Home » » Info Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Info Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Info Pemutihan Jawa Pajak Kendaraan Bermotor

Informasi pemutihan pajak kendaraan bermotor 2016 seluruh Jawa Timur saya peroleh melalui media baliho ditengah jalan. Kapan waktu pemutihan pajak kendaraan bermotor berlangsung? Nanti dulu, sekarang bahas pendahuluan dulu. Entah siapa yang memasang, yang jelas info ini sangat bermanfaat bagi para wajib pajak khususnya kendaraan bermotor. Setiap tahun di jawa timur memang ada pemutihan pajak dan gratis BBN bea balik nama. Sasarannya adalah pendapatan jawa timur meningkat dengan membalik nama kendaraan luar jawa timur ke dalam plat nomor wilayah jawa timur. Apalagi bea balik nama gratis, mudan bukan, dan apabila pajaknya mati masih dapat gratisan dendanya sedangkan pajak pokoknya tetep bayar.

Pemutihan pajak kendaraan bermotor khususnya denda dan juga gratis bea balik nama kendaraan bermotor berlaku mulai 5 September 2016 sampai dengan 3 Desember 2016. Rentan waktu 3 bulan ini sangat lama karena baisanya pemutihan hanya berlangsung satu bulan saja. Manfaatkan dengan baik supaya kendaraan bermotor yang berplat nomor jawa timur tidak mati pajaknya, atau yang sudah mati pajaknya bisa bayar pajak tanpa denda sama sekali. Berikut ini baliho yang sempat saya foto untuk memastikan kebenaran tulisan ini :

Info pemutihan pajak kendaraan bermotor

Semoga bermanfaat info singkat yang saya sampaikan berkenaan dengan hal info pemutihan pajak kendaraan bermotor. Datang langsung ke samsat terdekat dengan membawa STNK dan KTP asli sesuai nama STNK dan bayarlah pajak kendaraan bermotor anda, jika balik nama bawa sekalian motor dan mobilnya untuk di cek fisik nomor rangka dan nomor mesinnya.

34 komentar:

  1. vespa q stnk ilang ma namanya mau dibalik.
    tapi jawa tengah, ada info nggak mas bro?

    ReplyDelete
  2. wah, hebat bener ya Jawa Timur...

    andai di sini ada pemutihan kayak gitu, pasti malah dimanfaatkan sama pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. lha wong suami saya kena tilang (naik motor legenda---motor tua) saja kena Rp 100.000, setelah tahu KTP suami saya masih JOGJAKARTA, eh tilangnya naik jadi Rp 150.000 jal...adyan tenan kan? Padahal itu SIM-nya di sita, ngurusnya jauuuuuh banget, berkendara 1 jam dari rumah kami...ngeri tenan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawa Timur geetooloh hehe,,,,siapa dulu Bapak Gubernurnya,,,Pakde Karwo geetooloh hehehe

      Delete
  3. Untung di ingatkan oleh mas Agus jika tidak,bisa kena denda motor saya,karena dua bulan lagi kadaluarsa,,,Maturnuwun Cak Agus wes ngelingno aku hehe

    ReplyDelete
  4. Saya baru saja dua hari membayar pajak roda empat, namun untuk bayar pajaknyah jauh luar daerah, saya online tembak ktp.

    ReplyDelete
  5. Kalau pajak plat nomer telat, pas ada pemutihan apakah kena denda? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dendanya di hapus atau di putihkan , cukup bayar pokok pajaknya saja mas,

      Delete
    2. Owh gitu ya mas, syukurlah kalau gitu hehehehehe... thanks info nya mas :D

      Delete
    3. sama-sama mas, semoga bermanfaat

      Delete
    4. kalao mati plat sama mati 2 thn kira2 habis brapa ya mas

      Delete
    5. kalao mati plat sama mati 2 thn kira2 habis brapa ya mas

      Delete
  6. untuk balik nama syarat nya bawa apa saja pak?
    apakah butuh KTP sesuai STNK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. balik nama pakai KTP sendiri yang mau di atasnamakan, KTP orang yang lama tidak usah mas,
      bawa STNK, BPKB, materai untuk surat jual beli, nanti yang bikin surat jual beli dari samsatnya. sudah itu aja , jangan lupa motornya di bawa untuk di cek fisik

      Delete
    2. itu ka1o ktp nya wonosobo,, bisa g,,, motornya sidoarjo,, pengen diganti (mutasi) plat wonosobo

      Delete
    3. maksud dari pemutihan di jawa timur begini mas, semua kendaraan yang ber plat nomor jawa timur, kalau mutasi dari jawa timur ke wonosobo harus melalui mekanisme pencabutan berkas di samsat sidoarjo, dan pajak harus di lunasi terlebih dahulu, jika ada denda pajak mati, dendanya gratis mas. Untuk urusan Balik nama di lakukan di Wonosobo, tergantung wonosobo ada pemutihan apa tidak. Pencabutan berkas di samsat sidoarjo dikenai biaya.

      Delete
  7. kalo pemutihan akta kelahiran di tuban ada nggak, kang?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksut nya ,,untuk daerah sermarang kapan,,,ralat..

      Delete
    2. saya kurang tau untuk luar wilayah jawa timur, karena ini menyangkut kebijakan masing-masing pemprov nya.

      Delete
  9. ini bisa untuk mutasi g si,,,tolong kasih penj1asannya,, he he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa mutasi tidak ada ketentuan bebas bea pencabutan berkas mas, gratis bea denda pajak dan BBN khusus untuk plat jawa timur. Beda kasus jika plat nomor dari daerah luar jawa timur, kemudian di mutasi ke plat jawa timur itu bebas BBN, jika sebaliknya tergantung dari daerah masing-masing, karena BBN itu di bebankan pada daerah yang di tuju.

      Delete
  10. kalo normal gene mati 2th sama mati plat nmr kira2 hbs brapa bang mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pajak aslinya kali 25% kali dua (tahun) sudah itu aja kok mas...
      itu perkiraan lho mas, tapi tidak sampai 100% dendanya.

      Delete
  11. Mohon info kapan pemutihan stnk untuk 2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu informasi selanjutnya pak... belum ada sosialisasi dari pemprov jatim

      Delete
  12. pajak kendaraan saya mati 2 thn, plus plat nomor 5 thnan, pkb 2012 Rp. 141.000. kira2 kena berapa ya? thx min :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kena 500 Ribuan lebih mas, itu kira-kira aja kok mas. karena waktunya cek fisik juga

      Delete
  13. Mohon infonya mas, apa ada pemutihan di tahun 2014?

    ReplyDelete
  14. Mohon infonya mas, apa ada pemutihan di tahun 2014?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada info pemutihan untuk tahun 2014 ini mas.

      Delete
  15. Pak Agus,mohon infonya, jika mobil saya saat ini (plat P masih atas nama adik saya di Jember), sedangkan domisili (KTP) saya di Surabaya, jika ingin saya balik nama menjadi nama saya (plat L), supaya ke depan kalau dijual di area Surabaya tidak ribet, bagaimana prosedur balik namanya, dan jika tidak ada pemutihan, kira-kira biaya apa saja yang terlibat ? Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. mohon ijin tanya bang agus...
    itu motor saya kan mati pajak nya 2016 klu dibalik nama skrng bagaimana apa akan mundur satu tahun jadi 2015-2020.. dan besok tgl 28 stnk saya mati saya mau perpanjang tpi gk ada ktp pemilik lama atau ktp sesuai di stkn bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trs klu saya mau balik nama atas nama saya bisa gk pak.. ktp saya bojonegoro plat motor saya L...

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive