Home » » Cara Berpuasa yang Baik

Cara Berpuasa yang Baik

Puasa yang baik hanya Allah yang dapat menilai kualitas dan diterima atau tidaknya. Karena siapa saja bisa mengaku berpuasa tetapi tindakannya tidak mencerminkan orang berpuasa seperti menggunjing dan melakukan perbuatan mendekati hal yang membatalkan puasa. Cara berpuasa yang baik secara jasmani dan rohani memang sulit di lakukan karena menyangkut pengendalian hawa nafsu. Sebenarnya puasa itu berperang melawan hawa nafsu, mana yang dominan itu mencerminkan berhasil tidaknya puasa seorang individu. Misalnya saya ngaku berpuasa tetapi saya makan di dalam kamar mandi saat jam 8 pagi tidak ada yang tau, itulah mengapa puasa itu hanya Allah yang menilai. Jasadnya puasa tapi hatinya tidak itu juga tidak ada seorangpun yang mampu menilai.

Cara berpuasa yang baik itu harus benar-benar menjalankan ibadah puasa dengan niat karena Allah. Tidak mendekati atau melakukan hal hal yang dapat membatalkan puasa. Intinya selalu menjalankan amal sholeh sesuai syariat islam. Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah dengan memperbanyak dzikir atau mengingat Allah kapanpun dan dimanapun.

Dalam hal menjalankan dan memperbanyak amal sholeh tidak selalu harus pergi ke masjid, sholat, mengaji dan berdiskusi di dalam masjid. Bagaimana jika seorang tersebut seorang petani, pekerja, atau pedagang, semua profesi bisa menjalankan amar ma'ruf nahi munkar menurut keahliannya masing-masing. Seorang pedagang yang jujur dan ikhlas dalam melayani ditambah dengan berdzikir itu juga sudah termasuk ibadah. Seorang petani dengan niat bekerja di sawah karena Allah karena saya semua manusia bisa makan dengan berasa saya juga sudah di hitung ibadah. Jadi semua profesi bisa mendatangkan pahala asal di niatkan karena Allah. Cara berpuasa yang baik harus di barengi dengan niat yang benar karena Allah subahanahu wata'ala bukan karena yang lain selain Allah. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat islam di seluruh dunia.


128 komentar:

  1. Banyak orang yang berpuasa namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Alangkah bahagianya orang yang meningkat 'kapasitasnya' selama dan sehabis berpuasa Ramadhan. Selamat Berpuasa Ramadhan 1434 H.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah yuk saling mengingatkan mas,

      Delete
    2. puasa dah mau singgah
      yuk beribadah
      dg baik agar dapat berkah
      jadi ga hanya dapat lelah
      tapi dapat pahala berlimpah

      dan jangan marah-marah
      agar hari-hari kerasa indah

      Delete
    3. berkah itu datangnya karena ikhlas
      jadi yuk kita berpuasa tanpa kenal lelah

      Delete
  2. wah makasih ya mas agus :) semoga puasa tahun ini kita dapat full melaksanakannya :)

    ReplyDelete
  3. yah mudah2an saja bisa melakukan puasa dengan sebaik2nya dengan hati bersih dan ikhlas karena Allah.

    ReplyDelete
  4. makasih mas.. mudah mudahan dapat berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
  5. Bismillah...semoga selain puasa jasmani, nanti kita bisa memuasakan hati, jiwa, pikiran, hawa nafsu dan amarah...aamiin

    ReplyDelete
  6. Saya setuju bahwa menjalankan amal sholeh tidak hanya menjalankan kegiatan keagamaan di mesjid, tapi dapat dilakukan di mana saja, dan tentu saja niatkan karena Allah. Semoga puasa kita dapat diterima dan mendapat barokah serta ampunan dari Allah SWT.

    ReplyDelete
  7. saya mampir cuma mau nanya aja Mas. Email saya sudah masuk nggak Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketok pintu trus salam, pasti dipersilahkan masuk .. he he

      Delete
    2. kesayah mah belom kang...;o)

      Delete
    3. sudah masuk mas ks, terima kasih ya mas, atas atensinya,. hehehe

      Delete
  8. Replies
    1. besok boleh tanggal 10 juga boleh mas

      Delete
    2. yang penting puasanya kan mas

      Delete
    3. iya mas, kalo saya ikut yang duluan puasanya

      Delete
  9. perasa'an tadi pagi saya komen di bawah ini. tapi kemana ya, ko' ngilang?

    *mikir sambil pegang telinga.

    puasanya tuh besok apa besok lusa ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih ikut pemerintah mas, nanti malam jam 18.00 wib baru sidan isbat, tapi kemungkinan besar tanggal 10 juli mas

      Delete
    2. sama dengan kang KS, tadinya saya ge' mau protes....tapi berhubung mau puasa, saya diem azh.

      Delete
    3. hehehehe...kucingnya di latih gaalak kang jadi ketangkep dijebakan betmen

      Delete
    4. adem.. ndak ada yang marah dan protes

      Delete
    5. Patut dicontoh sama pejabat ya mang ..

      Delete
  10. Segala sesuatu dengan niat iklash karena Allah semua akan menjadi ibadah.
    Puasa akn menjadi puasa yang sebenarnya puasa setelah seorang dapat mewujudkan puasa dengan merasakan lapar dan dahaga bukan menahan lapar dan dahaga, sehinga seserang dapat merasakan apa yng dirasa saudaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya setuju banget ditambah top banget deh

      Delete
  11. jadi buat pedagang ubi macem sayapun ngga usah takut ngga lebagian pahala kan kang?...ya udah kalau gituh saya mau pulang dulu y, mau ngepaking ubi buat dikirim ke rumah kang agus ST.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas kardusnya jangan bolong kang, ntar kececer di jalan .. he he

      Delete
    2. alhamdulillah , dari niat saja sudah dihitung ya mas is?nanti kalau kerduse bolong mampir bantul dulu

      Delete
    3. kalau itu sih point banget mas

      Delete
    4. Asiik nih ada yang mau ngirim ubi cilembu... sekalian biji salaknya juga kang ( biji salak dari ubi cilembu hehehe)

      Delete
    5. yaa biji salak lagi, mang yono aja deh yang habisin biji salaknya

      Delete
  12. semoga selalu diberi kekuatan dan keikhlasan oleh Allah SWT sehingga puasa ditahun ini bisa 100% lancar

    ReplyDelete
  13. semoga lancar ya mas dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini :)

    ReplyDelete
  14. memang bener mas... berpuasa itu hanya Allah yang tau baik tidaknya.. karena kita sebagai manusia hanya berusaha menjalankan perintahnya..

    hawa nafsu memang sangat berat untuk di lawan.. karena memang kita hidup penuh dengan nafsu dunia... terkadang kita bisa menahan nafsu amarah. tapi kita kebobolan nafsu membicarakan orang dll..

    semoga puasa kali ini kita selalu di beri kekuatan lahir dan batin untuk melawan hawa nafsu.. amin yarobal alamin....

    wah sudah kayak pak ustazd saya ya mas. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada ustadz anyaran ini ketoknya, tapi bagus mas, itu sama dengan berlomba dalam kebaikan mengingatkan yang lupa

      Delete
  15. Berpuasa tapi masih merasa bersalah kepada orang lain apakah bisa diterima puasanya ga ya mas agus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. merasa bersalah dan ingin segera meminta maaf itu bagus mas, diterima tidaknya hanya Allah yang tahu mas, kalau meminta maaf itu bagus

      Delete
  16. Setuju... Cara berpuasa yang baik itu harus benar-benar menjalankan ibadah puasa dengan niat karena Allah. Jangan berpuasa karena mertua, istri, pacar, temen di kantor atau tukang kolak heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe..mamang pinter deh, ini baru guru saya

      Delete
  17. ok sipmas bisa buat bahan ceramah kalo habis sholat tarawih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tukang ngisi kolah buat wudhu aja Mas..

      Delete
    2. saya jadi tukang parkirnya aja

      Delete
  18. alhamdulillah, bisa buat bekal puasa mas

    ReplyDelete
  19. met nunaikan ibadah puasaaa....

    ReplyDelete
  20. Terima kasih Mas Agus telah berbagi Tutorial Puasanya, sekarang tinggal tergantung kita bagaimana mengeditnya, semoga editannya adalah meningkatnya kualitas ibadah kita ϑĭ bulan Ramadhan, sesudahnya dan seterusnya. Mohon Maaf Lahir Dan Bathin, selamat menunaikan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lahir batin juga mas boku, terima kasih atas kunjungannya , nanti saya polbek dan jom balik lho ya

      Delete
  21. insya allah selama bulan puasa saya akan ngeblog sambil beristighfar, hehe :D

    ReplyDelete
  22. di indonesia ada tradisi yang namanya ngabuburit, biasanya ini yg bisa membatalkan puasa kalau tidak bisa menjaga mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ini pengalaman pribadi ya .. he he

      Delete
    2. apalagi ngabuburit di pinggir kali sambil bawa binucular, ini kerjaan siapa hayooo?

      Delete
  23. selamat menunaikan ibadah puasa bagi yg menjalankan, beribdahlah akrena allah dan nawaitulah juga karena allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat berpuasa bagi yang menjalankan hari ini

      Delete
  24. Mohon maaf lahir batin kang... maaf nih bru nongol lagi... mudaha2an ramadhan th ini bisa menjadi ramadhan yang paling berkesan dan semua amal ibadah bisa diterima baik oleh Alloh SWT... met menunaikan ibadah puasa kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling bermaafan memang enak ya mas

      Delete
  25. selalu ketinggalan info, selamat berpuasa dan maaf lahir batin ya mas, mudah-mudahan saja kita mampu melaksanakannya, dan terima kasih atas tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial puasa yang sederhana ya mas, hehe

      Delete
  26. alhamdulillah bisa menimba ilmu yang cukup disini.. makasih mas :) selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  27. kalo cara tidak puasa yang baik dan benar kupiye, om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. poso tapi mendem nok ngisor barongan mas

      Delete
    2. wah jurusan slangkangan meneh ki mesti..?
      tar tunggu buka, om...

      Delete
  28. Kalau sudah menyangkut nafsu emang susah mas, pengendaliannya perlu kekuatan hati. Selalu ingat kepada Allah SWT merupakan salah satu cara paling efektif agar kita tidak terlalu mengikuti hawa nafsu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, hawa nafsu itu susah di kendalikan tapi bisa kok dan nanti kalau sukses menang di hari raya kita layak merayakan kemenangan

      Delete
  29. Yup, kalau saya sih mending tidur siang terus kalau listrik dipadamkan mulu pas siang hari.

    ReplyDelete
  30. Selamat menunaikan ibadah puasa mas agus, semoga puasanya gak ada yg bolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga tidak nyumet mercon di rumah orang

      Delete
  31. baik ga ya

    jika...

    memberi ucapan kata
    dan yang menerima
    merasa bahagia

    aku rasa baik dan berguna
    karena membuat orang lain gembira
    kita dapat bahagia

    salam puasa !

    ReplyDelete
  32. bagi saya hal yang paling berat dalam berpuasa itu bukan menahan haus dan lapar, tapi mengendalikan emosi :)
    itulah yang menjadi PR buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masuk hawa nafsu, nafsu amarah itu memang sulit di kendalikan, yuk kita belajar

      Delete
  33. wah tak terasa besok puasa.
    Maaf jika ada salah salah
    Marhabban ya ramadhan
    mohon maaf atas semua dosa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohom maaf juga atas kesalahan saya mas

      Delete
  34. sejuk sekali postingannya Mas. saya mengucapkan selamat Ramadhan, maaf lahir batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya juga mohon maaf atas kesalahan saya

      Delete
  35. mlm ini mulai saur hari pertama, selamat berpuasa buat yang menjalankanya,semoga ibadah puasa kita di terima Allah SWT
    amin...

    ReplyDelete
  36. thanks infonya http://www.serverberita.com/

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive