Home » , » Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Berbagi tips mengatasi motor hilang kompresi dimana saya sering mengalami hal ini dengan Gl Pro saya. Masalahnya motor gl pro saya diamkan di dalam kandang selama satu minggu tidak pernah saya sentuh apalagi saya hidupkan sama sekali. Efeknya motor susah menghidupkannya. Untuk bekerja sehari-hari, saya menggunakan C70 dengan pertimbangan irit BBM, gl pro hanya saya pergunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Ciri-ciri motor kehilangan kompresi salah satunya, motor di stater manual (di selah) tidak ada tenaganya sama sekali. Biasanya ada tenaga agak berat dikit dan kalau dapat bonus bisa nendang balik ke kaki kita. Diselah ngelos tapi ketika di cek pengapiannya normal dan masih besar. Penyebab lainnya adalah kompresi bocor karena klepnya atau bisa juga karena packingnya yang bocor.

gl pro kehilangan kompresi

Menghadapi motor yang hilang kompresi tidak usah bingung atau panik. Kalau ketemu ciri-ciri diatas kemungkinan penyakitnya kehilangan kompresi. Kalau tidak terbiasa pasti akan BT, motor kok sering ngambek atau mogok. Tapi kalau hati sudah menyatu dengan motor tersebut pastilah mengerti celah dan selah dari motor yang kita kendarai tiap hari.

Untuk kasus gl pro saya yang sering kehilangan kompresi, sampai saya sudah hafal dengan tingkah polahnya. Tidak perlu bingung atau di bawa ke bengkel terdekat. Cukup sediakan kunci busi atau kunci 18 untuk membuka businya. Kemudian sediakan oli seadanya, oli yang bagus juga tidak apa-apa, oli tap-tapan juga boleh, namanya juga pengiritan dan juga belajar praktik sewaktu-waktu di jalan motor mogok. Jika busi sudah kebuka, teteskan oli ke dalam lubang busi yang ada di blok motor anda, teteskan secukupnya jangan banyak-banyak. Lalu selah/stater dengan menutup lubang busi tadi dengan jari, nanti kompresinya balik sendiri. Lakukan minimal lima kali selahan, atau seperlunya saja.
Setelah dirasa tenaga/kompresinya sudah balik (ditandai dengan beratnya selahan) pasang kembali busi pada tempatnya. Kemudian stater motor seperti biasanya, hasilnya Gl Pro saya ngebul asapnya banyak. Tidak usah kaget itu karena oli yang kita tuangkan tadi, kalau di gas terus pasti olinya habis dan motor siap untuk diajak jalan-jalan kembali. Cukup simple dan mudah jika dilakukan dengan senang hati. Cukup sekian tips mengatasi motor hilang kompresi dari saya, semoga bermanfaat. Lalu bagaiman cara mengatasi motor selain gl pro yang hilang kompresinya? Lakukan hal yang sama pada cara diatas.

20 komentar:

  1. wah kayanya saya nyimak dulu nih mas, soalnya GL saya udah ga ada hehehe...

    ReplyDelete
  2. Caranya cukup mudah dan simple ya... tinggal oprek dikit motor bisa ngacir lagi he..

    ReplyDelete
  3. kalau saya langsung ke bengkel saja, soalnya gak ngerti mesin

    ReplyDelete
  4. udah nyatu banget mas, itu cukup setetes aja yah..

    ReplyDelete
  5. kalo dilihat ilmu tekniknya gimana ya om? ko bisa begitu :D

    ReplyDelete
  6. Ini khusus untuk GL Pro atau untuk semua jenis motor Mas...???

    ReplyDelete
  7. Waah izin nyimak aja deh sob.. karena kagak punya motor GL pro..!

    ReplyDelete
  8. Emang lah rajanya gl tau aja penyakitnya..
    Saya masih nggak tau kompresi itu apa. Ko bisa hilang segala sih. Emang siapa yang nyolong.. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Iya dulu saya taunya KOMPRESI itu artinya tekanan udara. Maksudnya jika ban kempes atau kem;is kurang angin maka perlu dikasih KOMPRESI biar masuk angin. Alias angin masuk ke dalam ban yang kempis itu tadi

    ReplyDelete
  10. Wah ini yang pernah saya alami Mas Agus pada Motor saya
    Kompresinya hilang gitu lho, mlayu e jadi lemot, kaya kraca hhh
    saya gak paham yah saya bawa ke spesialisnya saja karena
    Saya ora mudeng, kapan-kapan bawa ke Mas Agus saja akh :)

    ReplyDelete
  11. wah soal motor saya paling ndak mudeng, walau beratus2 kali belajar -_-

    ReplyDelete
  12. INi buat semua motor 'kan?? Temen ane yang punya CBR juga gitu Bang, nggak mau nyala, akhirnya jam 11 malem pun terpaksa jalan menuntun motor dari kampus hingga ke rumahnya, di mana jalanan tengah malem itu sangat berbahaya, dan setelah nyampe ke rumahnya malah dimarah-marahin, malang nasibnya...

    ReplyDelete
  13. Wah, hilang kompresi. Gak papa, asal jangan motornya aja yanh hilang. Iya kan.

    Oh ya, salam kenal.

    ReplyDelete
  14. Itu buat kehilangan Kompresi karena Ring seker macet lengket pada seker, cukup mudah mengatasinya, namun ada kalanya kehilangan kompresi karena bengkok klepnya ya kudu bungkar mesin pastinya.

    ReplyDelete
  15. Kalau pas kehilangan kompresi seperti itu Mas, Boku langsung bawanya ke bengkel, soalnya mau bongkar sendiri peralatan yang minim malahan baut2nya nanti takut dol karena dibuka paksa.

    Terima kasih Mas, sebagai tambahan pengetahuan montir saya, barangkali nanti kalau saya sudah punya kunci lengkap, bisa mengatasi sendiri, lumayan ongkos ke bengkelnya bisa buat beli klepon dan onde-onde..

    ReplyDelete
  16. Wah mas agus pengalaman sekali kalau soal begini. Betewe itu ide busi pakai oli darimana awalnya mas...??
    Trimakasih mas ilmunya...jangan2 saya juga hilang kompresi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. dari mana itu idenya?? Busi itu kan menimbulkan api, lha klo api kena oli?? Bukannya mati yaa.. hehehe

      Delete
    2. Idenya dari mekanik mas, lha tiap hilang kompresi saya begitukan kok ya padat lagi kompresinya

      Delete
  17. kalau motor di tengah jalan tiba tiba hilang kompresi, mungkin ngga?
    Berarti cara penanganannya harus ditunggu dulu sampai mesin dingin ya?
    Hehehe...

    Blognya bagus banget pa

    ReplyDelete