Judul bunga anggrek depan rumah bukanlah sebuah puisi atau kata-kata indah/kias yang bisa membuai wanita. Anggrek depan rumah ini merupakan tulisan biasa tanpa arah dan tanpa maksud tertentu. Walaupun saya seorang laki-laki, tapi saya sangat menggemari bunga anggrek. Menurut saya bunga anggrek memiliki pesona keindahan yang elegan. Ketika semua orang lagi gencar-gencarnya menggemari tanaman khusunya bunga beberapa waktu lalu, saya tidak berpaling hati untuk menanam dan merawat bunga selain anggrek ini. Dan bunga anggrek ini memiliki kenangan tersendiri buat saya.

Awal saya menanam bunga anggrek ini ketika saya lulus sekolah menengah umum. Teman-teman yang sudah lulus sekolah menengah umum banyak yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan baik itu di swasta atau di PTN. Ada yang menempuh perkuliahan didalam kota banyak juga yang hijrah untuk mecari ilmu keluar kota seperti malang dan surabaya. Sedangkan saya waktu itu masih belum terpikirkan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi karena menjalani test ujian masuk TNI (bintara). Setelah bulan Oktober ujian demi ujian pun saya lalui dan ternyata saya gagal masuk di TNI. Status saya waktu itu menjadi pengangguran yang sukses dirumah tanpa ada teman yang diajak ngobrol. Dirumah sendiri dalam arti tidak ada teman diajak ngobrol membuat pikiran stress. Suatu saat teman-teman SMA mengadakan reuni kecil-kecilan karena bertepatan dengan hari raya idul fitri jadi sekalian silaturohim. Saya datang membawa perasaan minder karena teman-teman saling bercerita tentang akitvitas di kampus masing-masing, sedangkan saya buta masalah kampus, jadi hanya bisa diam dan mendengarkan teman yang saling bercerita.

Rumah teman saya yang ditempati reuni memiliki koleksi beraneka macam anggrek yang tumbuh subur dan rindang. Saya tertarik untuk menanam bunga anggrek ini dirumah untuk mengisi pengangguranku. Alhamdulillah teman saya ini memberi bunga anggrek 4 batang yang subur kemudian saya tanam di depan rumah menempel pada pohon mangga. Aktivitas saya beralih merawat bunga anggrek ini. Saya sirami dan saya beri air tajin agar tumbuh cepat dan subur. Kini 10 tahun sudah tanaman anggrekku, satu batang anggrek menghasilkan benih baru begitu seterusnya hingga rindang. Ketika musim bunga tiba, cukup cantik dan mempesona memancarkan keeleganannya. Banyak tetangga yang menginginkannya, ingin memiliki. Dulu saat bunga ini jelek2nya tidak ada yang melirik sama sekali. Bunga anggrek depan rumah mulai menampakkan keindahannya seiring dengan langkah hidupku yang juga indah.
Alhamdulillah.

43 komentar:

  1. kemaren getol2nya nanem anggrek sm suami.. tapi ujung2nya mati T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak uswah : tempat menanam mempengaruhi harus tidak boleh kena sinar matahari secara langsung
      mbak sweat : pertamax diborong mbak uswah

      Delete
  2. Kayak cewek saya aja om,... tapi keren :D awkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih om saya suka tanaman anggrek ini

      Delete
  3. blogwalking mas,oh ya saya juga termasuk orang penyuka anggrek mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjugannnya mas, saya penyuka anggrek tapi tidak tau jenis2 anggrek lho ya :D

      Delete
  4. Aplagi SIMPANGblogger paling suka bunga anggrek karena SIMPANGblogger dilahirkan dari seorang ibu petani..waah sebentar lagi juga kalau anak saya sdh pada lulus sekolah nya, pasti akan bertani tuh pulang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses segala urusannya mas simpang

      Delete
  5. Bunga anggrek ini memang indah sekali sehingga wajar kalau banyak yang menyukainya, termasuk saya juga senang dengan bunga ini, apalagi orang rumah sangat suka dengan jenis bunga....
    info yg sangat menarik bagus sekali kawan, terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. orang yang suka anggrek adalah orang yang sangat mencintai kekasih hatinya, dan selalu setia, seperti saya, karena saya juga ngoleksi anggrek...hehehe

    #kang setiap kesini iklan disamping kiri dan kanannya ngga pernah kebuka, modemku butut..isinya iklan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru tau kalau penyuka anggrek seperti itu kang, hehehe
      untuk script kiri kanan itu bukan iklan, itu scrip pembawaan dari template, di layar saya juga kadang gak kebuka.

      Delete
  7. wahhhhhh netes air hujannya baca ini*ehh kok air hujan siii..air mata hehe..Terharu mas Agusss....semoga si Anggrek akan senantiasa indah dan elegan selama hidupnya,dan aku nggak pernah sukses nanam anggrek kekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, terima kasih doanya. itu juga saya tidak sengaja menanam anggreknya, ditanama langsung hidup sampai sekarang, heehe

      Delete
    2. Nggak sengaja nanam aja hidup ya.... hehe

      Delete
    3. apalagi yang sengaja ditanam dan dirawat, bisa buat pusat pembibitan anggrek ya mbak,,
      hehe

      Delete
  8. anggrek itu memang indah, selain bagus untuk menghias pekarangan, anggrek juga bisa dijadikan sebagai penghasil uang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kang hari, kalau telaten pasti menghasilkan, berhubung saya tidak telaten. :)

      Delete
  9. benernya anggrek itu good tapi ngarwatnya susah bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tidak pernah aku rawat kawan, dibiarkan hidup liar tapi kadan kalau lagi mood baru aku rawat,
      salam kenal

      Delete
  10. hem, jadi keingat sama tante ku yang hobi buwaaanget ngerawat anggrek.. Rela ngeluarin duit banya untuk menambah koleksinya, tapi JUJUR yah tamannya jadi suwaangat indah hehehe.. Serius..
    Intinya, anggrek itu selain cantik dan indah dia jg 'menggilakan' hehehe

    maaf mas kalo banyak omong, salam kenal aja.. Peace :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, tanaman anggrek ini seperti ikan arwana atau ikan koi, walaupun diterjang musim ikan atau musim bunga apapun mereka tetep primadona dan harganya stabil.
      senang bisa berkenalan dengan mbak etika :)

      Delete
    2. iya mas.. dan beruntungnya lagi, indonesia punya beberapa jenis yang sangat indah..

      Delete
    3. kalau jenisnya saya yang kurang hafal, :D

      Delete
  11. Cerita sobat kalau boleh saya gambarkan mirip dg lagu yg berjudul "Anggrek Bulan" :

    Bunga Anggrek Yang Kusayang.. Kini Tersenyum Berdendang
    Bila Engkau Berduka.. Matahari Tak Bersinar Lagi

    Bagai Embun Pagi Hari.. Bunga-Bunga Segar Lagi
    Berkembang Harapan Hati.. Hari Bahagia..
    Menanti.....

    ReplyDelete
  12. selamat pagi sobat,,,,bunga Angreknya sekarang sudah besar yaa sob,,saya juga dulu ada yang saya tanam di depan rumah tapi sekarang sudah mati,,hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam sobat, wah eman sekali kok mati anggreknya. kurang disiram mungkin tuh

      Delete
  13. penggemar motor klasik tenyata penggemar bunga juga! Mantap! Gue juga suka, sob... :)

    ReplyDelete
  14. salam kenal kang agus
    Kunjungan perdana..met hari minggu yah.

    ReplyDelete
  15. Bunga anggrek, simbol negeri korea :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, baru tau kalau itu simbol
      terima kasih atas kunjungannya :)

      Delete
  16. .. suka menanam juga ya?!? kalo mamah aq sich lebih suka menanam bumbu^ n buah gitu. he..86x. alhamdulillah,, ada manfaatnya. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak suka nanam apalagi kalau yang ditanam sudah hidup dan lebat , ada rasa senengnya gtu, bagus tuh gak usah beli langsung metik dari pekarangan.

      Delete
  17. indah juga kalau tanam anggrek di halaman rumah,,,,
    mantabh infonya sob..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat atas kunjungannya

      Delete
  18. wah hebat mas, 10 tahun bukan waktu yg singkat memelihara Angrek. dari pengalaman mas Agus, pastinya Anggrek nya lebih indah dan segar ketimbang gambarnya. terima kasih mas telah berkunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musim hujan gini kelihatan hijaunya karena pohon2 yang lain juga hijau, kalau musim kemarau daunya kurang seger dipandang,
      terima kasih kembali

      Delete
  19. bunga anggrek identik dengan warna ungu
    bunga mawar identik dengan warna merah
    bunga melati identik dengan warna putih
    anggrek mawar melati, semuanyaa indah, hehe malah nnyanyi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe seperti warna warni kehidupan sob, indah kalau ada yang berbeda.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top