Home » » Wisata Candi Bajang Ratu

Wisata Candi Bajang Ratu

Sejenak merefresh otak dan pikiran dengan ber wisata ke candi bajang ratu Mojokerto. Wisata Candi Bajang Ratu terletak di Desa Temon Kecamatan Trowulan Kab. Mojokerto, sekitar 5 km dari pusat kota mojokerto atau 4 km dari Terminal Bus Kertajaya Mojokerto. Aksesnya cukup mudah, dari arah Surabaya maupun dari arah Jombang nanti akan ketemu perempatan lampu trafik (lampu merah) Trowulan belok kiri (dari Surabaya) dan belok kanan (dari Jombang). Setelah melintasi kolam Segaran yang terletak di komplek musium Mojopahit, itu tandanya sudah mendekati lokasi, 500 meter dari musium Mojopahit ada perempatan sebelum Pendopo Agung Mojopahit belok ke kiri, sekitar 700 meter sudah sampai di lokasi yang berada di sebelah kiri jalan.

Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu 

candi bajang ratu

wisata candi bajang ratu
wisata candi bajang ratu

Jika menggunakan kendaraan umum bis untuk menuju ke wisata candi bajang ratu, maka turun perempatan trowulan kemudian naik ojek atau becak motor. Jika menggunakan angkutan umum seperti kereta api, agak repot untuk menuju ke tempat wisata candi bajang ratu, angkutan menuju ke lokasi sangat jarang, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Solusinya harus naik angkutan umum menuju terminal Mojokerto, itupun jam 5 sore sudah tidak ada angkot lagi, naik ojek bisa menjadi alternatif terakhir.

Pertama kali masuk wisata candi bajang ratu terkesan sangat nyaman, asri dan sejuk. Seluruh kawasan lokasi candi bajang ratu ini di konsep seperti taman dengan rumput yang hijau terawat, bahkan warna coklat tanahpun tidak nampak, kecuali jalan yang menghubungkan ke lokasi candi. Ketika saya, istri dan anak saya mengunjungi candi Bajang ratu, jauh dari bisingnya knalpot kendaraan, klakson kendaraan apalagi suara suling kereta api.
Kami merencakan untuk berwisata ke candi bajang ratu sebagai sarana rekreasi keluarga yang nyaman, aman dan murah. Berapa harga tiket untuk masuk ke wisata candi ini, tidak perlu membeli tiket, cukup dengan membayar uang kebersihan sebesar Rp 5000 (lima ribu rupiah) padahal aslinya sukarela, sak kerso panjenengan dan juga biaya parkir sebesar Rp 2000 (dua ribu rupiah). Dalam hal kebersihan lokasi candi, ada petugas yang selalu membersihkan dan menata taman yang berupa rerumputan. Tersedia juga tempat sampah di beberapa titik yang saling berdekatan, cukup mudah dan tidak bikin malas untuk membuang sampah. Begitu juga tersedia dengan kamar mandi yang bersih dan airnya mengalir dengan jernih.

Pokoknya tidak rugi jika mengunjungi wisata candi bajang ratu Mojokerto khususnya bagi yang berdomisili di Kabupatan Mojokerto dan Jombang. Sekalian bernostalgia dengan masa muda ketika berpacaran dengan istri tercinta.

40 komentar:

  1. Pertamax naggak ya... Kalo iya berarti ini pertamakalinya dapet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hore dapet.... saya bawa pulang dulu ya Mas... comentnya nanti saja :D

      Delete
    2. hehehe...silakan mas heri, di bungkus pake galon

      Delete
    3. ahhahaah unik juga nih sebutan bang Agus setya sama Kereta APi Ternyata kereta punya "suling" Hihihihihihihihihihihi

      Delete
  2. tempatnya asri nan cantik mas...cocok buat refreshing pikiran yang suntuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang terpenting tidak ada harga tiket masuknya.
      hehehe

      Delete
    2. Judul nya gratis tis tis tiissssssssssssssssssssssss

      Delete
  3. Indah sekali yah Mas Agus wisata candi bajang ratu
    Sejuk, Bersih dan alami, nyaman buat wisata dan berlibur
    Dengan keluarga yah Mas terima kasih sudah berbagi keindahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menjadi obat kepenatan sehari-hari mas, meluangkan waktu bersama keluarga

      Delete
  4. Wisata ke tempat candi Bajang Ratu sangat menyenangkan ya Kang, aalagi kita bisa mengambil dari peristiwa di balik perjalanan sejarah di lokasi ini. Saya masih dalam draff tulisan kalau candi ini Kang. :D


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak indra, hebatnya orang dulu kok bisa bikin hal demikian ya, dan masih bisa dinikmati orang sekarang.
      silakan di post pak, tulisan pak indra banyak yang masuk viva log

      Delete
  5. Duuuh kok saya jadi ngences ya kepingin pelesiran kesana...mas agus gak ajak2 she kmarin2 ksini tu.
    Saya jadi kepikiran jg nih bkin postingan tentang pura yg sya kunjungi waktu ke lumajang dlu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk di posting aja mas ws biar indah dan saya juga ngiler,
      hehehe

      Delete
    2. Nah loh, ini kyk "tumbu ketemu tutup"...

      Delete
  6. tumben nih artikelnya bukan seputar kereta api atau otomotif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Refresing, mbak Dewi... Kl saya bs masak, saya pengen bikin artikel ttg masak, h-haa...

      Delete
    2. kalau saya sih kalau bisa buat artikel ttg masak ya buat juga. Cuma satu yang tidak bisa. Buat artikel ttg kencatikan. Masa sih saya cantiK? yg bener aje hhihihihihihi

      Delete
    3. jiaah....kang asep paling bisa deh ih

      Delete
    4. mas pri kan di acara tv banyak juga tuh masterchef laki-laki...
      pak asep h coba bikin artikel seputar kegantengan hehehe

      Delete
  7. Candi Bajang,indah nian nampaknya Cak AGUS,kebersihanya terjaga dan Asri pula,cocok buat rekreasi bersama keluarga,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Link Text sudah saya pasang Cak Agus,silahkan di cek di sidebar rumah saya hehehe

      Delete
  8. Skg rekreasinya ke candi-candi trus nih...

    ReplyDelete
  9. Ternyata hampir disetiap daerah Indonesia terdapat banyak candi-candi indah ya kang, selama ini saya cuma familiar dengan Candi Borobudur dan Prambanan doang kang :)

    ReplyDelete
  10. lhah kita kok seide to Kang, soale tadi pagi aku hunting poto ndik Candi Sawentar Blitar. Di candi ini juga terkesan asri karena pengelolaannya dipantau langsung dari Trowulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhuuu...kang Pakies ini...suka nyama-nyamainkang admin deh ih...pengen dibilang se Usia yah..huuu....sekali lagi...huuuuu

      Delete
    2. lihat dari gaya kita berdua, sama-sama make topi sama sama make kaca mata. Hayo tebak dari tampilannya, saya pantes jadi menantu sampean

      Delete
    3. buwahahaa....yang pasti mah sayayang lebih layak...lagian akang kan punya anak gadis...;o)

      Delete
  11. Indah sekali ya mas pemandangan dari alam indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. indonesia memang banyak wisata yang indah2 mas :D

      Delete
  12. boleh dipanjat gak mas candinya..hehe

    ReplyDelete
  13. alangkah indahnya jika piknik ke Candi bajang ratu ini bersama selingkuhan, pasti bakal tambah makjleb dan yang pasti akan aman dan terkendali, soalnya ngga bakalan ketauan orang rumah...kan Desa Temon jauh dari Desa Cilembu....okehkan ngayal nya?!

    ReplyDelete
  14. suasananya asri nan alami, nyaman buar refreshng

    ReplyDelete
  15. wow keren mas agus, sambil rekreasi bersama keluarga, sambil membantu mendokumentasikan pariwisata di mojokerto

    terus terang saya candi bajang ini malah baru tahu dari posting ini..

    sepertinya tempatnya sudah terawat rapi ya mas,

    ReplyDelete
  16. tempatnya asri dan sejuk ya mas, cocok buat saya dan keluarga dan yang paling saya tertarik itu gak ada tiket masuknya, jadi pas dikantong deh hehehe

    ReplyDelete
  17. Tuh kan cuma foto hayyu sama mbak nina saja. Foto mas agusnya mana nih.. Padahal saya pengen lihat foto mas agus loh.. Kata mbak jenx indah bisa buat obat hehehehe

    ReplyDelete
  18. salah satu wisata yang bersifat mendidik dan juga menghibur...adalah wisata candi.......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  19. Kapan-kapan kalau ke surabaya pengen mampir nih liat candi :)

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh