Ka Pasundan |
Total waktu perjalanan normalnya sekitar 15 jam. Awalnya Kereta Api Pasundan mengangkut rangkaian 7 gerbong non ac kemudian menjadi 5 gerbong no ac dan satu gerbong ac dengan tarif non subsidi. Harga tiket ka pasundan ekonomi Rp 38.000 tarif flat jauh dekat sama. Sedangkan Untuk harga tiket ka ekonomi ac berkisar Rp 100.000. Entah naik berapa kali lipat dari sebelumnya.
Kebijakan baru dari PT KAI memasang semua kereta api dengna air conditioner (ac) awal bulan maret 2013 membuat tarif berubah. Kereta api sekelas KRD, Rapih dhoho dan Penataran tak luput dari pemasangan ac walaupun ac bekas. Konsekuensi dari peningkatan fasilitas ini adalah harga tiket naik. Mungkin saja pemasangan ac ini hanya sebagai alat untuk menaikkan harga tiket dan menghapus kereta ekonomi. Rangkaian kereta api pasundan sudah terpasang ac semua kecuali kereta luar dinas dengan menggunakan genset dengan daya yang lebih besar. Sempat kelihatan kemarin menggunakan genset milik K1 atau kereta eksekutif.
Kereta api pasundan sekarang menjadi tidak ekonomis lagi dengan harga tiket rata-rata 100 ribu selisih 70 ribu dengan batas bawah harga tiket Kereta api mutiara selatan dengan kelas bisnis. Jadwal dan namanya kereta ekonomi tapi harganya tidak ekonomis. Perbandingan jarak tempuh dengan KA bisnis Mutiara Selatan selisih 3 jam. Tinggal tentukan pilihan mau kereta api ac tapi tidak ekonomis atau pilih kelas bisnis tapi harganya lebih mahal sedikit dari kereta api pasundan.
Untuk Pemesanan Tiket Kereta Api Pasundan per Tanggal 01 September 2013 harga tiket menjadi Rp 55.000,
Jadwal kereta api stasiun gubeng lengkap terbaru April 2013Kereta api pasundan sekarang menjadi tidak ekonomis lagi dengan harga tiket rata-rata 100 ribu selisih 70 ribu dengan batas bawah harga tiket Kereta api mutiara selatan dengan kelas bisnis. Jadwal dan namanya kereta ekonomi tapi harganya tidak ekonomis. Perbandingan jarak tempuh dengan KA bisnis Mutiara Selatan selisih 3 jam. Tinggal tentukan pilihan mau kereta api ac tapi tidak ekonomis atau pilih kelas bisnis tapi harganya lebih mahal sedikit dari kereta api pasundan.
Untuk Pemesanan Tiket Kereta Api Pasundan per Tanggal 01 September 2013 harga tiket menjadi Rp 55.000,
Daftar Harga Tiket Kereta Ekonomi Jarak Jauh
Kereta Api Logawa Jurusan Jember Purwokerto
Saya sudah pernah naik kereta ini..dan kayanya dapet yang exekutif *ada nggak ya* apa salah inget haha..terpaksa hanya ada satu-satunya kereta kala itu..Ciamis-Yogyakarta
ReplyDeletekereta ini murni ekonomi mbak :D kalau eksekutif kereta api turangga sama argo wilis kalau bisnis mutiara selatan.
Deleteenaknya naik kereta api eksekutif, :)
hahaha salah berarti..duhh dulu kereta apa apa ya jadinya....*puyeng dah* hahaha terpaksa...makanya dompetnya langsung jebol.enak naik kereta api exekutif daripada pesawat kikikik
DeleteSaya sukses jadi member blog yang ke 65 *kayanya hehe
Deletehehehe,itu positif kereta eksekutif mbak, jelas menguras kantong.
Deletekayak nya kereta turangga atau argo wilis
Hehehehe positif kok mneguras kantong hiahahiia...hehhe lupa Mas Agus apa nama keretanya
Deletelama-lama materialistik juga ya Mas, semua ditinjau dari sudut keuntungan bisnis semata. PSO-nya nggak diperhatikan.
ReplyDeletesekarang PT KAI profit oriented bukan public servis oriented ya public servis nya hanya bumbu saja kelihatan di permukaan tapi dalamnya kejar setoran.
Deleteya itulah letak permasalahannya. saya yakin masyarakat makin susah karena kebijakan tarif itu
Deletepembatasan tiket, pengurangan gerbong, apalagi ya berikutnya.
Deleteapa karena dirutnya orang kapitalis murni
sebaiknya memang bisnis kereta api tidak lagi monopoli ya Mas. jadi pelayanan bisa bersaing dan seperti kita lihat di bisnis pesawat sekarang ini.
ReplyDeleteiya betul mas zach, coba kalau seperti pesawat , bus atau kapal, pasti tidak seperti ini.
Deletebesar kepala jadinya PT KAI sekarang. merasa sebagai anak tunggal
Deleteada informasi lain berkaitan dengan PT KAI, dana PSO dari pemerintah melalui dpr tidak cair 4 tahun belakangan ini, sehingga PT KAI haru survive berjuang sendiri membiayai operasional perusahaan, jadi kalau sekarang terlihat profit oriented karena masalah dana pso yang tidak caair, tapi yang mana yang benar hanya Allah yang benar, wallahu'alam.
Deletekalau menurut Mamang mah mendingan kereta yang cepat karena mang butuh waktu untuk Uber storan
ReplyDeletebetul sekali mang yono, sekalian merasakan nyamannya berada di kereta bisnis atau eksekutif.
DeleteDulu thn 2000an klo pulang dari Bandung ke Ciamis.sering menggunakan jasa angkutan kereta api.sampai sekarang belum pernah mencoba lagi mas
ReplyDeletekalau sekarang jangan coba2 naik kereta api mas, mahal dan kalau mendadak beli tiketnya dijamin tidak kebagian tiket
Deletelink sobat sudah di pasang di blog saya.
ReplyDeletelink nya sobat juga sudah nancap di blog saya,
Deleteterima kasih :)
Linknya mas Agus juga udah nangkring di Blog saya..*wahh jangan2 nggak tau hihihi
Deletewah ketinggalan info nih, maaf ya mbak amri tidak pernah ngecek sampai di link2 nya , oke segera di pasang di blog ini.
Deleteterima kasih lho mbak, :)
ya termasuk murah toh, karena KA ndak pernah macet.
ReplyDeleteiya murah untuk satu orang, tapi kalau perginya satu keluaarga ya lumayan kerasa.
Deletekalau masalah macet sih enggak cuman kereta ekonomi ditarik dengan lokomotif cc201xxx yang biasanya sering mogok mbak, berbeda dengan cc203xx atau cc204xxx itu lokomotif kelas bisnis dan eksekutif yang relatif jarang mogok.
kalau mogok waktu tempuh lama dan biaya segitu termasuk mahal.
salam
boleh mas, silakan dan maari bertukar link
ReplyDeletehhmmm saya kurang paham kalau bicara kereta api, se umur umur saya belum pernah naik kereta api...hahahaha
ReplyDeletehehehehe...terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisannya.
DeleteSudah 20 tahun lebih tidak naik kereta api. Harga naik walau tidak ekonomis lagi sebenarnya tidak masalah yang penting pelayanan dan kenyamanan dan keamanan pastinya harus lebih ditingkatkan.
ReplyDeletebetul kang djangkaru ka pasundan sudah aman ada polsuska nya, nyaman sih tergantung soalnya jarak kereta ekonomi tempat duduknya berhadapan dan berdempet.
Deleteterima kasih kunjungannya
Penasaran sy mau naik kereta api itu seperti apa? seumur hidupku nggk prnah naik kereta api tp stlh mmbaca artikel bang Agus udh nggk penasaran lagi, ternyata fasilitasnya nggk seperti dgn harga tiketnya ya
ReplyDeletedulu kalau mau backpaker ke bandung cuma butuh 38 ribu sekarang 120 ribu, xixixi
DeleteKereta api saat ini masih menjadi angkutan publik yang banyak diminati, seharusnya PJKA lebih memperbaiki kinerjanya melayani konsumsen ya mas...salam sukses selalu mas
ReplyDeletebetul sekali mas, harga tiketnya itu lho tidak akomodatif..
Deletesalam sukses juga buat mas muro
trimakasih sob udah follow blog saya,sekarang hadir lagi buat follback...
Deleteterima kaih juga atas foolbacknya sob
Deletewah mas admin nya pemerhati soal kereta api ya....boleh nih ta share anak saya...kbetulan dia seneng dan hobi..berita atau info tentang kereta :)
ReplyDeleteboleh mas,saya pengguna kereta api bukan pemerhati lho mas, hehehe
Deletenanti tulisan dan gambarnya aku update terus mas buat anaknya mas..
naik kreta paling enak denger suara,ya "gujes2 gujes2"
ReplyDeleteawas getarannya tinggi dan bising,hehehe
DeleteKalo kearah barat di jogja dulu jam 12an (entah sekarang) beberapakali mau naik kereta ini tapi gak pernah jadi sebab overload penumpangnya, untungnya tiketnya bisa digunakan di kereta Logawa selang 5 jam kemudian..
ReplyDeletekalau sekarang sudah tidak oveload lagi mas, dan tiketnya harus sesuai jam keberangkatan dan naama kereta. sudah tertib
Deleteiya saya suka naik kereta sob,kalau ka pasundan sudah ac semua dan harganya sudah naik. untuk logawa hanya 1 gerbong ac lainnya ekonomi biasa tarifnya tetep 40 ribu.
ReplyDeletewalah, kok beda jauh banget antara ekonomi biasa dengan ekonomi ac?
ReplyDeletesaya juga dulu pernah naik pasundan, mau ke jogja. dulu masih 25 ribuan.
iya mas bayu, dulu memang 25 ribuan, terus ada kenaikan tarif tunggal flat, kemudian maret 2013 naik lagi karena kereta ber ac semua
DeleteEnak ya naik kereta... pada semangat membahas kereta.. jadi ngiri...
ReplyDeleteenak mas pay, apalagi satu gerbong cewek mahasiswa semua, hehehe
DeleteSaya sama temen2 mau jalan2 ke jogja naik kereta, liat2 harga tiket sempet shock, pada naik semua -,-
ReplyDeletemau naik pasundan harganya udah selangit
jadinya terpaksa pilih logawa aja, berangkat pagi soalnya :D
iya betul sekarang ka pasundan harga tiketnya naik.
Deleteuntuk pas dikantong memang naik ka logawa atau sri tanjung.
kalau mau ke bandung estafet pakai kereta apa ya dari jogjanya yang ekonomis lho.
wah kaget juga harga tiket pasundan jadi segitu ya mas...
ReplyDeletekalo boleh tau, kira2 dari kiara condong ke purwosari naik yang sekali jalan atau omprengan ya semisal ke kutoarjo dulu baru naik prameks ke solo balapan?
oya mas punya daftar harga tiket kereta api terbaru 1 april 2013, biar saya bisa estimasi biayanya brapa, kreta apa aja, n waktunya? hatur nuhun
harga pasundan memang melejit mas,
Deletemaaf mas saya tidak bisa kasih data itu, karena saya tidak mengetahuinya, yang saya tahu cuma lingkup surabaya sama mojokerto.
Jadi Penasaran, apa pelayanan, waktu tempuh dan fasilitasnya sekelas Sancaka karena hargane beda sedikit.
ReplyDeletewaktu tempuhnya jelas cepat sancaka, karena beda kelas, kelas bisnis jelas lebih diutamakan.
Deleteuntuk fasilitas tergantung penumpangnya. kalau pasundan AC tapi tempat duduknya terlalu bedempet ada yang 2 berhadapan dan 3 berhadapan khas kelas ekonomi, bisa dibayangkan betapa sesaknya, kalau bisnis sancaka tidak ac tapi seat menghadap ke depan dengan sejajar
apa kutojaya selatan maU di ganti ekonomi ac semua
ReplyDeletemaaf saya kurang tau infonya mas, karena yang saya ketahui cuma lingkup daop 8 surabaya
Deleteapa kutojaya selatan maU di ganti ekonomi ac semua
ReplyDeleteTentu kebijakan ini telah melalui kajian yang mendalam. Layanan kepada konsumen lebih baik, nyaman, bersih, tepat waktu, dan sebagainya. Namun disisi lain tentu masih ada 'kelemahan' dan 'kekurangan'. Pada saatnya akan dievaluasi dan dicarikan solusi yang terbaik.
ReplyDeletebetul sekali mas, akan di tinjau ulang nanti ada evaluasi tentunya apa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki, yang sudah baik dipertaahankan.
Deleteterima kasih kunjungannya
Sekarang Tiket Mutiara 300ribuan mas, udah pada naik semua. mendingan naik pesawat aja.
ReplyDeletemahal ya mas, kalau tiket semahal itu mendingan naik pesawat, betul kata mas.
Deleteyoi ane aja gan sempet kaget ni PT KAI jurusan banjar bandung aje ekonomi 100.000 beda dikit ama bisnis kasian warga yang ga mampu yang mengandalkan sektor perhubungan ini di daerah kecil. .perbandingan mending beli bensin pake mobil sendiri ato pake motor bisa keliling keliling juga. hal inilah yang membuat transportasi pribadi bertambah. PT KAI jangan selalu memperhatikan unit cost yang harus tertutup tapi juga memikirkan keterjangkauan biaya dan kemudahan akses akan transportasi ini, baik bagi kalangan atas, menengah, ataupun bawah. bagi kalangan ekonomi atas mungkin itu tidak jadi soal, tapi kalangan menengah akan jatuh miskin atau menaikan juga sektor pendpatannya., kalangan bawah ????? . ko ga ada yang teriak ya anggota DPR?
ReplyDeletetulisan mas dadang bisa semoga didengar oleh operator kereta api yakni pt kai yang seharusnya menampung segala segmen kelas. Untuk dishub sendiri sebagai pemilik kereta api seharusnya jg proaktif karena sebagai wakil dari pemerintah.
Deletesoal ini memang kronis mas, tidak tau akar permasalahanya dimana soalnya selalu mbulet kalau dikonfirmasi.
ada hal juga yang bikin tabu dan ga efisien mas seperti tarif reduksi bagi yang jelas-jelas usia produktif dan sudah memiliki pendapatan. itu jelas menjadi tindakan diskriminatif. tolong mas aja yang jadi wakil rakyat sampaikan kepada para Pencitra diri Pembela warga ga mampu seperti mantan atasan PT KAI Dahlan Iskan, semua anggota DPR, dan kerabat-kerabat pemerintah nya. sampaikan juga pesan Pancasila sila-ke 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dari kami yang merindukan pemimpin yang adil dan bijaksana di jakarta sana.
Deletebaik mas, saya tidak punya kompetensi untuk menyampaikan ke pemerintah ataupun DPR, saya cuma bisa nulis unek2 saya di blog saja. Saya juga bukan pegawai pt kai ataupun pegawai pemerintah. Saya juga merindukan tarif pt kai yang dulu karena saya pengguna setia kereta api.
Deletesemoga tulisan ini dibaca oleh petinggi pt kai itu saja yang dapat saya lakukan.
Mas Agus, mungkin tahu, posisi tempat duduk KA Pasundan apa tetap 3+2 ABC DE, atau sudah berubah jadi 2+3 AB CDE.
ReplyDeleteSoalnya mau pesen tiket, takut salah posisi tempat duduk.
Trim's sebelumnya.
masih tetep ABC+DE betul formasi 3+2, gerbongnya sama kok dengan gerbong rapih dhoho, kemarin gerbong dhoho punya pasundan, :) karena ada tulisan rute perjalanan kereta api pasundan.
Deletesemoga bermanfaat
Makasih infonya, mas Agus :)
DeleteSoalnya mo beli tiket untuk berempat, klo salah posisi jadi nggak
enak, dari Surabaya ke Bandung lama banget.
sama-sama..seneng bisa bantu informasinya,
Deletesemoga perjalanan lancar dan menyenangkan
maksud dari formasi tempat duduk ABC+DE itu bagaimana ya mas? berhadapan kah atau sejajar seperti di pesawat?
ReplyDeletetempat duduknya KA Ekonomi itu berjajar 3-2 berhadapan mbak, nah penomoran tempat duduk itu 1A, 1B, 1C dan 1D 1E dan seterusnya. Kalau bisnis dan eksekutif seperti pesawat mbak.
Delete