Home » » Solidaritas Tanpa Batas

Solidaritas Tanpa Batas

Solidaritas tanpa batas. Apa arti solidaritas?secara sederhana menurut saya solidaritas adalah rasa kebersamaan, kesatuan kepentingan di balur dalam rasa simpati dalam satu komunitas atau gerombolan dalam wujud tindakan. Solidaritas ini mengacu pada hubungan antar individu dalam masyarakat. Misalnya solidaritas antar blogger dimana blogger satu memiliki tujuan sama diwujudkan dengan membentuk komunitas, satu sama lain terikat baik rasa, tujuan dan kepentingan.



Bicara masalah solidaritas tanpa batas, orang biasa-biasa saja lebih kuat solidaritasnya dari pada orang banyak kepentingan. Orang yang kepentingannya sama atau tujuannya sama, tidak banyak kepentingan solidaritasnya berpotensi tinggi tanpa batas. Salah satu contoh adalah klub CB 100 yang ada di Indonesia. Jika diundang oleh klub CB 100 diusahakan perwakilan akan datang entah itu dua orang atau lebih, tempatnya di luar kota, luar propinsi atau luar pulau sekalipun. Beberapa bulan belakangan ini di tahun 2013, sudah banyak sedulur CB 100 yang mengadakan acara dan dihadiri oleh klub di Jawa dan Bali. Acara CB MOBTA di Jogja April 2013 pasukan dari jawa timur mulai kabupaten Tuban, Blitar, Jember, Bojonegoro ikut hadir meramaikan suasana. Acara CB di Bali paling favorit bagi biker CB yang tergabung dalam klub cb. Beberapa acara di Jawa Timur juga di hadiri sedulur dari penjuru Jawa Tengah, Bali, Jawa Barat dan Jogja. Betapa solidaritas tanpa batas itu kelihatan sekali dengan semboyan Paseduluran sak lawase, balungan tuo tarikan dowo.

Jika di dalam rombongan tim turing ada yang trobel motor CB nya pasti yang lain akan menolong baik dengan memperbaiki atau di dorong sampai ada pertolongan yang memungkinkan. Cara mendorong motor CB pun cukup membahayakan karena mendorong motor CB dengan kecepatan diatas 80 kpj bahkan menyalip bis dengan kecepatan tinggi. Pengen merasakan turing dari jember menuju banyuwangi via gunung gumitir pulang menempuh jalan Hutan baluran. Dan si Gl Pro kehabisan bensin di km 8 hutan Baluran sedangkan panjang hutan baluran sekitar 22 km. Teman saya mendorong saya dengan kecepatan tinggi sebagai bentuk solidaritas, saya salut dengan rekan-rekan yang menerapkan solidaritas tanpa batas dari pada menolong tapi ada maksudnya.

Pada tulisan mas zachroni yang di muat dalam jurnal bebas KPK di website milik komunitas KPK juga menginspirasi tulisan ini. Bahwa KPK itu bukan ormas, dan sudah dijelaskan secara rinci pengertian dan sudut pandang undang undang atau hukum yang berlaku di indonesia. Solidaritas itu berkaitan dengan kesamaan pandangan, tujuan dan visi , jika salah satu melenceng pasti menolongnya karena pamrih mengharap imbalan.


66 komentar:

  1. Replies
    1. Yang terakhir siapa ya...(?)

      Delete
    2. detik ini sy yg terakhir, dan tetap aman2 saja, kang. laporan selesai.

      Delete
    3. aman tak aman tetp tenang, ntar kalau macet bakal didorong sama Pak Agus st

      Delete
    4. yang pertama dan terakhir silakan ke KUA bareng bareng hayoh

      Delete
  2. Bener ....ternyata saya pertama. Yang lain lewat ..... apalagi para sesepuh, makin lambat saja. Mending duduk manis ajah deh ....

    Hmm.... solidaritas yah judulnya? emang penting tuh.
    Betul ndak mas Brow semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... betul sih betul.
      tapi belum baca tuh..
      huhh

      Delete
    2. hehehehe.... ada yg keki neh dibilang sepuh *kaburrrr...

      Delete
    3. bukannya lamban, tapi yang sepuh ngalah, kan udah sering makan asam garam (rujak kaleee), biar yang muda duluan...

      Delete
    4. yang muda duluan terutama yang belum menikah biar ketok di depan ada yang naksir, gitu lhooooo maksudnyaaaah

      Delete
  3. betul mba...kalau nggak sama kita-kita sama siapa lagi, hadeuhhh pertamaxnya kena mba indah deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Lili ngomenin siapa sih? Mbak Agus? kalo Mbak Agus kayaknya lagi hiatus blognya.

      Delete
    2. haduh kok malah mbak agus, sekalian aja saya di kirimi rok dan lipstik

      Delete
    3. nah loh ketahian, trnyata mba lilis seprofesi ama mba agus ya. hayoo... ngaku aja. siang seh mas agus, kalo malem mba agis (plesetan nama agus).

      Delete
    4. hehehehe..mas rusdy mau gabung juga kan hayooh ngaku

      Delete
  4. hebat ya, buat komunitas CB 100...juga buat Komunitas Blogger KPK (eh, kok diindonesiakan sih-ben lah, saya lebih suka begini).

    tapi kalau didorong dengan kecepatan 80kpj...mending saya pulang naik bus saja (lho...nggak solid dong)---ngereeee kaleee, wong naik motor biasanya kecepatan maksimal cuma 50 kpj, nek ayah e wis mendekati 60 kpj, cubit...saya takut ngebut-ngebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngebut2 depan mbak khusna bisa dicubit nih..

      Delete
    2. cubit cubitaan oek.. cubit cubitan

      Delete
    3. kasihan ya mas berkah , pasti pinggangnya merah semua kena cubit

      Delete
  5. Klo solidaritas seperti gambar diatas wah sy takut bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya. baru kali ini ada superman takut..xixixi

      Delete
    2. Soalnya super man blum minum susu jadi takut

      Delete
    3. oh gitu ya, susu apaan mas yang di minum?

      Delete
  6. wah keren mas agus tentang solidaritas :)
    jangan lupa mampir ya diblog saya :)

    ReplyDelete
  7. Solidaritas tanpa batas adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan seharusnya kita sebagai sesama manusia mesti saling bahu membahu dan menjaga solidaritas.

    ReplyDelete
  8. Solidaritas ... :D Salut banget dengan komunitas CBnya mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua komunitas cb memang begini mas, hehehe

      Delete
  9. Bener banget mas, selain itu vespa juga kuat banget solidaritasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Club motor rata-rata solidaritasnya tinggi mas

      Delete
    2. kalau klub gerobak belum ada ya, hehe
      vespa juga tinggi solidaritasnya

      Delete
  10. top Mas. satu visi dan sama dalam komitmen solidaritas. dan kita mendambakan bersama, komunitas CB tidak hanya milik CB, tapi juga milik masyarakat umumnya. artinya kalo yang dapet alangan bukan komunitas CB pun, saya yakin anggota CB akan tetap menunjukkan komitmen solidaritasnya. duh indahnyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti mbak Indah ya bang

      Delete
    2. indahnya ya kalau seduluran, berarti inside looking out ya mas...dari dalam komunitas untuk masyarakat

      Delete
  11. asik ya Mas ikut turing luar kota. temannya banyak..

    asal jangan ikut-ikutan genk motor yang bikin resah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. macam genk kobra.
      yang paling enak itu ada yang buka jalan saya tinggal ikut saja, hehe

      Delete
  12. Solidaritas itu kepentingan tanpa pamrih ya mas..
    Wah salut saya buat cb 100 club, kompak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, tanpa pamrih dan satu visi serta tujuan

      Delete
  13. Wah ada geng motor.. hahah.
    Kalau komunitas macam CB, vespa, maupun motor2 lawas pasti solidaritasnya masih kenceng. Gk kenal aja kalau lewat sesama vespa sering saling sapa. Gut Job dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai ulung honda c70 sering disapa , hehehe

      Delete
  14. Replies
    1. nah ini salah satu penghuni klub motor

      Delete
  15. Gambarnya itu euy, solidaritasnya tanpa batas... Kalau dorong begitu, yang sebelah kanan lebih susah kalau nggak terbiasa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh betul mas, kaki juga terasa keju banget

      Delete
  16. wuihhh hebat, mas agus... seandainya ada dua orang lagi yg mendorong dua orang yg mendorong satu orang di depan itu, pasti kayak segitiga bentuknya dari atas, dan pasti habis tuh ruang jalan. jadi terus nyampe ke banyuwangi via gunung gumitir gak? semoga selamat di jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih pak ngebek ngebeki jalan, kalau ada kendaraan lain ya minggir pak, saya liwat jalur utara di situbondo, tidak liwat gumitir lagi, keliling gitu maksudnya

      Delete
    2. ngebek ngebeki jalan itu maksudnya apa kang agus? ra ngerti aku. maklum lah..

      Delete
    3. memenuhi space jalan raya mas rusdy, hehehe maaf kebiasaan pake bahasa daerah.

      Delete
  17. itu geng CB ya pak ?
    ternyata bisa membantu satu sama yang lain, ibarat pepatah mengatakan berat sama di pikul ringan sama di jinjing...hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. klub cb mbak bukan geng cb..jangan salah kira lho

      Delete
  18. Ada kesamaan, satu visi, satu misi, satu pandangan, satu cita-cita, hobby yang sama, tujuan yang sama, suku bangsa yang sama, agama yang sama, keyakinan yang sama dapat menjadi suatu 'ikatan' yang erat membentuk suatu 'komunitas'.

    Ada komunitas CB, C70, Motor Gede, sepeda kuno, mobil jadul di tanah air ini. Tentu ada ikatan diantara anggotanya untuk berbagi dan saling tolong-menolong. Melihat gambar diatas, menurut UU Lalu Lintas tampaknya tidak diperbolehkan !?

    Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pati tidak di perbolehkan karena ini darurat dan tidak berpotensi mengganggu lalu lintas libas saja mas, hehe

      Delete
  19. hahaha, sepeda motor roda enam, inovasi baru mas

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive