Bayar Denda Pajak Motor

Bayar Denda Pajak Motor

Bayar denda pajak motor honda c70 tahun 1975 melalui biro jasa atau calo atau makelar. Pajak kendaraan bermotor saya sudah telat bayar11 bulan terhitung mulai dari bulan september 2012 sampai Agustus 2013 baru saya bayar. Alasan saya telat membayar pajak tahunan motor saya, karena BPKB dan Stnk bukan atas nama saya sendiri, melainkan atas nama orang lain yang bukan dari sanak saudara saya. Karena ewuh pakewuh atau ribet dalam arti sungkan dengan beliau, harus mendatangi beliau untuk pinjam KTP. Tidak enaknya saya harus merepotkan beliau dalam mengajar di Madarasah Aliyah, walaupun sebenarnya ini wujud dari silaturohim, tetap saya merasa tidak enak sama beliau. Saya menggunakan biro jasa tetangga sebelah rumah, meminta tolong bayarkan pajak kendaraan bermotor (pajak tahunan stnk), maksud saya tolong pinjamkan KTP yang tertera di Stnk nanti saya ganti uang bekerjanya, tetapi biro jasa sudah memiliki jalan pintas tersendiri untuk bisa menerobos pintu masuk samsat. Entah memang memberi penghasilan pada biro jasa melalui rentenan petugas samsat sampai biro jasa atau memang ada pengecualian untuk biro jasa itu sendiri, saya kurang tau.

Bayar denda pajak motor

Begitu saya serahkan Stnk dan uang sejumlah yang tertera pada pajak dan perkiraan denda pajak motor saya, sekaligus ongkos (kerja dan bensin). Yang jelas cara pembayarannya tetap normal, yaitu dengan antri pada loket dengan menyertakan Stnk motor beserta KTP asli (atas nama STNK), setelah di panggil menuju kasir untuk membayar pajak tahunan (STNK). Jika kena "denda atau telat bayar pajak"nya, ada tambahan biaya berupa denda keterlambatan pembayaran pajak. Besarnya sekian % (persen) perbulan, jadi kalau terlambat 11 bulan kali persentase dari pajak pokoknya. Saya bayar dua kali, pertama untuk pajak tahun 2012-2013 yang belum saya bayar dan pajak tahun 2013-2014.

Pemutihan Denda Pajak Seluruh Jawa Timur

Denda pajak motor seluruh jawa timur di bebaskan karena ada program dari pemprov jawa timur tentang pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Program ini sangat menguntungkan bagi saya walaupun besar dendanya tidak begitu banyak. Lumayan buat tambahan biaya di biro jasa tetangga rumah saya.
Jika yang membayar wajib pajak yang beda nama dengan STNK tadi pasti petugas samsat tidak menerima atau menolak. Tetapi jika dititipkan pada biro jasa, petugas samsat mau menerimanya dengan imbalan tertentu. Yang terpenting saya terbantu dengan biro jasa dan niat saya minta tolong bayarkan pajak Stnk bukan minta tolong kemudahan akses dalam membayar pajak. Sama-sama enak atau memang enak sama-sama?
Previous
Next Post »

105 komentar

Write komentar
September 16, 2013 at 8:36 AM delete

mangcab ya Pak, telatnya sampai 11 bulan, kalau bayi, sudah lahir itu Pak...# maaf komennya kacau...

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:38 AM delete

balik nama saja, om
barang antik seperti itu kan ga terlalu mahal

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:39 AM delete

bener om agus bu
perasaan dulu telat sehari sama setahun dendanya sama
ga tau kalo sekarang dibikin perbulan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:50 AM delete

hehehe, sebelas bulan sudah di sesar tuh mbak,
iya mas sekarang dendanya model persenan gitu, bukan di gradak satu hari sama dengan setahun.

Reply
avatar
September 16, 2013 at 8:51 AM delete

meski di samsat tertulis "hindari calo", tetap saja praktek precaloan ada, terutama yang bayar pajak nggak punya SIM yang sesuai dengan yang ada di STNK. Bagi yang motor + STNK nya ngemplang enak dong bisa lolos lewat pintu belakang.
#lewat belakang emang enak

Reply
avatar
September 16, 2013 at 8:52 AM delete

Kalau sudah cinta dengan barang ya apa boleh dibuat. Kan kita juga sebagai warga negara yang baik yang harus bayar pajak ya Kang. Mantap deh.

Salam wisata

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:52 AM delete

sekalian tunggu kir stnk mas, habis tahun 2015 masih 2 tahun lagi, hehehe

Reply
avatar
September 16, 2013 at 8:52 AM delete

balik nama, berarti Eko jadi Oke gitu yak ?

Reply
avatar
September 16, 2013 at 8:52 AM delete

Kalau balk nama, bacanya di balik dong ! xixixixi......

Reply
avatar
September 16, 2013 at 8:53 AM delete

awas jangan salah masuk nanti, kalau lewat belakang. !

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:54 AM delete

berarti sama sama enak karena sama sama lewat belakang, "amit mbah kulo ndherek lintang" hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 8:55 AM delete

eman eman pak indra, kalau harus mati surat-suratnya, kan tidak bisa bersantai keluar kota, hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 9:23 AM delete

buat beli pentol enak nih pak

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
September 16, 2013 at 9:30 AM delete

beruntung tuh Mas ada pemutihan pembayaran pajak. sebenernya pemerintah baik ya? hehe

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
September 16, 2013 at 9:54 AM delete

A 6 US, itu plat mobil di Banten

Reply
avatar
zachflazz
AUTHOR
September 16, 2013 at 9:55 AM delete

kalo pentol bakso mending, kalo korek?

Reply
avatar
September 16, 2013 at 10:31 AM delete

orang bijak berarti taat pajak ya mas, didenda berarti mas Agus telat ngurusnya, saya juga dulu pernah mas hehe...

Reply
avatar
eka pujiyanti
AUTHOR
September 16, 2013 at 10:45 AM delete

jangan pake denda lagi dong mas.... kan uangnya bisa buat jajan aku, hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:09 AM delete

ini khusus buat belu pentol bakso, bukan pentol korek lho

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:11 AM delete

hehe..betul mas karena alasan yang sudah saya tulis tuh..
tapi di jawa timur ada pemutihan denda lho mas, keren kan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:11 AM delete

baik banget mas, itu kan kampanye pak dhe karwo secara terselubung mas, hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:12 AM delete

kalau AA 6 US itu daerah kedu magelang ya mas

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:26 AM delete

kalau korek buat nyulut kembang api , mas

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:02 PM delete

kapan-kapan titip mas Agus aja deh kalau ngurus seperti ini

Reply
avatar
Thanjawa Arif
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:03 PM delete

pentol bakso di balik
ya kutah mas

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:12 PM delete

bentar, bentar jangan sekarang ya nyundut kembang apinya..nih di dapur baru ada yang masang tabung gas...

Reply
avatar
Kang Ucup
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:16 PM delete

sudah 11 bulan tanggung mas,..ntar bayarnya sekalian ganti plat nomer saja :D

Reply
avatar
MaYa KayLa
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:29 PM delete

Orang bijak taat bayar pajak
hehehehehe,,,,,
pekewuh nya dimpet,,,, smape bisa nahan 11 bln ya mas?

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:31 PM delete

tiaraapp semuanya duuarrrrrr.....

Reply
avatar
agus bg
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:33 PM delete

lewat depan atau belakang sama2 enak, coba geh tanya mas zach

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:36 PM delete

enaknya ya kalau ada biro jasa STNK.

Bapak saya juga nggak mau ribet dan selalu menggunakan bantuan biro jasa, alasannya pemilik sepeda motor sebelumnya berdomisili di Kabupaten Sleman, sedang bapak di Bantul, cukup jauh untuk pinjam KTP.

beda dengan di sini, selama 2 tahun ini suami saya selalu bersusah payah meminjam KTP sama si empunya sepeda motor sebelumnya, mau tak mau harus begitu, padahal rumah beliau jauh dan susah ketemuannya...mau pakai biro jasa, belum pernah nemu yang namanya biro jasa STNK di sini...

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:38 PM delete

kalau numplek ya beli lagi...biar kelarisan sang penjual pentolnya.

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:41 PM delete

di rumah saya, yang biasa lewat pintu belakang tuh si empus, yang biasa nunggu tulang ikan...

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:44 PM delete

boro-boro keluar kota, jalan di kampung sendiri saja deg-degan selalu waspada, apalagi lihat polisi, udah kayak diteror je...# pengalaman banget ya saya...

Reply
avatar
September 16, 2013 at 12:44 PM delete

untung pemutihan, bukan penggelapan, nanti yang rumongso gelap tersinggung ya...

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:46 PM delete

awasssss...pake helm semua

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:46 PM delete

kalau numplek di perut ya kenyang to yooo

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:47 PM delete

kalau nyang ginian, senior emang lebih pinter, hehe
empus itu suka lewat depan, belakang , samping juga seneng, apalagi musim kawin, ngrameni aja, hehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:48 PM delete

hehehe...pasang gaya lugu aja mbak, aman

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:48 PM delete

lho saya banget itu, golongan gelap dan hitam, hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:49 PM delete

bakul pentole kelarisan mbak, wes entek

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:49 PM delete

nah kan dikira saya calo, huh....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:50 PM delete

hehehe..sekalian menghabiskan masa lima tahunan mas, habis tahun 2015

Reply
avatar
wongcrewchild
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:50 PM delete

skrang banyak mobil samsat keliling, biasanya ditempat2 strategis, sy prnah bayar pajak gak sampe 10 menit jadi

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:50 PM delete

hehehe..orang mbulet kayak saya, telat bayar pajak, hehehe

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:53 PM delete

wah bisa jadi peluang buat saudara atau tetangga mbak, buka biro jasa atau makelar, hehehe
oh iya motor bapak yang vespa ya mbak, vespa grand lux atau sprint 1969 Congo yang dipakai pasukan garuda di congo dulu ya mbak ?

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:54 PM delete

betul mas, masalahnya ktp nya saya malas meminjam dulu.

Reply
avatar
Ahmad Manarul
AUTHOR
September 16, 2013 at 12:56 PM delete

Hehehehe sama dengan motor saya dong, masih telah ^_^ *Keep Smile

Reply
avatar
September 16, 2013 at 1:07 PM delete

lha iya, minum kopi pahit terus sih Pak Agus...

Reply
avatar
September 16, 2013 at 1:08 PM delete

bukan Pak Agus, yang vespa itu motor mertua, sepeda motor honda star...* tiiiiittt nyebut merk

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 1:51 PM delete

bukan di minum mbak, tapi suka luluran leteknya kopi

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 1:52 PM delete

hehehe..honda star itu juga sepeda terkuat yang pernah ada di indonesia, juga irit bahan bakar jarang rewel

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 1:52 PM delete

awas kalau telat bulan nanti bisa hamil motornya

Reply
avatar
September 16, 2013 at 1:53 PM delete

wah, kalok didaerah sy, dendanya bnyak....
-_-

Reply
avatar
Yulita W.N
AUTHOR
September 16, 2013 at 1:54 PM delete

kemaren pas saya pulang kampung juga denda 3 bln pajak motornya. gak terlalu mahal alhamdulillaah,,tapi lumayan juga bisa dapet baso 10 mangkok kira2..hehe..

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 2:08 PM delete

seharusnya sama mas, mungkin sepeda motor mas achmed keluaran terbaru yang pajak pokoknya diatas 200 ribu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 16, 2013 at 2:09 PM delete

hehehe..mayan juga kalau beli 10 bakso apalagi sekalian es nya, dan juga ongkos parkirnya.
hehehe

Reply
avatar
Wisata Murah
AUTHOR
September 16, 2013 at 2:33 PM delete

yang jelas, sama sama menanggung beban enak kale mas, hehehehe
memang sudah semacam jadi jamak dan lumprah ya, lagian klo biro jasa itu hukumnya sah saja, karena memang itu jadi jalan mereka, malah klo ga kasih ongkosnya kita dosa kali ya. hehe

Reply
avatar
Cilembu thea
AUTHOR
September 16, 2013 at 2:45 PM delete

untung ada pemutihan....lain kali jangan gitu ya....;o)

Reply
avatar
Intan Sudibjo
AUTHOR
September 16, 2013 at 3:07 PM delete

simbiosis mutualisme, saling menguntungkan hehe :D

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
September 16, 2013 at 3:39 PM delete

kebetulan saya pakai caping dan rompi anti kembang api.. keren kan

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
September 16, 2013 at 3:42 PM delete

enak ya mas kalau pakai biro jasa, kita kerja ada yang ngurus stnk .. sayang kampung ditempat saya ndak ada biro jasa, masa mau ke tetangganya mas agus, kan jauh.

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
September 16, 2013 at 3:43 PM delete

kalau baso semangkok di balik ya tumpah mas hehehe

Reply
avatar
Yono Karyono
AUTHOR
September 16, 2013 at 3:45 PM delete

kalau bicara lewat belakang, kok saya kepikiran yang begituan... kenapa hayoh eheheh

Reply
avatar
September 16, 2013 at 4:48 PM delete

pajak sepeda motor saya cuma 100 ribuan

Reply
avatar
September 16, 2013 at 4:50 PM delete

tunggu saja hamilnya, mana tahu lahir mobil

Reply
avatar
September 16, 2013 at 4:52 PM delete

hamdalah hampir tiap hari dipakai untuk angkut telur asin hampir 1000 butir juga lancar Pak,

[bismillah semoga orang tua saya diparingi lancar]

Reply
avatar
September 16, 2013 at 5:21 PM delete

selamat membayar denda mas agus.

Reply
avatar
Yudi Darmawan
AUTHOR
September 16, 2013 at 9:38 PM delete

ngapain aja mas telat bayar sampai selama itu, hehe..

Reply
avatar
Azie Thea
AUTHOR
September 16, 2013 at 10:32 PM delete

biasanya nembak juga bisa kang.

Reply
avatar
Uyo Yahya
AUTHOR
September 16, 2013 at 11:14 PM delete

Ya mending pake biro jasa ya mas, kita tahu-tahu udah beres dan pekerjaan kita tidak terganggu. Tapi, telatnya ampe 11 bulan gitu mas...

Reply
avatar
yanuar catur
AUTHOR
September 17, 2013 at 3:04 AM delete

Ehm, polisi untung, sampeyan enak mungkin mas.. itulah kemudahan.wkwkw

Reply
avatar
Ferry Nurse
AUTHOR
September 17, 2013 at 5:41 AM delete

sepertinya sudah jadi barang rahasia umum kalau tetap ada Calo dalam setiap pengurusan pajak kendaraan bermotor di manapun

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:13 AM delete

lha itu sudah saya tulis alasannya.

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:13 AM delete

tidak bayar denda kok mas, kan gratis ada pemutihan

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:13 AM delete

saya untung beliau juga untung

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:14 AM delete

lain kali saya harus mencalo i calo itu, huh....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:14 AM delete

lewat saya aja mang, tau beres deh mang, hehehe
saya lagi kejar setoran nih mang

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:15 AM delete

hhehe..memanfaatkan kelemahan orang lain untuk bisa diolah menjadi uang..kreatif pak

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:16 AM delete

iya mas saya nembak di calo tetangga saya

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:17 AM delete

memang saya sengaaja mas sekalian nunggu pemutihan denda, eh ternyata ada, ya rejeki deh,

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:17 AM delete

memang diatur semua serba untung kok mas, tau beres gitu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:18 AM delete

hehehe..namanya juga ada peraturan dan ada celah untuk bs menerobos yang tidak bisa diakses oleh umum. top sekali

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:19 AM delete

sama dengan Gl Pro 1991 mbak, kalau honda c70 ini cuma 67 ribu dulu malah 47 ribu

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:19 AM delete

lahir mobil mobilan juga gak papa kan kecil, buat mas zaki aja

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:20 AM delete

juragan endok asin, berapa tray itu mbak...hehe
pasti ber tray tray ya mbak...
semoga lancar, sehat dan dagangan laris dengan bayar langsung tnpa utang.
amiin

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:21 AM delete

kalau tumpah di mulut kan enak mang

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:21 AM delete

bagus buat macul di sawah tuh mang

Reply
avatar
anisayu
AUTHOR
September 17, 2013 at 8:40 AM delete

kalo pake biro jasa murah
jadi bisa senyum dg mudah
karena bayar pajak ga bikin marah
karena aku juga pernah

hehe

Reply
avatar
Asep Haryono
AUTHOR
September 17, 2013 at 9:19 AM delete

Jika memang waktu kita sangat sibuk dan tidak sempat untuk mengurus perpanjangan Pajak Motor memang bisa menggunakan Jasa pengrusan pajak Motor. Tentu dengan konsekuensi harganya yang jauh berlipat lipat daripada mengurus pajak sendiri. Tentu ada plus dan minusnya ya. Saya pernah mempercayakan pengurusan pajak motor pada perusahaan leasing. Tarifnya 100 ribu perak jauh lebih banyak dari mengurus pajak sendiri

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 9:34 AM delete

hehehe..bayar pajak mudah murah dan lumrah biayanya memang harus datang sendiri ke samsat lho mbak. Tidak antri tapi bikin enak di hati

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 9:36 AM delete

untuk ukuran saya , itu sudah mahal banget kang asep.
lebih baik mengurus sendiri yang tidak ditarik biaya sama sekali selain pajak terhitung.

Reply
avatar
September 17, 2013 at 1:20 PM delete

Ko diukur Kang, memang panjangnya berapa ?

Reply
avatar
September 17, 2013 at 1:21 PM delete

Waduh ada yang neror !..... xixixixi.....

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 2:12 PM delete

terorejing terojing terojing...

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 17, 2013 at 2:13 PM delete

panjang kali tinggi tetep duit nya kosong di dompet, hehehe

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
September 18, 2013 at 1:11 AM delete

kalo pake mulut memang enak kok

Reply
avatar
Rawins
AUTHOR
September 18, 2013 at 1:12 AM delete

ya iyalah
aku kalo boker pasti lewat belakang

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 18, 2013 at 8:45 AM delete

pakai lidah juga bikin sensasi tambah top cer

Reply
avatar
Agus Setya
AUTHOR
September 18, 2013 at 8:46 AM delete

di kunci apa tidak mas pintu belakangnya

Reply
avatar

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh EmoticonEmoticon