Home » » Gerbong Setan

Gerbong Setan

Gerbong Setan

Gerbong setan kami (para pelaju kereta api) menyebutnya begitu. Sebutan untuk sebuah gerbong bukan untuk penumpang. Fungsi dari gerbong setan ini sebenarnya untuk aling-aling sebagai pengaman agar terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan berupa gerbong anjlok dari rel atau karena kecelakaan lain. Yang anjlok duluan kalau bukan gerbong pertama ya gerbong terakhir, oleh karena itu gerbong pertama dan terakhir di kosongkan. Gerbong setan ini memang di desain tidak bisa dimasuki oleh penumpang, pintunya di las, jendela juga di beri teralis agar penumpang tidak bisa masuk kedalam gerbong aling-aling ini.

Gerbong setan bukan gerbong yang ada hantunya, atau "gerbong" berpenghuni "hantu" atau jenis jin. Di dalam gerbong sangat gelap karena tidak diberi aliran listrik, banyak sampah berserakan dan kursinya berdebu. Kadang juga kursinya sudah rusak dan tidak layak pakai untuk penumpang. Apalagi jam berangkat dan pulang kerja adalah jam gelap, pagi dan malam, jadi semakin terasa gerbong setannya.

Gerbong Setan

Kereta api lokal KRD jurusan surabaya kertosono maupun kereta api Rapih Dhoho dulu mengangkut 5 rangkaian gerbong. Sehingga daya tampungnya lebih sedikit di banding penumpang yang tiap harinya tetap atau bahkan bertambah. Bisa dibayangkan, dari 7 (tujuh) gerbong menjadi 5 (lima) gerbong itu sama saja mengkonvert file, kalau orang kan tidak bisa di konvert. Solusi agar bisa tetap naik kereta adalah dengan masuk ke gerbong setan ini. Caranya dengan menghancurkan teralis yang sudah di las dengan batu atau palu (penumpang yang berprofesi tukang pasti membawa palu dkk). Tiap hari itu pula gerbong ini di las kembali di dipo sidotopo, dan kami belum kapok mengulangi keesokan harinya. Kereta api lokal mengangkut 5 (lima) gerbong selama hampir empat bulan, selama itu pula menghancurkan pintu yang sudah di las tadi.

Semuanya sadar kalau tindakan ini memang merugikan, berhubung subsidi pemerintah untuk kereta api tidak turun dan gerbong berkurang 2 (dua). Solusi yang tepat memang naik gerbong setan atau naik atap serta naik lokomotif kereta api. Alhamdulillah subsidi pemerintah untuk kereta api sudah turun dan gerbong sudah menjadi 7 rangkaian. Kebiasaan naik gerbong setan masih berlanjut.

106 komentar:

  1. Saya baru tahu ternyata ada strategi untuk pengamanan di dua gerbong ini untuk kereta ya Kang ? Saya pikir cerita kereta hantu, seperti yang pernah ada didaerah Depok-Jakarta. He,,, he,,, he,,,

    Salam wsiata

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau di gerbong setan, setannya takut sama penumpang pak eja, hehe

      antri dulu mas , ada yang borong solar

      Delete
  2. Penumpang itu ditambah berapa pun gerbongnya rasanya tetap aja kurang, napa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena penumpangnya semakin banyak pula mbak

      Delete
    2. yuk naikin harga tarif kereta api wkwkwkw

      Delete
    3. apppah..tarif mau di naikkan? demo ah

      Delete
  3. Dari baca judulnya udah kebayang pasti cerita mistis nih hehehe ternyata hadeueuhh...hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, pak kompi ajaib jangan takut dulu, itu cm sebutan aja, hehehehe

      Delete
  4. mungkin gerbong setan di desain untuk pasangan suami istri yang mau berbulan madu mas... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya dibuat agar tidak bisa di naiki sembarang orang... memang di desain sepi dan gelap merayap...

      Delete
    2. kalau tidak ada penerangan mana nyaman mas pay ?

      Delete
    3. entar ada setan beneran malah berabe hehe...

      Delete
    4. muncul diantara penumpang lainnya

      Delete
  5. begitu to Pak, rupanya ada gerbong yang dikosongkan. beberapa kali naik kereta api kok ya nggak peka saya nih, nggak ngeh malah...

    Pak Agus, hati-hati lho kalau naik gerbong setan, apalagi yang nggandul di dekat pintu, bahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggandul dekat pintu atau ngeborders itu memang asik, tapi betul mengandung resiko jatuh atau di dorong oleh teman sendiri

      Delete
    2. tuh Mas, biasanya mBAK Khusna kalo ngebilangin, sering bener.
      ehh

      Delete
    3. ilat maalati je mas, soale wong wadon

      Delete
  6. Beberapa kali terjadi kecelakaan kereta api di Indonesia dengan memakan korban jiwa manusia baik tabrakan maupun tergelincir dari relnya. Tentu PT KAI mempunyai SOP dalam mengoperasikan kereta apinya. Saat ini layanan PT KAI baik kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif semakin baik dan profesional. Stasiun yang rapi, bersih, tertata rapi, layanan yang prima, penumpang pun lega dan nyaman. Selamat dan sukses PT KAI !.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ini yang di permasalahkan pemerintah, maksud pt kai untuk keselamatan dan SOP tapi pemerintah menangkapnya itu sebagai penyelewengan, karena subsidi 7 gerbong kok yang satu di buat aling-aling bukan untuk penumpang. Jadi subsidi pemerintah yang di gunakan 6 gerbong

      Delete
  7. berarti gerbong setan malah jd dewa penyelamat yang pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak ada setan mana mungkin ada seorang ustads, ustads aja ada yang berteman setan, hehehe

      Delete
  8. wah nakal juga yah ternyata mas agus, tidak taat aturan nanti dosa lho, hehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gantian ingkang mlebet kang pak ies, sampun grusa grusu mangke kecantol

      Delete
  9. judulnya serem ya mas, daripada dikasih nama 'setan' mendingan pake sebutan lain aja, misalnya gerbong abal-abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang menyebut gerbong bebas mbak, tapi sudah jamak menyebut gerbong setan

      Delete
    2. bebas tiket kalo pingin kayak setan

      Delete
    3. hehehehe..lha kebanyakan mboten ber tiket

      Delete
  10. oh jadi pungsinya hanya untuk menambah saja ya kang. saya kira memang ada setannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas sebenarnya itu untuk aling aling ,

      Delete
    2. aling aling kie kalo menurut kamus bahasa indonesia, adalah obyek penderita

      Delete
    3. sanes alang alang nggeh pak ies ?nek alang alang niku damel pakan lembu

      Delete
    4. lek pas ndadi njaran nggih wuenakss

      Delete
  11. daripada kosong dan , kenapa nggak dipake buat nernak luwak, kan lumayan kopinya buat jualan direstorasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...nanti luwaknya mancal i penumpang pak, luwake belum jinak belum punya toto kromo

      Delete
    2. masa sih kosong beneran om
      bukannya biasanya dipake buat pembangkit atau kargo..?

      Delete
    3. namanya juga otak encer kang, hehe

      kalau logawa kosong mas kereta barang sama KMP ada juga,aling-aling juga ada, kalau sri cm kereta barang.
      kereta lokal di bikin aling aling depan belakang

      Delete
  12. apa setiap kereta ada gerbong setannya ya mas?
    maksdnya yg d kosongkan gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekonomi lokal dan jarak jauh ada, kalau bisnis sama eksekutif pakai kereta barang depan, sama kereta pembangkit belakang

      Delete
  13. baru tahu deh ada gerbong yang dikosongkan. setahu saya seh gebong itu untuk karyawan dan tempat memasak karyawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu KMP mas yang ada di kereta bisnis dan eksekutif

      Delete
  14. wah saya baru tau mas kalau masalah gerbong setan ini.. hmm apa lama lama nggak jadi angker tuh gerbong kalau nggak pernah di injak orang... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. diinjak terus mas untuk kereta api lokal, malah tiap hari di huni penumpang

      Delete
  15. jangan naik gerbong setan, kalau ngga mau jadi temennya.
    isenga banget atuh kenapa ngga disimpen saja tuh gerbong...malah ditarik san tarik sini sementara engga boleh di naikin mah atuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah si amang oon juga
      kan katanya kalo berdua dua yang ketiga adalah setan. makanya biar ga berdua doang, setannya ajakin gabung sekalian...

      Delete
    2. saya yang ke empat aja deh , berarti bukan setan kan ?

      Delete
  16. Dari lima di tamvah jd tujuh..masih juga kurang aja ya mas..

    ReplyDelete
  17. mari kita berburu hantu di gerbong setan mas :D

    ReplyDelete
  18. aihh mak, ngeri amat ada gerbong kayak gitu, jadi kalo kursinya rusak, penumpngnya duduk dimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang di kosongkan kok mbak, untuk pengaman kereta

      Delete
  19. saya baru tahu mas kalau itu dilakukan untuk meminimalisasi akibat yg ditimbulkan jika terjadi kecelakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah kejadian kereta logawa anjlok di nganjuk, gerbong belakang dulu yang ngguling

      Delete
  20. Kirain Gerbongnya ada hantunya mas ... :D

    ReplyDelete
  21. yang kaya gini jangan dipublish, om
    tar ketauan mang lembu, langsung mikir buat ditanamin ubi tuh gerbong...

    ReplyDelete
  22. biasanya kalo ke sby disitu mas :)
    uniknya Rapih Dhoho kalo sudah melewati blitar berubah jadi penataran

    ReplyDelete
  23. Kok dibiarin seperti itu ya mas gerbongnya bukan malah diperbaiki supaya penumpang nyaman dan tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang untuk aling-aling mas..pengaman kereta

      Delete
  24. tuh kan antisipasinya PTKAI dalam melindungi penumpangnya sebenarnya boleh juga. cuma ternyata.. hiks, penumpangnya yang nggak kooperatif, hehe
    malah reaktif. jadinya bisa kayak radio aktif.
    coba bikin kalimat pasif

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulah penumpang seperti saya juga sih mas...
      dari pada di gerbong reguler berdesakan mas

      Delete
  25. Replies
    1. kan enggak boleh dinaikin mas...

      Delete
    2. hhehe..betul mas antonie. kalau penumpang penataran memang tertib mas

      Delete
  26. Kok dikasih nama gerbong setan yah, bikin begidik dengernya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena gelap dan kotor banget mas, mirip tempat angker

      Delete
  27. Replies
    1. orang - orang sendiri yang menamakan mbak, kalau aslinya sih gerbong aling-aling

      Delete
  28. waduh, kirain gerbong yang ndak kelihatan penumpangnya sejenis lelembutan seperti atom dan molekul- molekul hehe... ternyata sengaja dikosongkan ya mas.... maklum saya belum pernah lihat gerbong setan, naik kereta api saja belum pernah, nanti mau nyoba ah dari statsiun gambir ke setatsiun senen yang deket aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kayak reaktor nuklir aja mang, coba aja mang nanti ketagihan

      Delete
  29. komengnya cuma bisa pakai akun google ya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mang, niru pak kompi ajaib, kasus banyak blog yang tidak aktip jadi broken link

      Delete
  30. sebutannya sebagai gerbong setan kurang cocok mas, bagusnya gerbong penyelamat, hahaha....

    wah, baru tahu kalau ada teknik seperti ini demi keselamatan penumpang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya namanya gerbong aling-aling

      Delete
  31. walah kok masih ada gerbang yg macam gitu ya.. lagian itu jangan jangan loko yang menarik gerbang setan itu remnya juga ga ada, hehehehe serem ya , pada mau duit doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..penumpangnaya ngirit duit pak. lha jarang kondektur masuk pak, gak muat pintunya

      Delete
  32. wah gitu yah mas, seumur umur naek kereta baru kali ini tau gerbong nya ada yang dikosongin :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru tahu ada gerbong dikosongin,apa nggak sayang yah tapi kalau untuk keselamatan yah silahkan aja hehe...

      Delete
    2. dari stasiun boharan bisa mas, atau krian coba perhatkan gerbong terakhir.

      nah sempat juga berpikir seperti itu mas antoni, kok tidak eman ya. hehehe

      Delete
  33. harusnya PTKAI memberi tulisan seperti ini ya mas "ini gerbong setan, barangsiapa nekat naik gerbong ini berarti dia termasuk temannya setan" hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..termasuk dalam golongan setan ya mas, hehehe

      Delete
  34. Replies
    1. rawon bacok ada di mojokerto mas, hehe
      sego goreng jancuk, bebek mercon ada jg ya mas bud

      Delete
    2. hehe..saya asli tuban, kerja di surabaya sekarang tinggal di mojokerto, mas bud...
      sampean jombang pundi mas bud ?

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh