Home » » Jangan Pakis

Jangan Pakis

Jangan pakis merupakan jangan (sayur) kesukaan saya. Walaupun baru merasakan jangan pakis sejak menginjakkan kaki di Kabupaten Jember beberapa tahun silam. Banyak yang berjualan daun pakis di pasar tradisional (Jember) seperti di pasar Kepatihan dan pasar Tanjung. Awalnya saya menganggap jangan pakis rasanya tidak begitu enak, setelah merasakan jangan pakis dengan cara di oseng-oseng atau di tumis, ternyata rasanya enak. Bahkan saya suka makan dengan jangan pakis tanpa lauk sama sekali, karena memang rasanya enak.

jangan pakis

Jangan pakis atau sayur pakis tidak begitu populer di Tuban maupun di Mojokerto, entah karena cara mendapatkan tanaman pakis yang sulit atau memang karena belum mengetahui apakah pakis bisa di buat sayur.

Sabtu tanggal 21 September 2013 saya bersilaturohim ke Tuban (rumah ibu) dengan mampir rumah mbah atau buyute Hayyu. Kebiasaan orang tua dahulu, jika bertamu pasti di suruh makan terlebih dahulu dan timing nya pas saat saya lapar walaupun bukan lapar akut. Langsung menuju ke dapur atau tepatnya pawon karena memang khas dari orang tua dahulu. Bukan kitchen set yang saya temui tapi hanya tungku dan genuk untuk menampung air bersih. Terlihat jangan pakis di dalam wajan begitu menggoda. Langsung saya tuangkan tanpa menghiraukan mengambil lauk. Eh ndilalah mbah saya bilang makan kok tidak pakai lauk, akhirnya diambilkan lauk oleh mbah saya dengan takaran atau porsi lauk yang besar.

jangan pakis

Setelah makan selesai, saya bertanya kepada mbah tentang pakis yang dijadikan jangan pakis tadi, ternyata dapat dari tetangga yang baru pulang dari daerah asalnya yaitu Jember. Pantas sekali mendapatkan sayur pakis layak makan.

Djangan Pakies

Djangan pakies yang satu ini beda dengan jangan pakis yang saya makan. Kalau djangan pakies ini weblog, yang adminnya orang ganteng (jelas ganteng karena laki-laki). Beliau katanya, katanya lho ya, berasal dari Lumajang sana, yang saatu daerah dengan Mas Than Jawa Arif. Beliau berdua ini pernah satu sekolahan (teman sak liting) semasa SMA dulu. Kini Djangan Pakies menentap di Blitar (entah kota atau kabupaten) dengan membuka lapak di pasar (ngakunya sih begitu, hehe). Semoga silaturohim tetap terjaga dengan baik dan saling dungo dinungo tentang kebaikan.

Akhir kata, semoga pak Djangan Pakies dan Pak Mas Than Jawa Arif serta teman blogger yang lain selalu dalam naungan Allah, Sehat, dimudahkan dalam segala urusan dan bisa bercengkrama bersama keluarga dengan tenang. Guyub rukun. Amiin.


104 komentar:

  1. Pak Ies, kenapa webnya nggak bisa dibuka ya? katanya
    Bandwidth Limit Exceeded..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bandwithnya lagi merayakan kemenangan timnas u19 mbak, jadi masih cuti atau libur dulu

      Delete
    2. iya mungkin, turut bangga dengan Evan Dimas dkk...atau lagi ngrayain ultah mozilla ya...katanya hari ini mozilla firefox ulang tahun yang ke 11 tuh

      Delete
    3. wah kalau tentang mozila saya malah tidak ngerti mbak. hehe (ndeso kan )

      Delete
    4. kalau gorila lagi sirkus di lapangan sebelah rumah

      Delete
    5. Saya sering dengar nama LUMAJANG dengan JATIROTO. Apa keduanya sama ya. Hmmmmmmmmmm jadi bingung saya nih. Lalu apa hubungannya dengan JENANG GULO? Apakah icon Lumajang itu Jenang Gulo?

      Delete
    6. saya bingung mau nulis apa hikhikhik

      Delete
    7. Mari mumet bersama sama
      mumet. Mulai...

      Delete
    8. lumajang itu kabupatennya, kalau jatiroto itu kecamatan perbatasan jember lumajang.
      memang ada kok pabrik gula jatiroto, hehehe
      mungkin bisa mencerahkan statement kang asep

      Delete
    9. terus jenang gulonya mas biar kang asep lebih cerah lagi

      Delete
    10. kalau jenang gulo itu kan lagu, hehehe

      Delete
  2. kalau jangan pakis yang sesungguhnya, saya sering bikin, dibuat gulai pakis atau tumis pakis...bikin yang pedes banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekues dong mbak, tuliskan resepnya di blog mbak khusna, hehehe

      Delete
    2. inshaa Alloh kalau saya masak jangan pakis Pak...mungkin minggu depan, soalnya kemarin baru saja belanja sayuran, biar habis dulu...

      Delete
    3. silakan mbak, sak longgare.
      nanti istri saya tak suruh baca , hehe
      pinter kan saya..hehehe

      Delete
    4. pinter banget mas agus, sisain untuk saya juga ya mas, pengen nyicip juga buatan mbak khusna

      Delete
    5. duo agus juga pengen merasakan jangan pakis, hehe
      koyok pohung ae langu mas, hehe

      Delete
  3. jangan-jangan Mas Pakies itu Mas Arief. Mungkin nggak ya?
    kecuali kalo Mas Arief sukanya "jangan lodeh", lain lagi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lodeh atau "jangan loe deh" Pak Zach?

      saya sukanya jangan asem yang ditemeni sambel trasi lho...

      Delete
    2. asal jangan muka asem. *kecut..

      Delete
    3. saya suka semuanya kecuali jangan di makan, hehehe

      Delete
  4. Baru tahu kalau tanaman pakis bisa disayur...jadi penasaran deh rasanya kayak gmana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakis yang masih muda lho, mas.
      bukan pakis yang sudah berbentuk daun , tunasnya yang bisa disayur

      Delete
  5. Replies
    1. bukan Mbak, pakis itu tanaman paku-pakuan yang banyak ditemukan di daerah lembab, kalau kenikir kan enak dibikin urap...

      Delete
    2. ouw.... maklum belum sahabatan sama tanam2an, hihihi

      Delete
    3. nah di sekitaran mojokerto, jombang , nganjuk madiun memang jarang kok mbak yang mengkonsumsi pakis, adanya ya dijember saana

      Delete
    4. paku pakuan berarti temenan sama palu paluan ya..?

      Delete
    5. itu khusus untuk mas arif aja deh, nanti saya bisa kloloten mas

      Delete
  6. Pakis, saya belum pernah makannya mas, tapi hubungan antara Jangan Pakis sama sobat Jangan Pakies perlu ditelusuri juga apa sebabnya, jangan2 karena hobi sama pakis hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hobinya sama mlogger kang hehe...

      Delete
    2. hehehe..lha tiap pagi saling sapa je mas,
      nah itu pak mas arif muncul. kalau pak ies mungkin lagi ngelu karena blognya lagi bandwith exceed

      Delete
  7. oh iya, di akhir artikel ada doanya, mari kita amini bersama...
    aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
  8. jangan pakis di jember memang populer Mas. tapi saya tidak suka..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang di Bali nggak ada ya mas Ks

      Delete
    2. hehehe..soale sudah kakean jangan pakis ya mas,
      di bali mas ks suka njangan kecubung, mas arif

      Delete
  9. kalau pakis
    selain ditumis
    aku suka dikulup atau direbus lalu ditirir
    terus dimakan dg saos putih terasa manis

    hehe maemang sedap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih enak lagi kalau makan dengan nasi panas bersama keluarga, hehe

      Delete
    2. jangan pakis dikomen pake bahasa puitis :D

      Delete
    3. heehehe..kalau sudah puitis di suguhi jangan pakis

      Delete
    4. sayur pakis
      jadi terasa romantis

      :)

      Delete
  10. Kl saya sukanya Jangan Rewel, mas wahahaha...
    mau gak mau harus mau!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil di jewer ibuke mas zaki ya, hehehe

      Delete
  11. wah ketepatan, pagi tadi aku kedatangan tamu dari purwokerto seng ngowo pakis,, terus terang ini pesanan saya karena terinspirasi sama namanya kangmas pakies

    nah sekarang lagi bubar rolasan mangan karo tumis pakis ternyata rasane uenak pol. koyo daging unto, kenyal kenyal tur seperti ada blueband gemuk kae, hehehe. nglenyer yen di ulu neng tenggorokan. muantaffffffffffm hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gayeng sanget pak,...
      ngunjuke kalih sinom anget-angetan, hehehe

      Delete
    2. biar tak berlendir, biasanya saya rendam dulu daun pakis di air yang diberi sedikit garam atau air jeruk nipis...resep bikinan sendiri, tapi lumayan manjur

      Delete
    3. bereksperimen sendiri , jadi cep beneran nih mbak, hehe

      Delete
  12. yang lebih penting adalah semua teman bloger adalah teman seliting juga ya mas dan berharap semuanya selalu sehat dan kompak, murah rezeki, murah jodoh bagi yang belum, hehe...
    kebetulan tumis pakis memamng enak saya suka mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..teman mlogger memang mengasikkan semua, tapi masak semua seliting sih mas, saya kan masih muda, hehehehehe
      di malang sana banyak stok pakisnya ya?

      Delete
  13. Jadi penasaran nih saya kepingin merasakan jangan pakisnya mas Agus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak bisa masak mas, coba di cari di warung sekitar rumah cik awi, dan rasakan sensasinya

      Delete
  14. beneran emang antara kang pakies dan kang arief temen sa liting, cari cewe berdua, malah kadang satu cewe di beduain...akrab dan nye'es banget kan beliau berdua....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mang lembu temen saklintingan...

      Delete
    2. makan pun jangan jangan berdua kang? hehehe
      temen sak lintingan buat contekan..hehehe

      Delete
    3. gimana mbaginya satu cewek dibeduain hehe..

      Delete
    4. Mang Lembu dilinting sama apa, masak sama tembakau?

      Delete
    5. hehe..kasian ceweknya nanti galau..hehe
      mang lembu di linting sama daun ubi dong, kan buat obat bisul

      Delete
    6. bukan
      dilinting mau dikocok buat arisan...

      Delete
    7. kalau di kocok nanti bisa keluar ya mas ?

      Delete
  15. lgsg nyanthol di jangan pakisnya.
    di Banyuwangi banyak tuh, saya juga kenalnya jangan pakies pertama kali di Banyuwangi ituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..mbak ririe merasakan juga ya, didaerah lamongan sana jarang ya mbak

      Delete
  16. sayur pakis memang lezar alias enak rasanya pak Agus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lezat dan bikin mulut ketagihan mas, hehe

      Delete
  17. "Jangan Pakis" ???
    Baru dengar saya namanya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau djangan pakies pasti sudah dengar dong

      Delete
  18. Jangan Pakis paling enak kalau dimakan keroyokan Kang, apalagi kalau da sambalnya, dan nasinya panas. Pati rebutan deh.
    He,,, he,,, he,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya gayeng pak indra, jadi tambah gobyos nih..hehe

      Delete
  19. wah kebetulan saya juga suka sama sayur pakis mas.. dulu waktu masih deket hutan hampir tiap hari di sayurin pakis sama ibu saya.. namun kini pakis sudah langka di tempat saya mas.. semua hutan sudah menjadi lahan kelapa sawit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mengerikan sekali mas, hutan sudah berubah jadi lahan kelapa sawit.
      jadi pakisnya pada kemana mas ?

      Delete
  20. Aku baru tau nama sayur pakis paman... Itu semacam pare atau apa? yang rasanya pahit itu, cuz dari fotonya agak terlihat seperti pare o.O

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan pare mbak , kalau pare kan bulat, ini semacam tanaman paku itu lho

      Delete
  21. oalaaa... saya kira emang kenapa dengan pakis kok "jangan pakis",,taunya eh taunya... sayur yaa... :D

    ReplyDelete
  22. daun pakis n daun paku sama ya mas?
    saya pernah makan daun paku,,,,

    ternyata teman dr SMA to?
    amin,,,,mudah"an

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sama mbak, ada yang menyebut paku dan pakis, kelihatannya sama.
      iya katanya lho ya, mereka teman satu sma beberapa tahun silam

      Delete
  23. bener enak tuh mas, jangan pakis disini jg bnyak...sedep deh, klo yg admin weblog enaknya dipandangi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..di malang juga banyak ya mas..enak ada stoknya banyak

      Delete
  24. itu andalan jaman masih suka ngesar dulu. pasukan sak batalion buat lauk makan cukup sarden sak kaleng campur pakis sakhohah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mas,..sekarang juga msih sering ngesar gitu mas...
      masuk hutan untuk mencari sungai siapa tahu ada wanita mandi

      Delete
    2. sekarang mah hobinya ke sasar, om
      ikut..?

      Delete
    3. mau dong , nanti bisa balik lagi kan ?

      Delete
  25. wes itu paporit saya....jangan pakis
    tapi kalo di malaysia namanya lain mas.....sayur pucuk paku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sayur pucuk paku di endonesah sini bisa bisa heboh mas, hehe
      semoga aman dan sehat di malesia mas

      Delete
  26. Replies
    1. sekali-kali disempatkan mas, biar tau rasanya, enak lho

      Delete
  27. kalau pakis lebih enak di buat urap ya mas Ags

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka oseng osengnya mang, urap cukup daun kenikir aja

      Delete
  28. kayaknya saya belum pernah nyoba jangan pakis ini mas, rasanya pasti enak yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya enak mas, apalagi kalau yang masak istri sendiri, bangun tidur langsung makan deh. hehe

      Delete
  29. belum pernah coba mas :D
    udah lama ga mampir , makin eksis aja nih blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak eksis-eksis banget kok mas, malah intensitas perblogeran menurun mas

      Delete
  30. hehehe kira'in cuma di daerah saya aja sob, yang ada sayur pakis, rupanya di tempat sampeyan juga ada tho

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho di tempat saya malah tidak ada, itu di jember mas

      Delete
  31. Wah.... Tadi pagi baru aja saya masak sayur pakis di gulai campur cumi.
    Btw..... Blognya mas Ies gak bisa di kunjungi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cumi cumi ny jugaenak tuh bu. apalagi masaknya dengan sepenuh hati pasti rasanya oke banget

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh