Naik lokomotif kereta api pernah saya lakukan selain naik
atap gerbong kereta api. Jika saya naik atap gerbong kereta api karena saya iseng dan ingin tau apa sih nikmatnya, untuk naik lokomotif ini karena saya terpaksa karena gerbong kereta memang penuh sesak sedangkan saya sudah tobat untuk tidak naik di atas gerbong kereta api. Saya juga sadar jika naik atas gerbong kereta api resiko bahayanya sangat besar dibanding dengan
naik lokomotif. Di lokomotif ini nyaris kecil sekali bahayanya karena saya bisa berpegangan pada kabin lokomotif kereta api. Musuhnya cuman angin yang kencang dan dingin karena berangkat nya memang pagi hari selepas subuh.
Mengapa kok saya dan teman-teman sampai
naik lokomotif kereta api? karena gerbong kereta api yang semula 7 gerbong di kurang menjadi 5 gerbong dengan 4 gebong difungsikan satu gerbong kereta sebagai aling-aling. Hal ini sebagai efek dari tidak turunnya
subsidi kereta api ekonomi oleh pemerintah baik itu kereta api ekonomi lokal maupun kereta ekonomi jarak jauh. Sedangkan penumpang yang biasa tertampung dengan tujuh gerbong harus berebut naik yang cuma disediakan 4 gerbong. Penuh sesak kayak pindang di dalam besek. Mau gimana lagi untuk mencapai tempat kerja dengan cepat dan murah ya naik kereta api dan naik lokomotif ini menjadi salah satu alternatif kami.
|
Naik Lokomotif Kereta Api |
Pernah suatu ketika saat naik lokomotif di usir sama satpam karena berbahaya dan mengganggu kinerja masinis. Sempat adu mulut dengan satpam tersebut akirnya satu orang lawan 50 orang tetep aja satpamnya kalah dan kami bisa naik lokomotif dengan tenang. Yang bikin tidak enak itu saat lokomotifnya kebalik kami tidak bisa naik lokomotif kereta karena sangat mengganggu masinis, dan kami sangat menyadari hal tersebut untuk tidak memaksakan naik lokomotif.
Sekarang dan semoga seterusnya gerbong kereta api lokal rapih dhoho , krd dan juga penataran sudah ditambah menjadi enam gerbong denga lima gerbong difungsikan. Jadi saya dan rekan-rekan tidak perlu naik lokomotif kereta api lagi. Berikut saya sertakan gambar saat naik lokomotif kereta api ternyata keren juga kalau di foto. Subisidi kereta api entah dari mana datangnya entah dari pt kai sendiri sebagai kompensasi naiknya harga tiket kereta api ekonomi jarak jauh atau dari pemerintah. Yang penting saya berterima kasih kepada para decision maker telah mengakomodasi kami para penggemar kereta api. Semoga aritkel
naik lokomotif kereta api ini bermanfaat bagi semua dan jangan di tiru karena saya pun sudah tobat untuk tidak naik lokomotif kereta api.
wafuh itu, banyak sekali yang naik locomotipnya-apa nggak bahaya kang?, itu mas agus dibelakangnya ada yang bergelantungan.
ReplyDeletewong mas agusnya saja bergelantungan gitu koq. tuhh hampir senyum
Deletehampir kan. belum senyum..
Deletekalau bahayanya sih tetep bahaya mas, cuma lebih bahaya naik atap gerbong dari pada bergantungan di lokomotif, itu banyak temannya kok mas , hehe
Deletemas zach : hampir ya mas, hehe itu masih ngantuk mau maksa senyum kok wagu, hehe
mas ks : foto pertama senyum mas, tak hapus foto lagi, karena elek mas senyume kayak apa gitu
banyaklah temennya jatuh satu jatuh semua wkwk, ya moga aja selalu selamat sampai tujuan
Deletesiganteng segera beraksi kembali...tunggu goyang itikku diatap gerbong kereta minggu depan!!
Deletehallo plen, gimana punya kabar? nih dia temen saya yang ganteng tiada ujung..
Deletemas ABG : amiin..sejuk sekali doanya mas, kalau jatuh satu tumbuh seribu gimana mas ?
Deletekang cilembu ubi : si ganteng dan keren saya tunggu kehadirannya di depan balai desa.
mas ks : berarti ndak ganteng dong, kan tiada ujung
dimana mana lokomotip bukannya untuk kereta api..?
ReplyDeleteemang ada naik lokomotip becak..?
haha
itu lokomotif semua, nggak ada gerbongnya Kang
Deletekenapa nggak ada gerbongnya ya?
Deletemas raw : ojo di bantah tho mben aku seneng ,woooo........ sampluk sandal
Deletemas zach : jadi dobel traksi gitu mas ?
mas ks : karena gerbong nya ndak ikut mas
sengaja pake loko semua biar lik zach merasa tersanjung
Deletebadan dia kan seger...
*segerbong maksudnya...
ngomongin kereta api jadi teringat postingan Bang Zach yang kebelit pipis..wkwkwk
Deletesoalnya lik zach memang identik dengan perpipisan ya..?
Deletemas rawins : tambun dong berarti, hehe
Deletemas ks : kebelit itu berarti kecepit ya mas..
mas raw : sampun pipis nopo dereng mas raw ? pipis seng bener lho ya
pipis sithik maksudnya..?
Deletepipis tatur dong
Deletewahh bahaya mas itu..
ReplyDeletebahaya itu kan kalo mainan api Mas
Deleteapalagi mercon..
DeletebOm lebih gede
Deleteapalagi main api sama bensin..mercon kalau di emut juga bahaya
Deleteapalagi malah bom, wahh bahaya tuh bahaya
jangan jangan
Deletejangan asem ajalah mas
DeleteTentu naik lokomotif kereta api amat berisiko dan memang bukan tempat penumpang. Tetapi situasi kerap memaksa sebagian penumpang memilih menaikinya. Sarana kereta api amat vital dibutuhkan oleh masyarakat yang bepergian. Hendaknya pemerintah melalui PT KAI terus memperbaiki layanannya kepada publik. Saat ini terus mengalami kemajuan dibanding dulu. Salam cemerlang.
ReplyDeletesalam cemerlang kembali lah yaw
Deleteterima kasih ulasannya kembali mas, saya juga ndak tau kok bisa ya naik dari mojokerto langsung full gerbongnya, padahal saya ini bukan penumpang gelap lho, salam super cemerlang juga mas
DeleteSaya Ikut berterima kasih juga ah
Deletealhamdulllah tuh banyak yang berterima kasih , hehe
DeletePak Agus ini menang kalau disuruh adu di Fear Factor kayaknya, pemberani banget.
ReplyDeletesungguh perjuangan yang luar biasa demi melaksanakan tugas mulia...jihad tersendiri itu Pak.
Iya, memang keren fotonya..., apalagi tampak asap keretanya...anak saya ngefans banget sama kereta api yang nampak asapnya. seperti tahun lalu kami naik kereta Lodaya dari Jogja ke Bandung, hebooooooh banget di dalam kereta, KELEEEEEN!!! katanya
ayo kita dukung Mas Agus ikutan X Factor.
Deleteyukk.. dukung.
Deletesaya tidak mendukung ..
Deleteyang muncul asapnya itu bukan foto saya lho mbak, hehe...ini memang keterpaksaan karena tidak bisa masuk gerbong kalaupun bergantungan ya gak enak sakit dan capek, kalau naik atap malah bahaya.
Deletemas zach , mas ks mbak khusna : dukung x facktor makan lumpia sak keranjang gitu ?
de' nia : ini kan dulu gitu lhoooooooooooooo....woo woo,,wooo
lebih mantep lagi didukung ikutan faktor xxx...
DeleteUpps ketahuan gk baca . Hehe maaf y sy lg sibuk
Deletesibuk apa to mbak nia?
DeletePak BG mau tau aja ih...
Deletesibuk xxx...
Deletedan juga shoooting film doooong
Deleteini baru postingan. heroik, man of steel banget.
ReplyDeleteman of steel = iron man = kuli angkut besi
Deletefatalnya, sekarang diterjemahkan sebagai superman koq. tuh filmnya tayang sekarang, njelehi to?
Deletewaduh saya kok malah telat ya soal film-film an gini, soalnya ndak pernah baca berita , ndak ngikuti film, ndak lihat tivi, wes jyan ndueso tenan jee aku iki, hehe
Deleteaku juga ga pernah ngikutin film
Deletepaling nonton doang...
ngikutin film, mbuntuti film?
Deletemas rawins : nonton pun saya jarang kalau ndak kepepet mas..
Deletembak khusna : sekalian aja di taleni biar ndak ketingggalan
iron man itu takutt sama tukang rongsokan, takut dikiloin
Deletedan juga takut sama tukang las
Deletetahun 2000-an, pasca mudik saya pernah naik kereta di loko. saya ingat kereta Gaya Baru Malam (KGB kata Elpamas). baru sampe Cirebon, saya nggak kuat ngantuknya. lalu saya turun dan maksa masuk gerbong. dipisuh2i orang gitu Mas. tapi saya cuek, demi keselamatan koq.
ReplyDeletemelas di dipisuhi..
Deletenggak di antem sandal bang seng misuhi?
kok nggak di lempar panci ?
Deletewah ternyata track nya malah panjang mas, ngeri mas kalau kepanjangan gitu, ini aja jarak tempuh 1 jam sudah aras-araaasen mas, hehe..enak maksa aja sebenarnya masih longgaar kok sama-sama mau pulang aja pisuh-pisuhan ya mas, belum pernah di pisuhi orang bisu paling mas.
Deletemas ks : di pisuhi genten mas, hehe
de' nia : eman pancinya tho yoo
saya start dari tegal Mas, kampung istri saya. ya kurang lebih jalan 1,5 jam lah..
Deletemantep koq dipisuhi, jadi tahan pukul
lho jarak nya 1,5 jam hampir sama ya mas..
Deletejadi tahan pukul karena adrenalin juga naik , di pukul gak kerasa, tapi pengen bales ae,
dipukul pun tahan Pak Zach, badannya besar (kata Pak Raw lhooo)
Deletekata Pak Raw ya..
Deleteoh iya ya..kayak temon dong...
Deletegimana rasanya naik kereta api kak?
ReplyDeleterasanya berguncang ke kiri dan kanan, tapi enak lega dari pada naik bus ekonomi
Deletedaripada naik getek yang full
Deletelewat kali brantas atau bengawan solo
Deletekalo naiknya sama aku rasanya manis
Deletekalo sama lik zach pasti rasa jeruk
kecuts, non...
manis...manisan dondong yo podo wae kecut to Pak...
Deleteapalagi manisan cermai..
Deletemanisan tetanggaku tuh...
Deletecuman ga berani nyamperin takut digaplok sapu injuk sama mamake tepleng
mas rawins : ya rasa jeruk kayak barang bawaan mas raw di mobil kan
Deleteapalagi manisan pencit malah kecut sepet
mas raw : enakan mampir di pos rondo pasti banyak stoknya
ah elah masih inget juga...
Deletejurnal keren sih mas
DeletePengalaman yang menarik dan bisa diceritakan anak cucu, perjuangan hidup untuk keluarga ... he he he
ReplyDeletejangan di dramatisasi lho mas, nanti malah kayak apa gitu, hehe
Deletekayak sinetron dong
Deletebanyak iklannya katanya
Deletesimetlon...kata anak saya, dia baru tau yang namanya sinetron sejak mudik kemarin.
Deleteanak-anak khan suka sinetron to mas ... he he
Deletewah bahaya nih kalau anak-anak sudah tau simetlon , nanti pintar bersandiwara kayak lagunya ahmad albar
Deletewow...nekat banget. Apa ndak bising sama suara mesin dan asap lokomotif tuh? ckckckck
ReplyDeletesambil teriak-teriak yo nggak bising..
Deletekalau suara loko nya nggak bising, bel terompetnya yang bikin gendang telinga pecah, huussh..
Deletemas ks : teriak sak kenceng e lho gak krungu mas
apalagi berbisik
Deletekelihatan mesra gitu
Deleteberbisik sama loko di mana mesranya Pak?
Deleteya dimana-mana..
Deleteya gitu deh........
Deletehehe
pancen nekad,mas.. tuh gelantungan berapa jam... klo saya gak tahan mendingan loncat aja...
ReplyDelete1.5 jam mas kalau di salip sepur eksekutif dan bisnis kalau lancar ya 1 jam...mayan juga ya mas,,,hehe
Deletekalau loncat tinggi banget mas ada nek 2 meter
setinggi orang pake dingklik
Deletedingklik nya buat orang korah korah ya pendek tho mas
Deletekalau pendek ya diganjel...
Deletedi ganjel pake rel sepur ya mbak
Deleteojo di ulangi mane yo Mas numpak lokomotif.
ReplyDeletebahaya banget loh.. tapi kalau dalam ke adaan terpaksa, ya boleh saja. sekalian naik di depannya..^_^
kalau di depane yo adem tho mas mas...wong di samping wae adem e gak ilok jee
Deleteadem kaya wesi wae
Deletewesi kenek embun ya adeeem, celep
Deletejangan lupa mas minum tolak angin
Deleteadem ndi karo mlebu kulkas?
Deletetolak angin kan kalau masuk angin, kalau adem obatnya ya selimut lah mas, selimut hidup juga boleh
Deletemas ks : jek adem ngeloni kolkas
klo ak baru sekali naik kereta api mas,, hehehe
ReplyDeletesoalnya d daerahku ga ad kereta api :(
yang penting pernah ya mas, enak lo naik kereta api itu
Deletejuara banget rasanya
Deletesampai-sampai saya ketagihan lho
Deletewah hebat sempet"nya narsis . hahhaha ga ngeri jatoh itu mas ?
ReplyDelete#ngeri hpny jatoh gitu . wkkwkwk kidding ah :P
untuk ade ade semua jangan tiru adegan ini yah . .
ngeri kalau hape saya dirampok mbak, saya takut sebenare foto saat naik lokomotif ini, karena siapa tau wajah saya gosong terkena asap kan gak keren kayak film dono lak an
Deletefilm kartun aja Mas, lebih seru
Deletetom and jery kan, saya suka
Deleteambil yang aman
ReplyDeletejangan pilih bahaya
jika telat kekerjaan
pasti bos trima alasannya
hehe
kalau telat alasannya sama, pasti bos merana dan juga menjadi curiga, jangan jangan anak buah satu ini memang tidak mau kerja
Deletehehe, anak batang aja deh namanya. atau anak akar
Deletebapak buah atau bapak akar lebih keren
Deletebahaya sebenarnya selalu mengintai..bila kita tidak mengikuti aturan yang telah diterapkan oleh perusahaan perkereta apain indonesia...namun berhubung bahayanya belum dirasa..maka satpampun dilawan...satu lawan 50..ya kalahlah sang satpam.. .. :)
ReplyDeleteya begitulah kang hari, malah satpamnya nyuruh naik atap gerbong, weleh malah bahaya dong
Deletesatpam lucu dan jenaka tuh
Deletedan juga pinter ndagel
Deletengeriiiii *tutup mata*
ReplyDeletetutup hidung juga ya mas, hehe
Deletetutup kepalaa
Deletepasti pake kresek, kalau saya tutup telinga pake slayer mulut itu lho, adem je
Deletehmmm.. rasanya gimana tuch sob naik lokomotif kayak gitu.. saya nggak pernah naik sob, jangankan naik. (ndemek wae ra pernah) hehehehe
ReplyDeletegetarannya sangat kerasa mas, telinga juga budek, gak enak deh
Deleteditambah sempritan deh
Deleteklebet juga pake gak ya ?
Deleteikut memeriahkan suasana mas..
ReplyDeletekayak cerleader nih mas
Deletekaya PRJ aja..
Deletejadi rame dan meriah ya mas
Deletepake mercon tambah meriah ... he he
Deletemercon bumbung tambah sip mas
Deletenaik di situ bahaya mas. mending naik di atas nya terus. hehe. mas ke blog saya ya kickymaulana.com
ReplyDeletediatas malah adem mas dan juga rawan kena kabel listrik
DeleteKalau kehabisan baterai bisa langsung sambung kabel listrik..
Deletecolokannya langsung pakai 2 kabel ya mas, ndak usah pake cop copan
DeleteAku belum pernah naik lomotifnya mas, aku naiknya mesti kalau gak gerbong tengah, ya belakang, Mas.
ReplyDeletePingin rasanya naik atap kereta api mas, soalnya kucingku kadang ngajak jalan2 kalau pas diatas kereta...(Dont try this at Home...!!)
memang cocok sekali mas, diatap memang banyak tikus, sekalian kucingnya makan malam
Deleteudah brp lama ya aku gak naik2 kereta api lagi, kangen ama kereta api
ReplyDeletelama banget ya mas, sampai sudah lupa naik kereta api, hehe
DeleteSaya juga pernah ngalamin naik di lokomotif
ReplyDeleterasa nya seru ya mas, hehe
Deletepak agus penikmat lokomotif ya. sebagai moda transportasi tua dan bersejarah, lokomotif mesti terus dirawat. karena masih banyak yg memilih lokomotif sebagai alat transportasi yg bersahabat dan menentramkan bagi penumpangnya
ReplyDeleteya betul sekali pak rusdy, saya pengguna kereta api, lokomotif hanya terpaksa saja saya naiknya
DeleteSaya belum pernah naik kereta api... hikss :(
ReplyDeletesekali-kali boleh di coba mbak, enak lho bisa jalan-jalan dalam gerbong
Deleterencana sih pengen punya gerbong sendiri, tapi gak tahu mesti beli/pesan sama siapa.. belum pernah nemu di etalase toko... terus bingung juga bikin rel...
Deletehmm... iya nanti sempetin ahh, naik kereta api... tut... tut...tut.. siapaa hendak turut...
#eh maap terbawa suasana :D
gerbong pesannya di INKA Madiun mbak, hehe
Deletegak takut jatoh tuh mas,,,kan agak nya bahaya angin kenceng, yang sering terjadi sih masuk angin
ReplyDeletekalau jatuh sih kecil kemungkinannya mas, karena berpeganggan kalau sepurnya nabrak ya wassalam semua mas
Deletewkwwkwk,,gak dilarng tuh sma petugas nya
Deletepetugasnya satu yang naik 50 ya gak berani petugasnya mas, heehe
Deletekalau naik kereta api seperti itu sangatlah bahaya, jd perlu pembeharuan. gak pernah naik kereta jadi kurang tahu kesusahan naik kereta
ReplyDeleteini hanya pada kereta api ekonomi lokal saja kok mbak, kalau ekonomi jarak jauh tidak seperti ini, sangat tertib dan nyaman
Deletemelawan maut ya gan.. naik di atas gerbong kereta n lokomotif.
ReplyDeletebetul sekali mas, ini hanya keterpaksaan..tapi lebih bahaya naik atap gerbong kok
Deletemampir saja nih mas, nyambung silaturrahim....
ReplyDeletesilakan di minum kopinya mas ini ada sukun rebus
Deletewaduhh, dari pada naik atas lokomotif, mending naik motor aja deh kalo ane.,
ReplyDeletesalam silaturahmi gan.,
saya malah menghindari naik motor mas, macet cet cet, musim hujan pula..hehe
Deletesalam silaturohim juga ya mas
Tapi kayak nya Mas Agus Nyantai aja buktinya masih bisa foto foto he he he
ReplyDeleteitu pas berhenti kok mas, hehe kalau jalan ya gak berani
DeleteAti-ati loh mas ... jangan ngebut-ngebut ya naik Keretanya ... :D
ReplyDeleteyaaaah..yang nyopiri kan masinis mas, saya kan cuma numpang, hehe
Deletebisa punya pengalaman naik di lokomotif dong jadinya. saya sudah lama tidak pernah naik kereta, karena stasiunnya jauh.
ReplyDeletemungkin karena kebutuhan kok pak blangkon, jarak rumah dengan stasiun 15 km saya tempuh tiap hari pp ya karena butuh tadi
Deletehadir ya gan :D
ReplyDeletesilakan mas ada sukun rebus silakan, absen dulu ya
Deletemasuk lagi mas Agus, mau minta sukun rebus ...
ReplyDeletemasih ada mas silakan kopinya juga di nikmati mas
Delete