Home » » Ada Apa Dengan GL Pro ku?

Ada Apa Dengan GL Pro ku?

Assalaamu'alaikum. Maaf ya sahabat sahabati saya tak menyelesaikan tulisan tentang sepeda motor dulu, baru nanti update artikel lainnya. Oke saya mulai. Sudah seminggu motor Gl Pro ku agak nyendat-nyendat saat digeber gasnya, apalagi jika lampu utama menyala pasti tambah parah nyendat/batuknya. Saat mengantar istri kuliah lampu utama dimatikan penyakitnya kadang timbul kadang ilang. Yang lebih parah lagi saat pulang kerja malam hari dari stasiun mojokerto ke rumah motor gl pro tidak berjalan normal. Jarak tempuhnya menjadi 30 menit dari biasanya cuma 15 menit. Ada apa dengan gl pro ini?. Biasanya tidak ada masalah yang serius, lha ini kok ada tanda-tanda mau mogok segala. Kemungkinan kerusakan ada pada spul gl pro atau pada cdi nya pikirku dalam hati. Tapi kubiarkan saja asal tetep bisa jalan dan sampai tujuan tidak masalah bagiku karena motor honda c70 tua butut juga belum kelar dibengkel. Terpaksa gl pro tetep kupakai walaupun sedang sakit juga.

Puncak ngambeknya terjadi pada hari kamis tanggal 14 Maret 2013 saat itu aku berangkat kerja memakai motor gl pro. Biasanya kan naik kereta api, tapi hari itu aku harus memeriksakan putri kecilku ke dokter terlebih dahulu baru berangkat kerja. Jadi berangkat kerjanya agak siangan. Berangkat dari rumah pukul Setengah sebelas siang diiringi dengan motor nyendat-nyendat kayak mau kehabisan bensin. Sampai Surabaya pukul 12 siang dengan pernak pernik macet dan panasnya perjalanan tetap membuat semangat kerja.
Gl pro keesokan harinya setelah sembuh
Jam pulang kantor sebenarnya jam 4 sore, berhubung tadi berangkat jam 12 siang, masak pulangnya jam 4 sore, gak enak sama teman-teman. Akirnya jam pulang kerja aku mundurkan sampai jam 6 sore dengan guyuran hujan yang deras. Pulang dengan perasaan was-was dan tidak tenang mengendarai motor dalam kondisi tidak sehat. Perjalanan dari tempat kerja sampai di jembatan layang trosobo memang padat jadi nyendat-nyendatnya tidak begitu terasa karena motor berjalan pelan. Memasuki phokpan lampu merah by pass krian motor gl pro mati total alias mogok. Waktu menunjukkan jam 7 malam dengan disertai gerimis intensitas sedang. Aku utak atik akinya, siapa tau kabelnya ada yang ngefong di bodi sepeda, ternyata nihil. Motor tetap tidak bisa nyala. Tiga puluh menit aku utak atik gl pro tigak ada hasilnya. Mata kutoleh ke kanan kiri siapa tau ada bengkel yang buka, ternyata ada yang buka tapi tukang servisnya sudah pulang, bapak ini penjual spare part. Sempat ditawari kalau mau titip motor bisa mas. Aku tolak tawaran bapak tadi, dan melanjutkan mencari bengkel. Ternyata ada bengkel yang buka tapi tukang servisnya sudah bersih atau sudah mandi sambil ngobrol dengan teman-temannya. Ternyata beliau mau membantu membetulkan gl pro ku.
Pertama di cek businya, keluar strum tapi tidak normal, kadang keluar kadang ilang. Kemudian di cek akinya, karena sistem pengapiannya tipe DC, ternyata akinya normal. CDI dicek juga normal tidak ada masalah. Setelah diteliti dengan seksama, ada sebuah kabel hitam yang tidak tersambung atau putus. Kabel itu merupakan kabel masa yang seharusnya menyambung ke koil. Disambungkan kabel tersebut dan di cek kembali strumnya muncul dengan percikan biru. Tanda kalau pengapian normal. Motor di hidupkan dan nyamal dengan normal. Alhamdulillah penyakitnya ketemu. Jam menunjukkan 19.45 WIB dan motor gl pro sudah siap untuk melanjutkan perjalanan kembali. Menuju mojokerto dengan menggeber gas tinggi tanpa nyendat memang mengasikkan. Ternyata penyakitnya hanya sepele, dan inilah obat dari penyakit gl pro series ku.


33 komentar:

  1. hahaa.. ternyata penyakitnya sederhana, lagi manja itu kali gl pronya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. manja dan cemburu mbak, tiap kehujanan gak pernah di mandikan jadi ngambek.
      masak yang ijo aja yang dirawat yang ini cuman di naiki gak dirawat.
      hehe

      Delete
    2. di getok aja. hahaha.. biar ga badung

      [ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

      Delete
  2. aduh gak ngerti deh msalah otomotif...

    kunjungan pertama plus follow, salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dan salam jabar erat.
      terima kasih follow dan kunjungannya.
      segera meluncur ke blog sahabat yahya

      Delete
  3. sumprit sob honda dengan semua produk GLnya mesinnya bandel

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, betul sekali, mulai cb sampai tiger revo sekarang part nya bisa dikanibal

      Delete
  4. wah nasibnya sama kayak adekku, berhubung dia barusan beli ninja, yang klemis sepedahnya, istrinyapun jadi mbulak krn cemburu dgn si merah ninja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...istrinya tercampakkan gara2 motor, nasib punya suami hobi modif motor,hhe

      Delete
    2. iyya tuh, cucian... untung suamiku gak gandrung otomotif, hahahaa..

      Delete
    3. alhamdulillah masih bisa perhatian sama istri bersyukurlah..:)

      Delete
  5. yang sepele bisa mengakibatkan orang yang mencintai berbalik membenci loh kang...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja tidak melampaui batas kang, ingat tulisan akang tentang pesan ibu pada anak lelakinya.

      Delete
    2. kang ubi ga nyambung yak -___-

      Delete
    3. disambung2in aja mbak uswah, nanti lak nyambung sendiri

      Delete
  6. http://whentheheartchimes.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Punya motor malah merepotkan ternyata ya.. dan yang lebih merepotkan kalau motor rusak dan yang punya saya., udah ditinggal aja palingan. Lah wong gak ngerti mesin, hoho. Mending yang naik angkot aja deh #bo'ong banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya motor tua memang agak merepotkan, kalau motor keluaran terbaru tinggal gas langsung ngacir.
      Betul sekali lebih baik naik angkutan umum seperti angkot. :)

      Delete
  8. wah, motornya udah lama tuw sob. emang gk kepikiran buat ganti?
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pengen ganti mas tapi uang tidak mencukupi untuk beli motor baru, hiks pengakuan jujur

      Delete
  9. Ganti aj motornya bang dgn yang baru, Kasiahan tu putrinya abang lg sakit gara2 motor Gl pro nyendat-nyendat Putrinya abang terlambat bawah ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. doakan aja mas semoga duitnya ngumpul untuk bisa beli motor baru.

      Delete
  10. Iy bang sy doakan smoga abang di berikan rizki oleh Allah S.W.T dan smoga putrinya abang cepat sembuh amiiin...

    ReplyDelete
  11. Wahhhh betapa bahagianya GL pro memilikimu Mas Agus Setya kwkwkkw..semoga selalu sehat GL pronya,,beserta keluarag besar Mas Agus juga senantiasa sehat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, terima kasih doanya.
      semoga urusan mbak amri juga lancar deh..

      Delete
  12. ternyata ada kabel putus, hee..
    bahaya tuh pengapiannya, CMIWW :P

    ReplyDelete
  13. betul mas agung, bahaya kalau tiba2 nyalip truk trus motor mati bisa ketabrak dari belakang,
    terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. haha, semi curhat setengahnya belajar menulis om,
      selamat menikmati hidangan

      Delete
  15. mengatasi kopling berat atau keras.
    Yang di ganti di part mesin nya apa ya?
    Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive