Pada dasarnya mesin CB 100 bisa di pasang dobel stater atau elektrik stater dengan mengakali bak atau rumah nomer mesin. Bagian mesin CB yang ada nomer mesinnya itu yang di modifikasi. Setau saya, ada dua aliran dalam memasang dobel stater CB dari yang pernah saya lihat. Pertama, memasang dinamo stater pada bagian bak kopling dengan mencoakkannya kemudian dinamo stater diletakkan pada sekitar blok mesin menyentuh rangka.
Cara pasang dobel stater cb berikutnya adalah dengan membentuk bak nomer mesin menjadi seperti bak mesin gl pro neotech. Cara membentuknya jelas diserahkan ke tukang las diral dengan biaya sekitar 650 ribu. Untuk jasa pengelasan tergantung jarak dan akses, kalau mau di jombang silakan ke tempat praktik pak rokhim mojokrapak. Letaknya pinggir jalan raya Babat Jombang, atau berdekatan dengan tambak beras jombang. Jika dari arah Madiun turun perempatan lampu merah sambong kemudian naik becak sekitar 1 km sebelah kanan jalan, itulah tempat praktik pak rokhim.
Biaya pasang dobel stater CB sebagai berikut :
- Las diral untuk bak mesin Rp 650.000
- Beli Dobel stater set bekas mega pro : Rp 950.000, tiger Rp 1.200.000 (untuk dobel set baru sekitar 1.800.00 mega pro)
- Holder Kiri Kanan Tiger/Mega Pro bekas original : Rp 350.000, Imitasi Baru Rp 90.000
- Aki Binter Mercy Rp 150.000
- Bendik Stater Rp 35.000
- Lain-lain seperti biaya pemasangan, packing, kabel-kabel dll Rp 200.000
- Total biaya pemasangan dobel stater cb adalah Rp 2.600.000
Motor CB 100 memang motor keluaran lawas, jadul akan tetapi tenaga dan roh mesinnya banyak yang dirombak seperti motor baru. Dengan pasang dobel stater CB tidak perlu menyelah engkol stater yang berat bahkan kadang njeplak.
Sorry Ye Pak Bu Om Tante semuanya
ReplyDeleteSaya PERTAMAX
Iyessssssssssss
dapet berapa derigen kang hehe...
Deletepertamaknya buat motor CB ya mas?
Deletemahal juga ya ongkosnya, tapi udah bagus tuh kalau ada dobel staternya, jadi modern dikit :D
ReplyDeletelumayan merogoh kocek ya om, untungnya saya tak punya haha
ReplyDeletemalah ga asik dong, om...
ReplyDeletekelebihan motor jadul kan karena ga ada stater elektriknya
jadi tiap pagi bisa olah raga
olahraga tp cuma bt betis kanan doang, mas...
Deletegede sisih yo Pak?
Deleteasik motor jadul saya, walau tua gitu starternya masih yahud....suka prihatin melihat kawan-kawan yang ber mio-mio kadang mesti ngengkol di pinggir jalan
engkol stater yang berat bahkan kadang njeplak
ReplyDelete________
Poinnya motor butut ada di sini. ^_^
(kyknya kl ngengkol'e gak pas, ngamuk motornya)
mantab nih mas agus ternyata seneng utak atik motor ya mas, mau saya praktekah, eh saya kagak punya motor CB. gimana dong saya?
ReplyDeletebanyak juga biaya yang diperlukan ya mas,
ReplyDeleteapalagi CB atik hehe...
Bisa pasang sendiri ya mas...biasanya sih langsung minta tolong pak bengkel
ReplyDeletewah mas agus ganti tampilan lagi, udah responsive dong sekarang.
ReplyDeletekeren rek,Cak Agus cocok nih kalau buka bengkel Cak haha,,,,,master CB gituloh hehehe
ReplyDeleteBTW template yang ini ringan bangaet Cak ,makin sip wae,,,,
DeleteDenagn pasang dobel stater kaki bisa lebih aman he..
ReplyDeletedobel starter...dobel pula greng-nya ya Pak Agus...
ReplyDelete