Gerbong Setan
Gerbong setan kami (para pelaju kereta api) menyebutnya begitu. Sebutan untuk sebuah gerbong bukan untuk penumpang. Fungsi dari gerbong setan ini sebenarnya untuk aling-aling sebagai pengaman agar terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan berupa gerbong anjlok dari rel atau karena kecelakaan lain. Yang anjlok duluan kalau bukan gerbong pertama ya gerbong terakhir, oleh karena itu gerbong pertama dan terakhir di kosongkan. Gerbong setan ini memang di desain tidak bisa dimasuki oleh penumpang, pintunya di las, jendela juga di beri teralis agar penumpang tidak bisa masuk kedalam gerbong aling-aling ini.Gerbong setan bukan gerbong yang ada hantunya, atau "gerbong" berpenghuni "hantu" atau jenis jin. Di dalam gerbong sangat gelap karena tidak diberi aliran listrik, banyak sampah berserakan dan kursinya berdebu. Kadang juga kursinya sudah rusak dan tidak layak pakai untuk penumpang. Apalagi jam berangkat dan pulang kerja adalah jam gelap, pagi dan malam, jadi semakin terasa gerbong setannya.
Kereta api lokal KRD jurusan surabaya kertosono maupun kereta api Rapih Dhoho dulu mengangkut 5 rangkaian gerbong. Sehingga daya tampungnya lebih sedikit di banding penumpang yang tiap harinya tetap atau bahkan bertambah. Bisa dibayangkan, dari 7 (tujuh) gerbong menjadi 5 (lima) gerbong itu sama saja mengkonvert file, kalau orang kan tidak bisa di konvert. Solusi agar bisa tetap naik kereta adalah dengan masuk ke gerbong setan ini. Caranya dengan menghancurkan teralis yang sudah di las dengan batu atau palu (penumpang yang berprofesi tukang pasti membawa palu dkk). Tiap hari itu pula gerbong ini di las kembali di dipo sidotopo, dan kami belum kapok mengulangi keesokan harinya. Kereta api lokal mengangkut 5 (lima) gerbong selama hampir empat bulan, selama itu pula menghancurkan pintu yang sudah di las tadi.
Semuanya sadar kalau tindakan ini memang merugikan, berhubung subsidi pemerintah untuk kereta api tidak turun dan gerbong berkurang 2 (dua). Solusi yang tepat memang naik gerbong setan atau naik atap serta naik lokomotif kereta api. Alhamdulillah subsidi pemerintah untuk kereta api sudah turun dan gerbong sudah menjadi 7 rangkaian. Kebiasaan naik gerbong setan masih berlanjut.
Saya baru tahu ternyata ada strategi untuk pengamanan di dua gerbong ini untuk kereta ya Kang ? Saya pikir cerita kereta hantu, seperti yang pernah ada didaerah Depok-Jakarta. He,,, he,,, he,,,
ReplyDeleteSalam wsiata
numpang solarnya ya
Deletemungkin kalau di gerbong setan, setannya takut sama penumpang pak eja, hehe
Deleteantri dulu mas , ada yang borong solar
kereta hantu,,,,hehe
Deletehantu kereta juga boleh mbak
DeletePenumpang itu ditambah berapa pun gerbongnya rasanya tetap aja kurang, napa ya..?
ReplyDeletekarena penumpangnya semakin banyak pula mbak
Deletesifat dasarnya mungkin Mbak...
Deletepenumpang siluman, hehehe
Deletetaripnya kemurahan...
Deletekarena ini kereta betulan
Deleteyuk naikin harga tarif kereta api wkwkwkw
Deleteapppah..tarif mau di naikkan? demo ah
DeleteDari baca judulnya udah kebayang pasti cerita mistis nih hehehe ternyata hadeueuhh...hehehe :D
ReplyDeletehehehe, pak kompi ajaib jangan takut dulu, itu cm sebutan aja, hehehehe
Deletemungkin gerbong setan di desain untuk pasangan suami istri yang mau berbulan madu mas... hehehe
ReplyDeletemakanya dibuat agar tidak bisa di naiki sembarang orang... memang di desain sepi dan gelap merayap...
Deletekalau tidak ada penerangan mana nyaman mas pay ?
Deleteentar ada setan beneran malah berabe hehe...
Deletemuncul diantara penumpang lainnya
Deletebegitu to Pak, rupanya ada gerbong yang dikosongkan. beberapa kali naik kereta api kok ya nggak peka saya nih, nggak ngeh malah...
ReplyDeletePak Agus, hati-hati lho kalau naik gerbong setan, apalagi yang nggandul di dekat pintu, bahaya.
nggandul dekat pintu atau ngeborders itu memang asik, tapi betul mengandung resiko jatuh atau di dorong oleh teman sendiri
Deletetuh Mas, biasanya mBAK Khusna kalo ngebilangin, sering bener.
Deleteehh
ilat maalati je mas, soale wong wadon
DeleteBeberapa kali terjadi kecelakaan kereta api di Indonesia dengan memakan korban jiwa manusia baik tabrakan maupun tergelincir dari relnya. Tentu PT KAI mempunyai SOP dalam mengoperasikan kereta apinya. Saat ini layanan PT KAI baik kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif semakin baik dan profesional. Stasiun yang rapi, bersih, tertata rapi, layanan yang prima, penumpang pun lega dan nyaman. Selamat dan sukses PT KAI !.
ReplyDeletesebenarnya ini yang di permasalahkan pemerintah, maksud pt kai untuk keselamatan dan SOP tapi pemerintah menangkapnya itu sebagai penyelewengan, karena subsidi 7 gerbong kok yang satu di buat aling-aling bukan untuk penumpang. Jadi subsidi pemerintah yang di gunakan 6 gerbong
Deleteberarti gerbong setan malah jd dewa penyelamat yang pak...
ReplyDeletekalau tidak ada setan mana mungkin ada seorang ustads, ustads aja ada yang berteman setan, hehehe
Deletedibeset isine ketan
Deletelemper dong
Deletewah nakal juga yah ternyata mas agus, tidak taat aturan nanti dosa lho, hehe ^_^
ReplyDeletehusss..jangan banter banter
Deletegantian ingkang mlebet kang pak ies, sampun grusa grusu mangke kecantol
Deletejudulnya serem ya mas, daripada dikasih nama 'setan' mendingan pake sebutan lain aja, misalnya gerbong abal-abal
ReplyDeleteada yang menyebut gerbong bebas mbak, tapi sudah jamak menyebut gerbong setan
Deletehehehehe..lha kebanyakan mboten ber tiket
Deleteoh jadi pungsinya hanya untuk menambah saja ya kang. saya kira memang ada setannya.
ReplyDeletebetul mas sebenarnya itu untuk aling aling ,
Deletesanes alang alang nggeh pak ies ?nek alang alang niku damel pakan lembu
Deletemangan dedek karo beling
Deletehehehe...nanti luwaknya mancal i penumpang pak, luwake belum jinak belum punya toto kromo
ReplyDeleteapa setiap kereta ada gerbong setannya ya mas?
ReplyDeletemaksdnya yg d kosongkan gtu?
ekonomi lokal dan jarak jauh ada, kalau bisnis sama eksekutif pakai kereta barang depan, sama kereta pembangkit belakang
Deletebaru tahu deh ada gerbong yang dikosongkan. setahu saya seh gebong itu untuk karyawan dan tempat memasak karyawan.
ReplyDeleteitu KMP mas yang ada di kereta bisnis dan eksekutif
Deletewah saya baru tau mas kalau masalah gerbong setan ini.. hmm apa lama lama nggak jadi angker tuh gerbong kalau nggak pernah di injak orang... hehehe
ReplyDeletediinjak terus mas untuk kereta api lokal, malah tiap hari di huni penumpang
Deletejangan naik gerbong setan, kalau ngga mau jadi temennya.
ReplyDeleteisenga banget atuh kenapa ngga disimpen saja tuh gerbong...malah ditarik san tarik sini sementara engga boleh di naikin mah atuh.
aah si amang oon juga
Deletekan katanya kalo berdua dua yang ketiga adalah setan. makanya biar ga berdua doang, setannya ajakin gabung sekalian...
hmm...
Deletekarepmu Kang
saya yang ke empat aja deh , berarti bukan setan kan ?
Deleteotak dagangnya metu kuh...;o)
ReplyDeleteDari lima di tamvah jd tujuh..masih juga kurang aja ya mas..
ReplyDeletepenumpang siluman ms bud, hehehe
Deletemari kita berburu hantu di gerbong setan mas :D
ReplyDeletehanter setan dong, hehehe
Deleteaihh mak, ngeri amat ada gerbong kayak gitu, jadi kalo kursinya rusak, penumpngnya duduk dimana dong?
ReplyDeletememang di kosongkan kok mbak, untuk pengaman kereta
Deletesaya baru tahu mas kalau itu dilakukan untuk meminimalisasi akibat yg ditimbulkan jika terjadi kecelakaan
ReplyDeletepernah kejadian kereta logawa anjlok di nganjuk, gerbong belakang dulu yang ngguling
DeleteKirain Gerbongnya ada hantunya mas ... :D
ReplyDeletehantunya takut ama penumpang mas
Deletemasa sih kosong beneran om
ReplyDeletebukannya biasanya dipake buat pembangkit atau kargo..?
yang kaya gini jangan dipublish, om
ReplyDeletetar ketauan mang lembu, langsung mikir buat ditanamin ubi tuh gerbong...
atau bikin tower disana
Deletebikin kolam renang
Deletebiasanya kalo ke sby disitu mas :)
ReplyDeleteuniknya Rapih Dhoho kalo sudah melewati blitar berubah jadi penataran
betul mas itu muter
Deletetuh kan antisipasinya PTKAI dalam melindungi penumpangnya sebenarnya boleh juga. cuma ternyata.. hiks, penumpangnya yang nggak kooperatif, hehe
ReplyDeletemalah reaktif. jadinya bisa kayak radio aktif.
coba bikin kalimat pasif
ulah penumpang seperti saya juga sih mas...
Deletedari pada di gerbong reguler berdesakan mas
Belum pernah numpak yang ini mas
ReplyDeletekan enggak boleh dinaikin mas...
Deletehhehe..betul mas antonie. kalau penumpang penataran memang tertib mas
DeleteKok dikasih nama gerbong setan yah, bikin begidik dengernya...
ReplyDeletekarena gelap dan kotor banget mas, mirip tempat angker
Deleteoo.. gerbong yg tidak tepakai
ReplyDeletegerbong tak berpenghuni mas
DeleteNamanya kok serem amat, mad
ReplyDeleteorang - orang sendiri yang menamakan mbak, kalau aslinya sih gerbong aling-aling
Deletewaduh, kirain gerbong yang ndak kelihatan penumpangnya sejenis lelembutan seperti atom dan molekul- molekul hehe... ternyata sengaja dikosongkan ya mas.... maklum saya belum pernah lihat gerbong setan, naik kereta api saja belum pernah, nanti mau nyoba ah dari statsiun gambir ke setatsiun senen yang deket aja hehehe
ReplyDeletehehehe..kayak reaktor nuklir aja mang, coba aja mang nanti ketagihan
Deletekomengnya cuma bisa pakai akun google ya mas,
ReplyDeleteiya mang, niru pak kompi ajaib, kasus banyak blog yang tidak aktip jadi broken link
Deletesebutannya sebagai gerbong setan kurang cocok mas, bagusnya gerbong penyelamat, hahaha....
ReplyDeletewah, baru tahu kalau ada teknik seperti ini demi keselamatan penumpang
sebenarnya namanya gerbong aling-aling
Deletewalah kok masih ada gerbang yg macam gitu ya.. lagian itu jangan jangan loko yang menarik gerbang setan itu remnya juga ga ada, hehehehe serem ya , pada mau duit doang
ReplyDeletehehehe..penumpangnaya ngirit duit pak. lha jarang kondektur masuk pak, gak muat pintunya
Deletewah gitu yah mas, seumur umur naek kereta baru kali ini tau gerbong nya ada yang dikosongin :D hehehe
ReplyDeletesaya juga baru tahu ada gerbong dikosongin,apa nggak sayang yah tapi kalau untuk keselamatan yah silahkan aja hehe...
Deletedari stasiun boharan bisa mas, atau krian coba perhatkan gerbong terakhir.
Deletenah sempat juga berpikir seperti itu mas antoni, kok tidak eman ya. hehehe
harusnya PTKAI memberi tulisan seperti ini ya mas "ini gerbong setan, barangsiapa nekat naik gerbong ini berarti dia termasuk temannya setan" hehe...
ReplyDeletehehehe..termasuk dalam golongan setan ya mas, hehehe
Deletehadir kembali demi gerbong hantu.
ReplyDeletesiap uji nyali nih
Deletenamanya juga otak encer kang, hehe
ReplyDeletekalau logawa kosong mas kereta barang sama KMP ada juga,aling-aling juga ada, kalau sri cm kereta barang.
kereta lokal di bikin aling aling depan belakang
memang untuk aling-aling mas..pengaman kereta
ReplyDeleteklo di Surabaya adanya Rawon Setan
ReplyDeleterawon bacok ada di mojokerto mas, hehe
Deletesego goreng jancuk, bebek mercon ada jg ya mas bud
lho kok sampeyan tau, mas?
Deletehehe..saya asli tuban, kerja di surabaya sekarang tinggal di mojokerto, mas bud...
Deletesampean jombang pundi mas bud ?