Home » » Kereta Api Rapih Dhoho

Kereta Api Rapih Dhoho

Kereta Api Rapih Dhoho

Kereta Api Rapih Dhoho. Nama kereta api rapih dhoho berasal dari bekas kerajaan Dhoho (kediri) yang di abadikan sebagai nama kereta lokal Jawa Timur. Relasi kereta api Rapih dhoho melayani Surabaya-Blitar lewat Kertosono, Kediri, Tulung Agung. Kereta api rapih dhoho merupakan rangkaian kereta api ekonomi dengan 7 gerbong yang terdiri dari satu KMP (kereta makan dan kereta pembangkit) 5 gerbong penumpang dan satu gerbong aling-aling (gerbong setan).


Sejak perubahan jadwal kereta api pada bulan April 2013, jadwal rapih dhoho berubah dari semula 15.45 menjadi 16.45 WIB atau mundur satu (1) jam. Dulu saya tidak bisa naik Kereta Api rapih dhoho karena jam nya terlalu mepet dengan jam pulang kerja. Untuk sekarang jam berangkatnya sangat cocok dengan jam pulang kerja. Saya memilih KA Rapih Dhoho, karena tiba lebih awal di rumah dari pada naik KA KRD yang berangkatnya lebih lama satu jam dari Rapih Dhoho (17.40 wib).

Rapih Dhoho
Dhoho Sore Masuk Gubeng

Penumpang Kereta Api Rapih Dhoho orang-orang itu saja 60 persennya (bukan 2000% lho ya) para pekerja sisanya orang bepergian. Untuk hari jum'at dan sabtu banyak penumpang dari kalangan mahasiswa pulang ke kampung halaman. Harga tiket kereta api rapih dhoho cukup murah, Rp 4000 (empat ribu rupiah) sampai dengan stasiun Purwosari (setelah kertosono) sedangkan seterusnya (kediri, tulung agung sampai blitar ) harga tiketnya Rp 5.500 (lima ribu lima ratus rupiah).

Kereta Ekonomi Bersih
Bersih

Perjalanan dengan kereta api rapih dhoho sangat nyaman. Ada fasilitas AC (air conditioner) walaupun kadang tidak terasa dingin bahkan cenderung panas seperti di oven. Ada pedagang asongan, tapi masih dalam batas sopan dan cukup kooperatif begitu juga dengan pengamennya tidak begitu memaksa. Jika dalam perjalanan membawa notebook atau gadget yang membutuhkan charger, tidak usah khawatir, disediakan colokan listrik untuk men chaarge baterai notebook dan gadget anda. Untuk kebersihan kereta dan toilet kereta relatif terjaga dan cukup bersih.


Ekonomi AC

Berikut ini Jadwal Kereta Api Rapih Dhoho dari Stasiun Gubeng :

No. KA SGU WO MR KTS KD BL
353 04.30 04.35 05.48 06.52 07.51 09.26
355 09.55 - - - - -
357 10.50 11.00 11.59 12.59 13.48 15.35
359 16.45 16.50 17.59 19.13 20.03 21.41

Jadwal KA Rapih Dhoho dari Blitar :
No. KA BL KD KTS MR WO SGU
354 04.00 05.50 06.40 07.44 09.15 09.20
356 10.55 12.33 13.10 14.29 15.30 15.35
358 12.53 14.27 15.04 16.13 17.20 17.25
360 16.23 17.57 18.34 20.03 20.55 21.05

keterangan : SGU = gubeng, WO - wonokromo, MR = mojokerto, KTS = kertosono, KD = kediri, BL = blitar.

Apabila anda sedang apes dalam menggunakan transportasi kereta api rapih dhoho, anda akan mendapati lokomotif mogok yang harus menunggu lok-pen (lokomotif penolong, red). Menunggu waktu yang sangat lama jika di dapati kereta rapih dhoho mogok. Kata orang, sudah murah fasilitas bagus kok minta selamat.

Saya suka menggunakan fasilitas angkutan kereta api rapih dhoho untuk perjalanan pulang kerja saya menuju mojokerto. Selain murah, saya bisa tidur dengan angler di dalam kereta.

73 komentar:

  1. jadi yang suka tidur di kereta itu sampeyan to Mas?
    lha kalo saya gimana wong sambil ngadek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pakai topi hitam kumal itu kan ? wah mas zach salah orang, itu kan kang lembu. hehehe.
      sambil ngadek sambil hormat seperti upacara bendera, katanya sih gitu.

      Delete
    2. terus yang baca Pancasila di depan siapa Kang ?

      Delete
    3. Ahaaaaaaaaaaaaaa itu kan saya
      Masa lupa sih

      Delete
    4. saya komandan kleponnya aja deh ya

      Delete
  2. ngcese sampek ngeces. eh gratis mboten niku Kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gratis pak ies niku, lha katut dateng kretone je...monggo nek ngeces sampek dlewer, hehe

      Delete
    2. sampe dlewer berarti perlu ember mas haha..

      Delete
    3. tisu basah juga bisa mas, atau ambil gayung di toilet kereta. hehe

      Delete
    4. jebor itu lho pak, bahasa indonesianya apa, ciduk atau gayung? hehehe

      Delete
  3. lokonya mogok kerja sebab nggak ada kenaikan gaji

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga tidak di kasih makan suket, seperti sapi makan suket (SMS). hehehe

      Delete
  4. wah harus bikin bajuuu kepompooong dong mas biar ga malu tidur di kereta hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian aja muka saya , tak bungkus kresek hitam mas, hehehe

      Delete
    2. cari helm yang pakai kipas angin Kang. he,,, he,, he,,,

      Delete
    3. seklian ac portable pak, hehehe

      Delete
  5. Naik kereta kalo ketiduran entar stasiunnya kelewatan gimana ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..bisa jadi mas nandar, kalau kita bepergian sendirian, atau tidak ada teman yang mengingatkan, kalau saya, pasti ada yang mengingatkan, lah tiap gerbong ada yang kenal sih mas, hehehe.
      kalau kelewatan tidak apa-apa mas, cari stasiun yang dekat dengan nyegat bis, biar bisa pulang naik bis, untuk biaya ? tidak dikenakan biaya tambahan.

      Delete
  6. kadang ada yg suka bawa balik bantal yg disediakan KA loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa gak sekalian pintu keretanya aja mas? lumayan di jual di loakan, kalau bantal sih nanggung, rel sekalian bawa pulang.
      hehehehehe

      Delete
    2. Pantesan bantal kereta suka kurang. he,, he,, he,,,

      Delete
    3. saya juga bukan lho, coba cek deh tas saya...
      hehehe

      Delete
  7. rupanya seperti itu ya mas bentuk dalaman kereta api, baru tau ini saya mas Agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, bentuknya tidak sama dengan pisang goreng kan ?

      Delete
    2. Apalagi dengan kue apem Kang, pasti beda. he,, he,, he,,,

      Delete
    3. nah itu kesukaan saya pak, enak lho apalagi empuk

      Delete
  8. lengkap sekali pak agus, mengupas habis tentang kereta di jawa, khusunya jawa timur hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya di tumpangi eh di naiki eh di gunakan (aduh apa ya namanya) pokoknya saya pulang kerja dengan kereta ini tiap hari, masak saya tidak mengupasnya sih mas, kan kasian. hehehehe

      Delete
  9. Yaaaagh seperti di oven ya walaupun ada acnya? tapi keretanya bersih ya mas. ada stop kontaknya juga,jadi bisa ngecas hp ya,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ngecharge hape dan juga menyetelika didalam kereta, kalau bawa megikom juga bisa untuk menanak nasi. kalau haus bisa bikin jus kok di dalam kereta. betul mbak serius. hehehehehe

      Delete
    2. asal bawa peralatannya ya mas,,dijamin ga bakal kelaparan,kehausa dan mati gaya karena ada stop konta..hehehe

      Delete
    3. hehehe....emang kalau tidak bawa peralatan bisa mati gaya ya mbak ?

      Delete
  10. naik kereta di jawa itu lebih seru dibandingin naik kereta jabodetabek... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di jabodetabek itu penuh sesak ya mbak ? adakah penumpang gelapnya ?

      Delete
  11. kereta api tuut tut ttuuut...
    sy pernah naik kereta api cuman 1 kali jadi pengen lagiii :'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti di ajak sama Kang Agus kang, tenang saja...... he,, he,, he,,,

      Delete
    2. ayo main ke surabaya atau mojokerto, nanti tak ajak naik kereta api. hehehehe

      Delete
  12. Harga tiketnya murah juga Kang, tapi lumayan juga ya kalau setiap hari naik kereta kang untuk kerja. Tidurnya duduk apa berdiri kang kalau di kereta ? he,, he,, he,,,,

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah saya mencoba tidur sambil berdiri, tapi kok tidak bisa ya, kayak ayam dong pak, hehehe.
      mungkin kalau tidak ada blogging saya sudah bosan naik kereta pak, inilah warna lain dari dunia. hehehe

      Delete
  13. Seumur umur belum pernah naik kereta di Indo..
    Pengen nyobain he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga , naik kereta api lokal aja mas, berhenti di stasiun yang dekat dengan jalan raya, agar bisa pulang naik angkot atau bis

      Delete
  14. Memang paling enak ya mas..pulang kerja naik kereta..pas dapet bangku..bisa molor :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. molor sampai stasiun tujuan mas, hehe. yang paling gak enak itu kalau di ganggu sama temen iseng, jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak

      Delete
  15. kalau keretanya mogok penumpangnya suruh ndorong aja mas, kalau nunggu lokpen kan lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, dorongnya juga ada yang diatas gerbong kereta

      Delete
    2. hahaha..boleh juga tuh idenya kang, nanti dapat bonus teh anget dari petugas pjka, hehe
      kalau ada yang naik gerbong kan malah berat mas

      Delete
  16. bagus jg sambil blogwalking walaupun panas tp jarang2 blogwalking diatas kereta api *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas lho kalau kena asap kereta , nanti gosong

      Delete
  17. wah lengkap sekali penjelasannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, ini sebenarnya kurang lengkap mas alex, hehehe

      Delete
  18. jadi lebih mudah kalau mengetahui jadwal,,jadi klo mau berencana menggunakan tinggal buka mau berangkat jam berapa di posting ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok sekali pak wi, silakan di jadikan bahan atau sumber untuk menyambung tulisan wisata dari pak wi

      Delete
  19. kapan2 pengen naik kereta jadinya :D

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. alhamdulillah sudah mas, hehehehe

      Delete
    2. selamat mas, saya lagi nunggu review yang kedua nih mas. dag dig dug der rasanya :)

      Delete
    3. semoga dapat GA nya kang ucup dan semoga menjadi publisher kaya raya, hehehe
      jangan lupa blogger ndeso seperti saya ya . hehehe

      Delete
  21. Jadwal kereta api ini bagus di update setiap hari supaya pengguna jasa kereta bisa tahu jadwal atau perubahan yang terhubung dengan angkutan publik yang satu ini.

    Saya terakhir naik kereta tahun 2003, mungkin kereta sekarang sudah berbeda dengan kereta yang saya tumpangi waktu itu. Hem....,.sesuatu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuatu dan sisuwantu itu beda ya mbak, saran yang bagus dari bu yani, sebagai masukan jika kehabisan ide dalam menulis

      Delete
  22. Stasiun balapan Didi Kempot. jan cocok tenan ki mas bekson-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh ada bekson stasiun balapan ya mas? hehehe
      santai aja mas, tidak saya suruh ngosek wese kok, tenang saja.

      Delete
  23. Nama kerajaannya bukannya daha
    Trus rapihnya darimana, om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapat penjelasan dari forum semboyan 35, rapih itu penyebutan singkatnya kereta api..ada kasus di stasiun kecil saat kerata api berangkat " PPKA bilang kereta api dhoho berangkat" kalau bilang kereta api kan kepanjangan, jadi disingkat rapih dhoho berangkat.
      sama halnya seperti terminal di singkat minal, atau suroboyo disingkat boyo, atau tasikmalaya disingkat tasik.
      bukan raja kawin di singkat rawin lho ya..saya ndak bilang gitu lho.

      Delete
  24. wah mas agus saya mah kalo naik dhoho tujuannya ya mesti mojokerto soalnya saya ke rumah kakek saya jadi kok gg ketemu ya,terus ngomong-ngomong jadwalnya 1 november berubah lagi ya? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadwal satu november berubah untuk jam 08.20 saja mas, selain itu normal saja, bahkan harga tiketnya pun tetap sama.
      oh iya saya biasanya di gerbong satu lho mas..hehehe

      Delete
  25. Terimakasih Mas Agus infonya sangat bermanfaat.....klau dari Mojokerto mau ke malang naik Dhoho apa juga bisa ya? mohon infonya juga jam berangkat dan baliknya dari malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak dengan skenario Mojoerkto blitar naik Dhoho (5.500) Blitar Malang naik pentaran (5.500) semua langsung bisa dipesan disatu loket dengan membayar 11.000

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh