Home » , » Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara balik nama motor yang paling mudah dan murah dengan mengurus sendiri porses balik nama motor di samsat setempat. Proses balik nama motor Honda Gl Pro 1991 milik saya yang aslinya bernama sesuai KTP saya, di balik nama menjadi nama KTP adik saya. Mengapa saya mem "balik nama motor" Gl Pro ke adik saya? Jawaban sederhana saya adalah tidak ingin ribet harus mengurus cabut bendel atau mutasi surat-surat sepeda motor dari Tuban ke Mojokerto. Karena saya sudah berdomisili di Mojokerto, ber KTP dan ber KK mojokerto. Waktu dan jarak yang menjadi kendala buat saya yang dasarnya tidak mau ribet dalam mengurus surat-surat sepeda motor (stnk dan Bpkb). Alasan kedua saya membalik nama Gl Pro yaitu ingin tetap menjalin silaturohim dengan keluarga di Tuban, dengan demikian paling sedikit satu tahun dua kali saya harus pulang ke Tuban untuk mengurus pajak tahunan Stnk selain mudik ke Tuban hari raya idul fitri.

Berikut langkah cara balik nama motor : 1. Beli Formulir di Samsat (sudah di pandu oleh petugas) yang di isi data sepeda motor nomor mesin dan nomor rangka. Perlu cek fisik nomor mesin dan cek fisik nomor rangka oleh petugas (memberi uang ke petugas cek fisik sak ikhlase).

2. Siapkan fotokopi Stnk dan Bpkb rangkap 3 (tiga) tergantung samsat masing-masing. Samsat Tuban minta tiga lembar. Usahakan fotokopi di dekat rumah saja, kalau fotokopi didalam area samsat sangat mahal harga per lembarnya.

3. Berkas cek fisik tersebut di serahkan ke loket dalam hal ini loket Balik Nama. Sambil menunggu antrian kira-kira setengah jam.

4. Bayar pajak tahunan dan bayar bea Balik Nama motor. Untuk periode juli sampai september 2013 seluruh Jawa Timur bebas Bea Balik Nama dan juga denda bebas denda pajak.

5. Tidak sampai satu jam berkas sudah jadi berupa BPKB baru, Stnk Baru, kuitansi pajak baru dan plat nomor baru.

Biaya Balik Nama motor.

1. Pembelian Formulir 20.000 ditambah biaya cek fisik sukarela 5.000
2. Fotokopi STNK, KTP, BPKB, Surat jual beli dan materai 36.000 (disamsat tuban)
3. Biaya penggantian BPKB (karena BPKB Gl Pro 1991 model lama, diganti baru) 80.000
4. Pajak Honda Gl Pro 1991 105.000 (pajak mengalami kenaikan)
5. Parkir dan uang bensin jika diperlukan, 20.000
6. Bea Balik Nama Gratis karena ada program pemutihan|klik dari pemprov jatim.

Cara balik nama motor ini tidak memakan waktu satu hari penuh, total mulai awal fotokopi, cek fisik kendaraan dan antri di loket pembayaran tidak sampai 2 jam. Sungguh mudah mengurus balik nama motor sendiri tanpa campur tangan orang lain. Demikian sedikit sharing cara balik nama motor dengan mudah dan murah karena di lakukan sendiri.

80 komentar:

  1. eehh, gampang ternyata ya Pak. Nggak mahal-mahal juga. Bisa dong motor saya itu dibalik nama...eh apa bisa ya, soalnya KTP kami kan Jogja, sementara motornya asli Riau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha memang tidak mahal, yang bikin mahal ternyata ongkos biro jasa nya mbak, hehehe
      kalau bisa pinjem ktp tetangga atau orang yang sudah dipercaya aja mbak biar tidak jauh-jauh.

      Delete
    2. padahal suami saya kalau mau minjem KTP, kangsenan-nya sampai berkali-kali, susah mencari waktu yang klop untuk ketemuan sama beliau yang punya KTP je Pak...melas

      Delete
    3. pinjem ktp ku saja gimana, bu..?
      ada tiga biji nih tinggal pilih yang jakarta, cilacap apa jogja :D

      Delete
  2. kenapa harus dibalik sih namanya mas? Agus setya jadi setya agus, gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa ngalam lagi nih..hehehe

      Delete
    2. nah bahasa ngalam lagi muncul..
      hehehe. selain lol, rol juga boleh

      Delete
    3. saya baca balik nama di kolom komentar ini harus bawa cermin ternyata... ckckck

      Delete
    4. cerminnya juga harus di balik mang

      Delete
    5. sinih biar saya yang bacakan, tapi dikasih tip lho...

      Delete
    6. sekali kali dibalik lah
      biar ga gosong...

      Delete
  3. asyiik jadi paham sayah.
    besok balik nama Kang Rawin jadi Kang Rawon yuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha. Hiehiehiee. Kalau Rawon nanti enak dimaem rame rame hiehiheiheiheiee

      Delete
    2. emang mas rawin kayak rawon tha mas ? hehehe
      masak gosong makan gosong, malah gosong dong saya

      Delete
    3. oalah aku masih cili.. ra ngerti omongan wong tuo...

      Delete
    4. hehehe..gosong itu hitam mas pay..

      Delete
    5. kalau ikan bakar ada gosongnya, malah sedap rasanya Pak...kalau rawon yang gosong...pait

      Delete
    6. hahahaha...

      lha daripada jadi Rawan.

      Delete
    7. yang penting tidak jadi prawan kan..?

      Delete
  4. untungnya saya dulu ikut pemutihan, jd yah lebih mudah dan lebih gratis... :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha saya juga ikut pemutihan je mas

      Delete
    2. wah ini lho kok pada putih-putih semua, saingan sama bule...

      Delete
    3. pemutihan itu penyakit wanita ya...

      Delete
    4. saya sedang mandi kapur, jadi saya putih sekali

      Delete
    5. sekalian Pak, itu dindingnya dikapuri...hehehe

      Delete
  5. ternyata murah juga ya mas... yang agak mahal biro jasanya berarti... saya mau balik nama motor aha... motor siapa ya yang mau dibalik eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor tetangga di balik nama mang yono juga gak papa mang.

      Delete
    2. tapi motornya jangan dibalik lho Mang, ntar bensinnya tumpah, kan sayang tuh, sekarang bensin mahal

      Delete
  6. kalo saya suka di urus2in sama bapak sendiri, gak pernah sama sendiri, soalnya gak bisa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong mbak diuruskan bapak, tidak ribet langsung jadi

      Delete
  7. dengan balik nama jadi nggak repot minjem ktp lagi ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kang, tapi saya balik nama ktp adik saya

      Delete
  8. tak catet ini dalam lubuk hati yang terdalam... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya tidak dilengkapi yang pakek cabut-cabut itu ya mas

      Delete
    2. kalau cabut saya belum pernah mas, cabut rumput sih pernah, hehehe

      Delete
  9. Mudahhh Jugaa yahh Ternyata tak Serumit yang saya Bayangkan Hehehe
    Makasii yah pak Infonya sangatt Bermanfatt :)
    Salam Kenal Dari ZGAS-PC :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat dan salam kenal juga

      Delete
  10. kalau dibalik namanya jadi setya agus dong mas hehe...

    iya ya memang tidak lama ya mas...

    ReplyDelete
  11. aku dah pernah balik nama... tapi masih gak paham2 hehehe

    ReplyDelete
  12. wah, mksh bgt sob, aku simpan dulu buat nanti kalo aku mau balik nama motor

    ReplyDelete
  13. Simpan dulu, nanti kalau buat balik nama jadi bisa ada pedomannya.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. yo pernah komen to mbak, ini artikel baru lagi je mbak

      Delete
  15. ada yg motornya mau dibalik ke nama saya??? ^_^

    ReplyDelete
  16. benar juga, mending alih kuasa motornya ya mas bro hehe
    biar gk ribet gitu lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga mas, enak atas nama sendiri dan balik nama itu prosesnya

      Delete
  17. dibalik gimana ini -_- kayak bule aja ngomongnya bolak-balik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak lek bakul sate sing ben sore liwat ngarep omah

      Delete
  18. pemutihan ?
    wah saya nggak pernah keputihan, njur piye ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak ada pemutihan, biayanya sampe habis berapa Cak Gus ?

      Delete
    2. sinih Pak Ies, mau dikapur...eh dilabur? biar keputih-putihan...

      *duh, kena lempar bantal isi kapuk

      Delete
    3. emangnya di sana ada yang jual kapur ?
      kalo dlempar pulp malah woke mau banget

      Delete
    4. kalau tidak ada pemutihan bea balik nama rp 80.000 pak.

      bantal isi stereofoam juga boleh mbak seperti punya pak ies tuh. hehehe

      Delete
  19. Informasi yang sangat bermanfaat, thanks sobat sudah mau berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat bagi yang memerlukan

      Delete
  20. Gak pernah ngurus yang begituan, belum punya kendaraan pribadi. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara baca cerita saya dulu mas, hehe

      Delete
  21. aku yo pengen balik nama motor om
    tapi motornya sapa punya aja enggak
    hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu balik nama ktp aja mas, jadi raden mas eko notonegoro jadi kuoso sak ndunyo

      Delete
  22. wah, info yang sangat berguna pak, saya kira proses balik nama ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mudah dan murah kalau di tangani sendiri tanpa menitipkannya, mas nico

      Delete
  23. Aduuuuh gimana ini aku mau balik nama sama bayar pajak tahun ini calo mintanya 900 ribu....

    ReplyDelete
  24. Aduuuuh gimana ini aku mau balik nama sama bayar pajak tahun ini calo mintanya 900 ribu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motornya baru (pajaknya mahal) kemudian lokasi balik nama juga jauh dan setelah di perhitungkan biaya jika mengurus sendiri. Baik biaya perjalanan maupun biaya lain-lain. Jika masih mungkin dan murah mengurus sendiri, mendingan di urus sendiri aja

      Delete
  25. KAlo gk ada program pemutihan kira2 biaya balik namanya berapa ya maz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak ada pemutihan kena biaya balik nama sebesar 85 ribu mas, pajak dan beli formulir tetap berlaku

      Delete
  26. KAlo gk ada program pemutihan kira2 biaya balik namanya berapa ya maz?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rp 85.000 mas biaya balik namanya belum lain-lainnya

      Delete
  27. untun balik nama apakah harus menunggu habis masa aktif stnk atau bebas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak harus nunggu masa aktif stnk habis pak, kapan pun bisa

      Delete
  28. tapi kalo motor saya lain cerita mas. motor saya cuman ada bpkb sama stnk, nah ktp orang asli yg punya udah pergi ga tau kemana (ane belinya second mas) gimana tuh?

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh