Gambar Lokomotif Kereta Api ini saya sajikan untuk menambah wawasan tentang kereta api, khususnya kang cilembu ubi. Dalam postingan beliau sempat menulis sekelumit tentang kesuksesan dirut dari GE atau General Elektrik Amerika sana yang kebetulan juga memproduksi lokomotif kereta api yang di gunakan di Indonesia. Lokomotif kereta api di Indonesia selalu di tulisi plat nomor seperti CC201 83 48 dan juga dari dipo induk mana. Dipo induk ini merupakan kandangnya lokomotif, sedangkan dipo induk kereta api di Indonesia meliputi daerah operasional. Untuk kereta Api ekonomi ditarik dengan lokomotif dengan seri CC 201 sedangkan untuk kereta api eksekutif ditarik dengan lokomotif berseri CC203 dan CC204. Untuk CC206 yang akhir tahun kemarin baru di datangkan dari GE Amerika sana untuk menarik kereta barang atau kereta antaboga, sedangkan lokomotif CC300 buatan dalam negeri entah kemana kabarnya.

Daereah Operasi I Jatinegara dengan dipo lokomotif DIPO INDUK JNG
Daerah Operasi II Bandung dengan dipo Lokomotif DIPO INDUK BD
Daerah Operasi III Cirebon : DIPO INDUK CN
Daerah Operasi IV Semarang dengan dipo induk lokomotif semarang poncol DIPO INDUK SMC
Daerah Operasi V Purwokerto : DIPO INDUK PWT
Daerah Operasi VI Yogyakarta : DIPO INDUK YK
Daerah Operasi VII Madiun : DIPO INDUK MN
Daerah Operasi VIII Surabaya : Dipo induk lokomotif Sidotopo DIPO INDUK SDT
Daerah Operasi IX Jember : DIPO INDUK JR

Dipo Lokomotif di daerah Sumatera :
Dipo Lokomotif Tanjung karang : DIPO INDUK TNK
Dipo lokomotif Kertapati : DIPO INDUK KPT
Dipo Lokomotif Padang : DIPO INDUK PD
Dipo Lokomotif Medan : DIPO INDUK MDN
Dipo Lokomotif Lubuk Linggau : DIPO INDUK LLG

Untuk memperbesar gambar silakan di klik









Demikian gambar lokomotif kereta api yang dapat saya sajikan semoga bermanfaat.



107 komentar:

  1. petromakin lagi yeee :D hhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mas agus ini kerja di stasiun tah mas kok tau tentang perkereta apian :) :p

      Delete
    2. petromaksnya di pegan ya, nanti direbut orang lho..
      saya tiap hari naik kereta kok mas, liwat stasiun sepanjang sana mas, deket rumahnya mas dwi ya

      Delete
    3. xixixi okeh siiaap :p


      walah :D kalo sepanjang itu sekolahan saya mas :p rumah saya di trosobo :p tapi dilewatin juga sih :D hhehehe

      Delete
    4. memang kereta api pakai pertamax... ndak kaliii

      Delete
    5. kan kereta api nya disubsidi pemerintah :p

      Delete
    6. kereta api ekonomi jarak jauh sekarang non subsidi mas, untuk kereta lokal masih subisidi sebentar lagi mau di cabut, tapi semoga tidak lah.
      gak percaya? tiket kereta sekarang naik 300 % cobe cek di website KAI untuk kereta sekelas gayabaru surabaya jakarta yang semula 38 ribu sekarang jadi 110 ribu

      Delete
  2. impas tandas des..des...des...hutangnya kang...malah saya balik yang punya hutang...hehehe
    salut dan acung jempol dengan kegigihan kang agus dalam rangka memposting tentang GE nya, sampe saya teh ng'bayangin..harus berapa lama akang berdiri dipinggir rel menunggu kereta yang berbeda lewat...coba bayangin....pasti mirip orang yang siap terjun bunuh diri kan, berlama2 berdiri dideket rel...untungnya ngga ada satpam yang merhatiin, bisa dicurigai kan?!
    GE emang keren, mirip adminnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas agus jempol dah... mungkin seharian kale nunggu kereta lewat, apalagi kalau 1 kereta terlambat 2 jam, kata kang iwan mas... kata kang iwan... hehehe

      Delete
    2. alhamdulillah lunas nih...hehehe
      kalau buat kang lembu sing apa yang tidak, panas - panas tetep saya fotokan tho lha wwong tinggal memfoto saja kok, hehe. terima kasih kang .
      nah itu dia yang bikin jatah sarapan saya waktu sebelum puasa jadi nambah , sementara berat badan tidak nambah, kasihan kan saya

      Delete
    3. saya jadi pengen naikin mamang hadi sama mamang yono ke kereta.
      kereta dorong.

      Delete
    4. apa gak di cemplungkan ke kali saja

      Delete
    5. hush ga sopan...
      emang ga tahu kalo si amang lembu itu sunan kalijodo..?

      Delete
    6. berarti jodonya dari kali dong, conto : ibu ibu mandi

      Delete
  3. ternyata kereta api juga ada nomor serinya ya mas... terus nomor kier nya pasti ada juga kan... maklum belum pernah naik kereta api...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kereta kuda udah mang?...belom juga?...hadeuh..terus kereta apaan yang udah mamang naekin coba?

      Delete
    2. iya mang, arti dari nomer seri itu saya belum tau , kalau CC 201 atau 204 itu beda di teknologi lebih bagus yang 204, saat di pakai menarik gerbong ekonomi juga terasa beda mang, enak banget
      mungkin mang yono sering kuda kudaan ya

      Delete
    3. mamang yono naik kereta dorong berdua mamang hadi, saya yang ndorong. ke kali.

      Delete
    4. ha ha ha asli, saya geli, membayangkan Pak Ci dan Mang Yono dicemplungkan ke kali sama Pak Zach...kasian banget ya mereka...masa kecil kurang bahagia.

      Delete
    5. saya mendorong siapa dong ?

      Delete
    6. dorong kang zach azh kang agus mah...kita berdua kan berat....biar KK yangg nonton kita berempat.

      Delete
    7. trus yang mau keluar besok malem nomernya berapa..?
      yang 3 angka apa 4 angka saja biar dapetnya banyak...

      Delete
    8. mang lembu : yuk main air biar adem
      mas rawins : yang walikan dapatnya cuma 10 ribu gak asik.

      Delete
  4. Replies
    1. ya sudah, stok imut saya masih banyak tak kasihkan mas zach saja yang belum imut,
      hihihihi

      Delete
  5. pengen banget saya cium tuh kepala kereta api nya.

    ReplyDelete
  6. inilah enaknya punya teman ahli perkeretaapian, jadi banyak wawasan tentang kereta api. coba saya nggak blog-blogan, nggak bakalan ngerti deh...

    keren koleksi fotonya Pak Agus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak enaknya ya updatenya tidak terlalu jauh dengan kereta api, hehehe
      alhamdulillah mbak khusna pangestune

      Delete
    2. fotonya Pak Agus?
      ehmm... ehm...

      Delete
    3. lokomotifnya Pak Zach...lokomotifnyaaaa

      Delete
    4. wooiiiii mas zach fotonyaaaaaaaaaaaah..bukan foto sayaaaaaah...
      awas ada pancii melayang

      Delete
    5. foto om agus juga keren
      itu yang kemaren tak aplut di jurnal
      yang pake celana merah...

      Delete
    6. mang yono : foto mamang itu foto model
      mas rawins : yiaah itu kan meresapi mas, ikrik gitu lhoo

      Delete
  7. wah wah.. beneran nih.. mas agus anggota perkeretaan ya..? kok saya perhatikan, dari mulai tiket, tujuan kereta, dan beberapa kereta mas agus hafal semua... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menggemari kereta tidak tau informasi kereta namanya bukan penggemar mas, hehehe
      saya anggota pengguna kereta api saja tidak terikat komunitas indonesia railfans

      Delete
  8. wah akhir2 ini sering bahas kereta api, mas. Ada apa hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tiap hari dari pagi buta dan sore buta saya naik kereta mas, hehe

      Delete
    2. pagi buta kerja lagih ya ,belum siskamling dini hari buta

      Delete
  9. Kayaknya anak saya yang kedua bakalan seneng kalo saya kenalkan ke Sampeyan Mas. Lha wong dia itu, di saat temennya bacaannya Bobo Junior sama Mombi, dia langganan Majalah KA, je.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha kok malah seribu langkah lebih maju ya mas, pasti pengetahuan saya kalah deh, soalnya saya jarang baca sih

      Delete
  10. Gak ngerti soal kereta api, taunya cuma liatin doang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dilihatin aja mbak dari pada tidak di lihatin

      Delete
    2. kalo ga gaul, kudu digaulin dong..?

      Delete
    3. saya tidak mau mas, masak jeruk ketemu jeruk

      Delete
  11. coba deh ambil gambar yg pas 1meter depan lokomotif kereta api yg lagi jalan. pasti asyik

    ReplyDelete
  12. Nambah pengetahuan tentang lokomotif kereta api indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Agus ndirikan museum atau monumen sepur aja Mas, nyaingi monumen Kapal Selam surabaya..

      Delete
    2. monumen sepurnya di mbondowoso sana mas, hehe

      Delete
  13. Foto dalemnya mana mas, kok gak difoto sekalian :)
    kira-kira nyaman gak ditumpangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto gerbongnya ya mas?kalau dalamnya lokomotif ya gak boleh mas, kalau dalemnya gerbong menarik sekali

      Delete
    2. foto dalemannya om agus..?
      kalo foto si om lagi garukin daleman, aku malah punya...

      Delete
    3. mas boku : sebagai tempat ngabuburit lah.
      mas rawins : dalemannya mak mak ada gak ? pasti yang pakai suwal merah kan

      Delete
  14. pancen masinis karo lokomotifer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga cb er gl er apalagi ya mas ?hehe

      Delete
    2. Honda 70 er, Blog er, tapi jangan suka nyek er lho Mas, ndak midak paku payung, sikile mlenthung..:)

      Delete
    3. nek midak paku payung engko eker karepe dewe klaranen

      Delete
  15. Replies
    1. Manis manja Group Mbak Iis..:)

      Delete
    2. masumringah, bu...
      ga pernah sinis dia...

      Delete
    3. penumpang mbak, sukanya nggandol loko, hehehe
      manis dan gurih nikmat katanya.
      mas rawins : mas selengekan

      Delete
  16. sepor iku enek kernete nggak Mas?

    tar kalau mo mudik saya mau naik kereta api Argopuro - peti kemas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepur kluthuk Bli, dari sempu BWI turun di Kalisat Jember..:) Bli mudik nggak dari Denpasar, kalau mudik ke Jember mampir ya Bli,..

      Delete
    2. kernete ada mas asisten masinis, hehehe
      lho ada tha kereta argopuro juurusan mana mas ?
      mas boku : pemandangan di kalisat bagus mas, apalagi plalangan top sekali

      Delete
  17. Kalau saya SD dulu sukanya nggambar gunung sama sepur nembus trowongan di gunung kumitir jember..

    ReplyDelete
    Replies
    1. namnay terowongan mrawan hampir 1 km panjangnya, hehe

      Delete
  18. selama ane hiup belum sekalipun ane naik kereta cz di tempat saya tidak keretanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bolehlah nanti naik kereta api mas, enak kok

      Delete
  19. satu satunya yang aku ga mudeng itu dipo mana ya sdt itu
    kirain sekolah dasar terpadu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan situ hobinya pake dasi merah kalo di rumah

      Delete
    2. sdt itu sidotopo mas, daerah surabaya sana,
      untung bukan idt ya mas, impres desa tertinggal

      Delete
  20. Mau mudik naik kereta tapi udah kehabisan tiket nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekonomi sudah penuh mas, h-90 bisa dipesan sih

      Delete
  21. Ternyata kode dari setiap loko merupakan ciri khas pembuatannya ya Kang. Selama ini saya pikir semua kereta yang loko buatan dari eropa. Ternyata dari artikel ini yang berkode CC300 buatan dalam negeri. Tapi sayang kenapa tidak di kembangkan ya Mas, malah menghilng. Semoga ada kebijakan yang dapat mengatur dan mengarahkan hasil produk dalam negeri untuk ikut andil dalam dunia transportasi perkereta apian di Indonesia.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru diujicoba tahun kemarin dan banyak mogoknya, untuk tanjakan cc300 ini tidak kuat, tapi mesinnya sudah di atas,anti banjir

      Delete
  22. Lokomotif-nya di cat pink baru cakep mas, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cat doreng aja sekalian mirip semak semak

      Delete
  23. lokomotif indonesia sudah tua-tua semua ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cc300 =2012 buatan inka madiun
      cc206 = 2012 didatangkan daari GE Amrik

      Delete
  24. seumur hidup baru naik kerta satu kali , jadi kangen

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top