Home » , » Cara Saya Menanam Anggrek

Cara Saya Menanam Anggrek

Banyak cara menaman anggrek agar bisa dikembangbiakkan secara masif, diantaranya dengan menyemai biji anggrek dan stek. Untuk menanam anggrek dengan menyemai biji anggrek belum pernah saya lakukan, guru saya sudah pernah melakukannya. Kedepannya sih pengen menanam anggrek melalui bijinya. Cara saya menanam anggrek adalah dengan stek atau istilahnya apa intinya memanfaatkan batang anggrek kalau lagi beruntung batang anggrek yang sudah ada tunasnya tinggal di pisah saja dan di taruh di dalam media tanaman lain.

Anggrek warna ungu yang bunganya indah sekali merupakan jenis anggrek yang memiliki batang (saya tidak mengerti jenis anggrek) soalnya ada juga anggrek seperti anggrek bulan yang tidak memiliki batang. Jadi tumbuhnya dekat dengan akar.

Langsung saja saya mulai cara saya menanam anggrek menempel di pohon mangga :
Untuk anggrek dengan batang yang panjang biasanya ada tunas kecil dan subur di ujung batang tersebut, saya cabut beserta akarnya untuk saya pindahkan ke media berupa serabut kelapa saya kasih arang sebagai pengganti tanahnya. Langkah ini merupakan ujicoba saja karena saat ini saya tidak terfokus untuk menanam anggrek secara profesional, kelak jika ada kesempatan akan saya coba menanam anggrek secara serius. Hasilnya tanaman anggrek yang telah di pijahkan tumbuh subur. Langkah ini sudah cukup baik bagi saya, karena menumbuhkan tunas anggrek apalagi subur itu sulit.

cara menanam anggrek di pohon


Langkah berikutnya adalah dengan mengumpulkan batang anggrek kemudian di ikat jadi satu tempelkan pada pohon mangga atau media tanaman lain. Dalam jangka waktu satu bulan akan tumbuh tunas namun agak kurus, biarkan akarnya menyerabut di pohon mangga kemudian taburkan arang agar akarnya banyak.

Untuk penyiramana saya lakukan sesempat saya, akan lebih baik jika kelembaban dijaga. Biasanya saya siram dengan air gula atau air bekas cucian beras atau leri. Penjelasan ilmiahnya saya kurang begitu menguasai, karena cara ini saya dapatkan dari teman yang sudah memelihara anggrek bertahun-tahun.

Cara saya menanam anggrek bulan, baru tahap uji coba belum dikatakan berhasil. Untuk memisahkan tunas anggrek bulan, saya harus memilah tunas yang menempel pada akar, sulit memang, harus hati-hati. Setelah dapat tunas beserta akarnya, saya ikat dengan serabut kelapa kemudian saya taburi arang sebagai pengganti tanah.

cara menanam anggrek

CARA MENANAM ANGGREK BULAN

Untuk penempatan tanaman anggrek, saya memosisikan tanaman anggrek berada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dibawah pohon mangga itu solusinya, rindang dan sejuk serta banyak lumut. Itu saja cara saya menanam anggrek menempel di pohon mangga, simple dan mudah semoga cara yang kedua tersebut berhasil dan tumbuh subur.

Baca Juga :

17 komentar:

  1. Dungaren Cak postingane berbeda hahaha,,,tapi oke lho tips dan triknya untuk menanam bunga Angreknya,boleh ditiru nih,apalgi ditempat saya banyak limbah serabut kelapa daripada berantakan mendingan dimanfaatkan untuk menanam anggrek,,,,,,

    ReplyDelete
  2. saya ngomentari template aja, boleh ya?

    sidebar yg Arsip Blog itu model hurufnya diganti saja, mas Agus. Kl yg skg kok kayaknya "tabrakan" dg font postingannya...

    ReplyDelete
  3. njenengan koq yo telaten temen to Mas Agus. yo.. yo... hebat wis.
    nek saya paling2 nyuruh anak-anak pada ngerapiin tanaman, lalu tepuk tangan dari jauh, hehe.

    top Mas, kapan-kapan pengin nengok anggreknya disitu

    ReplyDelete
  4. kenetulan saya bukan penggemar bunga Mas :D

    ReplyDelete
  5. suka juga dengan anggrek, hanya tak pernah menanamnya sendiri hehe

    ReplyDelete
  6. Tips cara menanam bunga anggreknya boleh juga Mas agus
    Boleh saya coba Praktekan pad pekarangan depan Rumah saya
    Makasih atas trik nya Mas Agus :)

    ReplyDelete
  7. di blog mang yono ngemeng anggrek, di sini pula hahaha,, kayanya ini janjian :D

    ReplyDelete
  8. bisa jadi duwit itu kang kalo ditelateni..

    ReplyDelete
  9. Nah loh..... belajar sama Mang Yono ya Kang, Ko sama sih :D ?
    Tapi,,,,, kalau pakai serabut kelapa apa tidak rawan rayap Kang ?
    Makasih jawaban sebelumnya ya...:D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..lagi belajar nanam anggrek pak..pengalaman pake serabut kelapa tidak di hinggapi rayap, saya pake arang juga atau awu layan. asal pohonnya tidak ada rayapnya saya rasa tidak di hinggapi pak

      Delete
  10. Tumben nich Mas Agus share cara menanam Anggrek :)

    ReplyDelete
  11. boleh dicoba nih mas agus dengan meniru cara mas agus :)

    ReplyDelete
  12. Wah cantik banget mas bunga anggrek nya.. Saya pernah nanam yang bunganya berwarna putih mas..

    ReplyDelete
  13. serba bisa ternyata mas Agus, perkeretaapian paham, otak-atik mesin apalagi eh sekarang petani anggrek juga dikuasai

    ReplyDelete
  14. dalam rangka apa nih kok tema artikelnya sama kayak mang yono, seputar anggrek..

    ReplyDelete
  15. wah nasib bunga anggrek saya, sdh tinggal cerita.... sdh nggak sempat lagi merawatnya, bbp thn yg lalu masih rajin sih merawatnya ... skrg sdh hanya bbp saja,

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh