Home » » Kotak Pusaka

Kotak Pusaka

Kotak Pusaka

Berbicara tentang kotak pusaka, pikiran langsung melompat jauh ke benda-benda pusaka. Apalagi benda yang mengandung tuah tertentu atau bahasa jawanya "jimat" (barang siji di rumat). Pikiran terbayang pada benda seperti keris, tombak, pring pethuk dan batu akik. Ada yang mengaggap benda-benda pusaka memiliki yoni atau kodham yang bisa mendatangkan keuntungan bagi yang memegangnya. Bisa jadi yoni itu adalah tipu muslihat jin yang menyesatkan manusia.
Dalam perdagangan, sudah jamak dan tidak heran jika pemilik dagangan menggunakan jasa benda pusaka sebagai penglaris untuk menarik pembeli. Lebih ekstrem lagi menggunakan pesugihan atau mengadakan perjanjian dengan bangsa jin agar menjadikan pedagang tersebut kaya raya dalam waktu singkat. Akan tetapi, tidak semua pedagang menggunakan cara demikian, masih banyak pedagang yang murni dan polosan untuk bersaing head to head dengan pedagang lain. Cara ini murni dari manajemen dan pelayanan serta harga yang bersaing dengan pedagang lainnya.

Kotak Pusoko

Teman penjual pentol saya guyoni ketika kami terlibat obrolan ringan di depan rumah. Apa cara berdagangmu menggunakan penglaris atau murni kualitas rasa dan harga? ternyata beliau polosan alias murni karena rasa dan harga serta menarik simpati dari para pelanggan. Setelah saya melihat ada tulisan kotak pusaka dalam rombong beliau, beliau malah tertawa lebar. Itu isinya alat-alat perang macam, pisau, palu, tang, kunci pas dan kunci ring (alat bengkel) buat jaga-jaga sewaktu-waktu motor mogok. Beliau ini kan bekas mekanik sepeda motor, jadi sisa alatnya masih ada dan disertakan dalam rombong untuk berdagang.
Khusus untuk palu digunakan memecah es batu biar mudah menghancurkannya.


kotak pusaka

Beliau juga menjadi andalan bagi rekan-rekan sesama penjual pentol, tiap ada kendaraan rekan penjual pentol yang mogok beliau langsung menangani tanpa mengagap yang lain adalah pesaing. Tetep guyub rukun seduluran sak lawase. Jika penyebab mogoknya ringan beliau tidak mau turun tangan, karena tidak mau tanganya kotor. Beliau menyuruh pemilik motor membuka karburator kemudian di pandu cara membersihkannya. Setelah motor beres tidak ada upah sama sekali, karena sama-sama tahu keadaan penjual pentol. Dengan demikian gara-gara kotak pusaka ini, beliau punya banyak saudara sesama penjual pentol. Dan saudara inilah harta yang tak ternilai.

Seorang dokter juga mempunyai kotak pusaka yaitu kotak peralatan obat dan alkes, seorang montir juga punya kotak pusaka berupa kotak peralatan bengkel. Dengan demikian, kotak pusaka anda berupa apa ?

69 komentar:

  1. ini peluang baru buat konconya loh Kang, coba ditambahi tulisan, jual cilok bonus service motor atau servis motor bonus cilok sak waregke.
    kan manteb

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...servisnya silakan di tangani sendiri dengan instruktur dari bakul pentol, hehe
      keren keren sarannya

      Delete
    2. lo jika alat-alat bengkelnya pesen ke mpu gandring kan bisa sakti juga mas hehe

      Delete
    3. atau servis bonus pentol hahaha...

      Delete
    4. hehehe..pesen alatnya yang sudah di ulet-uleti ilernya mbak dukun, hehehe

      mau enaknya aja nih mas pay, yang ada servis sendiri dan beli peentol sendiri

      Delete
    5. Hhahahahaha ini namanya saling memberi Inspirasi. Jual PENTOL, Sekaliab Jual UBI dan buka Lapak Tambal BAN hiehiehiehiehiehiee

      Delete
    6. saya jadi tukang parkirnya kang, hehe

      Delete
  2. swuer saya juga punya ini mas kotak pusaka, mau tahu isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaan tu kang isinya... jadi dag..dig..dug...

      Delete
    2. mau tau dong isinya apaan mas?awas kalau bikin kaget

      Delete
    3. duarrrr... mungkin kotak pusaka yang itu tuh mas..

      Delete
  3. oooohh.. tak kira kotak pusaka mpu gandring hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..itu pusaka nya orang kerja di bengkel e mas, pusaka saya apa ya ?

      Delete
  4. Padamu, sosok tanpa nama yang agung, lambang bintang-bintang hitam.
    dan segel Tsathoggua berbentuk KOTAK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas agus kalo komen saya gak nyambung, baca judul postingan mas agus saya jadi teringat sebuah mantra. ^_^

      Delete
    2. ikut baca mantra ah...
      umak umik hewes hewes sakdulitdulito ben entuk wanito mudo duwe rupo tapi rodo sontoloyo...

      Delete
    3. saya juga ikutan ah...blukutak blukutik bleketek..

      mantarnya mas rawins kurang , mangku wanito tanpo busono

      Delete
    4. wegah suale kuwi orang gilo...

      Delete
  5. setelah di beca dengan seksama, rupanya kotakperanti tho, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baca judulnya langsung komen...

      Delete
    2. saya baca artikelnya langsung komen...al hasil, ada komen dobuble dan senada

      Delete
    3. saya malah tidak bisa komen apa-apa cuma sekedar mengikuti alur komentator aja

      Delete
  6. Hahahaha, biar kalau rusak langsung diperbaiki ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di perbaiki dan sehat kembali

      Delete
  7. disini, pedagang keliling selalu bawa alat tempur komplit. ban dalem, alat tambal sampe bensin cadangan selalu disiapin. kebayang kan kalo pecah ban di tengah hutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, jebul wis diceritakan sama Pak Raw...

      Delete
    2. woh iya ya..betul juga tuh mas..jangan lupa sangu korek juga siapa tahu kompornya mati

      Delete
  8. jad ingat di pedalaman Nusa Tenggara sana. penduduk tak mempunyai akses memadai ke kota, hanya satu-satunya jalan, itupun harus membelah hutan belantara...jalan kaki atau naik ojek, nah tukang ojeknya itu bawa berbagai peralatan termasuk ban dan bensin cadangan...lagi rodanya dililit pakai rantai besi biar tak mudah tergelincir...sungguh perjuangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan kalau di nikmati sehari-sehari serasa makan nasi dengan garam, sudah biasa, hehehe

      Delete
    2. kenapa sering kompakan gini sama ibue zaky ya..?
      bisa gawat nih kalo muncul gosip
      bisa dibilang sama sama orang utan hahah

      Delete
    3. oran utan bukan berarti orang yang ada di hutan kan ?

      Delete
  9. kalau emak-emak kayak saya, praktis saja, kotak rahasianya ya box blender...kenapa, karena menurut saya blender alat yang sangat penting, tiap masak, bila tergesa bumbu cukup dimasukkan ke blender dan werrrrr, selesai...kalau capek, nggak perlu marut kelapa, tinggal masukkan ke blender dan werrrrr, santan siap...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi rasanya kurang sedap tu mbak ;-)

      Delete
    2. tuh ahlinya masak di keluarga saya sudah keluar, hehe

      Delete
    3. Ah, mbak Khusna sukanya yg instan-instan... gak baik itu, mending yg bumbu jadi #LAH

      Delete
    4. lah Pak Pri malah ngajari beli bumbu instan, piye to jal...

      Mbak Nia kalau nguleg tuh betisnya bisa gede lho...# eh apa hubungannya yak...

      Delete
    5. kalau ngulek pake ulek ulek mbak bukan pakai sandal, hehehe

      Delete
  10. kalo kotak pusakanya orang pengangguran apa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. laptop dan modem untuk melamar pekerjaan online,disambi ngeblog kayak saya

      Delete
  11. kalau saya kotak pusakanya macam macam mas, ada gergaji besi mesin las, loder, buldozer, genset, cangkul eheheh tapi itu punya perusahaan tempat saya bekerja hehehe... kalau asli punya saya ya itu tadi jimat, siji dirumat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirumat bener lho mang, jangan di gunakan macem-macem lho ...hehehe

      Delete
  12. Ganti aja skalian dg tulisan "Kotak Amal"
    hehehehe...

    ReplyDelete
  13. Dengan mantab saya akan bilang, kotak pusaka saya adl DOMPET... hanya saja skg kotak pusaka itu sedang tidak sakti.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih hebat saya dong Pak Pri, kantong ajaib...nggak pernah pakai dompet lagi setelah dompetnya ilang 1 tahun lalu...hehehe

      Delete
    2. heheh, itu tandanya minta diisi mas pri..
      nah mbak khusna kan jualan dompet aksesori, hehehe

      Delete
  14. wah ada-ada saja mamang penjual pentol itu yah, kreatif hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh..memanfaatkan kelebihan yang dimiliki

      Delete
  15. persaudaraan yang sangat luarbiasa, itu namanya saling tolong menolong dalam hal kebaikan. :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlomba dalam hal kebaikan,persaingan sehat

      Delete
  16. kotak pusaka saya isinya malah surat cinta jaman kuliahan, udah pada ladu tapi kata-katanya romantis banget....mau tak posting surat2 cinta itu kelak ah....beneran suwer kang sayah mah emang punya kotak pusakanya rada nyeni....hebat kan saya?.....apaan ini coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya menunggu episode dimana kang lembu jatuh cinta sama pacarnya

      Delete
  17. wah mas agus nih orangnya suka penasaran juga ya kayak saya.. ada yang aneh dikit aja, harus tau apa isinya.. hehehehe

    wah kalau si tukang cilok atau pentol itu bekas mekanik, cocok donk sama mas agus, mas agus kan juga ngerti mesin motor.... hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe penasaran memang bikin orang mengnterogasi, hehehe
      cocoknya adik saya mas, kan teman adik saya juga

      Delete
  18. bagus malahan mas kalo kayak gitu kan bisa buat nyambi jadi bengkel jalan juga yah :) hehe enak dong pastinya dapat upah pahala.
    btw ada alat tambal bannya juga gak tuh mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain pentol portable juga bengkel portable

      Delete
  19. kotak pusaka saya isinya kaset. mantap kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia harta yang tak ternilai, hehe
      sebagian kotak pusaka saya isinya buku

      Delete
  20. Jarang ada orang kayak dia yah mas yang mau menolong walaupun itu pesaing dia, perlu dicontoh dan ditiru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersaing boleh, tapi harus sehat ya mas, tidak boleh saling menjatuhkan

      Delete
  21. Mau tahu mas kotak pusoko saya? mau tahu aja atau mau tahu banget?? #hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, jangan2 kotak bon dan hutang selama satu tahun

      Delete
  22. itu mah namanya alat tool kit om ! kirain isinya keris atau jimat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..tak kira juga gitu mas, bukan jimat ternyata

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh