Bayar Denda Pajak Motor

Bayar denda pajak motor honda c70 tahun 1975 melalui biro jasa atau calo atau makelar. Pajak kendaraan bermotor saya sudah telat bayar11 bulan terhitung mulai dari bulan september 2012 sampai Agustus 2013 baru saya bayar. Alasan saya telat membayar pajak tahunan motor saya, karena BPKB dan Stnk bukan atas nama saya sendiri, melainkan atas nama orang lain yang bukan dari sanak saudara saya. Karena ewuh pakewuh atau ribet dalam arti sungkan dengan beliau, harus mendatangi beliau untuk pinjam KTP. Tidak enaknya saya harus merepotkan beliau dalam mengajar di Madarasah Aliyah, walaupun sebenarnya ini wujud dari silaturohim, tetap saya merasa tidak enak sama beliau. Saya menggunakan biro jasa tetangga sebelah rumah, meminta tolong bayarkan pajak kendaraan bermotor (pajak tahunan stnk), maksud saya tolong pinjamkan KTP yang tertera di Stnk nanti saya ganti uang bekerjanya, tetapi biro jasa sudah memiliki jalan pintas tersendiri untuk bisa menerobos pintu masuk samsat. Entah memang memberi penghasilan pada biro jasa melalui rentenan petugas samsat sampai biro jasa atau memang ada pengecualian untuk biro jasa itu sendiri, saya kurang tau.

Bayar denda pajak motor

Begitu saya serahkan Stnk dan uang sejumlah yang tertera pada pajak dan perkiraan denda pajak motor saya, sekaligus ongkos (kerja dan bensin). Yang jelas cara pembayarannya tetap normal, yaitu dengan antri pada loket dengan menyertakan Stnk motor beserta KTP asli (atas nama STNK), setelah di panggil menuju kasir untuk membayar pajak tahunan (STNK). Jika kena "denda atau telat bayar pajak"nya, ada tambahan biaya berupa denda keterlambatan pembayaran pajak. Besarnya sekian % (persen) perbulan, jadi kalau terlambat 11 bulan kali persentase dari pajak pokoknya. Saya bayar dua kali, pertama untuk pajak tahun 2012-2013 yang belum saya bayar dan pajak tahun 2013-2014.

Pemutihan Denda Pajak Seluruh Jawa Timur

Denda pajak motor seluruh jawa timur di bebaskan karena ada program dari pemprov jawa timur tentang pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Program ini sangat menguntungkan bagi saya walaupun besar dendanya tidak begitu banyak. Lumayan buat tambahan biaya di biro jasa tetangga rumah saya.
Jika yang membayar wajib pajak yang beda nama dengan STNK tadi pasti petugas samsat tidak menerima atau menolak. Tetapi jika dititipkan pada biro jasa, petugas samsat mau menerimanya dengan imbalan tertentu. Yang terpenting saya terbantu dengan biro jasa dan niat saya minta tolong bayarkan pajak Stnk bukan minta tolong kemudahan akses dalam membayar pajak. Sama-sama enak atau memang enak sama-sama?


105 komentar:

  1. mangcab ya Pak, telatnya sampai 11 bulan, kalau bayi, sudah lahir itu Pak...# maaf komennya kacau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener om agus bu
      perasaan dulu telat sehari sama setahun dendanya sama
      ga tau kalo sekarang dibikin perbulan

      Delete
    2. hehehe, sebelas bulan sudah di sesar tuh mbak,
      iya mas sekarang dendanya model persenan gitu, bukan di gradak satu hari sama dengan setahun.

      Delete
    3. kalo pentol bakso mending, kalo korek?

      Delete
    4. kalau korek buat nyulut kembang api , mas

      Delete
    5. bentar, bentar jangan sekarang ya nyundut kembang apinya..nih di dapur baru ada yang masang tabung gas...

      Delete
    6. tiaraapp semuanya duuarrrrrr.....

      Delete
    7. kebetulan saya pakai caping dan rompi anti kembang api.. keren kan

      Delete
    8. bagus buat macul di sawah tuh mang

      Delete
  2. balik nama saja, om
    barang antik seperti itu kan ga terlalu mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian tunggu kir stnk mas, habis tahun 2015 masih 2 tahun lagi, hehehe

      Delete
    2. balik nama, berarti Eko jadi Oke gitu yak ?

      Delete
    3. Kalau balk nama, bacanya di balik dong ! xixixixi......

      Delete
    4. A 6 US, itu plat mobil di Banten

      Delete
    5. kalau AA 6 US itu daerah kedu magelang ya mas

      Delete
    6. pentol bakso di balik
      ya kutah mas

      Delete
    7. kalau numplek ya beli lagi...biar kelarisan sang penjual pentolnya.

      Delete
    8. kalau numplek di perut ya kenyang to yooo

      Delete
    9. kalau baso semangkok di balik ya tumpah mas hehehe

      Delete
    10. kalau tumpah di mulut kan enak mang

      Delete
    11. kalo pake mulut memang enak kok

      Delete
    12. pakai lidah juga bikin sensasi tambah top cer

      Delete
  3. meski di samsat tertulis "hindari calo", tetap saja praktek precaloan ada, terutama yang bayar pajak nggak punya SIM yang sesuai dengan yang ada di STNK. Bagi yang motor + STNK nya ngemplang enak dong bisa lolos lewat pintu belakang.
    #lewat belakang emang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas jangan salah masuk nanti, kalau lewat belakang. !

      Delete
    2. berarti sama sama enak karena sama sama lewat belakang, "amit mbah kulo ndherek lintang" hehehe

      Delete
    3. lewat depan atau belakang sama2 enak, coba geh tanya mas zach

      Delete
    4. di rumah saya, yang biasa lewat pintu belakang tuh si empus, yang biasa nunggu tulang ikan...

      Delete
    5. kalau nyang ginian, senior emang lebih pinter, hehe
      empus itu suka lewat depan, belakang , samping juga seneng, apalagi musim kawin, ngrameni aja, hehe

      Delete
    6. kalau bicara lewat belakang, kok saya kepikiran yang begituan... kenapa hayoh eheheh

      Delete
    7. ya iyalah
      aku kalo boker pasti lewat belakang

      Delete
    8. di kunci apa tidak mas pintu belakangnya

      Delete
  4. Kalau sudah cinta dengan barang ya apa boleh dibuat. Kan kita juga sebagai warga negara yang baik yang harus bayar pajak ya Kang. Mantap deh.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. eman eman pak indra, kalau harus mati surat-suratnya, kan tidak bisa bersantai keluar kota, hehe

      Delete
    2. boro-boro keluar kota, jalan di kampung sendiri saja deg-degan selalu waspada, apalagi lihat polisi, udah kayak diteror je...# pengalaman banget ya saya...

      Delete
    3. hehehe...pasang gaya lugu aja mbak, aman

      Delete
    4. Waduh ada yang neror !..... xixixixi.....

      Delete
    5. terorejing terojing terojing...

      Delete
  5. beruntung tuh Mas ada pemutihan pembayaran pajak. sebenernya pemerintah baik ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik banget mas, itu kan kampanye pak dhe karwo secara terselubung mas, hehehe

      Delete
    2. untung pemutihan, bukan penggelapan, nanti yang rumongso gelap tersinggung ya...

      Delete
    3. lho saya banget itu, golongan gelap dan hitam, hehehe

      Delete
    4. lha iya, minum kopi pahit terus sih Pak Agus...

      Delete
    5. bukan di minum mbak, tapi suka luluran leteknya kopi

      Delete
  6. orang bijak berarti taat pajak ya mas, didenda berarti mas Agus telat ngurusnya, saya juga dulu pernah mas hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..betul mas karena alasan yang sudah saya tulis tuh..
      tapi di jawa timur ada pemutihan denda lho mas, keren kan

      Delete
  7. jangan pake denda lagi dong mas.... kan uangnya bisa buat jajan aku, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini khusus buat belu pentol bakso, bukan pentol korek lho

      Delete
    2. bakul pentole kelarisan mbak, wes entek

      Delete
  8. kapan-kapan titip mas Agus aja deh kalau ngurus seperti ini

    ReplyDelete
  9. sudah 11 bulan tanggung mas,..ntar bayarnya sekalian ganti plat nomer saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..sekalian menghabiskan masa lima tahunan mas, habis tahun 2015

      Delete
  10. Orang bijak taat bayar pajak
    hehehehehe,,,,,
    pekewuh nya dimpet,,,, smape bisa nahan 11 bln ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..orang mbulet kayak saya, telat bayar pajak, hehehe

      Delete
  11. enaknya ya kalau ada biro jasa STNK.

    Bapak saya juga nggak mau ribet dan selalu menggunakan bantuan biro jasa, alasannya pemilik sepeda motor sebelumnya berdomisili di Kabupaten Sleman, sedang bapak di Bantul, cukup jauh untuk pinjam KTP.

    beda dengan di sini, selama 2 tahun ini suami saya selalu bersusah payah meminjam KTP sama si empunya sepeda motor sebelumnya, mau tak mau harus begitu, padahal rumah beliau jauh dan susah ketemuannya...mau pakai biro jasa, belum pernah nemu yang namanya biro jasa STNK di sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa jadi peluang buat saudara atau tetangga mbak, buka biro jasa atau makelar, hehehe
      oh iya motor bapak yang vespa ya mbak, vespa grand lux atau sprint 1969 Congo yang dipakai pasukan garuda di congo dulu ya mbak ?

      Delete
    2. bukan Pak Agus, yang vespa itu motor mertua, sepeda motor honda star...* tiiiiittt nyebut merk

      Delete
    3. hehehe..honda star itu juga sepeda terkuat yang pernah ada di indonesia, juga irit bahan bakar jarang rewel

      Delete
    4. hamdalah hampir tiap hari dipakai untuk angkut telur asin hampir 1000 butir juga lancar Pak,

      [bismillah semoga orang tua saya diparingi lancar]

      Delete
    5. juragan endok asin, berapa tray itu mbak...hehe
      pasti ber tray tray ya mbak...
      semoga lancar, sehat dan dagangan laris dengan bayar langsung tnpa utang.
      amiin

      Delete
  12. skrang banyak mobil samsat keliling, biasanya ditempat2 strategis, sy prnah bayar pajak gak sampe 10 menit jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, masalahnya ktp nya saya malas meminjam dulu.

      Delete
  13. Hehehehe sama dengan motor saya dong, masih telah ^_^ *Keep Smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas kalau telat bulan nanti bisa hamil motornya

      Delete
    2. tunggu saja hamilnya, mana tahu lahir mobil

      Delete
    3. lahir mobil mobilan juga gak papa kan kecil, buat mas zaki aja

      Delete
  14. wah, kalok didaerah sy, dendanya bnyak....
    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sama mas, mungkin sepeda motor mas achmed keluaran terbaru yang pajak pokoknya diatas 200 ribu

      Delete
    2. pajak sepeda motor saya cuma 100 ribuan

      Delete
    3. sama dengan Gl Pro 1991 mbak, kalau honda c70 ini cuma 67 ribu dulu malah 47 ribu

      Delete
  15. kemaren pas saya pulang kampung juga denda 3 bln pajak motornya. gak terlalu mahal alhamdulillaah,,tapi lumayan juga bisa dapet baso 10 mangkok kira2..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..mayan juga kalau beli 10 bakso apalagi sekalian es nya, dan juga ongkos parkirnya.
      hehehe

      Delete
  16. yang jelas, sama sama menanggung beban enak kale mas, hehehehe
    memang sudah semacam jadi jamak dan lumprah ya, lagian klo biro jasa itu hukumnya sah saja, karena memang itu jadi jalan mereka, malah klo ga kasih ongkosnya kita dosa kali ya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe..memanfaatkan kelemahan orang lain untuk bisa diolah menjadi uang..kreatif pak

      Delete
  17. untung ada pemutihan....lain kali jangan gitu ya....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain kali saya harus mencalo i calo itu, huh....

      Delete
  18. simbiosis mutualisme, saling menguntungkan hehe :D

    ReplyDelete
  19. enak ya mas kalau pakai biro jasa, kita kerja ada yang ngurus stnk .. sayang kampung ditempat saya ndak ada biro jasa, masa mau ke tetangganya mas agus, kan jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat saya aja mang, tau beres deh mang, hehehe
      saya lagi kejar setoran nih mang

      Delete
  20. Replies
    1. tidak bayar denda kok mas, kan gratis ada pemutihan

      Delete
  21. ngapain aja mas telat bayar sampai selama itu, hehe..

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. iya mas saya nembak di calo tetangga saya

      Delete
  23. Ya mending pake biro jasa ya mas, kita tahu-tahu udah beres dan pekerjaan kita tidak terganggu. Tapi, telatnya ampe 11 bulan gitu mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang saya sengaaja mas sekalian nunggu pemutihan denda, eh ternyata ada, ya rejeki deh,

      Delete
  24. Ehm, polisi untung, sampeyan enak mungkin mas.. itulah kemudahan.wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang diatur semua serba untung kok mas, tau beres gitu

      Delete
  25. sepertinya sudah jadi barang rahasia umum kalau tetap ada Calo dalam setiap pengurusan pajak kendaraan bermotor di manapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..namanya juga ada peraturan dan ada celah untuk bs menerobos yang tidak bisa diakses oleh umum. top sekali

      Delete
  26. kalo pake biro jasa murah
    jadi bisa senyum dg mudah
    karena bayar pajak ga bikin marah
    karena aku juga pernah

    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..bayar pajak mudah murah dan lumrah biayanya memang harus datang sendiri ke samsat lho mbak. Tidak antri tapi bikin enak di hati

      Delete
  27. Jika memang waktu kita sangat sibuk dan tidak sempat untuk mengurus perpanjangan Pajak Motor memang bisa menggunakan Jasa pengrusan pajak Motor. Tentu dengan konsekuensi harganya yang jauh berlipat lipat daripada mengurus pajak sendiri. Tentu ada plus dan minusnya ya. Saya pernah mempercayakan pengurusan pajak motor pada perusahaan leasing. Tarifnya 100 ribu perak jauh lebih banyak dari mengurus pajak sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ukuran saya , itu sudah mahal banget kang asep.
      lebih baik mengurus sendiri yang tidak ditarik biaya sama sekali selain pajak terhitung.

      Delete
    2. Ko diukur Kang, memang panjangnya berapa ?

      Delete
    3. panjang kali tinggi tetep duit nya kosong di dompet, hehehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top