Gambar Lokomotif Kereta Api ini saya sajikan untuk menambah wawasan tentang kereta api, khususnya
kang cilembu ubi. Dalam postingan beliau sempat menulis sekelumit tentang kesuksesan dirut dari GE atau General Elektrik Amerika sana yang kebetulan juga memproduksi lokomotif kereta api yang di gunakan di Indonesia. Lokomotif kereta api di Indonesia selalu di tulisi plat nomor seperti CC201 83 48 dan juga dari dipo induk mana. Dipo induk ini merupakan kandangnya lokomotif, sedangkan dipo induk kereta api di Indonesia meliputi daerah operasional. Untuk kereta Api ekonomi ditarik dengan lokomotif dengan seri CC 201 sedangkan untuk kereta api eksekutif ditarik dengan lokomotif berseri CC203 dan CC204. Untuk CC206 yang akhir tahun kemarin baru di datangkan dari GE Amerika sana untuk menarik kereta barang atau kereta antaboga, sedangkan lokomotif CC300 buatan dalam negeri entah kemana kabarnya.
Daereah Operasi I Jatinegara dengan dipo lokomotif DIPO INDUK JNG
Daerah Operasi II Bandung dengan dipo Lokomotif DIPO INDUK BD
Daerah Operasi III Cirebon : DIPO INDUK CN
Daerah Operasi IV Semarang dengan dipo induk lokomotif semarang poncol DIPO INDUK SMC
Daerah Operasi V Purwokerto : DIPO INDUK PWT
Daerah Operasi VI Yogyakarta : DIPO INDUK YK
Daerah Operasi VII Madiun : DIPO INDUK MN
Daerah Operasi VIII Surabaya : Dipo induk lokomotif Sidotopo DIPO INDUK SDT
Daerah Operasi IX Jember : DIPO INDUK JR
Dipo Lokomotif di daerah Sumatera :
Dipo Lokomotif Tanjung karang : DIPO INDUK TNK
Dipo lokomotif Kertapati : DIPO INDUK KPT
Dipo Lokomotif Padang : DIPO INDUK PD
Dipo Lokomotif Medan : DIPO INDUK MDN
Dipo Lokomotif Lubuk Linggau : DIPO INDUK LLG
Untuk memperbesar gambar silakan di klik
Demikian
gambar lokomotif kereta api yang dapat saya sajikan semoga bermanfaat.
petromakin lagi yeee :D hhahaha
ReplyDeleteselamat yah bro :p
Deletewah mas agus ini kerja di stasiun tah mas kok tau tentang perkereta apian :) :p
Deletepetromaksnya di pegan ya, nanti direbut orang lho..
Deletesaya tiap hari naik kereta kok mas, liwat stasiun sepanjang sana mas, deket rumahnya mas dwi ya
xixixi okeh siiaap :p
Deletewalah :D kalo sepanjang itu sekolahan saya mas :p rumah saya di trosobo :p tapi dilewatin juga sih :D hhehehe
memang kereta api pakai pertamax... ndak kaliii
Deletekan kereta api nya disubsidi pemerintah :p
Deletekereta api ekonomi jarak jauh sekarang non subsidi mas, untuk kereta lokal masih subisidi sebentar lagi mau di cabut, tapi semoga tidak lah.
Deletegak percaya? tiket kereta sekarang naik 300 % cobe cek di website KAI untuk kereta sekelas gayabaru surabaya jakarta yang semula 38 ribu sekarang jadi 110 ribu
keren keren bang :)
ReplyDeletesiapa dulu dong temannya
DeleteHerman lagi males y?
Deletelagi mules mungkin
DeleteNyimak dan berkomentar dulu ah
ReplyDeletelagi males ya,
Deleteini juga lagi mules kang
Deletehaha sama mi dgn la herman..
Deletebeuh
Deleteimpas tandas des..des...des...hutangnya kang...malah saya balik yang punya hutang...hehehe
ReplyDeletesalut dan acung jempol dengan kegigihan kang agus dalam rangka memposting tentang GE nya, sampe saya teh ng'bayangin..harus berapa lama akang berdiri dipinggir rel menunggu kereta yang berbeda lewat...coba bayangin....pasti mirip orang yang siap terjun bunuh diri kan, berlama2 berdiri dideket rel...untungnya ngga ada satpam yang merhatiin, bisa dicurigai kan?!
GE emang keren, mirip adminnya
mas agus jempol dah... mungkin seharian kale nunggu kereta lewat, apalagi kalau 1 kereta terlambat 2 jam, kata kang iwan mas... kata kang iwan... hehehe
Deletealhamdulillah lunas nih...hehehe
Deletekalau buat kang lembu sing apa yang tidak, panas - panas tetep saya fotokan tho lha wwong tinggal memfoto saja kok, hehe. terima kasih kang .
nah itu dia yang bikin jatah sarapan saya waktu sebelum puasa jadi nambah , sementara berat badan tidak nambah, kasihan kan saya
saya jadi pengen naikin mamang hadi sama mamang yono ke kereta.
Deletekereta dorong.
habis itu dijual...
Deleteapa gak di cemplungkan ke kali saja
Deletehush ga sopan...
Deleteemang ga tahu kalo si amang lembu itu sunan kalijodo..?
berarti jodonya dari kali dong, conto : ibu ibu mandi
Deleteternyata kereta api juga ada nomor serinya ya mas... terus nomor kier nya pasti ada juga kan... maklum belum pernah naik kereta api...
ReplyDeletekalau kereta kuda udah mang?...belom juga?...hadeuh..terus kereta apaan yang udah mamang naekin coba?
Deleteiya mang, arti dari nomer seri itu saya belum tau , kalau CC 201 atau 204 itu beda di teknologi lebih bagus yang 204, saat di pakai menarik gerbong ekonomi juga terasa beda mang, enak banget
Deletemungkin mang yono sering kuda kudaan ya
mamang yono naik kereta dorong berdua mamang hadi, saya yang ndorong. ke kali.
Deleteha ha ha asli, saya geli, membayangkan Pak Ci dan Mang Yono dicemplungkan ke kali sama Pak Zach...kasian banget ya mereka...masa kecil kurang bahagia.
Deletesaya mendorong siapa dong ?
Deletedorong kang zach azh kang agus mah...kita berdua kan berat....biar KK yangg nonton kita berempat.
Deletetrus yang mau keluar besok malem nomernya berapa..?
Deleteyang 3 angka apa 4 angka saja biar dapetnya banyak...
mang lembu : yuk main air biar adem
Deletemas rawins : yang walikan dapatnya cuma 10 ribu gak asik.
kereta api nya imut2 ^_^
ReplyDeletekayak saya dong
Deletesaya, tepatnya
Deleteya sudah, stok imut saya masih banyak tak kasihkan mas zach saja yang belum imut,
Deletehihihihi
pengen banget saya cium tuh kepala kereta api nya.
ReplyDeleteasal jangan pas jalan lho
Deletenanti menyonyo
Deletedan juga lambenya ndomble
Deleteinilah enaknya punya teman ahli perkeretaapian, jadi banyak wawasan tentang kereta api. coba saya nggak blog-blogan, nggak bakalan ngerti deh...
ReplyDeletekeren koleksi fotonya Pak Agus...
tidak enaknya ya updatenya tidak terlalu jauh dengan kereta api, hehehe
Deletealhamdulillah mbak khusna pangestune
fotonya Pak Agus?
Deleteehmm... ehm...
lokomotifnya Pak Zach...lokomotifnyaaaa
Deletewooiiiii mas zach fotonyaaaaaaaaaaaah..bukan foto sayaaaaaah...
Deleteawas ada pancii melayang
hahah... kirain poto saya
Deletefoto om agus juga keren
Deleteitu yang kemaren tak aplut di jurnal
yang pake celana merah...
mang yono : foto mamang itu foto model
Deletemas rawins : yiaah itu kan meresapi mas, ikrik gitu lhoo
wah wah.. beneran nih.. mas agus anggota perkeretaan ya..? kok saya perhatikan, dari mulai tiket, tujuan kereta, dan beberapa kereta mas agus hafal semua... hehehehe
ReplyDeletekalau menggemari kereta tidak tau informasi kereta namanya bukan penggemar mas, hehehe
Deletesaya anggota pengguna kereta api saja tidak terikat komunitas indonesia railfans
kalo anggota KPK, iya
Deletekeren kan, KPK
Deletewah akhir2 ini sering bahas kereta api, mas. Ada apa hhe
ReplyDeletekarena tiap hari dari pagi buta dan sore buta saya naik kereta mas, hehe
Deletesaya malam buta malah
Deletepagi buta kerja lagih ya ,belum siskamling dini hari buta
DeleteKayaknya anak saya yang kedua bakalan seneng kalo saya kenalkan ke Sampeyan Mas. Lha wong dia itu, di saat temennya bacaannya Bobo Junior sama Mombi, dia langganan Majalah KA, je.
ReplyDeletetuh kan, kerennya Agree
Deletelha kok malah seribu langkah lebih maju ya mas, pasti pengetahuan saya kalah deh, soalnya saya jarang baca sih
DeleteGak ngerti soal kereta api, taunya cuma liatin doang hehehe
ReplyDeletegaul dong
Deleteenak dilihatin aja mbak dari pada tidak di lihatin
Deletekalo ga gaul, kudu digaulin dong..?
Deletesaya tidak mau mas, masak jeruk ketemu jeruk
Deletecoba deh ambil gambar yg pas 1meter depan lokomotif kereta api yg lagi jalan. pasti asyik
ReplyDeleteitu namanya tiket menuju surga mas
DeleteNambah pengetahuan tentang lokomotif kereta api indonesia :D
ReplyDeleteMas Agus ndirikan museum atau monumen sepur aja Mas, nyaingi monumen Kapal Selam surabaya..
Deletemonumen sepurnya di mbondowoso sana mas, hehe
DeleteFoto dalemnya mana mas, kok gak difoto sekalian :)
ReplyDeletekira-kira nyaman gak ditumpangi.
foto gerbongnya ya mas?kalau dalamnya lokomotif ya gak boleh mas, kalau dalemnya gerbong menarik sekali
DeleteSebagai tempat wisata..:)
Deletefoto dalemannya om agus..?
Deletekalo foto si om lagi garukin daleman, aku malah punya...
mas boku : sebagai tempat ngabuburit lah.
Deletemas rawins : dalemannya mak mak ada gak ? pasti yang pakai suwal merah kan
pancen masinis karo lokomotifer...
ReplyDeletedan juga cb er gl er apalagi ya mas ?hehe
DeleteHonda 70 er, Blog er, tapi jangan suka nyek er lho Mas, ndak midak paku payung, sikile mlenthung..:)
Deletenek midak paku payung engko eker karepe dewe klaranen
Deletemasinis po pak ?
ReplyDeleteManis manja Group Mbak Iis..:)
Deletemasumringah, bu...
Deletega pernah sinis dia...
penumpang mbak, sukanya nggandol loko, hehehe
Deletemanis dan gurih nikmat katanya.
mas rawins : mas selengekan
sepor iku enek kernete nggak Mas?
ReplyDeletetar kalau mo mudik saya mau naik kereta api Argopuro - peti kemas.
Sepur kluthuk Bli, dari sempu BWI turun di Kalisat Jember..:) Bli mudik nggak dari Denpasar, kalau mudik ke Jember mampir ya Bli,..
Deletekernete ada mas asisten masinis, hehehe
Deletelho ada tha kereta argopuro juurusan mana mas ?
mas boku : pemandangan di kalisat bagus mas, apalagi plalangan top sekali
Kalau saya SD dulu sukanya nggambar gunung sama sepur nembus trowongan di gunung kumitir jember..
ReplyDeletenamnay terowongan mrawan hampir 1 km panjangnya, hehe
Deleteselama ane hiup belum sekalipun ane naik kereta cz di tempat saya tidak keretanya
ReplyDeletebolehlah nanti naik kereta api mas, enak kok
Deletesatu satunya yang aku ga mudeng itu dipo mana ya sdt itu
ReplyDeletekirain sekolah dasar terpadu...
pantesan situ hobinya pake dasi merah kalo di rumah
Deletesdt itu sidotopo mas, daerah surabaya sana,
Deleteuntung bukan idt ya mas, impres desa tertinggal
Mau mudik naik kereta tapi udah kehabisan tiket nih
ReplyDeleteekonomi sudah penuh mas, h-90 bisa dipesan sih
DeleteTernyata kode dari setiap loko merupakan ciri khas pembuatannya ya Kang. Selama ini saya pikir semua kereta yang loko buatan dari eropa. Ternyata dari artikel ini yang berkode CC300 buatan dalam negeri. Tapi sayang kenapa tidak di kembangkan ya Mas, malah menghilng. Semoga ada kebijakan yang dapat mengatur dan mengarahkan hasil produk dalam negeri untuk ikut andil dalam dunia transportasi perkereta apian di Indonesia.
ReplyDeleteSalam wisata
baru diujicoba tahun kemarin dan banyak mogoknya, untuk tanjakan cc300 ini tidak kuat, tapi mesinnya sudah di atas,anti banjir
DeleteLokomotif-nya di cat pink baru cakep mas, hehehe
ReplyDeletedi cat doreng aja sekalian mirip semak semak
Deletelokomotif indonesia sudah tua-tua semua ya :-)
ReplyDeletecc300 =2012 buatan inka madiun
Deletecc206 = 2012 didatangkan daari GE Amrik
pengen deh naik kereta :D
ReplyDeletemonggo mas di coba naik kereta api
Deleteseumur hidup baru naik kerta satu kali , jadi kangen
ReplyDeleteyuk mudik dengan kereta api
Delete