekarang masih banyak juga tidak mas ikannya disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak mas, tidak habis habis kok ikannya

      Delete
    2. apalagi di pasar mesti banyak banget..heheee

      Delete
  22. awas tuh kalau njebur motornya..dipeganging

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terlatih mas, kayak di kungfu kungfu gitu mas

      Delete
    2. di buntel kresek hitam kan

      Delete
    3. kalo nambang bawa motor, biasanya memang motornya dinaikin

      Delete
  23. selamat malam sob !!

    lama tidak berkunjung, akhirnya bisa juga berkunjung ke blog sobat !! Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi mas ahmad, selamat berkunjung dan silakan menikmati hidangan

      Delete
    2. Sruput kopinya, jangan malu-malu

      Delete
  24. Bagaimanapun juga para nelayan atau pemancing dan mereka yg tidak memelihara ikan tetap bersukur, karena Tuhan sudah memberikannya , tinggal bagaimana cara mengambilnya mas, lain halnya dengan mereka yg memelihara ikan ia mengasih makan ikan, membeli bibitnya dan akhirnya bisa panen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisnis di bindang perikanan memang menjanjikan ya pak PP, pak PP jelasnya yang lebih tau seluk beluk binis perikanan

      Delete
  25. wah telat nih, kayanya yg nyari ikannya udah pada bubar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang nyari ikan lagi rapat pembagian hasil ikan mas, belum bubar hehe

      Delete
  26. Dengar kata 'bengawan solo' jadi teringat dengan Bojonegoro yang hampir selalu banjir di musim penghujan. Disisi lain, Bengawan Solo banyak memberi manfaat bagi penduduk disekitarnya. Ikan seakan tiada habisnya sebagai sumber mata pencaharian penduduk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boojonegoro dan sebagian wilayah tuban seperti kampung asli saya rengel, langganan banjir mas, tiap curah hujan tinggi ya banjir dong

      Delete
  27. kalau kecebur gimana itu yaaak ? sdangkan aku gak bsa berrenang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti di tolong putri duyung kok mas, tenang aja cantik cantik lho

      Delete
    2. wkwk ane colong aja tuh putri duyung :D

      Delete
    3. buat kenang kenangan mas fajrin aja deh, cocok

      Delete
  28. habis dapat ikan dibakar enak hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bumbu kecap dan nyambel yang pedes pasti enak ya mas

      Delete
  29. Wah jadi ingat dulu mas, waktu kecil saya sering cari ikan disungai deket rumah, cuma sekarang ga kaya dulu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga hobi mencari ikan mas, sampai sekarang kalau ada kesempatan pasti saya masih bersemangat cari ikan.
      sungainya sudah tercemar ya mas? beda dengan dulu yang masih bersih

      Delete
  30. sungai Bengawan Solo merupakan warisan kekayaan alam Indonesia ya mas, yg saya dpt dari tulisan mas Agus, ternyata cara tradisional meski hasilnya kurang memuaskan tapi masih ramah lingkungan di banding cara setrum listrik yang bisa merusak ekosistem sungai. terima kasih mas tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja anak cucu nanti masih bisa melihat sungai bengawan solo dan airnya masih normal tidak tercemar limbah .

      Delete
  31. wah, kalau deket rumah aq ada bendungan namanya Selorejo, tapi gak pernah mancing cz gak suka mancing,,lebih suka ngeblog,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas, saya juga tidak suka mancing, lebih enak beli di pasar aja dari pada duduk berlama sambil nunggu dapat ikan

      Delete
    2. hehe,sepp,,langkah cepat untuk mendapatkan ikang,,hehe

      Delete
  32. Mancing apa yang paling mudah menurut temen2? pasti jawabannya mancing "EMOSI" tapi bentar lagi puasa kendalikan emosi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita mancing pengendalian emosi, dari pada mancing emosi mending kita mancing uang aja kang, hehe
      caranya ya dengan ngeblog terus dapat iklan , hehehe

      Delete
  33. salut sama masyarakat sekitar bengawan solo, sempitnya peluang usaha masih bisa memanfaat kekayaan alam sebagai sarana mata pencaharian walupun nelayan air tawar di bengawan solo tidak terlalu menjanjikan seperti seperti nelayan laut namun mereka tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa mengeluh. semoga Allah lebih memuliakan pekerjaanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin....sejuk sekali doanya mas,
      keadaan itu bukan untuk ditangisi dan diratapi tapi di hadapi dengan akal yang sehat ya mas,

      Delete
  34. wih mantebb, kalau saya nangkep ikan lebih suka pakai setrum pakai seser berhubung ndak punya jadi pinjem ke tetangga, pasti da[et ikannya... kalau mau nyantai ya pakai pancing sambil gelar kardus

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak pakai setrum atau sangkali mang gampang dapat ikannya kalau mancng sih mending tidur aja lah, hehehe
      enak lagi kalau gelar kardus sambil ngintip orang mandi pura pura mancing

      Delete
  35. Mangut itu saat ikan pada mabok kayak pas di obok obok gitu yah.
    Klo di tempatku Mangot itu nama ikan sungai yang banyak terdapat diprairan dingin bayak terdapat di kali samin matesih sampai Tawangmangu gitu, disitu habitat ikan Mangut di tempatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk ikannya seperti apa mas mus pasti lucu deh kayak ikan lele, hehe
      wah rumahe deket sama air terjun ya mas, bisa rekreasi terus di air terjun dong mas, gratis pula

      Delete
  36. Replies
    1. sudah biasa mas dengan keadaaan banjir , hehehe
      sudah diantisipasi kok

      Delete
  37. Replies
    1. nyari ikan sambil nyetel radio ya mas, asik tenan

      Delete
  38. rejeki halal didapat ga ada kenal sedih
    dan ikannya pun kerasa gurih

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di campur kunir
      habis makan langsung nyengir

      Delete
  39. Masih banyak ya mas ikan di sungai bengawan, kalo masih banyak bisa tuh ngundang mancing mania, wkwkwkwkwwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak lah mas, layaknya bintang di langit yang tak pernah hilang kok mas

      Delete
    2. ikan apa aja mas, boleh tuh saya mancing disana sama mas agus :D

      Delete
    3. ikan nggaringan, ikan lele, ikan bader, ikan wader , ikan lumbet, ikan bloso, ikan gabus, ikan mujair, ikan bandeng, ada banyak mas, mancing boleh asal jangan macing keributan mas

      Delete
    4. ikan mas ada gk, wkwkwkwkwkwk

      Delete
  40. btw...konon aliran bengawan solo itu ke segoro kidul, lho...

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive