Kruk as honda cb 100 kuning ini memakai kruk as gl pro neo tech atau mega pro (sama saja) yang sudah naik stroke atau di stroke 5.5 mm. Akibatnya blok kop tidak mampu menampung kelebihan panjang stang yang akirnya di ganjel dari pada membeli blok tiger atau blok honda phantom. Untuk urusan meracik dapur pacu menjadi rahasia sang mekanik dengan jurus dan racikan yang pas menurutnya. Pengapian atau kelistrikan Honda cb 100 kuning menggunakan pengapian set gl pro series sistem ac dengan cdi honda grand serta magnet dan spul memakai gl pro series.
Saat menggunakan cb 100 kuning ini hal pertama yang saya keluhkan adalah starterannya berat atau orang mojokerto bilang "abot". Saking beratnya sampai-sampai sandal jepit yang saya pakai terlempar 10 meter setelah sebelumnya sukses terbang tinggi melayang. Saya belum mengenal karakter sepeda motor ini, tapi sudah tau kalau sepeda motor yang naik stroke kebanyakan berat selahannya. Setelah beberapa kali nyelah pedal starter akirnya nyala juga motor ini. Suaranya khas motor cc besar, berat dan mantap.
cb 100 kuning |
Mencoba menggeber dijalan raya, tarikan cb 100 kuning sensitif sekali kesentak dikit langsung pengen lari. Saya sentakkan gas larinya cepet gak seperti motor standart yang harus menggiring dulu untuk mencapai kecepatan tinggi. Jarak antar percepatan juga sangat cepat dari gigi 1-2-3 sangat garang dioper sampai gigi 4-5 tambah garang. Sempat menyalip motor megapro kecepatan 110 kpj (terlihat di spido meter mega pro) dengan tenang cb kuning ini melaju tanpa ngoyo sama sekali. Saat ada jalan lurus dan sepi saya coba menggeber gas ingin tau top speednya sampai berapa, tapi saya tidak berani dan tidak tega dengan tubuh diterpa angin. Pokoknya motor cb 100 kuning ini banter larinya kenceng dan responsif atau sensitif jika di gas mendadak. Ketika saya gunakan untuk berangkat kerja di pagi hari yang sepi, jarak tempuh 15 km atau biasanya memakan waktu 13 menit dengan gl pro. Dengan mengendarai honda cb 100 kuning ini waktu tempuh menjadi 6-7 menit dengan kecepatan yang belum mencapai top speed. Honda cb memang tidak ada matinya.
Salam Blar..blar..blar.
petromax tak sumbangkan dibawah saya :D
ReplyDeleteyeee... diembat sendiri -_____- sumbangan sukun goreng atau singkong rebus gitu buat yang keduax
Deletewah ga betul itu...hehe
Deletembak uswah kan pertamaxnya buat dibawahnya xixixixi
Deletema agus kompac : mas agus dapat solar aja deh, hehehe
Saya...spirtus aja deh mas...hehe :)
Deletehehehe, spiritus bahaya apinya gak kelihatan, bensin oplosan aja ya mas
Deletekonfirmasi: link blog agus stya sudah saya pajang.
ReplyDeletesukses terus kawan.
sipp mas, nah ini baru kelihatan dan sudah tak masukkan link nya.
Deleteterus berkarya kawan
betewe, koleksi cb-nya ada berapa mas?
ReplyDeletecb nya sudah dijual hiks hiks...itu yang merah punya temen yang digarapkan di bengkel adhek saya dituban sana. kalau koleksiku ya si gl pro sama si hijau c70. mau nambah koleksi takut nanti menuhi rumah jadi penuh barang rosokan, hehehehe
Deletemotor nya keren kang,saya punya honda c70.tapi jalan nya lambat he he..
ReplyDeletec70-sepeda saya di kasih sticker c70 he he..
Deletehonda c70 saya juga gak banter kok mas, itu masih polos belum ada stikernya, masih baru ngecat, hehehe
Deletekalau buat jalan2 sama anak istri jadi gimana gitu mas, lucu di lihat bnyak orang
selamat malam..
ReplyDeleteTika hadir disini jalan2 aja sambil sapa semuanya, belum sempat baca, capek sangat dari kampus :)
salam persahabatan
selamat malam juga mbak tika, semoga capeknya hilang berganti jadi semangat.
Deletesalam silaturohim
.. waduch,, aq gak paham tentang motor. namun kayaknya motor itu udah jarang yg punya ya?!? keren nich kalo motor itu masih ada. kalo punya banyak, aq mau donk di kasih. he..86x ..
ReplyDeletehehehehhe,,,makasih kunjungannya mbak,
Deletestok motornya masih banyak mbak, cuman motor baru di jadikan model seperti cb 100, mega pro, tiger, gl dijadikan cb 100. Di surabaya banyak mbak, kalau malam minggu pada kumpul di jalan basra, ada CB terminal, CB komphacs, CB suroboyo, CB Metropolis, Paguyuban CB surabaya. dan masih banyak lagi.
salam kenal masbro.., folbek ya.. makasih *smile
ReplyDeletesalam kenal kembali,
Deletesalam jabat erat
folbek sukses silakan di cek :)
belum pernah punya yang begini, saya, Mas. tapi udah kayak VW aja nih, buat koleksi yang asyik. dan jangan-jangan mahal nanti.
ReplyDeletehehehe, ini punya temen saya mas zach, kalau punya saya gl pro sama c70 pitung,
Deleteya buat sekedar hobi dan dipakai harian. sekarang sudah mendekati mahal mas cb 100 tahun 1970-1980 khas jawa timur ada yang mencapai 30 juta, tapi sudah full modif
tuh kan, udah seharga segitu. meski modif tetep aja udah makin antik dan berharga tinggi
Deletehehe iya mas kalau temen2 bandung lebih ke original, tapi kalau jawa timur lebih ke speed
Deletekoleksi ya mas... dari kemaren motor terus.. saya juga punya motor kesayangan saya... honda prima.. keren ...
ReplyDeletelha saya dirumah juga ada mas milik orang tua tahun 1991 masih oke juga gak rewel
Deletewuih...saya suka tuh yang kklasik klasik, dari 13 menit jadi 6 menit itu mah luar biasa, hati hati sendal jepitnya kena jidat cewe cantik yang lewat, bisa kualat ngga dapet2 jodoh loh...hehehe
ReplyDeletemulaiiii...
Deleteklasik tapi menyengsarakan, hehe
Deletesandal jepitnya mengenai jidat emak2,lah kalau nanti dapat jodoh lagi malah punya istri dua kang, bisa berabe
mas zach sudah malam mulai agak hots. hehe
Siapa sih?
Deleteapanya mas budi ?
DeleteKalau udah suka hobi ngoleksi..apa lagi soal otomotif..kya sepeda motor....hampir sama ya mas...kenikmatan sama kita ngeblog...
ReplyDelete-------
Atau ada sensasi sendiri sendiri.... :)
-------
Heran nih sama sinyal...di tp ku...timbul tenggelem dari td mas...
Mav..ya ....jadi terputus......putus nih tulisannya :)
tak papa mas yang penting sialturohim jangan terputus.
Deletesaya bisa menemukan kepuasan jika tulisan kita dibaca dan dikomentari, rasanya terbang tinggi dilangit tapi gak boleh takabur.
Penggemar Honda CB cukup banyak di tanah air ini. Komunitasnya bertebaran di beberapa kota khususnya di Jawa. Banyak yang telah dimodifikasi mesin dan penampilannya. Kecepatannya memang tidak kalah dengan 'bebek' yang baru atau gres. Luar biasa. Salam sukses Sobat. Trims info-infonya yang menarik.
ReplyDeleteterima kasih semogaa bermanfaat .
Deleteklub cb 100 di indonesia berjejer dari sabang sampai merauke mas, hehehe
Mass Aguss mo nanya ni, mesin cb 100 saya udah diaplikasikan 1/4 jeroan tiger (seher,blok,head,magnet,cdi, laher as kruk kiri-kanan) kruk as masih pakek yang lama.. masalahnya pas udah dipasang klop semua, diidupin jrenggg eh ada yg ribut bunyinya kayak dipukul-pukul dalam mesin bawah, usut-diusut eh ternyata kruk asnya berputar tapi bergerak kesisi kiri-kanan alias geleng-geleng kayak orang lagi zikir.. apa yang harus dilakuin kalo kayak gini mas,mohon bantuannya mas?
ReplyDeletebisa jadi askruknya tidak balance mas, di balance dulu di tukang bubut atau tukang stroke.
Deleterumah lakernya sudah seret ya tidak oblak blas?coba di balance ulang aja mas , atau sekalian ganti as kruk tiger
Kulo nuwun,
ReplyDeleteMakasih Mas. dari postingan ini jadi dapet inspirasi. hehe
terus terang, sya udah baca postingan ini lebih dari 3x. Sekalian belajar. O iya Mas, kalo boleh tahu, temannya rumahnya mana?
Mojokerto juga?
terima kasih mas atas atensinya :)
Deleteteman saya rumahnya gondang mojokerto mas
silakan mas saya juga belajar modif