Home » » Minuman Cukrik Surabaya

Minuman Cukrik Surabaya

Minuman Cukrik Surabaya

Cukrik Surabaya adalah sejenis minuman keras yang mengandung arak beralkohol dan ada campuran spiritusnya. Nama cukrik memang terkenal di daerah Surabaya dan Gresik, dilain daerah mungkin penyebutan namanya bisa lain. Arjo (arak jowo) atau ciu dan lain sebagainya saya tidak hafal.

Cukrik dijual dalam kemasan botol minuman dengan harga 11 (sebelas) ribu sampai 60 (enam puluh) ribu rupiah tergantung dari kemasan dan kualitas cukrik (sumber : detik(dot)com 14/09/2013). Peredaran cukrik di Surabaya dijual secara sembunyi-sembunyi atau hanya melayani yang sudah menjadi langganan. Penikmat cukrik memang orang kelas menengah kebawah. Minumnya pun bergerombol biasanya di kuburan atau di gudang-gudang.

Pemasok atau pusat perkulakan cukrik itu sendiri menurut berita dari detik(dot)com berasal dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Untuk Bojonegoro sendiri saya tidak mengerti persis dimana letak pusat pembuatan arak atau cukrik. Tetapi untuk wilayah tuban, produsen arak terpusat di kecamatan semanding desa perunggahan 3 km arah selatan Tuban Kota. Korban Minuman Cukrik

Masih bersumber pada detik(dot)com, korban cukrik yang menghebohkan terjadi pada hari sabtu tanggal 14 september 2013 sebanyak total 11 (sebelas) korban menginggal dunia. Entah itu mengoplos cukrik dengan komposisi tidak seimbang atau memang kebanyakan dosisnya. Repotnya kalau komposisi tidak seimbang antara arak dengan spiritusnya.

Yang lebih menyedihkan lagi mereka semua meninggal dalam keadaan mabuk. Ada salah satu rekan "gerombolan kereta" yang menjadi korban meninggal dunia dalam keadaan mabuk tadi. Senin 16 September 2013 ada rekan yang mengabarkan bahwa bapak "ji" meinggal dunia karena mabuk overdosis cukrik. Yang membuat miris adalah setiap kabar yang berhembus bahwa bapak tersebut meninggal, orang-orang langsung bilang "bapak itu yang suka mabuk ya". Pelabelan yang melekat karena kebiasaan, dan orang mati memang tidak jauh dari kebiasaan di masa hidupnya. Sudah jelas dalam Al Qur'an mengharamkan qomr atau minuman keras (yang memabukkan) dan sudah seharusnya di hindari. Semoga mereka yang masih bergelut di bidang per cukrik an dan sejenisnya bisa berhenti total, dan yang belum mencicipi tidak terjerumus berlangganan cukrik. Tulisan ini tidak mendiskreditkan pihak tertentu dan tidak ingin men dalil i orang lain. Mengingatkan diri sendiri dan mengajak jangan mendekati cukrik dan sejenisnya yang memabukkan.


77 komentar:

  1. lha wong sudah tau bikin mabuk, koq ya nekad nih orang2. ya sudah, nek kemudian meninggal karena itu, kan sudah tau akibatnya. masa perlu kita bilangin lagi. apalagi sudah meninggal, mbilanginnya gimana coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya ya..kan sudah meninggal gimana bilangnya.
      nah bisa di jadikan pelajaran bagi yang masih hidup.

      Delete
    2. di sms mas barangkali bisa hehe...

      Delete
    3. diklitik klitik aja biar bangun lagi hehehe

      Delete
    4. betul enak di ambil hikmahnya saja, walaupun di itik-itik kalau ketawa saya mending lari, pun demikian jika disms kalau balas saya juga akan lari. hehe

      Delete
    5. duduk diatas sambil minum anggur cap orang tua, jangan cukrik !

      Delete
    6. Hheiheiee. Di Pontianak juga banyak kasus kasus seperti ini. Yang mengharukan adalah anak muda yang mau gaya nenggak BIR namun nda punya duit cukup. Jadilah Bir atau Minuman Keras (MIRAS) nya di OPLOS biar banyak kata mereka. Ujung ujungnya banyak yang "game".

      Delete
    7. anggurnya di oplos sama teh anget aja mas. hehe
      mau mabuk tiada biaya mendingan sini tak kaplokane pak, nanti lak mabuk sendiri, teler

      Delete
  2. spiritus ko diminum ? dasar wong aneh ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. spiritus, bensin, autan...oplosan
      kayak lagu judulnya oplosan, opo ora eman duite, opo ora eman nyowone ngombe banyu setan. hehe

      Delete
    2. jare kyai anwar zaid : obenane setan kog di rayah, lha menungso serakah kog. nggone setan malah di ombe..hehhee

      Delete
    3. hehehe..setane ngamuk mbak, soale kerjaane di ganggu manusia, hehe

      Delete
    4. makane kuwi njut koiiit...hehheee

      Delete
    5. ko it itu semacam makanan ya mbak, ada santennya kan ?

      Delete
  3. Biasanya yang namanya orang tua itu selalu penasaran dengan daya kekuatan tubuhnya. Biasanya sih, mampu.... tapi untuk yang kali ini tidak. Itulah resiko orang yang di landa hawa nafsu penasarannya ya kang ? He,,, he,,, he,,,,

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyobi kekuatane awak nanging awak mboten saget nampi, dadose bento . hehehe

      Delete
    2. hehhee...ora mung bento tapi almarhum langsung wasalam

      Delete
    3. padahal anak-anak lho yang suka penasaran, ini orang tua kok ikut-ikutan penasaran ya?

      Delete
    4. ABG tua kog mbak...kakehan polah...kwkkww

      Delete
    5. anak bapak podo edane, hehehe
      bento itu gendeng, gila, edan. hehehe

      Delete
  4. naudzubillahimin dzalik.. semoga kita tidak terpengaruh dengan minum2an yg begituan ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..jauhi aja mas, mas nandar kan masih muda, masih punya masa depan dan prestasi yang cerah

      Delete
  5. yang minum dikuburan itu yang pas mas, berarti biar nanti nggak susuh susah tinggal plung gitu, ini beda dengan tuak ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, masalahnya orangnya domisili jombang , minumnya di surabaya, ribet dong mas

      Delete
  6. Wih, sampe tahu harganya segala... ckckckck... (jangan-jangan...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada sumbernya mas, itu detik, hehe
      kalau harga arak sih 10 tahun yang lalu per liternya harganya 15 ribu itu yang nomer 3 kalau yang pucukan atau yang utama itu 60 rb per liternya, kalau minum yang pucukan bisa nggeblak mas, hehehe (katanya lho ya)

      Delete
  7. mungkin itu mula2x mau coba2x kalau minum itu keok gak..eh ternyata keok beneran..hehhee.
    semoga bisa menjadi plajaran bagi temen2x nya yg suka minum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...lha wong jelas sudah haram kok di jajal, ya tebal dong ah...
      kalau pus meong meong ya?
      kalau mas zaki gimana mbak ?
      hehehe

      Delete
    2. hahhaaa....nek ayam ki petok..petok mbak...

      Delete
  8. baru kali ini dengar namanya minuman cukrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupakan saja pak jngan di ingat ingat bahaya

      Delete
  9. baru tahu.... aku senengnya STMJ cokelat glintung ndek Malang ae lahhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu enak mbak, saya suka jahe anget bikinan istri saya dong

      Delete
  10. kaya pemain debus/akrobat aja minum spirtus lalu di sulut api.... wuuus

    ReplyDelete
  11. aneh ya, kalau pengen minuman enak mbok bikin es buah, es cincau, dawet ayu atau teh saja. sudah tau spritus itu bahan bakar, bukan untuk diminum, kok ya nekat dibikin campuran minuman...ya klenger lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mendem harta karun aja deh, suatu saat bisa tak ambil lagi, harus nduduk lagi

      Delete
  12. aamiin...
    wah pakai spirirus juga ya...gimana rasanya y, orang2 sekarang emang sakti2 n pada berani ya mas...aneh2 aja sekarang pikirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...kalau spiritus autan bensin sudah tidak heran mas, kalau obat tikus di campurkan juga itu yang oke banget, hehehe

      Delete
  13. waduh.. spiritus diminum,,semoga kita terhindar dari hal2 yg di larang Alloh.. aamiin

    ReplyDelete
  14. oh itu miras yang tak ber merek ya mas....:)
    ditempat saya namanya ciu,untuk obat sakit gigi.
    teteskan pada gigi yg sakit,sakitnya berkurang kadang malah terus sembuh.
    tp kalo buat mabok-mabokan ya.....itu haram jere sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, ciu kalau orang jawa tengah.
      atau es moni , hehehe
      wes mboh ah semoga di jauhkan dari banyu setan

      Delete
    2. baru tahu mas kalau bsa ngobatin skit gigi juga

      Delete
    3. jagan pakai arak ah, nanti mabuk

      Delete
  15. turut prihatin, nyawa meninggal dengan sia-sia. Aku hanya bisa mendoakan semoga keluarganya diberi ketabahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin.
      kemarin gerombolan kereta melakukan aksi menarik sumbangan suka rela mulai gerbong satu sampai gerbong 7, dan alhamdulillah itu sebagai bantuan buat keluarga yang di tinggalkan.

      Delete
    2. @ dj : tumben mas DJ waras, apa udah minum jamu ya :)

      @ pak agus : allhamdulillah semoga barokah

      Delete
  16. sebagai pengingat kita bahwa maut datang kapan saja,,, ,

    lagi enak" nya menikmati cukrik,,, sudah wassalam, ,, kasian mas,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga menik-mati mbak May :)

      Delete
    2. namanya juga banyu setan, hehehehe

      Delete
  17. semua orang menginginkan kematian yang baik.. kalau matinya dalam keadaan maksiat seperti minum minuman keras sepeti itu gimana mas.. kasian banget deh... ya semoga di ampuni dosa dosa nya.. amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...mas nady kok pinter berdoa,
      bijak sana banget deh mas,

      Delete
  18. saya mengikuti beritanya mas, yang sedih lagi yang pada jadi korban kok namanya bagus-bagus yah, agamis gitu sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...begitulah mas, namanya tidak sesuai harapan orang tua

      Delete
  19. Kasian Bangett Tuh Orang Meninggal dalam Keadaan Mabuk
    #Semoga Aja Atas Kejadian Tersebut Bisa Membuat Insyaf para Pecandu Cukrik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...semoga saja mas, tapi masih ada yang minum cukrik je mas piye jal?

      Delete
  20. aku juga sedang mabok cinta
    bukan mabok cukrik yang dilarang agama
    melainkan karena ga kapok minum asmara
    yang ia tuang lewat senyumnya
    dan membuat hatiku bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kebahagiaan selalu bersama mbak anis
      karena tiap komen mbak anis selalu bahagia
      meninggalkan canda tawa di kolom komentar,
      asik asik

      Delete
  21. hanya demi sebuah kesenangan sekejab, nyawa pun melayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya meringankan beban hidup, eh la kok malah tebal

      Delete
  22. mantep mas.. jgn lupa kunjungan balik :)

    ReplyDelete
  23. di tempat saya malah ada yang minumnya di campur obat nyamuk oles mas agus, tapi yang minum kok nggak apa2, mungkin belum kali ya, ... padahal keberadaan mereka (peminum) sangat meresahkan masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dosisnya masih belum terlalu over mas, dan semoga aja mereka sadar

      Delete
  24. Minum Cukrik, bisa mabok janda gak mas Agus Setya? *bercanda.... itu minuman ada label HALAL dr MUI gak ya.... kalo rasanya enak, boleh deh coba sekali saja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini minuman keras beralkohol mbak , jelas haramnya, peredarannya saja sembunyi-sembunyi, banyak korban jiwanya.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh