Home » » Calak : Tukang Sunat

Calak : Tukang Sunat

Calak : Tukang Sunat


Nama profesinya adalah calak, tukang sunat-menyunat kulup (burung muda) laki-laki yang sudah waktunya disunat. Dalam menjalankan tugasnya, calak disertai dengan asisten calak dalam menyiapkan peralatan sunat seperti capit, pisau, kapas dan perban. Cara menyunatnya pun sangat cepat dengan tangan kosong, artinya tidak disertai obat bius.

Sunat atau khitan bagi laki-laki mengikuti cara Rasulullah (Nabi) Muhammad. Setelah di selidiki lebih jauh oleh dokter dalam era modern ini, sunat atau khitan mengandung manfaat kesehatan bagi organ reproduksi laki-laki. Untuk jelasnya silakan mencari di google.

Saya sendiri masih ingat dengan prosesi sunat atau khitanan yang semoga saja pertama dan terakhir. Saya sunat pada usia 12 (dua belas tahun) ketika liburan panjang akan masuk SMP, jadi peralihan lulus SD menuju pendaftaran SMP. Tidak ada gebyar pesta walimatul khitan, hanya kenduri biasa mendatangkan orang satu RT, kira-kira 50 orang. Dengan bantuan pak calak, saya disunat setelah di pangku oleh mbah canggah saya. Alhamdulillah dulu saya masih menangi mbah canggah saya. Prosesnya cepat tidak sampai satu menit sudah selesai, dan rasanya seperti di gigit semut krangkang, rangrang, clekit.Seabgai penghibur rasa sakit saat disunat, para tamu kenduri tadi memberi uang saku pada saya, nyangoni saya yang diselipkan pada saku saya setelah uangnya di bungkus amplop. Rasa senang karena usia 12 (dua belas) tahun bisa mengantongi uang puluhan ribu (saat itu).

Ada juga yang merasakan sakit saat di sunat, seperti saat sunatnya tetangga saya yang saat disunat oleh pak calak ternyata menangis kesakitan. Dan celakanya lagi, guyonan yang di celetukkan oleh orang tua kami, jika sunatnya nangis, besok kalau besar dapat janda, hehe. Atau bisa tidak dapat janda kalau mau di kalungi jebor atau gayung yang ada di kamar mandi. Ternyata guyonan itu tidak berlaku pada teman saya, beliau menikah dan dapat perawan original bukan KW1 atau KW2.

Saat ini peredaran atau habitat pak calak sudah tergeser oleh dokter dan bidan yang buka praktik sunat dengan sinar laser. Dulu sunat dengan bantuan pak dokter terkenal lama, memakan waktu 30 menit, itupun harus dibius terlebih dahulu kemudian di etet-etet terakhir di jahit. Proses penyembuhan relatif cepat sunat dengan jasa pak calak.
Bagaimanapun jasa calak tetap di butuhkan karena biaya yang murah dan cepat dalam menjalankan tugas sunat-menyunat.


88 komentar:

  1. saya ngeri bacanya mas :D wkwwkwkwk yang baru datang mau dan udah baca, jangan langsung dibayangin yah ehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe..jangan di bayangkan mas, saya juga masih ngilu membayangkannya, hehehehehehe

      Delete
    2. nak ngilu tinggal ditempele watu anget

      Delete
    3. jepitke lawang wae.....kwkwwwwwww

      Delete
    4. Haha... mbak Lis sadis banget :)

      Delete
    5. serem ah..jadi pengen ngumpet di gentong

      Delete
  2. klo sekarang sunat pake metode smart klamp, mas. nggak keluar darah. anak saya abis sunat pas umur 3 taon langsung sepeda-an juga main bola. seminggu kedepan alatnya baru dilepas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini teknologi baru, dan info baru buat saya juga.
      tambah keren nih mas teknologinya, *biayanya mahal gak mas ?

      Delete
    2. sekitar 400-500 ribuan atau bisa juga lebih mahal lagi tergantung dokter dan tempatnya

      Delete
    3. lebih ramah dan tak menyakitkan sepertinya

      Delete
    4. 12 taun baru disunat..?
      udah gondrong dong om..?

      Delete
    5. menurut saya mahal mas bud,tapi kalau tidak sakit dan ramah itu lebih diutamakan, kasian anaknya kan mas.

      tidak gondrong lagi lah mas, gondring banget, heehe
      ya masih ngrebung lah

      Delete
  3. waduh,ngomongin sunat *ga ngerti.
    tapi harus mulai mengerti dr skrg,soalnya Athar kan bakal sunat nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa tanya ke yang sudah pernah di sunat kan Mbak Yuli...(ayahnya Athar) hehehe

      Delete
    2. betul mbak, nanti mas athar dan mas zaky juga mengalami hal demikian

      Delete
  4. O ooo kulup itu burung muda ya mas, saya kira kluban titit. hehehe

    ah tau gitudulu waktu aku sunat nangis aja kali ya mas,, biar daapat yang bukan KW 1, hehe istilahnya ada ada saja mas agus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal, dipasar barang kw1 dan kw dua itu lebih laku dibandingkan yang ori loh

      Delete
    2. padahal kulup itu bayam di rebus, daun kenikir direbus, kacang panjang dan daun beluntas direbus, terus dikrawu sama kelapa je...

      Delete
    3. hehehe...murah dan paling laku karena banyak stoknya, kalau original memang mahal tapi kualitas terjamin, hehehe
      kulup daun luntas juga enak lho mbak, lauknya tempe bacem

      Delete
  5. jaman makin canggih, sekarang mau sunat aja ditawarin. mau model biasa atau spesial. kalau yang biasa ditempat saya 150 rb, kalau yang spesial (dibentuk seperti cengkeh) harganya 250 rb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau pae model ala Vyna yang sekarang lagi boming di tipi itu loh....berapa harganya mang?

      Delete
    2. kira2 yang nyunat kabur nggak ya kalau yang disunat kang lembu :D

      Delete
    3. # heran -------- masa Pak Ci pengen sunat lagi...

      Delete
    4. emang ga tau, agustusan kemaren beliau ikut sunatan masal..?

      Delete
    5. yang penting nyaman ya kang ucup, hehehe mau bentuk nya seperti jambu ada gak ? hehehe
      hah model kayak vyna, jadi habis dong kang? hehehe
      pantes pasukannya yang setia pada ikut mensupport

      Delete
  6. Waduh...... ceritanya buat nyeri nih Kang Agus.....
    Untung sudah lewat masa-masa itu. Kalau tidak, bisa tidak jadi sunat deh. he,,,he,,, he,,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira-kira sakitan mana ya, sunat atau melahirkan?

      Delete
    2. hehehe pak indra ternyata juga teringat, hehehe
      masih sakit melahirkan dong mbak, hehe
      wes pokok wanita lebih hebat

      Delete
  7. wahahahaha saya nggak bisa bayangin karna saya cewek.. xixixixix....

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti belom disunat ya...hiiii celem ih

      Delete
    2. psssst--jangan bilang-bilang dong Pak...


      Mbak PP, besok juga ngalamin ngilunya kalau melahirkan...hehehe

      Delete
    3. tar kalo ketemu yang bekas disunat juga ngilu..

      Delete
    4. hehehe..di jalani aja sesuai kodratnya nanti juga merasakan yang ngilu-ngilu tapi enak, hehehehe

      Delete
  8. wuuiih serem amat yak.. ga pake obat bius.. huhuhuu.. gmn rasanya tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. geli geli dikit, plus perih kaya luka dibanjur air cuka gituh deh...wkwkwk

      Delete
    2. hhaaaaaaa...........ketawa kepingkel2x

      Delete
    3. oh itu cara kang lembu ya, pantesan kok gede nya jadi edyiaaan, hehehehe

      Delete
  9. whahhahaha aku idem ah .. tp emng ga jaman dlu ataupun skrang,,
    anak kecil kalo mau sunat pasti di'iming"innya amplop . hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebayang ngak, jaman Rosululloh sunatnya kayak mana?

      Delete
    2. saya di iming-imingi biar cepat jadi perjaka e mbak, hehehe
      kalau jaman Rasul pasti deh tidak kerasa sakit karena iklhas lillahi ta'ala

      Delete
  10. Mestinya "jasa sunat" gitu aja, jgn "jasa sunat-menyunat"... kesannya kok berulang-ulang kali dietet2...

    btw, brgkali mas agus pengen sunat lagi? :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...kayak sunat anggaran aja ya mas...
      wooo saya tidak mau lagi ah..nanti habis tak tersisa , hehehe

      Delete
  11. wah menurut saya sunat itu kenangan manis.. hahaha.. karena dapet uang dan mainan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...itu bonusnya mas, karena dapat uang, sakitnya tidak terasa

      Delete
  12. Replies
    1. bukan m'ba...tapi capit yang mirip untuk ngoven ubi....;o)

      Delete
    2. kalau anak saya, capit itu kepiting...mau dicapit lagi?

      Delete
    3. heheehehe capit dari bambu untuk nusuk ikan bakar, hehehe
      oven ubi ? nanti mateng dong burung muda nya, hehehe
      capit itu penjepit, atau capite yuyu kang kang, hehehe

      Delete
  13. Alhamdulillah kalau dapet gadis bukan KW2 mah...berarti pamalinya ngga berlaku untuk beliau ya....kalau saya disunatnya udah alot kang...jadi terpaksa disunat pake laser...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sunat gak nangis om,tp ya tetep dpt KW2 kok...
      padahal KW2 akupun gak ngerti maksudnya.....:D

      Delete
    2. hehehe..lasernya pakai sinar dari petromaks ya kang, hehehe
      KW2 itu kualitas nomer dua tp baru juga lho, hehehe

      Delete
  14. jaman sekarang beda kyak jaman dulu mas, sekarang udah serba praktis sembuhnya juga cepet.. sehari abis di sunat udah bisa jalan2 dengan santainya pake celana :) saya dulu 3 hari masih pake sarung, jalan juga pegangan sarung :D ahaaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..abuh juga ya mas harus di kum air hangat tiap mandi, hehehe

      Delete
  15. dulu masa aku sunat mas,pacarku ngado sarung loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi gak yg makain sarungnya to...hehheeee

      Delete
    2. mayan mas buat di pakai saat sembuh nanti dan buat melamar juga kan, hehehe
      melamar pacar pakai sarung , asik lho mas.
      wah wah..msak belum jadian kok memakaikan sarung, nanti kesentil burungnya

      Delete
  16. Hehe...baru disunat, sudah di guyoni janda ya mas, mana tahu tuh yang disunatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..katanya biar tidak nangis dan tidak kesakitan, untuk hiburan juga mas, pengaalihan perhatian sepertinya

      Delete
  17. saya dulu sunat kelas 3 SD

    ayo yg dulu belum ngasih saya amplop, sekarang masih boleh ngasih kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal mau disunat lagi, nanti pada ngamplopi...wes to yakin Pak...hehehe

      Delete
    2. hehehe..mbak khusnya memang top cer, kalau disunat lagi saya rela membelikan mainan bapak-bapak, hehehe

      Delete
  18. saya dulu disunat oleh calak kang, wuihhh sakitnya ampun..tai alhamdulillah beliau dapet yang original.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trs kulitnya di goreng ya....hehheeeee

      Delete
    2. huss,,,kuli di goreng jare mbak is, hihihi...
      sakit tidak nya apa tergantung keahlian si calak ya mas? cepat atau tidak prosesnya.

      Delete
  19. Replies
    1. hehhehe...semoga aja tidak mas rifai, nanti ngilu lagi deh,

      Delete
  20. itu kan jaman dulu pak, untuk sekarang banyak sekali pilihan mcam sunatnya dan tidak sakit jda anak yg mau disunat tidak takut. kemajuan jaman dan para ahli yg menjamur jd memberikan kemudahan.
    pas riski di sunat tidak nangis malah saya yg nungguin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini kemajuan teknologi mbak is, saya sendiri saat itu lebih memilih calak dari pada di dokter, soalnya kelamaan kalau di dokter, hehe

      Delete
  21. di tempat saya namanya bong supit Pak Agus. pernah tau, dulu anak yang habis disunat, obatnya pakai serbuk sulfatilamida yang kemasannya ijo itu. ngaku, Pak Agus iya apa ndak?

    kalau di Mataram, anak usia 5 tahun sudah disunat, sepupu Zaki yang tinggal di Lombok, saat TK kemarin sunatnya. kendurian juga, pakai kambing yang dimasak gulai...herannya, gulai 1 ekor kambing kok kelapanya 60 biji...ngeri temen ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..saya yang disunat aja hampir lupa dengan obar puyer atau serbuknya, hehe
      kalau habis mandi pasti di taburi serbuk tadi, dan perih, hehehehe

      usia memang tidak menjadi patokan di rengel sana mbak, baru lahir langsung di sunat juga ada, hehehe
      yang sudah sma belum sunat juga ada, jadi tergantung orang tuanya dan anaknya

      Delete
  22. sunat memang bagus juga untuk kesehatan, buat yang belum ayo disunat hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kalau perempuan gimana mas?saya malah belum mengerti hehehe

      Delete
  23. sekarang profesi tukang sunat tradisional sudah tersisih
    hampir setiap orang jadi tukang sunat
    ga cuma nyunat titit doang
    jatah rakyat miskin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..ini sunat yang lain mas, kalau itu sih semua orang juga punya bakat kok mas.

      Delete
  24. kalau di tempat saya sudah nggak ada calak mas.. keberadaannya sudah kalah sama tukang sunat dana hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama halnya di kampung saya mas, sudah tersisihkan penerusnya tidak ada, jadi tambah langka

      Delete
  25. Wahhh Serem Juga Yah Klo Disunat Kaga Pake Obatt Biuss Huuu Kagak Bisa Ngebayangin >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...porsesnya cepat kok mas tidak ada satu menit, tess jebreet..hehe

      Delete
  26. kalo ditempat saya tukang sunat itu namanya bengkong...lucunya bengkong ditempat saya namanya pak cala "ga pake K" ko bisa sama ya...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..pengetahuan baru nih dari mas aulia.
      tukang sunat tradisional semoga tetap eksis

      Delete
  27. kalo yang laser malah bahaya bukan Mas?

    ReplyDelete
  28. Kalau bicara soal sunat saya cuma pertama dan terakhir aja mas, ndak mau dua kali.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh