Home » » Joging Pagi

Joging Pagi

Olahraga lari pagi atau Joging pagi di hari libur memang menjadi kebiasaan bulanan bagi saya. Joging atau lari ringan termasuk olahraga kesukaan karena selain untuk refreshing bisa juga untuk mengeluarkan keringat dalam tubuh. Saya tidak mengerti detail manfaat lari pagi atau manfaat joging itu sendiri, karena saya hanya sekedar menjalani saja tanpa paksaan dari siapapun dan saya suka. Saya sebut kebiasaan bulanan karena belum tentu tiap hari libur kerja saya bisa joging dengan alasan malas atau membantu momong hayyu anak perempuan saya. Sebenarnya kalau mau mencari referensi manfaat lari pagi sih bisa saja ketik di mesin pencari google nanti ketemu semua.


Minggu tanggal 5 Mei 2013 saya sempatkan untuk olahraga joging pagi karena sudah dua bulan saya tidak pernah melakukan kebiasaan ini karena pulang ke Tuban atau mengantarkan istri kuliah. Sudah lama tidak "joging" atau "lari" ringan rasanya kangen terlampiaskan setelah melihat lapangan sepak bola yang terletak 100 meter dari rumah. Lapangan sepak bola memang cocok untuk olahraga lari pagi dari pada lari pagi di pinggir jalan raya yang mengandung resiko di tabrak kendaraan. Disekitar lapangan sepak bola dikelilingi oleh sawah dan pepohonan yang menambah sejuk udara. Lapangan sepak bola ini biasa digunakan oleh klub sepak bola Galaxy fc Dlanggu.  Saya menuju ke lapangan naik sepeda motor ijo karena malu harus jalan kaki sendiri menuju lapangan sepak bola. Nanti dikira orang hilang atau orang gendeng anyaran.

Sampai di lapangan, motor ijo saya parkir, sandal jepit saya lepas dan saya melakukan pemanasan ringan untuk olahraga lari pagi ini, diantaranya tangan dan kaki. Kemudian saya melakukan "joging" nyeker diawali didepan gawang sebagai tanda atau ancer-ancer. Saya tidak langsung lari kencang , tapi pelan-pelan mengikuti kemampuan tubuh saya jangan-jangan segitu aja sudah pusing tujuh keliling kepala saya. Dan ternyata kecepatan 1 putaran lapangan memakan waktu 6 menit itu yang ideal untuk kondisi tubuh saya saat ini. Total waktu yang saya lalui adalah 24 menit "joging" dengan 6 putaran lapangan. Jika dihitung kotor, anggap saja lapangan sepak bola memiliki panjang 200 meter berarti saya sudah menempuh 1.2 km dengan waktu tempuh 6 menit. Salah satu manfaat olahraga lari pagi atau joging pagi ini sebagai pondasi berbagai cabang olahraga. Saya rasa semua cabang olah raga memerlukan joging atau olahraga lari ringan sebagai persiapan fisik olahragawan. Mau sepak bola juga harus punya fisik yang kuat, balap motor juga, senam juga apalagi bola voli. Inti dari olahraga adalah kemampuan fisik dan pengelolaan nafas.

Saat saya rutin joging pagi tiap minggu saya sanggup menempuh satu putaran lapangan sepak bola dalam waktu 4 menit pernah juga saat aktif salah satu cabang "olahraga" satu putaran lapangan saya selesaikan dalam waktu 2-3 menit dan itu sudah menjadi standart dari sang pelatih. Joging kadang saya selingi dengan sprint tanpa putus antara gawang satu ketemu gawang satunya. Setelah itu saya lari kecil kemudian jalan untuk menyesuaikan nafas baru berhenti untuk duduk. Kadang saya selingi push up dan gandul-gandul digawang kecil. Push up ini ada gunanya lho ternyata untuk "olahraga" malam saya tidak ngoyo sama sekali, hehe. Sebenarnya tujuan utama saya joging tidak lain adalah ikhtiar agar sehat selalu, selain itu menjaga kondisi perut saya agar tidak buncit seperti orang hamil. Melihat beberapa rekan kok perutnya buncit badan melar katanya tidak enak buat gerak, saya jadi rajin joging pagi. Semoga saya selalu ingat dengan olahraga lari pagi sehingga saya rutin berolahraga. Demikian laporan singkat dari saya tentang joging pagi, semoga bermanfaat.


139 komentar:

  1. Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan terutama olahraga dalam bentuk sepak bola...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak bisa donk..mana mungkin saya main sepak bola pakai busana muslim. hmmmmm

      Delete
    2. saya nggak suka main sepakbola, walau suami hobi berat...soalnya nggak ngerti cara mainnya, mana yang offside, mana yang tendangan bebas...uuuh.

      Delete
    3. mas fian : kebetulan saya ndak begitu suka olahraga sepakbola mas, menonton pun saya aras-arasen, hehe.

      mbak indah : ya mbak indah tidak boleh main sepak bola karena cewek apalagi pakai baju muslim. Di desa saya cewek itu tabu melakukan pekerjaan laki-laki.

      mbak khusna : saya juga tidak begitu menyukai olahraga sepak bola kok mbak, menonton pun juga tidak suka, kalau cuplikan sepak bola saya suka.
      mainnya ya tinggal nendang aja ke gawang lawan.

      Delete
    4. mbak indah main ps saja hehehe

      Delete
    5. enak main slodor mas, hehe

      Delete
    6. slodor, gobak sodor, slodoran, sama semua, hehe
      enak lagi kalau main beteng, kan juga lari

      Delete
    7. Koment pertamaku, jangan-jangan masuk spam nih.

      Delete
    8. tidak ada komen babar blas di spam kok mas DJ, apa karena jaringan yang agak tersendat ya mas

      Delete
  2. enak ya Pak, habis olah raga...badan serasa ringan. Apalagi kalau olah raga pagi, saat matahari belum begitu panas, embun-embun masih menempel di rumput...wuiiiih, menyenangkan.

    Saya biasa jogging bareng ayahnya dan Zaki, ujung2nya.....nggendong Zaki karena dia kecapekan. Dobel olahraganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambah sip tuh. jadi jogingnya ditamba bebanya....

      Delete
    2. angkat beban...ah sudah biasa Bli...makanya badan saya jadi kuat karena terlatih...jiahhhaaaaa

      Delete
    3. betul sekali mbak khusna joging pagi udaranya masih belum tercampur asap kenalpot apalaagi di desa seperti saya, tambah sejuuuk. wah acara joging keluarga dong mbak, apalagi zaki juga seneng joging , itu cikal bakal yang bagus buat perkembangannya mbak, hehe

      mas ks : biasa nggendong karung isinya batik sih, kulakan di beringharjo

      Delete
    4. kulakan di mbulak kan nggak mungkin ya Mas

      Delete
    5. mbulak itu apa mas ? mbulak sumur tempatnya orang pinter ya mas

      Delete
  3. wah asik tuch bisa olah raga bareng, selain sehat bisa dpr kebersamaan ama temen2x.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak nya kalau olahraga bareng teman, hehe
      kalau lari nya berhenti sambil jalan pasti saya tinggal.

      temen juga saya olahraga kan, hehe

      Delete
    2. saya temennya Mas Agus dong

      Delete
    3. saya juga temennya mas agus kok, temennya mas zach juga

      Delete
  4. Wah saya sekarang jarang olah raga mas, padahal tahu sih olah raga itu sangat bermanfaat sekali, kalo joging ini juga yang sering saya lakukan dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sama dengan...

      kalaupun saya tidak joging tapi saya sudah jalan kaki lhooo..
      hehehe
      semoga semua sehat wal'afiat

      Delete
  5. meski murah, joging sangat banyak sekali manfaatnya,,,

    ReplyDelete
  6. dengan jongging badan jadi sehat.. apalagi di lakukan tiap pagi dan sore.

    sekarang saya sama sekali tidak perna jongging Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu sering nemenin bule berjemur

      Delete
    2. biasa joging ke kamar mandi sih...

      nemenin bule berjemur suruh megang anduknya gitu mbak ?

      punggungnya emang banyak bolotnya ?

      Delete
    3. itu bolot naman orang,
      budek itu kata sifat pembawaan orang,
      nah kalau Jambu Bol itu apa coba

      Delete
    4. kalo futbol lain lagi kan Mas

      Delete
    5. kalau futbol itu saduk saduk an sruduk srudukan

      Delete
  7. enaknya sambil ngeceng2 kalo joging

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian cuci mata ya kang ?

      Delete
    2. apa yang di kecengin dan apa yang di cuci wong kiri kanan sawah, hehe

      Delete
    3. mas zach : ulo banyu itu namanya mas, masih temenan sama belut dan juga primadona saya , lele
      mas Abg : keong dan besusul namanya

      mas WS : gak capek mas, malam malam kan enaknya tidur

      Delete
  8. Jarang sekali saya olah raga mas...yg sering ogah raga. :D

    ReplyDelete
  9. emang sangat diperlukan olahraga itu sob , kaya saya yg masih jarang untuk olahraga padahal itu sangat dibutuhkan untuk sebuah kesehatan jasmani :D pastinya bugar terus tuh sob badannya sobat.. :D



    admin "Variasi Blogger"

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya nggak perlu perlu amat sih, tergantung dari kondisi tubuh, kalau gemuk ya itu tanda sehat juga kok, hehe

      Delete
    2. bagi saya gemuk melelahkan

      Delete
    3. dan juga merepotkan tidak enak buat gerak , katanya lho ya, saya kan langsing

      Delete
    4. tidak duluan dan tidak belakangan, kalau saya memang langsing sih

      Delete
    5. langsing memang enak kok, bisa sesek sesek an dalam kereta

      Delete
  10. kayaknya saya harus memaksakan diri buat olahraga nih. keseringan duduk jadi sekalinya dipake berjalan langsung keringetan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keseringan duduk saran saya mending minum air putih 3 liter per hari

      Delete
    2. satu jurigen isi 5 liter tidak usah di penuhi nanti pipis terus.
      kenyang mas Abg

      Delete
  11. wah entah kapan aku terakhir jogging mas . hahhaa ga tau nih ampyuun males banged ih padahal masih muda .
    kayanya seger ya pagi" olahraga gtu ,
    cie cie ada pelatih nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya aja yang lebih muda dari mbak iin masih semangat joging kok, hehe

      itu bukan saya mbak pelatihnya, saya kan ndak suka sepak bola

      Delete
    2. saya lebih muda daripada siapa ya

      Delete
    3. kalau saya lebih muda dari mas zach

      Delete
    4. mas zach jelas lebih muda dari kang cilembu yang katanya sih keren.
      mas abg kelihatan kok lebih muda karena foto nya editan pake pilox shoop

      Delete
  12. wah rajin banget olahraga...semangat 45...iya sih mumpung masih sehat jaga kesehatan lebih baik ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga kebutuhan jasmani ya mbak, bagaimanapun saya harus menggerakkan anggota badan ini supaya tidak kaku.
      siapa tau saya ketinggalan kereta bisa mengejar kereta dengan lari

      Delete
    2. ayo saya juga menjelang lari Mas

      Delete
    3. mas zach lari saya jalan aja lah

      Delete
    4. peluit sudah ditiup, itu semboyan 41 mas, hehe ayo larii.

      mas abg : kalau jalan tunggu kereta belakangnya lagi mas

      Delete
  13. yang di foto bukan joging itu mas, bola sepak bola sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem kalau begitu mas, saya setiap minggu menyempatkan diri

      Delete
    2. iya itu sepak bola mas arif, tempat saya lari pagi di lapangan sepak bola ini dan kebetulan ada latihan rutin sepak bola

      Delete
    3. sepakbola apa polo air sih itu?

      Delete
    4. itu lapangannya habis di bong ya mas?

      Delete
    5. polo air kalau lagi hujan , ini belum hujan mas.
      lapangannya habis di buat angon wedus

      Delete
    6. wedusnya tetangga saya mas, saya ndak punya apa-apa e

      Delete
  14. aku tidak begitu senang lari pagi atau lari sore, padahal lapangan bola yang di tengah kota parepare sangat rame pengunjung ketika sore. Yah senangnya sama mbak yang jualan es kelapa muda, hehehe

    kalo olahraganya stiap hari hanya sit up saat bangun doang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cewek pa cowok to yang diatas mas zach

      Delete
    2. tidak apa apa mbak ,yang penting sudah olahraga, kalau gitu gimana kalau yang jualan es pinda ke pojok kota , biar mbak etika jalan cukup jauh, kan olahraga juga tuh, hehe

      mas zach : saya aja jarang sit up
      mas abg : itu cewek mas Abg, coba deh di kunjungi blognya

      Delete
  15. iya Mas, kalo jogging masih kuat 5 km tanpa henti, cap jempol deh artinya masih hebat dan joss. kalo baru 10 meter udah duduk, nah itu tanya ke Kang hadi deh.. hehe pasti faktor U. Umpamane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nyindir saya nih... saya lari gak kuat kayak perokok, padahal saya anti rokok...
      coba saya taan sampe 10 jam... duduk depan komputer...

      Delete
    2. alhamdulillah masih muda kan saya, dan masih kuat juga...hehe
      kalau kang hadi itu saya percaya faktor U tadi entah itu Untune, Umure, Uange, ya 3 U itu yang menentukan.

      mas pay : boleh kok senam jari aja mas pay yang penting otak bahagia aja jangan cemberut dong,

      mas agus bg : 3 U tepatnya

      Delete
  16. olah raga jari aja... ngetik a b c...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan juga olah raga mata, selalu berkedip

      Delete
  17. hahaha kalau saya joging nya cuma pas bulan puasa saja sob.. ya bisa di bilang joging musiman hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan puasa malah joging ya mas, hebat sekali mas, jam 12 gitu lari lari , hebat mas

      Delete
  18. entah mengapa sekarang saya sering telat bangun padahal pengen sekali bangun pagi2 trus joging mas...hadewww..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena niat aja kok kang, kalau sudah niat pasti di lakoni, hehe

      Delete
  19. Mau joging Mas, tapi trotoar nya buat lewat sepeda motor sama jualan keong, wah lewat mana, tengah jalan buat jalan truck Jakarta - Surabaya, terus mau ke stasiun, masih buat perekrutan kerja masinis. Akhirnya joging pagi ditempat mas alias lari ditempat. hehehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau joging di stasiun tidak ada vending machine gimana nanti minumnya, mau joging nanti keringetan tidak takut celana jean saya jamuran, hehehe

      Delete
  20. akhir2 ini saya mlh jd jarang joging pagi sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ada kesibukan tidak perlu joging pagi mas, enak an tidur kan

      Delete
  21. tingkatkan kebiasaan baiknya...mana ada waktu saya buat jogging...syang rasanya melewatkan hari libur kalo gak tidur...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia aktivitas yang menggoda, apalagi hujan mana enak joging pagi, dingin

      Delete
  22. wiih mantap jogingnya mas agus di lapangan .. kalau mamang di sawah aja, lari di sawah berlumpur heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mang , saya mau lagi di sawah nanti takutnya ada ulo banyu, hehe
      mas fian : lintah darat atau lintah air ?

      Delete
  23. pola hidup sehat , sayangnya saya sangat jarang, dan memang susah bangun pagi gant... hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok di niatkan aja mas, coba sekali aja dalam seminggu sempatkan joging, enak lho

      Delete
  24. Ini biasanya yang pada hoby lari pagi pasti tetangganya bang haji Rhoma tentunya ya.. Jangan lupa ngopi dulu mas sebelum lari pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sebelum lari pagi minum air putih dulu, dan juga makan jemblem sama onde onde kesukaan saya yang di belikan istri saya di tempat belanja, top kan?

      Delete
    2. Bang Cik tau jemblem nggak?
      kalo belum tau kursus duluu

      Delete
    3. hehehe...nama lainnya gotri sepur

      Delete
  25. Kalo aku kok pega yah kalo suruh mlayu-mlayu ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau gitu pake sepeda ontel aja, kalau masih pegal ya naik motor aja keliling lapangan yang penting kan keliling lapangan

      Delete
    2. yang kayuh mas nazar lho ya, saya dan mas zach penumpangnya

      Delete
  26. Wow sehat ni kalau joging tiap pagi, wah mantp mas blognya keres ramai hhe... hebat SEO-nya. Ditunggu kunjungan dan follow baliknya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau joging tiap pagi ya saya ndak kerja mas, hehe.
      tapi kalau jalan pagi memang tiap hari rata-rata jarak tempuh 3 km.

      Seo apanya mas, blog koplak gini kok di bilang seo, hehehehe
      bolehlah

      Delete
    2. ceo dong. kan lebih mentereng.

      Delete
    3. nah ini maksud saya, blog ini kan ceo's note , hehe

      Delete
  27. joging pagi sangat baik dan menyehatkan ..tapi saya sangat jarang melakukannya...whhaaha..
    biasanya gowes2 doang mas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan lebih baik lagi jika mas fian ngangkat sepeda keliling lapangan, selain sehat juga menyehatkan sepeda gowes mas fian, ya tho...
      hehehe

      Delete
    2. gowes itu dulunya nama orang ya mas

      Delete
    3. lho iya tha mas ? tak kira to suara sepeda , gowes gowes..
      kalau nuno gomes itu baru nama orang, tetangga saya mas

      Delete
  28. Alangkah nikmatnya mempunyai tubuh yang sehat. Kesehatan adalah nikmat yang tak ternilai harganya. Berapapun harta benda yang dimiliki seakan tak berarti bila badan sakit-sakitan. Olahraga yang teratur dan sesuai porsinya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Memang tidak mudah mewujudkannya secara rutin. Biasanya di kantor-kantor diadakan senam kesegaran jasmani atau jalan santai setiap hari Jumat pagi. Selamat joging pagi Sobat. Sehat selalu. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah , amiin...
      semoga mas wahyono juga senantiasa sehat selalu jangan malas unutk berolahraga.

      Delete
  29. Olah raga yang paling aku suka basket. Memang betul, fisik dan pengolahan nafas sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat lagi teman basket, saya tidak mahir mahir amat kok mas, cuma bisa dribel dan masukan ke keranjang sudah hebat bagi saya, hehehe

      Delete
    2. Wah kalo main basket ikut ya saya mas, wkwkwkwkwk

      Delete
    3. ayo mas kita dribbling bareng bareng masukin keranjang bareng baaareng enak toh

      Delete
    4. kalo bolanya cuman satu mah gmana dribling bareng, wkwkwkwkwk

      Delete
    5. rebutan bola dong mas, kan permainan bola

      Delete
  30. Memang mas Agus pandai berolahraga, wkwkwkwkwk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua oarng juga bisa mas kalau cuma laari, hehehe

      Delete
    2. syapa bilang mas, kalo org lumpuh ya gk bis toh ya mas

      Delete
    3. orang lumpuh larinya sambil di gendong mas

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive