Home » » Gerak Jalan Tajemtra (Tanggul Jember Tradisional)

Gerak Jalan Tajemtra (Tanggul Jember Tradisional)

Gerak Jalan Tajemtra

Gerak jalan tajemtra atau Tanggul Jember tradisional merupakan even tahunan Kabupaten Jember. Dalam even yang bertajuk BBJ (bulan berkunjung ke Jember) yang even besarnya menyajikan JFC (jember fashion carnaval) besutan Dynand Fariz. Tajemtra sendiri berasal dari kata Tanggul dan Jember. Tanggul itu kecamatan yang berada di sisi Barat Jember Kota, kota kecamatan yang ramai dan memiliki alun-alun di pusat kota. Jarak tanggul dan jember berkisar kurang lebih 30 km. Walaupun jaraknya jauh, peserta tetap antusias dalam mengikuti tajemtra. Pesertanya boleh individu dan beregu dengan pakaian bebas boleh di hias.



Peserta bapak-bapak pun tampak semangat mengikuti gerak jalan tajemtra sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan, juga sebagai bentuk dari kebebasa. Orang berjalan 30 km bagaikan burung yang terbang bebas ke angkasa, karena jalan propinsi yang menghubungkan Surabaya, Lumajang, Jember, Banyuwangi di tutup total (bertahap). Saya mendengar cerita dari mbah kung yang seorang pensiunan tentara angkatan darat begitu antusias bercerita tentang tajemtra. Sebenarnya bukan kakek dari garis keturunan langsung, beliau pernah menjabat sebagai kepala desa di Rengel dan bapak saya menjadi Modin (kayim, Kaur kesra, P3N). Mereka berdua sangat akrab seperti saudara sendiri. Ketika saya melanjutkan sekolah ke Jember saya tinggal di rumah mbah kung di Griya Mangli Indah selama 3 bulan. Kini keduanya telah meninggal dunia (alfatihah).

Bagi peserta yang sudah sepuh seperti mbah kung, ikut tajemtra merupakan kebanggan tersendiri.

Tahun 2007 (semester 7) ketika saya pertama kali membawa Gl Pro saya ke Jember (sebelumnya saya jalan kaki jika ke sekolah) ternyata sedang dilangsungkan gerak jalan tajemtra. Saya hanya sebagai pembonceng dan adik saya yang nyetir saya suruh libas saja jalannya. Masih ada celah kecil untuk sepeda motor. Dan ketika sudah sampai di perbatasan tanggul bangsalsari kami di stop oleh pak polisi tidak boleh melanjutkan perjalanan karena jalan di pakai penuh. Kami disarankan belok kanan untuk menuju ke jember. Dengan berbekal feeling dan peta yang ngawur asal mulut masih bisa bertanya. Setelah 45 menit perjalanan yang tak tau jurusannya, ternyata tembus di kecamatan wuluhan (rumahnya mas ks) kemudian lanjut ke Ambulu, Jenggawah, Ajung, Tegalbesar, kebonsari dan akhirnya sampai di sumbersari. Dua jam perjalanan kami lewati karena jalanan padat. Ternyata jalur tersebut adalah jalur alaternatif menghindari tajemtra.

Apapun imbas lalu lintas dari tajemtra, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan tajemtra seperti halnya gerak jalan surabaya mojokerto. Tidak setiap hari acara serupa di gelar, dan juga masalah pengaturan lalu lintas saja yang belum maksimal. Saya tidak bisa melihat langsung acara tajemtra, dengan menuliskannya saya seperti melihat langsung acaranya.





83 komentar:

  1. Replies
    1. bener mbak, kayaknya kog kalau saya gak sanggup mending lihat aja...hehheee

      Delete
    2. Baru 30 kilo...
      Aku pernah napak tilas Purwokerto - Malang, dua minggu jalan kaki
      Tapi itu dulu waktu masih remaja
      Sekarang..?
      *hiks...

      Delete
    3. ck ck ck ck...mesti bilang apa lagi nih...

      Delete
    4. kang Rawins udah sepuh ya sekarang..hehehe...

      Delete
    5. mas rawins di lawan, lha wong dua gunung di daki dalam dua jam aja bisa.

      Delete
    6. Kalo gunung yang itu sih, itungan detik saja udah bisa nyampe puncak, om :D

      Delete
    7. cepat juga selesainya ya mas ? ah tidak enak dong

      Delete
  2. jauhnya gak ketulungan 30 km pasti sdh kotos-kotos kringete...
    tapi salut sama mbah kakung yg semangatnya membara...hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbah kakung di lawan, hehehe
      jauh banget mbak, saya aja tidak mau ikut, hehehe

      Delete
    2. itu tadi pak, kalau saya ikut kaki saya pasti teolen, hehehe

      Delete
  3. 30 km, itu berapa kali nginap ya baru finish? *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe....kayaj musafir tulen ya mas, hehehe

      Delete
  4. 30 kilo itu cuma 6 jam kalo jalan santai di medan yang rata

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali Mas. kecuali kalau sambil mampir di warung lesehan, bisa 15 jam lebih..xixixi

      Delete
    2. apalagi tambah mandi dulu, nginep dulu, bisa lebih lama lagi tuh...

      Delete
    3. betul mas, itu dengan kecepatan normal orang indonesia.
      kalau sambil di warung dan mandi nginep dulu ya sok Pon nyampek e, hehehe

      Delete
    4. Bukan Pon Mas, taoi legi......he,,,he,,,he,,,

      Delete
    5. ponadi pak indra, tetangga saya, hehehehe

      Delete
    6. Kalo acara kayak gitu, rasanya ga perlu masuk warung
      Masyarakat sepanjang jalan suka nyiapin minum atau cemilah di pinggir jalan
      Tapi itu dulu, ga tau kalo sekarang masih ada gak kebiasaan gitu..

      Delete
    7. ada yang masih menyediakan dan ada yang sudah tidak peduli mas

      Delete
  5. Replies
    1. lama banget deh, jadi gatel kan kakinya

      Delete
    2. Rengen mbak rangen..biasa kecek di kali sih, hehehe

      Delete
  6. surabaya-banyuwangi? iya sih 30km yah..ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan surabaya banyuwangi mbak, tanggul jember.
      surabaya banyuwangi sekitar 250 km

      Delete
  7. ternyata gara-gara Tajem Mas Agus bisa tahu tempat saya ya..xixixi

    event tahunan ini sangat meriah banget Mas. kalau saya ada di jember, pasti saya ikut meramaikan..hehe. *ikut nonton gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain ikut jalan Mas...(jalan di tempat kayaknya)

      Delete
    2. hehehe..saya juga ikut meramaikan mas, jadi juru parkir dadakan, biasanya sih 3000 sekali parkir, hehehe
      kalau mas ks itu jalan di tempat sambil denger musik dangdut

      Delete
    3. goyang jebreet ada gak mbak ? hehe

      Delete
  8. wao 30km, lumayan pegel juga thu mas kalau harus jalan sendirian

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan untungnya lagi ada piagamnya, hehehe

      Delete
    2. nah, piagamnya ini yang bikin "mak nyessss", apalah arti 30 km kalau piagam menempel di dinding?

      Delete
    3. kebangaan dari perjuangan mbah kakung, hehehe

      Delete
  9. kalo naik sepeda 30 km sangguplah 2 jam mah.. kalo jalan kaki keknya bakalan patah kakiku.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau naik motor paling 40 menit Mbak, lebih enak lagi kan?

      Delete
    2. hahaha... naik motor tapi yang dibonceng ya mbak.. :D

      Delete
    3. saya naik kereta aja, berapa menit ya? hehehe
      lebih enak lagi naik sepeda kayuh terus di tarik sama sepeda motor, tiap haus ada yang menyediakan es degan, hehehe

      Delete
  10. olah raga yang sehat dan ga pake duit ya cuma ini mas,,jalan kaki..hehe...

    ReplyDelete
  11. jarang ada event kayak gini di daerah saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena jalannya tidak bisa di gunakan acara demikian ya mas, bikin macet segala penjuru

      Delete
  12. 30KM apa engga numbuh betisnya ya mas ? hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah langsung tepar mas, hehehe

      Delete
  13. wah kalau saya nyari tumpangan saja mas... biar nggak capek capek banget hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus mas, tapi kendaraan pada di stop dialihkan semua je mas, numpang yang gerak jalan sambil di gendong oke tuh mas

      Delete
  14. boleh juga tuh :D gerak jalan kan menyehatkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jauh sih tidak menyehatkan mas, diluar batas porsi normal

      Delete
    2. bisa bikin kaki lecet dan berotot, hehehe

      Delete
    3. Memang sekarang kakinya tidak ada ototnya mas ? he,,, he,, he,,,

      Delete
    4. berotot tapi tidak nemen pak, masih kayak kakinya gadis, hehehe

      Delete
  15. Di kota ane juga ada nih gan gerak jalan jauh seperti ini :)

    www.agiel13.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus sekali mas, masih ada acara serupa, daerah mana tuh mas ?

      Delete
  16. Mantep gan.. jgn lupa kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya yang mantep, dari kemarin muntap mantep aja nih

      Delete
    2. wkwkwkwk...... kurang kerjaan kali tuh orang

      Delete
    3. hehehe..untung tidak ketemu mas rawin, malah di jawab, siapa suruh datang ke sini, hehehe

      Delete
  17. saya jadi pengen ke jember ngeliat acara serunya begitu Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan menghubungi mas ks atau mbak indah, hehe
      mudah banget kok mas, naik kereta atau bus atau kendaraan pribadi juga oke. silakan di eksplor semua.

      Delete
    2. apa, Pak Zach mau ke jember jalan kaki?!!!!

      Delete
    3. jalan kakai diatas kereta kok mbak, hehehe

      Delete
  18. kalo aku jalan 30km , mungkin udah gempor, kebiasaan pake kendaraan aja jadi nya males jalan walaupun ada event2 jalan santai juga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun pasti gempor juga lah mbak, jalan 30 km diluar kewajaran bagi saya, hehehe
      kecuali di temani istri yang siap menyediakan es degan, hehehe

      Delete
    2. kalau saya jadi Mbak Nia, emoh---enak aja suruh nyediain es degan, wong sama-sama jalan, ya nyediain sendiri-sendiri lah...
      *awas...ada potongan rel melayang

      Delete
    3. sesama wanita memang nalurinya sama, istri saya juga pasti bilang gitu mbak, hehehehehehe
      eh plus di lempar panci deh, hehehe

      Delete
    4. tapi kalo disuruh nemenin de vina
      jangankan 30 kilo, 30 kilo 5 ons juga maulah aku nemenin...

      Delete
    5. kok lebih 5 ons emang beda ya antara kiri dan kanan ?

      Delete
  19. pengen nyoba nih jalan sampe 30km, biasanya jarak deket aja naik sepeda motor hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kalau nanti pingsan coba hubungi warung yang menyediakan es degan mas, hehehe

      Delete
  20. Kalau lihat acara gerak jalan ini, jadi ingat waktu muda Mas, sering ikut gerak jalan. Paling jauh sih Bogor Jakarta. Rasanya kaya di pukulin orang sekampung Mas. He,,,,he,,, he,,,,,

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..untung saya baik hati pak, kalau saya ikut mukulin boleh gak pak? hehehe
      bogor jakarta kan jauh pak.

      Delete
  21. Saya orang asli jember. saya sudah mengikuti gerak jalan tajemtra 5 tahun berturut-turut. Pertama kali ikut kelas 3 SMP, pada 2007 lalu Memang kaki serasa pegal sekali saat sampai di kota. karena jalan semakin sempit karena bayaknya penonton.

    selama 30 KM perjalanan Tanggul-Jember, ada dua tempat pemberhentian (masing-masing 10 km). pemberhentian pertama di Lapangan Bangsalsaroi. pemberhentian kedua di ALun-Alun Rambipuji, lalu finish di Alun-Alun Jember.

    di pemberhentian tidak lama. sekitar 15 menitan. di sana banyak penjual makanan dan minuman. jadi orang-orang yg ikut tajem bisa beristirahat meluruskan kaki, mengoleskan salep, sembari makan. lalu berlanjut lagi.

    memang rata-rata sekitar 6-8 jam. Jalan normal tanggul sampai jember.

    Kalau masalah kaki yang capek bisa diatasi dengan latihan di beberapa ruas jalanan kota jember beberapa minggu sebelum Tajem diadakan. Biasanya masyarakat jember latihan pada malam hari. biasanya secara berkelompok, ada yang sendirian.

    Jadi saat Tajem dimulai sudah tidak kaku ototnya.

    Memang untuk transportasi, jalan Tanggul-Jember dittutup total dan diarahkan ke alan alternatif. rombongan Peserta Tajem pun (biasanya memakai pick up, truk, atau angkot sewaan) yang memiliki nomor peserta tidak diperbolehkan melewati jalan yang dibuat tajem.

    Tua, muda, anak-anak, maupun wanita berkumpul dan berjalan sama dalam meriahnya Tajemtra.

    **Sekedar berbagi pengalaman**

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, ditambahi sama peserta tajemtra asli...
      betul , sebelum acara tajem di mulai lebih baik di latih dahulu supaya tidak kaku saat di gunakan dalam acara. Tiap malam saya sering menjumpai orang berkelompok maupun sendirian berjalan. Cukup lama juga waktu tempuhnya, tapi itu tidak menjadi masalah untuk berpartisipasi dalam lomba yang menyenangkan.

      terima kasih sudah membagi pengalamannya.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh